Diperbaharui Pada Tanggal

Apa itu TERMUX?

Termux adalah aplikasi terminal emulator untuk android sekaligus linux environment yang berjalan di android tanpa perlu proses rooting ataupun settingan khusus. Aplikasi/Package tambahan juga tersedia dan bisa diinstall menggunakan APT package manager.

Yang membedakan TERMUX dari terminal emulator lain adalah termux telah mengatur sedemikan rupa hingga environment pada termux sama seperti environment linux standar debian.

Karena environment android berbeda dengan environment linux secara umum sehingga di termux kita bisa menginstall paket/aplikasi yang biasa digunakan di linux secara umum.

Dengan fitur dan penyesuaian environment seperti diatas menjadikan TERMUX sangat istimewa karena kamu bisa menginstall aplikasi Penetration Testing Tools(pentesting tool)/aplikasi hacking seperti metasploit dan kali net hunter di HP android mu menggunakan TERMUX.

TERMUX juga menyediakan package manager (APT) untuk memudahkan kamu dalam mencari dan menginstall package yang diperlukan dai software repository yang TERMUX sediakan.

Package Adalah Aplikasi

Dalam distribusi Linux, sebuah “package” mengacu pada arsip file terkompresi yang berisi semua file yang membentuk aplikasi tertentu. File-file tersebut biasanya disimpan dalam paket sesuai dengan jalur instalasi yang ada. Jenis umum dari paket Linux seperti .deb, .rpm, dan .tgz

Apakah Android itu Linux?

Kita mulai mengenal android dulu,yang menjadi sistem operasi HP kamu untuk menjalankan aplikasi TERMUX. Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dibuat untuk perangkat layar sentuh dan perangkat genggam seperti HP yang kamu gunakan saat ini.

Android dibuat dan dikembangkan oleh google ,android dibuat dari hasil memodifikasi kernel linux dan aplikasi opensource lain nya.Varian dari android ini juga digunakan pada perangkat mobile jenis lain seperti game console,kamera digital,mesin absensi,smart tv,dan perangkat elektronik lain nya.

Jadi HP Android yang kamu pegang saat ini adalah sebuah LINUX


Linux yang terkenal dengan reputasi powerfull,os server,nyawa internet dan hacking.

Jika kamu ingin mengenal linux lebih serius sebagai modal untuk belajar termux kamu bisa belajar di www.belajarlinux.ORG

Apa itu Terminal Emulator?

Terminal emulator adalah aplikasi yang menyediakan interface berbasis text (CLI) untuk mengakses shell

Untuk memudahkan dalam mengakses shell linux (Shell CLI) dari GUI maka dibuatlah terminal emulator,dengan terminal emulator kamu bisa mengakses shell console dari shell GUI yang kamu gunakan saat ini,jadi lebih mudah.

TERMUX merupakan salah satu terminal emulator untuk android yang mengizinkan user untuk mengakses shell linux Android mu dari GUI.

Apa itu Linux Environment pada Termux?

Environment variable adalah nama objek yang berisi data yang digunakan oleh satu aplikasi atau lebih.singkatnya ini adalah variable dengan nama dan nilai.

Isi dari nama variable ini bisa berisi informasi definisi lingkungan didalam sistem,misalnya lokasi file executable dan file setting dalam sebuah sistem, editor default yang harus digunakan, atau pengaturan lokal sistem.

Orang awam mungkin mengira ini tidak penting, namun environement variabel ini menyediakan cara cepat dan sederhana untuk berbagi pengaturan/konfigurasi aplikasi dan proses di linux.

Environment distro linux pada umumnya berbeda dengan environment android,menjalankan aplikasi linux di environment yang berbeda akan menyebabkan error,perbedaan yang sangat mendasar antara linux umum dan android diantaranya:

  1. Folder umum seperti /bin, /etc, /usr, /tmp and /var tidak ada.
  2. sturktur directory android tidak mengikuti aturan standar struktur directory linux pada umumnya.

    Misalnya pada linux umum file binari ada di /bin sedangkan di android /system/bin
  3. Pada linux standar/umum folder ($HOME) dibuat untuk setiap user di /home/namauser (multi user),sedangkan di android folder ($HOME) berada di sub directory dari aplikasi tersebut,jadi tiap aplikasi punya folder ($HOME) sendiri-sendiri.

    Jadi hindari menyimpan data penting di folder ($HOME) saat menggunakan TERMUX,karena folder ini akan terhapus jika TERMUX diuninstall.
  4. TERMUX menginstall package di directory berdasar definisi $PREFIX environment variable (contoh: binaries berada di $PREFIX/bin,dan file konfigurasi $PREFIX/etc).

    Untuk melihat isi variable $PREFIX kamu bisa mengetikan echo $PREFIX di terminal TERMUX mu.
  5. Shared libraries diinstall di $ PREFIX / lib, yang telah didefinisikan di variable $ LD_LIBRARY_PATH.

    Ini mungkin berbenturan dengan binari sistem Android di / system / bin, yang dapat memaksa LD_LIBRARY_PATH untuk dihapus sebelum menjalankan binari sistem.
  6. Selain file sistem android berbeda dengan linux pada umumnya,TERMUX dijalankan oleh user tunggal tanpa akses root (Setiap aplikasi android dijalankan oleh user sendiri),sehingga menjalankan perintah linux di TERMUX tidak akan mempengaruhi aplikasi lain.

Menjalankan aplikasi menggunakan user non root menyebabkan port dibawah 1024 tidak dapat digunakan(untuk dapat menggunakan port dibawah 1024 di linux harus dengan user root).

Sebagai solusinya banyak package yang telah dikonfigurasi untuk menggunakan nilai port diatas 1024 sebagai default value di environment android misalnya untuk port default aplikasi android
ftpd, httpd, dan sshd adalah 8021, 8080 dan 8022 .

Apa itu Shell Linux di Termux?

shell adalah interface yang digunakan oleh user untuk berinteraksi dengan sistem operasi,pada umunya shell berupa Command-Line Interface (CLI) ataupun Graphical User Interface (GUI).

Jenis shell yang kamu gunakan pada HP Linux android sehari-hari adalah GUI shell,karena dengan GUI shell semua orang bisa menggunakan nya dengan mudah.

Sedangkan yang dimaksud shell pada linux adalah Shell dalam versi Command-Line Interface (CLI) bukan GUI,walau linux sudah mempunyai desktop/grafik seperti android mu namun versi desktop GUI bukanlah shell yang dimaksud, karena jika kamu ingin menggunakan 100% potensi linux kamu harus mengakses nya melalui CLI.

Saat menggunakan TERMUX maka kamu akan mengakses shell CLI dan diharuskan mengetikan perintah/text sebagai satu-satunya cara untuk berinteraksi dengan linux android mu melalui shell.

Fungsi TERMUX

Fungsi utama dari termux adalah untuk mengakses shell linux di HP android kalian,selain itu termux juga meng emulate debian linux environment sehingga rasanya seperti sedang menggunakan shell linux debian saat kamu menggunakan termux.

shell linux yang diakses dari termux bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal tergantung dari kebutuhan dan skill penggunanya,misal oleh programmer/developer digunakan untuk sebagai environment untuk mengetest aplikasi yang sedang dikembangkan sedangkan oleh ahli security bisa dimanfaatkan sebagai platform atau sarana dan alat hacking yang sangat portable.

Mengakses Shell Android

TERMUX merupakan salah satu aplikasi terminal emulator,yang fungsi utama dari termux adalah menyediakan antarmuka berbasis text (command line interface) untuk mengakses shell linux android dari antarmuka grafis (Graphical user interface).

Yang menjadikan TERMUX spesial adalah termux mengembangkan teknik agar aplikasi standar linux bisa diinstall dan dijalankan di android dan juga menyediakan software repository sendiri.

Development dan Experiment Environments

TERMUX sering digunakan oleh developer/pembuat aplikasi saat proses pembuatan aplikasi dan digunakan juga untuk menguji aplikasi mereka,dengan TERMUX developer akan lebih mudah mendebug dan menemukan penyebab error di aplikasi yang mereka coba karena TERMUX menyediakan akses ke shell android.

Untuk mendukung software developer TERMUX telah menyediakan banyak compilers seperti Clang, Rust, Go, etc… dan juga interpreters seperti Bash, Perl, Python, etc.. Kamu bisa cek di TERMUX development environtment Wiki

Hacking

Dahulu jika ingin hacking kamu harus menggunakan laptop yang diinstall sistem operasi linux, dengan Termux kamu langsung bisa menggunakan HP mu sebagai tool hacking,karena android merupakan salah satu varian linux.

TERMUX menyediakan software repository dan didalamnya sudah terdapat tools untuk hacking yang bisa kamu gunakan untuk memudahkan mengetest/audit sistem keamanan seperti hydra,nmap,metasploit,kali net hunter dll.

PENTING!!

Saya tidak mengajarkan untuk hacking/cracking baik diminta ataupun tidak.INGAT!! Hacking tanpa izin adalah ilegal dan bisa menyebabkan kamu diPENJARA.
Tool diatas baiknya digunakan hanya untuk mengetes/audit sistem untuk menemukan celah keamanan/bug/vulnerability dan menambalnya untuk meningkatkan sistem keamanan bukan digunakan untuk tujuan merusak atau mengexploitasi sistem demi keuntungan sendiri.

PERINGATAN!!

Hati-hati dengan “tutorial hacking menggunakan termux” yang sangat mencurigakan dimana user disuruh menginstall aplikasi/script gak jelas yang akhirnya malah membuat HP android mu yang kena hack.Kebanyakan tutorial seperti itu hanya click bait /tipuan dan tidak akan bekerja di dunia nyata.
Secara halus tutorial hacking menggunakan TERMUX hanya memaksa user untuk menginstall malware di HP androidmu yang bisa membuat HP android mu kena Hack ataupun rusak.

Cara install TERMUX di Android

Cara menginstall TERMUX sangat mudah dan sama seperti kamu menginstall aplikasi android pada umum nya

  1. buka google play store
  2. ketikan kata kunci “termux” pada kotak pencarian dan tekan search
  3. setelah ditemukan termux tap pada tombol install
  4. tunggu proses installasi selesai
  5. setelah proses installasi selesai harusnya kamu akan menemukan launcher TERMUX di layar home mu,tap saja untuk membuaka TERMUX di android mu

TERMUX hanya bisa diinstall di android minimal versi 5.0 ,dibawah versi 5.0 tidak bisa!!

Setelah berhasil menginstall termux baiknya kamu menjalankan perintah apt update agar database/daftar package yang ada di hp mu diperbaharui dan disamakan seperti yang ada di server repository termux dan jalankan perintah apt upgrade untuk mengupgrade package yang ada di TERMUX mu.

Cara Menginstall Aplikasi di TERMUX

TERMUX telah dimodifkasi sedemikin rupa agar HP androidmu bisa diinstall berbagai macam aplikasi linux,aplikasi yang bisa diinstall melalui termux telah dimasukan kedalam termux software repository online.

Untuk bisa mencari,mendownload dan menginstall package(istilah untuk aplikasi dalam linux) yang kamu perlukan dengan mudah kamu bisa menggunakan APT package manager.

APT merupakan package manager yang biasa digunakan oleh distro debian dan turunan nya untuk mengelola packages.

TERMUX software Repository

Berbeda dengan windows,aplikasi(packages) linux didistribusikan secara terpusat melalui server khusus (software repository)yang dikelola dan diawasi oleh komunitas atau organisasi resmi seperti TERMUX team.

Dari server software repository inilah kamu bisa mencari,download dan install packages aplikasi yang kamu perlukan tanpa harus pusing mencari kesana-kemari.

OFFICIAL REPOSITORY – Agar suatu repository(package/aplikasi) bisa dikategorikan dan dimasukan kedalam Official repository maka repository tersebut harus menyedikan “build script” untuk tujuan cross-compilation sehingga packages dapat dikompile disemua perangkat yang didukung.

Sedangkan packages yang dibangun disuatu device kemudian dikemas menggunakan “termux-create-package” tidak dapat dikategorikan dan dimasukan kedalam official repository.

Semua repositories dengan build script di repo github.com/termux dikelola dan verifikasi dengan tandatangan oleh petugas di tim TERMUX.

Kunjungi https://github.com/termux untuk mendapatkan list official repository kemudian baca dan ikuti panduan cara menginstall tiap official repository.

COMMUNITY REPOSITORY– Selain Official repository/repository resmi yang dikelola oleh tim TERMUX,ada juga community repository yang merupakan repository yang dibuat oleh individu.

Bahkan kamu bisa membuat dan mengelolanya jika kamu seorang developer dan ingin mendistribusikan aplikasi/package yang kamu buat ke dunia,konsep in sama seperti PPA di ubuntu linux.

Setelah kamu selesai membuat aplikasi kamu bisa mengemas aplikasi tersebut menggunakan termux-apt-repo dari shell agar menjadi sebuah repository dan menaruhnya di Github sebagai hosting.

Perlu diketahi Github memiliki batasan 100 MB per file dan jika repositori mu melebihi 1 GB, kamu akan ditegur oleh GitHub untuk mengurangi ukuran repositori.

Jadi jika kamu mempunyai package yang sangat besar baiknya kamu menggunakan hosting yang berbeda dan pilih hosting sesuai dengan tipe file,misalnya untuk file video dapat di hosting di youtube.com

A. Cara Install Aplikasi Termux dari APT repository

Saat kamu menggunakan termux sangat direkomendasikan menggunakan package manager pkg yang merupakan wrapper untuk apt package manager.

Dengan pkg kamu akan lebih mudah untuk install dan upgrade package secara otomatis tanpa harus mengupdate apt list secara manual dengan mengetikan apt update seperti saat menggunakan apt package manager.

Screen shot dibawah ini saya ambil lewat PC, saya install DropBear ssh server di TERMUX HP android ku kemudian meremot shell hp android dari pc menggunakan putty ssh client dengan port 8022

MENU BANTUAN PKG – Ketikan $ pkg help untuk melihat opsi yang disediakan TERMUX pkg package manager

menampilkan opsi pkg package manager di termux
opsi pkg package manager di TERMUX

MENCARI PACKAGES– Gunakan perintah $ pkg search xxxx untuk Mencari packages berdasar nama.

cara mencari aplikasi di termux
mencari apllikasi di termux

MENGINSTALL PACKAGES– Gunakan perintah $ pkg install xxxx untuk menginstall packages.

cara menginstall aplikasi di termux
menginstall aplikasi di termux menggunakan pkg

MENGHAPUS PACKAGES– Gunakan perintah $ pkg uninstall xxxx untuk menghapus packages.

cara menguninstall aplikasi di termux
menghapus/menguninstall aplikasi di termux

REINSTALL PACKAGES– Gunakan perintah $ pkg reinstall xxxx untuk mereinstall packages

cara melakukan reinstall di termux menggunakan pkg
cara reinstall aplikasi di termux

INFORMASI PACKAGES– Gunakan perintah $ pkg show xxxx untuk menampilkan informasi detail tentang packages.

cara menampilkan informasi package aplikasi di termux
menampilkan informasi aplikasi di termux

MENAMPILKAN PACKAGES TERINSTALL– Gunakan perintah $ pkg list-installed untuk menampilkan daftar packages yang terinstall di termux mu.

perintah untuk menampilkan aplikasi yang telah terinstall di termux
menampilkan aplikasi terinstall di termux

LOKASI FILES PACKAGES DIINSTALL– Gunakan perintah $ pkg files xxxx untuk melihat lokasi files packages diinstall

perintah untuk mengetahui lokasi file disimpan saat aplikasi diinstall
melihat lokasi penginstallan aplikasi di termux

MENAMPILKAN SEMUA PACKAGES YANG TERSEDIA – Gunakan perintah $ pkg list-all untuk menampilkan semua package yang disediakan di repositori.

perintah untuk menampilkan semua aplikasi yang tersedia di software repository termux
menampilkan semua aplikasi yang tersedia

UPDATE dan UPGRADE PACKAGES YANG TERINSTALL – Gunakan perintah $ pkg upgrade untuk mengupdate dan upgrade package yang terinstall di termux mu

perintah untuk mengupdate aplikasi yang terinstall di termux
update dan upgrade aplikasi termux

B. Cara Install Aplikasi Termux berupa File *.deb

Jika kamu mempunyai file installer dalam format *.deb dari hasil download ,maka kamu bisa menginstallnya di termux menggunakan dpkg (package manager untuk linux berbasis debian)

MENGINSTALL *.deb PACKAGES– Gunakan perintah $ dpkg -i ./nama_package.deb untuk menginstall aplikasi termux dalam forat *.deb


UNINSTALL *.deb PACKAGES– Gunakan perintah $ dpkg --remove [nama package] untuk menghapus packages yang sebelum nya diinstall menggunakan perintah dpkg

MELIHAT APLIKASI *.deb– Gunakan perintah $ dpkg -l untuk melihat daftar aplikasi *.deb yang terinstall di termux


Karena dpkg mempunyai banyak opsi yang berguna, kamu bisa melihat manual via $ man dpkg.

PERINGATAN!!

package yang didownload dari ubuntu repository atau distro linux lain tidak akan bisa diinstall karena ABI libc yang tidak kompatible ,dan hanya *.deb package yang ditujukan untuk TERMUX yang bisa diinstall.

C. Cara Install Aplikasi Termux Berupa Script

Jika kamu mendapatkan aplikasi termux yang berupa script maka kamu perlu menginstall library bahasa pemrograman tersebut agar kamu bisa menjalankan script tersebut di termux.

Jika script yang kamu dapatkan berasal dari bahasa pemrograman interpreter seperti python(*.py),Perl(*.pl) ataupun ruby(*.rb) maka kamu langsung bisa menjalankan script tersebut tanpa mengkompile nya,dengan catatan kamu telah menginstall bahasa pemrograman tersebut di termux mu.

Install perl,ruby dan python di termux mu dengan mengetikan perintah $ pkg install perl ruby python
untuk menjalankan aplikasi termux yang berupa script cukup gunakan perintah $ perl script_mu.pl atau $ ruby script_mu.rb atau $ python script_mu.py

Mengelola Script Aplikasi di TERMUX

Secara umum aplikasi dibedakan menjadi 2 jenis berdasar bagaimana aplikasi tersebut dijalankan,yaitu aplikasi yang harus dicompile(dari source code dirumah menjadi bahasa mesin) sebelum dapat dijalankan dan aplikasi yang langsung bisa dijalankan dari source code (interpreter) tanpa dicompile.

Aplikasi yang ditulis dalam bahasa pemrograman interpreter akan lebih flexible dan mudah diedit sesuai kebutuhan,saat kamu menggunakan TERMUX pasti akan menemukan banyak tool/aplikasi kecil dalam bentuk source code yang bisa langsung dijalankan tanpa harus dicompile,orang awam menyebutnya dengan istilah script.

Untuk menjalankan aplikasi yang ditulis dengan bahasa program interpreter seperti Perl, Python, MATLAB, atau Ruby kamu hanya perlu menginstall interpreternya,sedangkan untuk mengedit source code/script nya kamu bisa menggunakan sembarang text editor.

Package Manager Bahasa Pemrogramman

Beberapa bahasa pemrograman mempunyai package manager sendiri,package manager untuk tiap bahasa pemrograman tidak disertakan secara default di TERMUX,jadi kamu perlu menginstall nya secara manual jika ingin menggunakan nya saat belajar termux

Klik pada link diatas dan ikuti panduan cara menginstall package manager untuk tiap bahasa pemrogramman yang kamu inginkan.

Belajar Menggunakan Kode Perintah Termux

Termux tidak mempunyai tampilan GUI dan hanya berupa shell dimana kamu harus mengetik kode perintah termux untuk menggunakannya,tanpa kamu menghafal kode perintah termux kamu tidak akan bisa menggunakan termux.

Kode Perintah Termux sama dengan Perintah LinuX

Kode perintah termux identik dengan perintah linux khususnya linux debian family seperti ubuntu atau linux mint,ini dikarenakan termux berfungsi sebagai terminal emulator yang mengakses shell linux di android HP mu.

Kamu bisa belajar lebih lengkap kode perintah linux di website www.belajarlinux.org

https://www.belajarlinux.org/belajar-perintah-linux/

Kode Perintah Termux Case Sensitive

Linux beda dengan Windows jadi yang harus kamu ingat bahwa linux case sensitive yang artinya linux akan memandang dan memperlakukan sebuah huruf dengan berbeda dilihat dari besar kecilnya huruf (kapital atau tidak kapital).

Perlakuan ini berlaku disemua lingkungan linux ,mulai dari penamaan folder/directory hingga perintah linux.

Contoh tulisan termux akan berbeda dengan Termux,TermuX,…,TERMUX walau dibaca sama tapi linux menganggap beda karena melihat besar kecilnya huruf,bukan bunyinya.

PASTIKAN!!

pastikan kamu mengetik semua perintah dalam format lower case atau semua perintah ditulis menggunakan huruf kecil semua.

Daftar Kode Perintah Termux Dasar

Berikut adalah kode perintah dasar termux yang wajib kamu kuasai saat belajar menggunakan termux,kode perintah ini sangat berguna karena kode termux ini sering digunakan untuk menginstall,mengelola aplikasi ,file dan folder,jika kamu serius belajar hacking kamu harus membiasakan menggunakan kode perintah termux dibawah ini :

  • pkg help 
    untuk melihat opsi yang disediakan TERMUX pkg package manager
  • pkg search
    untuk Mencari packages berdasar nama.
  • pkg install
    untuk menginstall packages.
  • pkg uninstall
     untuk menghapus packages.
  • pkg reinstall
    untuk mereinstall packages
  • pkg show
    untuk menampilkan informasi detail tentang packages.
  • pkg list-installed 
    untuk menampilkan daftar packages yang terinstall di termux mu.
  • pkg files
    untuk melihat lokasi files packages diinstall
  • pkg list-all
    untuk menampilkan semua package yang disediakan di repositori.
  • pkg upgrade 
    untuk mengupdate dan upgrade package yang terinstall di termux mu
  • clear
    Perintah dasar ini digunakan untuk membersihan jendela console
  • pwd
    pwd (print working directory), digunakan untuk melihat posisis lokasi directory saat ini.
  • ls
    digunakan untuk melihat /list file dan directory. gunakan ls -la untuk melihat informasi detail dari file dan folder
  • cd
    Digunakan untuk nevigasi/pindah ke directory lain yang kita inginkan , gunakan cd .. untuk kebali ke 1 tingkat directory , gunakan cd ~ untuk menuju ke home directory
  • cp
    Digunakan untuk mengkopi/nyalin File dan Folder .
    cp -avr /folder-asal /folder-tujuan untuk mengkopi folder dan isinya
  • mv
    Digunakan Untuk memindahkan file dan folder tau bisa digunakan untuk merename jika file /folder mempunyai asal dan tujuan yang sama
  • rm
    Digunakan untuk menghapus File.
    rm -rf namaFolder untuk menghapus folder dan isinya.
  • rmdir
    Digunakan untuk menghapus Folder kosong .
    rmdir --ignore-fail-on-non-empty namafolder untuk menghapus folder yang tidak kosong
  • chmod
    Digunakan untuk mengubah File /folder permission/privilage.
    chmod +x namaFolder untuk merubah permisin ke 775 atau rwx–x–x

Cara Hacking Menggunakan Termux

Termux dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam hal termasuk sebagai alat hacking,kamu bisa mengubah HP android mu menjadi tool hacking yang canggih hanya dengan menginstall termux yang didalam nya terinstall tools haking yang biasa digunakan oleh para ethical hacker (pentester profesional).

Berikut adalah tutorial cara install tools hacking populer di termux android :

  • Meta Sploit Framework – metasploit merupakan salah satu tool hacking yang sangat populer,dengan tool ini kamu bisa membuat,menguji dan menjalankan sebuah exploit untuk memanfaatkan vulnerability pada suatu sistem sebagai jalan masuk untuk mengambil alih sistem.

    Ikuti tutorial cara install meta sploit framewok di hp androidmu
  • WireShark – Wireshark merupakan aplikasi untuk menganalisa paket dalam suatu jaringan.Aplikasi ini biasa digunakan untuk menganalisa jaringan,troubleshooting jaringan,pengembangan perangkat lunak dan protokol komunikasi serta sebagai alat dalam proses belajar mengajar/pendidikan.

    Kamu bisa install aplikasi wireshark di HP androidmu dengan termux utuk tujuan hacking,dimana dengan tool ini kamu bisa mendapatkan banyak informasi di suatu jaringan yang ingin kamu hack.
  • Nmap- Nmap merupakan aplikasi scanner jaringan,nmap digunakan untuk menemukan komputer dan layanan di jaringan komputer cara mengirim paket dan menganalisa respon yang diterima.

    Nmap menyediakan sejumlah fitur untuk probing jaringan komputer,termasuk untuk menemukan host dan layanan serta mendeteksi sistem operasi yang digunakan.

    Ayo buruan install nmap di hp android mu jika kamu ingin scann jaringan dan melihat siapa saja yang berada di satu jaringan dengan mu atau kamu ingin mendapatkan informasi dari suatu host komputer.
  • Tools lain – ada ratusan bahkan ribuan tool yang dibuat untuk tujuan spesifik saat melakukan aktifitas hacking,jadi kamu bisa mencarinya sendiri di internet tool hacking yang sesuai dengan kebutuhan mu

GUI TERMUX

Termux merupakan terminal emulator untuk mengakses shell linux di androidmu,jika kamu punya aplikasi berbasis GUI maka kamu tidak akan bisa menjalankan aplikasi/package tersebut di termux secara langsung dan akan muncul peringatan “TERMUX ERROR ” Gtk-WARNING **: cannot open display: :0.0

Hal ini dikarenakan termux tidak menemukan display yang akan digunakan oleh aplikasi tersebut,untuk mengatasi hal ini kamu harus megaktifkan GUI di termux terlebih dahulu.

LANGSUNG JADI HACKER INSTANN!!

harap kamu berhati-hati dalam mendownload tool hacing di internet jika kamu hanya coba-coba dan tidak tau dunia hacking,untuk menjadi hacker sungguhan diperlukan banyak pengetahuan dan keahlian di bidang komputer,dan untuk mendapatkan hal tersebut tidak instan dan perlu tahapan proses yang tidak bisa dilompati.

jika kamu pengin langsung jadi hacker BELAJARLAH ILMU KOMPUTERDARI BAWAH,KARENA Tidak bisa disebut HACKER seseorang TANPA PENGETAHUAN KOMPUTER yang hanya bermodal tool dari internet.

Dalam Dunia hacker,bocah-bocah rendahan seperti ini dikenal dengan istilah SCRIPT KIDDIE.Script kiddie adalah seseorang dengan pengetahuan komputer rendah yang menggunakan tool buatan orang lain untuk tujuan menyerang,merusak sistem komputer ataupun melakukan deface suatu sistus.

Jika kamu tertarik dunia keamanan komputer,kamu bisa mengikuti panduan yang saya tulis cara mulai belajar menjadi hacker profesional yan gberisi bekal dan arahan khusus untuk mu.

BACKUP dan RESTORE TERMUX

Setelah sekian lama kamu belajar termux dan bekerja dengan TERMUX di android seperti menginstall ,mencoba, mensetting berbagai macam aplikasi di termux,tentu kamu tidak mau semua jerih payah mu hilang seketika yang disebabkan oleh glitch/error pada aplikasi termux ataupun kerusakan HP android mu.

Kenapa harus Backup TERMUX

Untuk mengatasi dan mencegah hal buruk ini terjadi termux telah menyediakan aplikasi/package restic yang bisa kamu install dan gunakan untuk membackup ataupun merestore hasil backup an.

TIPS

Baiknya kamu meletakan/menyimpan file hasil backup di external storage seperti SDCARD ataupun FLashdisk OTG,soalnya kalau kamu backup di memory internal terus hp mu rusak,gimana cara ngambil file backup an nya coba 😛

FIX storage permission denied TERMUX

Saat belajar termux pertama kali pasti kamu akan menemui Error “storage permission denied” disebabkan karena termux tidak mempunyai izin untuk mengakses storage (internal dan external storage).

Untuk mengatasi hal ini,Pastikan termux mu sudah diberi izin/permission untuk mengakses SDCARD/storage.

Jika belum jalankan perintah $ termux-setup-storage pilih allow/ijinkan jika muncul popup dialogue.

Atau kamu bisa masuk ke menu setting di android mu > aplikasi/apps >termux>permission>slide/centang pada storage

Cara Backup TERMUX

Untuk dapat membackup termux dengan mudah dan aman kamu baiknya kamu menggunakan aplikasi restic ,jika belum kamu bisa install dulu dengan perintah $ pkg install restic

  1. Buat directory untuk menyimpan hasil backup di sdcard dengan perintah $ mkdir -p /sdcard/termux-backups
  2. Jadikan local directory yang telah kamu buat menjadi local repository dengan perintah $restic init -r /sdcard/termux-backups .

    Pada proses ini kamu akan disuruh membuat password (setelah buat jngan sampai lupa atau hasil backupan mu tidak bisa digunakan)
  3. Mulai proses backup dengan mengetikan perintah $ restic backup -r /sdcard/termux-backups --tag termux $PREFIX
  4. restic menerapkan metode backup incremental tunggal,sehingga walau kamu membackup berkal-kali hasilnya cuman ada 1 file backupan dengan perubahan ukuran sesuai dengan jumlah package di termux mu.

    Jadi tidak usa kuatir akan penuhnya storage karena sering backup.Untuk melakukan backup lagi cukup ketikan perintah $ restic backup -r /sdcard/termux-backups --tag termux $PREFIX .

Cara Restore TERMUX

Cara restore termux berikut dengan asumsi file backup an berada di “/sdcard/termux-backups” jika lokasi backupan berbeda kamu bisa menyesuikan di perintah yang akan kamu jalankan.

Pastikan dulu kamu sudah menginstall aplikasi restic,jika belum kamu install dulu dengan menjalankan perintah $ pkg install unstable-repo lalu $ pkg install restic

Proses merestore termux agak sedikit rumit dibandingkan cara backup termux,karena kita akan menghapus environment yang ada dan mengganti dengan environment backupan.

  1. Copy aplikasi restic ke $HOME,supaya restic bisa langsung dijalankan dari lokasi directory kerja saat ini (secara default di $HOME) dengan mengetikan perintah $ cp $PREFIX/bin/restic $HOME/restic dan untuk memastikan kamu berada di home jalankan perintah $ cd ~
  2. Unset LD_PRELOAD (disable termux-exec) dengan perintah $ unset LD_PRELOAD
  3. Hapus $PREFIX lama dengan perintah $ rm -rf $PREFIX
  4. Restore termux dari folder termux-backups dengan perintah $ $HOME/restic restore -r /sdcard/termux-backups --tag termux --target / latest

Jika semua dilakukan dengan benar harusnya kamu sudah berhasil merestore termux dari file hasil backup,tinggal tutup aplikasi termuxnya lalu jalankan lagi dan enjoy… 🙂

KESIMPULAN

Termux hanyalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengakses shell linux di androidmu,termux bukan hanya digunakan sebagai alat hacking,lebih dari itu termux bisa digunakan untuk tujuan lain sesuai dengan keahlian komputer pemakainya.

memang sih dengan adanya termux kegiatan hacking bisa lebih flexible,jika dulu orang hacking harus bawa laptop yang diinstall linux,sekarang kamu bisa menggunakan HP android yang diinstall termux untuk melakukan kegiatan hacking.

Karena pada dasarnya android adalah salah satu varian dari linux,dengan menginstall aplikasi termux kamu bisa mengakses shell linux android layaknya kamu menggunakan laptop yang terinstall linux.

Leave a Comment