Cara Membuat Website Sendiri Dari Nol Untuk Pemula

cara membuat website sendiri tanpa coding

Di tahun 2020 semua orang bisa membuat website sendiri tanpa perlu belajar coding, programming, desain bahkan semua bisa dilakukan dari HP , modal bisa ngetik saja sudah lebih dari cukup.

Apapun website yang akan kamu buat baik website pribadi/blog, bisnis, toko online, jualan, sekolah, perusahaan dan instansi dengan mudah bisa kamu buat sendiri dengan alat dan sumberdaya yang tepat.

Panduan ini diformulasikan khusus untuk pemula sehingga kamu bisa membuat website secara gratis tanpa sewa jasa pembuatan website.

Yang kamu butuhkan hanyalah waktu 1-2 jam untuk membaca dan mempraktekan panduan cara membuat website ini.

Pastikan kamu membaca dengan teliti kata-demi kata agar kamu mengerti

Mari kita Mulaii………………

Persiapan Membuat Website

Website sama seperti media informasi pada umumnya (tv, koran, majalah) bedanya website bisa diakses dari HP, tablet dan komputer dan bisa dibuat oleh siapapun tanpa syarat apapun.

Isinya juga tidak ada batasan alias bebas, biasanya berupa tips atau cara dari hasil pengalaman pribadi atau research yang disajikan untuk orang lain untuk membantu menyelesaikan problem/masalah.

Karena orang sekarang lebih suka mencari informasi lewat internet, website digunakan juga oleh kaum marketing untuk menyediakan informasi yang relevan dengan produk mereka dengan cara menyediakan informasi yang lengkap untuk calon customer nya.

Informasi ini bisa berupa saran dan solusi untuk masalah calon customer dan menyarankan untuk membeli produk nya.

Itulah mengapa website atau blog memegang peranan penting “bagaimana calon customer menentukan keputusan akan produk dan dimana akan membelinya”.

Dari sini kamu sudah tau kan potensi website bisa menghasilkan uang? Menarik bukan

Apa Bedanya Website dan Blog?

Sebenarnya website dan blog sama saja baik secara isi ataupun tampilan nya , saya katakan tak ada beda. Yang selama ini ada dibenak kaum awam website dimiliki oleh perusahaan besar sedangkan blog dimiliki oleh pribadi.

Tapi nyatanya didalam setiap website selalu ada blog yang biasa kamu akses dengan mengetikan www.alamatwebsite/blog misal: www.tembolok.id/blog

Didalam halaman blog inilah suatu website menyediakan informasi yang terupdate untuk para pembacanya, seperti kamu ini yang sedang cari cara membuat website.

Sekarang sudah tau kan kalau website tidak ada bedanya dengan blog, malah didalam website isinya blog ^_^ .

Apa Yang Diperlukan Untuk Membuat Website?

Kamu uda tau kan tadi kalau website adalah media sama seperti stasiun tv, ibarat kamu mau membuat stasiun TV yang kamu harus pikirkan pertama kali adalah “acara atau content” yang ada didalam nya agar orang tertarik untuk menonton stasiun TV mu, tanpa acara tv maka tak ada yang mau nonton.

Sama kaya websitemu, kamu harus punya content atau bahan informasi yang akan kamu tulis di websitemu dan dibutuhkan banyak orang sebagai alasan orang untuk datang ke website mu.

Stasiun TV punya gedung yang dibangun diatas tanah dan punya alamat sehingga orang bisa lebih mudah menemukan stasiun TV. Begitu juga dengan website mu hanya saja semuanya virtual.

Kamu memerlukan web hosting sebagai tanah virtual, CMS/website sebagai management pengelolaan content, Domain sebagai alamat virtual.

Oke saya ringkas dan tarik kesimpulan, untuk membuat website berarti kamu memerlukan beberapa hal dibawah ini:

  • Content adalah informasi dalam bentuk artikel yang akan dipasang di website mu
  • Domain adalah nama atau Alamat dari websitemu seperti www.tembolok.id
  • Hosting adalah komputer server untuk menaruh file website mu
  • CMS adalah aplikasi untuk membuat dan mengelola website mu tanpa perlu tau programming dan desain

Apa itu CMS ?

Jika website diibaratkan sebuah gedung stasiun TV maka Content management system (CMS) adalah peralatan yang digunakan untuk memproduksi acara/content disuatu TV .

Dengan CMS kamu akan lebih mudah membuat artikel dan memberikan elemen-elemen berupa gambar atau video serta kamu bisa mengatur tampilan website mu, bahkan kamu bisa memberikan fitur-fitur tambahan lain nya tanpa perlu bisa coding/programming.

Kalau stasiun TV perlu peralatan mahal untuk memproduksi suatu acara, kamu tidak perlu keluar uang se-rupiah-pun untuk memproduksi content/artikel untuk website mu.

Semua dilakukan secara virtual, apalagi aplikasi CMS yang akan kamu gunakan “GRATIS” dan merupakan salah satu CMS terbaik yang ada dimuka bumi ini, dalam hal ini kamu akan menggunakan CMS WordPress.

Dimana Saya Bisa Mendapatkan Domain, Hosting dan CMS?

Website harus online 24jam sehari dan 7 hari dalam seminggu dan gak boleh mati sedetikpun, itu artinya kamu perlu sebuah komputer server untuk membuat website.

Tapi gak usa kuatir, kamu gak harus punya komputer server sendiri karena sudah ada banyak perusahaan “web hosting” yang menyediakan semua kebutuhan mu.

Web hosting dan domain bisa kamu dapatkan dengan cara sewa , CMS akan kamu dapatkan secara gratis dan bisa langsung diinstall di webhosting mu.

Setelah diinstall CMS maka kamu sudah punya website online yang bisa diakses dari seluruh dunia hanya dengan mengetikan domain di browser, misal www.tembolok.id

Kamu akan menggunakan CMS ini untuk memproduksi semua artikel atau contet mu sama seperti yang sedang saya lakukan sekarang untuk menulis artikel ini.

menggunakan CMS  wordpress untuk membuat content website

Saya menggunakan webhosting di NIAGA HOSTER untuk website ku ini, bahakan disana sudah disiapkan customer service yang online 24 jam untuk membantu kesulitan mu, kamu bisa langsung chatting dan tunggu beberapa detik langsung dibalas, enak banget pokoknya “pas buat pemula banget”.

Untuk biaya sewa domain dan hosting website pertahun hanya memakan biaya kurang dari satu juta rupiah, itu artinya perbulan nya tidak nyampek seratus ribu, ini jelas lebih murah dari biaya jajan mu sebulan.

Kalau Bisa Membuat Website Gratis Kenapa Harus Yang Berbayar?

Iya ya kenapa harus keluar duit hanya untuk membuat blog, pdahal kamu bisa membuat blog gratis di wordpress.com dan blogger.com, TAPI TUNGGU DULU COI saya akan jelaskan semuanya disini.

Ingat satu hal didunia ini

TIDAK ADA YANG GRATIS DIDUNIA INI

Alam semesta bekerja dengan menjaga keseimbangan, itu artinya jika kamu ingin mendapat sesuatu kamu harus memberinya, baik sekarang atau nanti.

Membayar tidak harus dengan uang, karena ada hal lain yang lebih berharga dari uang misal tenaga, waktu, fikiran dan kesempatan.

Memang ada layanan website yang menyediakan platform blogging secara gratis ( kamu tidak perlu bayar pakai uang) seperti blogger.com dan wordpress.com tetapi “gratis” disini tidaklah benar-benar gratis.

Website yang menyediakan platform blogging secara gratis dengan cara numpang disebut dengan istilah (Hosted website).

Misal untuk blogger.com kamu bisa membuat blog secara gratis, tapi kamu tidak diberikan fitur yang lengkap yang bisa untuk ini itu.

Kamu hanya bisa membuat tulisan/artikel saat ingin mengubah tema/tampilan agar bagus ujung-ujungnya harus keluar duit juga.

Sama seperti wordpress.com yang memberikan batasan kapasitas upload gambar dan media dan jika ingin fitur lebih maka kamu harus beralih ke versi yang berbayar. Belum lagi setiap artikel blog mu akan ditempeli iklan oleh wordpress.com dan perlu upgrade ke premium agar iklan ini hilang dari blog mu.

Dulu saya pernah membuat blog gratis di blogger.com, semakin saya serius belajar blogging menggunakan blogger.com saya semakin tidak bisa bergerak (blogger.com tidak bisa dicustom).

Akhirnya saya belarih ke website mandiri (self hosted) dengan sewa hosting dan domain yang bisa saya atur “suka suka gue”.

Blog pertamaku di blogger.com yang masih ada sampai saat ini adalah http://gwarnetdirumah.blogspot.com blog tersebut sekarang uda gak ada pengujung karena sudah habis musim nya sehingga saya biarkan saja.

Itu artinya tidak ada yang benar-benar gratis didunia ini,kamu harus membayar segala sesuatu untuk mendapatkan nya baik dengan fikiran, tenaga, waktu ataupun uang.

Masih berfikir untuk membuat website/ blog gratisan(hosted) seperti saya dulu yang ujung-ujungnya bakal pindah juga ke website mandiri berbayar (self hosted)?

Menghasilkan uang dari Website

Masih ingat dengan website atau blog pertama saya yang dibuat di blogger.com dengan domain numpang di blogspot.com?

Pada awalnya saya hanya share pengalaman dalam bentuk tutorial, dan sampai akhirnya banyak yang menghubungi saya untuk dibantu dan mau membayar jasa saya.

Hingga akhirnya saya membuat produk sendiri dalam bentuk “JASA” sesuai permintaan, selain jasa kamu bisa menghasilkan uang dari tulisan di blog mu dengan membantu orang memilihkan barang dan merekomendasikan untuk belanja di tempat tetentu (afiliasi).

Jika tidak punya produk sendiri ataupun oranglain untuk ditawarkan maka kamu masih bisa menghasilkan uang dari blog mu dengan cara memasang iklan seperti google adsense.

Apapun jenis informasi yang kamu tulis di blogmu, selama ada pengunjung atau peminat maka kamu punya peluang untuk menghasilkan uang dari blog di website mu.


#1 Langkah Pertama:
Menentukan Ide Website

Ide adalah fondasi untuk segala hal, termasuk website. Ide-lah yang bisa membuat website bisa bertahan dan berkembang untuk mencapai kesuksesan, jadi pastikan kamu punya ide sebelum membuat website.

Penting nya ide saat membuat website bisa saya jelaskan begini : Website perlu pengunjung, pengunjung datang karena content atau artikel yang kamu buat, artikel dibuat berdasarkan ide, itu artinya tanpa content website mu tak akan ada pengunjung.

Jika kamu belum ada ide sama sekali, saya bantu carikan ide website yang terbaik untuk mu.

Tentukan Tujuan mu

Walaupun sebagian besar website dibuat untuk menghasilkan duit baik secara langsung ataupun tidak langsung tapi kamu perlu fokus akan jenis website yang akan kamu buat

  • Personal Website/Blog : Isinya persis kaya punya saya ini , sebagai media share ilmu apapun yang saya bisa
  • Toko Online : Website yang isinya list barang untuk dijual
  • Portofolio : Isinya biodata dan prestasi/goal yang pernah dicapai agar dunia tau.
  • Forum : website yang menyediakan fitur untuk diskusi seperti kaskus.com
  • Instansi/Perusahaan : Website identitas untuk instansi ataupun perusahaan

Apapun jenis website yang akan kamu buat, semua perlu content yang akan menarik orang untuk mengunjungi website mu. Content baiknya dibuat sesuai dengan kebutuhan calon pengunjung dan dikemas dalam bentuk informasi yang berisi solusi atas masalah mereka.

Tentukan Niche Mu

Saat kamu belajar membuat website pasti akan mendapatkan istilah niche, dan pastinya kamu harus menentukan niche untuk website yang akan kamu buat. Lalu apa itu niche?

Versi simple nya, Niche atau ceruk adalah topik atau bahasan spesifik informasi yang akan kamu sediakan di website mu.

Kamu perlu menentukan topik bahasan yang spesifik agar kamu mengenal calon pembacamu (niche market) sehingga bisa menyediakan dan mengemas informasi yang relevan sesuai dengan kebutuhan pembacamu.

Jika kamu menulis dengan gaya bahasa sesuai level pembacamu dan mengemas informasi relevan yang dibutuhkan pembacamu maka website mu bakal disukai pengunjung dan sukses.

Masih biangung soal niche? oke saya kasi contoh betapa powerfullnya sebuah niche yang bisa menentukan kesuksesan suatu bisnis.

Kamu tau iPhone? mahal kan? tapi kenapa kok laku? heran …

oh iya tau indomaret ? barangnya mahal tapi kok laku ya?

Nah baik iPhone atau indomaret bahkan website sukses seperti “twitter, instagram” mereka bisa sukses karena mereka menentukan niche yang spesifik untuk produk mereka sehingga mereka tau kebutuhan pengguna (niche market) sehingga bisa menyediakan produk yang tepat.

Bisnis yang mereka buat bukan untuk semua orang, tapi untuk niche market/ kalangan tertentu itulah mengapa mereka bisa sukses.

Begitu juga dengan website yang akan kamu buat, kamu harus menentukan niche atau topik yang spesifik sehingga kamu bisa tau apa kebutuhan calon pembacamu.

Kamu harus bahas habis niche mu dari ranting sampai akarnya, jangan hanya menulis atau membahas suatu topik hanya dalam satu artikel.

Karena gak mungin satu topik bisa dibahas secara mendetail dalam satu artikel, kamu harus bikin juga artikel pendukung lain nya.

Bingung Menentukan Niche?

Jiaka kamu membuat website untuk instansi atau perusahaan tentu kamu sudah punya niche, karena perusahaan atau instansi dibangun berdasarkan niche.

Tapi masalahnya jika kamu baru saja ingin memulai membuat website pasti kamu belum terfikir mau buat website seperti apa kan?

Tembolok.id adalah website keduaku, dan aku gak tau niche untuk website ku ini tapi aku nekat saja karena aku pengin banget belajar website agar bisa menjadi “fulltime blogger”.

Dan saya putuskan kala itu unutuk memulai menuliskan apa yang aku bisa dulu, alasan nya aku gak perlu research dan belajar dari nol, ya karena aku kan da mahir dibidang itu dan aku hidup dari situ juga.

Aku bekerja sebagai IT dan aku mulai membuat artikel mulai dari topik CCTV, Jaringan, Komputer Dasar, Mikrotik, Linux dan Hacking.

Kalau memang kamu belum bisa menemukan niche atau ceruk untuk website mu maka tidak ada salahnya kamu menulis artikel gado-gado (satu website banyak niche).

Mulai dari Passion Mu

Setiap orang punya pengalaman hidup saat menemui masalah dan berhasil menyelesaikan nya, pengalaman hidup mu bisa kamu share dalam bentuk tulisan untuk membantu orang yang sedang mengalami masalah yang sama.

Passion dan pekerjaan saya di dunia IT, saya seorang teknisi komputer dan suka belajar linux maka artikel yang ada di blog ku ini sebagian besar topiknya komputer dan linux, beda lagi kalau kamu yang bikin bisa saja isinya cara mendidik anak atau cara memancing.

Saya membuat www.tembolok.id untuk share pengalaman hidup dalam bentuk artikel agar bisa membantu orang lain yang sedang punya masalah yang sama, termasuk artikel yang sedang kamu baca ini.

Saya juga membuat website www.belajarlinux.org untuk membantu pemula yang ingin belajar linux agar lebih cepat dan mudah, saya merasa enjoy dan tidak terketan karena saya menulis hal yang sudah saya bisa .

Jadi saran saya jika kamu baru saja mau memulai membuat website dan tidak tau mau buat website apa maka kamu bisa mengikuti apa yang telah saya lakukan.

“MULAILAH MENULIS HAL YANG KAMU BISA” , mungkin memasak, ngerawat anak, olahraga, mancing, piara burung, ngebengkel, berkebun, pokoknya apa saja yang kamu bisa.

Sudah punya ide kan? ide gak harus sempurnya, yang penting ada ide untuk tujuan melangkah mu .

Ide lain akan bermunculan saat kamu sudah mulai melangkah dan terus belajar.

Apapun idemu sekarang, ini adalah ide terbaik saat ini sebagai modal awal.

Ingat “Hal besar selalu dimulai dengan langkah kecil”, jadi melangkah lah dulu

Next baby step


#2 Langkah Kedua :
Beli Domain dan Hosting

Jika website diibaratkan sebagai gedung, maka kamu perlu sebidang tanah untuk membangun gedung, webhosting sama fungsinya seperti sebidang tanah yang nantinya akan kamu bangun website (gedung) diatasnya.

Domain diibaratkan alamat dari gedung mu dan kamu perlu membelinya juga.

Tips Menentukan Nama Domain

Nama domain seperti punyaku tembolok.id dan belajarlinux.org baiknya difikirkan masak-masak, kenapa? Karena nama domain tidak bisa diganti kalau website mu sudah online, kalaupun bisa websitemu bakal kehilangan rangking di google dan harus memulai dari nol.

Nama website baiknya mewakili dari tujuan mu membuat website, bisa namamu sendiri, nama instansi, nama perusahaan, nama komunitas, nama topik bahasan bahkan tidak ada aturan resmi dalam membuat domain, itu artinya kamu bebas menentukan nama domain mu sendiri “asal belum dipake orang”.

Nama domain juga tidak berpengaruh dengan ranking website mu di google, tapi saya sarankan untuk membuat nama domain yang mudah diingat dan mewakili brand mu.

Ini penting karena nama yang mudah diingat memungkinkan website mu untuk dibranding dan lebih bisa dikenal banyak orang karena mudah disebut dan diingat tentunya.

Singkatnya saat memilih nama domain baiknya kamu perhatikan beberapa hal dibawah ini:

  • Pilih nama yang mudah diingat oleh calon pengunjung mu
  • Padat, singkat, jelas
  • Hindari angka dan tanda hubung
  • Jangan terpaku pada .com saja, masih banyak domain lain seperti .net .org .id dan lain nya
  • Jangan pakai nama brand orang
  • Sesuaikan domain dengan nama bisnis, persona atau brand mu.

Cara Membeli Hosting dan Domain

Untuk membeli hosting dan domain bisa dilakukan di perusahaan penyedia jasa layanan webhosting.

Saya menggunakan jasa webhosting “Niaga Hoster” untuk website yang sedang kamu baca ini (tembolok.id dan belajarlinux.org).

Harga yang murah, fitur lengkap, loading cepat, layanan CS yang cepat menjadi alasan utama saya memilih perusahaan webhostig ini sejak awal tembolok.id dibagun yaitu 27 April 2016.

Domain Gratis & Tambahan Diskon +5%
Dengan Kupon TEMBOLOKID

#1 Klik tombol dibawah ini untuk mengecek ketersediaan domain mu dan memulai proses order

Kamu bebas memilih domain disini baik .com .id .net .org apapun pilihan mu tidak berpengaruh untuk website mu jadi bebas saja.

Klik cek domain untuk mengecek ketersediaan nama domain mu.

mengecek ketersediaan domain

#2 Jika domain mu tersedia maka kamu bisa langsung klik selanjutnya, Domain yang kamu pilih sekarang akan menjadi gratis , jadi jangan hiaraukan soal harga.

order domain

#3 Sekarang kamu akan memilih hosting, saya menyarankan untuk memilih minimal paket personal, Bisnis jika untuk perusahaan atau instansi dan bisnis. lalu klik tombol order hosting

order hosting

#4 Langsung klik tomvol tambahkan ke Cart agar domain dan hosting mu dijadikan satu tagihan

order paket domain dan hosting

#5 Lihatlah, domain mu yang tadinya 125.000 sekarang menjadi gratis begitu order nya digabung dengan hosting. Langsung klik lanjutkan

cekout layanan hosting

#6 Disini kamu akan ditawarkan fitur tambahan, fitur gratisan nya bisa langsung kamu tambahkan yaitu “Auto Install Website WordPress” agar kamu gak perlu install wordpress manual.

Kamu bisa menambahkan SSL berbayar jika kamu tidak mau pakai yang versi gratis dari OpenSSL.

Langsung klik Lanjutkan

tambahan fitur addon layanan hosting

#7 Pilih metode pembayaran nya dan jangan lupa untuk menggunakan kuppon special a-TEMBOLOK.ID atau TEMBOLOKID untuk mendapatkan extra diskon 5%

kalu sudah tinggal klik Check Out

metode pembayaran untuk beli atau sewa paket layanan domain dan hosting

#8 Jika kamu belum punya akun di niagaHoster maka kamu sekarang bisa membuatnya dengan klik pada “Belum Punya Akun” dan mengisi data yang diperlukan.

Klik Checkout sekarang untuk memulai pembayaran. dan mengikuti prosedur lanjutan nya.

registrasi akun layanan hosting niagahoster

Mengelola Hosting dan Domain

Setelah kamu mengisi form registrasi diatas maka kamu sekarang sudah punya akun di niagahoster, kau perlu login dengan akun yang telah kamu buat untuk mengatur layanan hosting mu.

Mulai dari install wordpress, mengelola database, domain, email, DNS, mengelola file hingga memperpanjang masa aktif domain dan hosting mu.

Caranya cukup kunjungi website niagahoster di https://www.niagahoster.co.id/ lalu klik padatombol login.

login member area hosting

Setelah kamu login maka kamu sekarang bisa memulai mengelola domain dan hosting yang telah kamu beli sebelum nya .

kelola layanan hosting

Melalui cPanel kamu bisa mengelola website mu dengan sangat mudah tanpa memerlukan skill apapun, cukup klik-klik saja.

cpanel layanan hosting

Memperpanjang Domain dan Hosting

Setiap tahun sebelum jatuh tempo kamu akan diingatkan untuk perpanjangan layanan hosting dan domain melalui SMS dan email, jadi gak perlu kuatir kalau kamu lupa.

Tagihan akan muncul otomatis di menu tagihan dibagian tab unpaid, kamu hanya perlu membayar maka otomatis layanan hosting dan domain mu akan diperpanjang.

perpanjang layanan hosting

Agar selalu dapet diskon selalu gunakan kode voucher IWILLRENEW dan jangan lupa juga untuk menukarkan point yang kamu miliki agar dapet diskon tambahan saat prerpanjangan.

Meminta Bantuan Teknisi

Bila kamu kesulisan untuk melakukan setup website maka kamu bisa meminta bantuan ke Customer service(CS) melalui menu chat yang ada di kanan bawah layar.

layanan teknisi  hosting niagahoster

Cukup klik dan ketik masalahmu, nanti dalam hitungan menit akan ada CS yang membantumu ^_^



#3 Langkah Ketiga:
Menginstall WordPress di Web Hosting Mu

WordPress inilah yang nantinya akan kamu pakai setiap hari untuk membuat artikel, membalas komen, membuat page, merubah tampilan halaman dan menambahkan fitur-fitur website lain nya.

menulis artikel dengan wordpress
Tampilan WordPress Untuk Menulis Artikel

Jika kamu mengambil fitur “Auto Install Website WordPress” saat order hosting maka kamu tidak perlu menginstall wordpress secara manual, tapi jika kamu lupa mengambil fitur tersebut maka kamu harus menginstallnya secara manual dengan cara mengikuti langkah dibawah ini :

Siapkan SSL Dulu

Website skarang harus pakai HTTPS biar aman dan tidak bisa disadap, agar website mu pakai HTTPS maka kamu harus setting SSL. Kamu bisa membeli SSL premium ataupun gratisan, tapi disini saya akan kasi tau cara membuat HTTPS dengan SSL gratis dari OpenSSL.

Website dengan SSL ditandai ikon gembok di sampikan kiri alamat website di address bar browsermu, jika kamu klik gemboknya maka akan muncul keterangan “connection is secure“.

SSL pada website

#1 Login ke Member area hosting mu klik : Member area niagahoster

#2 Klik pada layanan anda> pilih tab hosting > klik kelola hosting

menu kelola hosting

#3 Klik langsung pada Let’s Encrypt

membuat SSL gratis dengan let's encrypt

#4 Klik pada issue dibagian domain mu yang akan kamu pasang SSL

issue SSL  di webhosting

#5 Centang pada mail dan www seperti gambar dibawah ini dan jangan centang yang sebelah kanan, kalau sudah kamu klik Issue

memilih domain dan subdomain untuk dipasang SSL let's encrypt

#6 Nah sekarang domain mu telah terpasang SSL dan website mu siap untuk menggunakan https.

SSL berhasil dipasang di domain

Install WordPress Mu

Hanya klik beberapa tombol wordpress mu sudah terinstall dan siap digunakan, jadi jangan kuatir karena ini mudah sekali.

#1 Klik pada menu sebelah kiri WordPress Management > klik Site

Klik langsung pada Install WordPress

memulai menginstall wordpress di webhosting

#2 Isikan informasi sesuai dengan yang kamu miliki dan inginkan, mulai dari domain hingga akun untuk wordpressmu.

Untuk admin user dan admin password adalah akun yang akan kamu gunakan untuk login ke wordpressmu, baiknya berbeda dengan akun hosting mu agar lebih aman dan menghindari hal yang tidak diinginkan.

install wordpress di hosting

#3 Klik pada foce https on agar website mu selalu menggunakan https, sekarang kamu sudah bisa menggunakan wordpress untuk membuat artikel.

mengaktifkan https di wordpress

Login Ke WordPress Mu

Setelah berhasil menginstall wordpress maka kamu sudah bisa menggunakan wordpress untuk membuat artikel untuk websitemu.

Kamu hanya perlu login ke wordpress mu sebagai admin menggunakan username dan password yang telah kamu set sebelum nya.

Cukup ketikan https://domainmu/wp-admin misal: https://tembolok.id/wp-admin agar kamu bisa login ke wordpress mu sebagai admin.

login ke wordpress

#4 Langkah KeEmpat:
Setting WordPress

Sekarang kamu sudah punya wordpress dan sudah bisa login sebagai admin, dari sini lah perjalanan membangun websitemu dimulai.

tampilan admin dashboard wordpress
tampilan dashboard admin wordpress

Kamu harus melakukan beberapa settingan dan belajar cara menggunakan wordpress sebelum membuat dan menyusun artikel di website mu.

Pengaturan Umum

Pada menu pengaturan umum kamu akan mengatur hal dasar di website mu mulai dari judul, slogan, format waktu dan bahasa.

Cukup klik pada menu Pengaturan > Umum

pengaturan umum

Aturlah sesuai dengan yang kamu inginkan, tidak ada patokan apapun untuk pengaturan ini.

Jangan lupa untuk klik tombol simpan perubahan

Pengaturan Diskusi

Untuk tulisan dalam bentuk postingan/post maka perlu sekali diberi fitur komentar agar pembaca bisa berinteraksi sehingga kamu tau apa yang mereka butuhkan dan kamu bisa improve tulisan di blog mu agar lebih baik.

Usahakan untuk menahan komentar dan melakukan persetujuan secara manual sebelum akhirnya dipublish, ini bertujuan agar kolom komentar blog mu bebas dari spam.

Cukup klik pada menu Pengaturan > Diskusi

pengaturan diskusi wordpress

Pengaturan Permalink

Ini adalah hal terpenting saat kamu membuat blog, permalink menentukan bentuk dari link artikel disetiap website mu.

Kamu hanya boleh mensetting nya sekali dan tidak boleh diubah-ubah jika websitemu sudah punya artikel, Kenapa?

Karena jika ada postingan mu yang masuk halaman satu google dan kamu ubah permalink, maka calon pengunjung dari google tidak bisa mengakses websitemu karena kamu telah merubah alamat dari artikelmu dan berakhir 404 not found.

mengatur permalink wordpress

ikuti saja bentuk permalink seperti yang telah saya gunakan “Nama tulisan” ini adalah bentuk permalink terbaik.


#5 Langkah KeLima:
Mengatur Tampilan Website

Jangan pernah berfikir untuk punya desain website yang sempurna, apalagi kamu baru saja memulai membuat website.

Ingat orang datang ke websitemu bukan karena tampilan nya yang keren, tapi mereka datang untuk artikel/informasi yang ada di dalam nya.

Jadi jangan buang banyak waktu hanya untuk mendesain website agar terlihat keren. Cukup buat agar website mu terlihat bersih dan rapi sehingga mudah dibaca.

Coba lihat artikel yang sedang kamu baca ini, bersih rapi ,polosan dan ringan untuk dimuat di browsermu kan!!

Mengatur Theme/tema

Kamu bisa mengatur tampilan website mu dengan mengganti atau mengubah dan menginstall tema.

Ada ribuan tema, tapi saya menyarankan untuk menggunakan generatepress seperti yang saya pakai ini, selain ringan, responsive juga didukung oleh banyak plugin.

#1 Klik menu tampilan > tema > klik tambah baru

menu install tema wordpress

#2 ketikan generatepress nanti akan ada tema dengan nama yang kamu cari, tinggal klik install

mencari dan menginstall tema wordpress

#3 Setelah proses penginstallan selesai kamu tinggal klik pada tombol aktifkan

mengaktifkan tema wordpress

Setting Tipografi

Tipografi adalah seni untuk memilih dan menata huruf dengan mengatur penyebaran huruf pada ruang yang tersedia untuk menciptakan kesan tertentu agar pembaca nyaman saat membacanya.

Terdengar sepele tapi ini sangatlah penting dalam dunia tulis menulis, karena jenis huruf dan tatanan huruf menentukan kenyamanan user saat membaca tulisan mu.

Tulisan yang terlalu kecil dan terlalu rapat akan menyulitkan orang untuk membaca, apalagi kalau pembacamu udah tua bisa-bisa mereka kabur dan gak jadi mbaca blog mu.

Halaman yang terlalu lebar juga membuat bola mata capek karena harus geser kiri kanan.

Lalu bagaimana kriteria Tipografi rekomendasi untuk sebuah blog atau website?

  • Gunakan satu jenis font yang umum seperti Arial, Helvetica, Open Sans, Roboto, Georgia atau ubuntu.
  • Ukuran font antara 16 – 22px
  • Lebar horisontal halaman antara 480-700px
  • Line-height antara 1.5-2em
  • Margin paragraf antara 1.5-2em
  • Untuk H1, H2 dan H3 serta tebal huruf tinggal diatur aja sesuai tema agar terlihat cocok

#1 Klik menu tampilan > sesuaikan > tipografi

Disini kamu tinggal atur untuk jenis huruf dan ukuran nya sesuai rekomendasi diatas.

  • Body adalah tipografi untuk tulisan artikel mu
  • Sedangkan H1 untuk Heading paling atas
  • H2 untuk sub heading dari H1
  • H3 untuk sub heading dari H2
setting tipografi website

#2 Jika kamu belum punya artikel maka kamu tidak akan bisa melihat perbedaan nya, kamu bisa mengikuti settingan yang saya pakai seperti digambar atas.

Jangan lupa untuk menyimpan settingan yang kamu buat dengan mengklik tombol terbitkan.


#6 Langkah KeEnam:
Membuat Artikel/Content

Jika website mu ingin ramai pengunjung bahkan menghasilkan duit maka kamu harus serius dalam membuat content artikel.

Pengunjung perlu informasi untuk memecahkan masalahnya, tugasmu adalah mengenali dan tau kebutuhan informasi yang dibutuhkan oleh niche market mu.

Itulah sebabnya niche (topik) harus kamu pilih dan mengetahui perilaku niche market (orang yang membutuhkan informasi di topik tersebut) sangatlah penting agar kamu bisa membuat content artikel yang relevan untuk mereka.

Buat Artikel Sesuai Kebutuhan Calon Pengunjung mu

Kamu harus tau kriteria calon pengunjung untuk topik/niche yang akan kamu bahas, mulai dari umur, perangkat yang digunakan, jenis kelamin, hingga kebiasaan umum yang dimiliki.

Hal ini penting sekali untuk mengetahui rata-rata psikologi dan kebiasaan niche market mu sehingga kamu bisa menentukan gaya bahasa saat menulis artikel, apakah harus santai ataukah harus serius dan resmi sehingga calon pembacamu merasa nyaman.

Ingat setiap orang juga punya level intelektual yang berbeda, jadi pilih bahasa yang sesuai dengan level intelektual dari niche marketmu.

Jika kamu sudah tau seluk beluk niche market mu maka kamu sekarang sudah tau kira-kira contet apa yang mereka butuhkan/relevan dan bagaimana cara menyusun informasi agar pas dengan mereka.

Disinilah seni yang kamu harus pelajari “bagaimana cara mentransfer pengetahuan dari kepalamu ke kepala orang lain “, kamu harus berada di level mereka saat menyampaikan informasi agar mereka mengerti.

Perbedaan Page dan Post

Di dunia website ada dua macam bentuk tulisan yaitu page/laman dan post , keduanya sama-sama tulisan dan tidak ada beda, tapi page dan post digunakan untuk tujan yang berbeda.

Page berdiri sendiri dan tidak punya struktur dan dimaksudkan untuk membuat halaman single dan statis seperti h alaman depan, landing page, brosur, halaman contact, halaman about, halaman privacy dan halaman sejenis yang bersifat independen atau tidak bertopik.

list page atau laman di wordpress admin dashboard
tampilan page atau laman di admin menu wordpress

Post digunakan untuk membuat artikel yang membahas topik tertentu sehingga post punya struktur seperti kategori ataupun tag.

Jika topik yang kamu bahas cakupannya luas dan perlu beberapa post untuk mengulasnya maka kamu bisa memasukan semua artikel tersebut dalam satu kategori dan menghubungkan nya menggunakan tag agar terbentuk struktur.

list artikel dalam bentuk post di wordpress
tampilan post di menu admin wordpress

Struktur dalam artikel sangat penting untuk memudahkan pembaca menemukan “artikel terkait” akan topik yang mereka baca hanya dengan klik kategori ataupun tag.

Kamu sekarang sudah tau dong, kapan harus menggunakan page/laman dan kapan harus pakai post!!

Cara Membuat Artikel Di WordPress

Saat membuat artikel dalam bentuk page atau post tampilan dan menunya hampir sama, bedanya laman/page tidak punya pilihan kategori dan tag.

membuat artikel dan page di wordpress

#1 Klik pada tanda + Baru > pilih post atau laman

#2 Ketikan judul untuk artikel mu

#3 Klik tanda + pada setiap akhir paragraf atau heading untuk menambahkan elemen yang kamu perlukan.

Ini mirip sekali dengan ms.office yang dipakai untuk ngetik, kamu akan tau sendiri saat kamu mencobanya.

#4 Klik simpan draf untuk menyimpan tulisan sementaramu , tulisan mu tidak akan terbis sebelum kamu menekan tombol menerbitkan.

#5 kamu bisa mengubah slug url kalau kamu sudah menyimpan nya menjadi draft, slug url adalah alamat pengenal untuk artikel mu dan akan muncul dibelakang nama domain mu ketika menampilkan artikel mu.

Misal jika kamu membuat slug “cara-membuat-website” maka saat website mu menampilkan artikel mu di address bar browser akan tampil https://www.namawebsitemu.domain/cara-membuat-website.

url slug pada wordpress

#6 Pilih kategori dan buat tag jika memang perlu tag untuk artikel mu

#7 Untuk menerbitkan artikel di website mu kamu cukup klik pada tombol menerbitkan.

Mengatur Tampilan Halaman Depan /Beranda

Hanya page/laman yang bisa dipasang di halaman depan/beranda website mu sedangkan post tidak bisa.

Kamu hanya perlu mendesain laman/page se kreatif dan semampumu untuk membuat halaman depan dari website mu.

Kamu bisa membuat halaman depan yang keren menggunakan page builder seperti elementor.

Kalaupun tidak pakai page builder juga tidak masalah, toh halaman depan yang keren tidak menjamin website mu ramai pengunjung, hanya saja website mu lebih punya kesan profesional dan keren.

Baiknya desain halaman depan website mu mewakili isi didalam nya, jangan hanya fokus biar terlihat keren saja, tapi yang terpenting adalah user bisa memahami isi website mu hanya dengan melihat halaman depan nya saja.

#1 Buat satu halaman/page yang akan kamu gunakan untuk dijadikan halaman depan website mu.

#2 Jangan lupa untuk menerbitkan/publish halaman page yang telah kamu buat tadi.

#3 Masuk ke menu pengaturan > membaca

mengatur tampilan beranda

Pada tampilan beranda anda pilih “halaman statis” > lalu pilih halaman yang telah kamu siapkan tadi.

Klik simpan perubahan kalau sudah.

Membuat Halaman Kronologi Blog Post

Setiap website pasti punya artikel dalam bentuk blog post, kamu perlu menampilkan blog post ini dalam bentuk list agar pengunjung mudah menemukan postingan terbarumu. Misal https://www.tembolok.id/blog

Agar website mu punya halaman khusus yang menampilkan list artikel mu dari yang terbaru ke lama kamu perlu membuat satu halaman khusus.

#1 Buat halaman/laman dan beri judul “blog” jangan diisi apapun dan biarkan kosong lalu simpan dan terbitkan

#2 Masuk ke menu pengaturan > membaca >

setting list artikel blog

#3 pada laman pos-pos kamu pilih page/laman kosong dengan judul “blog” yang telah kamu buat tadi.

#4 Tampilkan post dalam bentuk ringkasan agar pembaca lebih mudah memilih dan cepat membaca list artikel mu.

#5 Jangan lupa untuk menyimpan dengan klik menu simpan perubahan.

Mengatur Menu

Menu sangat penting untuk sebuah website, menu akan memudahkan user untuk memahami isi dari website mu dan bernavigasi.

Jangan terlau banyak menaruh menu dihalaman utama karena akan membingungkan user, buatlah menu pilihan sesuai produk ungulan atau topik utama website mu.

#1 Masuk menu tampilan > menu

mengatur menu pada wordpress

#2 Disini kamu bisa membuat dan mengatur menu, kamu bisa membuat menu dari page, post, kategori didalam website mu ataupun link external.

#3 Kamu harus explore dan mencoba sendiri agar kamu bisa paham dengan tampilan pengaturan menu ini.

#4 kamu akan memilih jenis content yang akan kamu jadikan menu [4] , centang pada item [5] dan klik tambah ke menu [6]

#5 Klik pada segitiga kecil [7] di menu yang kamu tambahkan tadi agar kamu bisa mengeditnya [8].

#6 kamu juga bisa nge drag (tahan dan geser) pada bilah menu yang kamu tambahkan tadi untuk mengatur posisi .

#7 Dipaling bawah terdapat “pengaturan menu” dimana kamu bisa memilih dilokasi mana menu tersebut akan ditampilkan.

simpan perubahan settingan menu wordpress

#8 Klik simpan menu untuk menyimpan settingan mu


#7 Langkah KeTujuh:
Optimasi Website

Website mu tidak bisa dibangun dalam semalam, tiba-tiba jadi besar dan sukses. Itulah sebabnya kamu perlu melakukan persiapan jangka panjang agar website mu siap untuk segala hal.

Website mu adalah alat bisnismu, kamu perlu membangun dan merawatnya agar bisa membawa kesuksesan untuk bisnis mu. Website yang dibiarkan saja tidak mungkin bisa sukses.

Plugin WordPress

Untuk melakukan perawatan ataupun optimasi kamu akan memerlukan plugin, plugin adalah modul tambahan untuk wordpress agar punya fitur tambahan.

Cara install plugin sama seperti menginstall tema yaitu dengan menggunakan menu Plugin > tambah plugin

menambahkan plugin wordpress

Ingat jangan kebanyakan pakai plugin karena bisa membuat website mu lemot, hindari menggunakan lebih dari satu plugin untuk fungsi yang sama karena bisa bentrok .

Memasang Google Analytics dan Search Console

Google search console adalah tool yang disediakan oleh google bagi para webmaster untuk membantu mengukur performa website, search trafic, memperbaiki masalah dan memastikan website mu muncul di halaman mesin pencarian google.

Data yang disajikan oleh search console adalah data yang dikumpulkan oleh google analytics.

Google analytic digunakan untuk mengumpulkan data statistik perilaku pengunjung website mu. Data ini bisa kamu jadikan landasan untuk membuat website yang disukai pengunjung .

Data dari google analytics bisa membantumu memahami kemauan pengunjung mulai dari apa yang mereka cari, halaman mana yang ramai dibaca, mana yang kurang populer , postingan mana yang perlu diperbaiki dan lain sebagainya.

Kalau sekarang kamu belum bisa pakai, tidak ada salahnya kamu pasang mulai dari sekarang. Saat mulai bisa kamu sudah ada data yang bisa dijadikan patokan dalam mengambil keputusan saat improve website mu.

Lihat data dibawah ini, bagaimana saya menurunkan bouchrate dan menaikan pageview hanya dengan mepelajari data yang dikumpulkan oleh google analytic.

Dari data google analytics kamu juga bisa tau artikel mana yang perlu diperbaiki agar menjadi ranking satu google.

Kamu bisa memasang google analytics dan search console diwebsite mu dengan mudah menggunakan plugin “Site kit” yang disediakan google.

#1 Klik menu plugin > tambah baru > ketikan “site kit” di search box > klik pasang sekarang pada plugin “site kit by google” > klik aktifkan jika sudah selesai terinstall.

install plugin site kit di wordpress

#2 Setelah terpasang kamu klik aktifkan, lalu klik pada menu site kit > klik start setup

mulai setup google search console di site kit

#3 Kamu harus punya akun google dan login terlebih dahulu dengan klik “sign in with google”

sign in dengan akun google

#4 Pilih akun google mu yang akan kamu gunakan untuk membuat search console, jika tidak tercantum disini kamu klik “gunakan akun lain”

pilih akun google

#5 Berikan izin google site kit untuk mengakses data akun google mu dengan meng klik tombol “allow”

izinkan site kit mengakses data search console

#6 Setelah site kit diberi akses ke akun google mu maka sekarang kamu akan memulai setup google search console, klik “allow” untuk mengijinkan website mu mengakses akun google melalui plugin site kit.

izinkan akses  search console di  google site kit

#7 Selamat search console mu sekarang sudah bisa diakses dari website mu menggunakan lewat plugin site kit.

finish setup search console di  google site kit

Setelah kamu selesai setup google search console selanjutnya kamu harus lanjutkan dengan setup google analytics.

#1 Untuk memasang google analytics di website mu kamu harus klik pada “connect service” dibagian analytics seperti gambar dibawah ini

memasang google analytics via site kit wordpress

#2 Pilih akun google mu yang akan digunakan untuk memasang google analytics

pilih akun google analytics

#3 Berikan izin kepada site kit untuk mengakses google analytic data dengan meng klik “allow”

mengijinkan site kit untuk mengakses data google analytics

#4 pastikan property yang tercantum sesuai dengan nama website mu, klik configure analytics untuk memasang.

memilih property google analytics

#5 Google analytics selesai dipasang di website mu.

berhasil pasang google analytics dengan google site kit plugin

Tunggu minimal 1×24 jam agar google analytics mengumpulkan data pengunjung dari website mu dan kamu bisa melihat laporan nya di menu Sitekit > Search console dan analytics.

Dari data analytic dan search console inilah kamu bisa melihat perkembangan dan memudahkan menentukan langkah yang tepat untuk mengembangkan website mu.

tampilan data search console di wordpress site kit

Memasang Plugin SEO

Search engine optimization (SEO) adalah proses untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas trafic organik dari serach engine dengan cara meningkatkan ranking website agar lebih terlihat oleh user yang mencari artikel lewat mesin pencari seperti google.

Itu artinya kamu harus membuat artikel yang mudah dipahami oleh user manusia dan mesin juga , dengan begitu mesin pencari bisa merekomendasikan artikel mu ke orang yang sedang mencari lewat mesin pencari seperti google.

Agar robot mesin pencari lebih mudah memahami isi artikel di website mu kamu perlu menginstall plugin SEO seperti yoastSEO.

#1 Klik pada menu plugin > tambah baru > ketikan “yoast” dikolom pencarian > klik pasang sekarang pada plugin Yoast SEO

install plugin yoast seo

#2 Setelah terinstall aktifkan plugin dengan klik tombol aktifkan

mengaktifkan plugin yoast seo

#3 Akan muncul menu baru “SEO” setelah kamu mengaktifkan plugin, klik pada menu SEO > tampilan pencarian

setting yoast seo

Pindah ke tab “jenis konten”[3] , atur menjadi seperti gambar diatas dan klik simpan perubahan jika sudah [6]

Mempercepat Loading Website

Ada beberapa plugin yang bisa mempercepat loading website mu jika disetting dengan benar, itu artinya kamu tidak boleh menginstall plugin berlebih karena malah akan membuat website mu lambat diakses.

#1 Install plugin autoptimize seperli langkah pada gambar dibawah ini, kalau sudah kamu aktifkan.

Plugin ini berfungsi untuk minify JS,CSS, Cache, Lazyload yang akan membuat website mu cepat diload.

install plugin optimasi JS, CSS, HTML dan Image

#2 Setelah plugin diaktifkan maka kamu harus mensetting nya , klik pada menu pengaturan >autoptimize >klik tab JS, CSS & HTML centang box seperti gambar dibawah

pengaturan optimasi JS

#3 scrool kebawah centang box seperti gambar dibawah ini di bagian opsi css,html dan opsi lain > klik simpan perubahan dan kosongkan cache

pengaturan optimasi CSS dan HTML

#4 Klik pada tab “Image” > centang bagian seperti gambar > klik simpan perubahan

setting optimasi image

#5 klik pada tab “EXTRA” > centang seperti gambar dibawah > klik simpan perubahan

optimasi extra

Selain menggunakan plugin untuk optimasi kamu juga harus mengatur gambar yang akan kamu gunakan agar ringan diload, kamu bisa mengikuti tips dibawah ini agar gambar mu ringan saat diload.

  • Gunakan format JPEG, jangan pake PNG agar ukuran gambar kecil
  • Paling bagus sih pakai format WebP
  • Ukuran lebar maximal gambar 1200px dan minimal 600px, tingginya bebas menyesuikan kebutuhan.

#8 Langkah KeDelapan:
Mengembangkan Website

Saya tekankan sekali lagi, website tidak bisa sukses dalam sehari setidaknya perlu waktu satu tahun untuk tumbuh dan berkembang hingga menempati peringkat satu google.

Itupun jika dikerjakan secara konsisten dan sungguh-sungguh.

Jika kamu pemula saya katakan bahwa “kamu baru mulai melangkah membuat website” karena sejatinya website bukan hanya sekedar domain, hosting dan template yang keren.

Kesuksessan sebuah website bergantung dari isi atau informasi yang terkandung didalam nya, informasi ini berupa post dan artikel yang menjadi alasan pengunjung datang ke website mu.

Ubah pola pikirmu sekarang tentang website, website sama seperti kamu menanam pohon.

Perlu dipilih bibitnya (niche), perlu dirawat (optimasi) dan perlu diberi formula pupuk yang tepat (bikin content/artikel), biarkan tumbuh (SEO) sebelum kamu bisa memetik buahnya (monetize).

Saya kasi contoh diriku yang belajar website dari nol (tanpa mentor dan semua otodidak, modal internet doang) .

Saya mulai membuat website ini mulai tahun 2016 dan baru bisa menghasiklan uang dipertengahan 2019, kamu pasti heran kok kenapa lama amat?

Yap itu dikarenakan saya gak tau harus belajar darimana, saya pikir website itu bisa naik dalam sebulan dan akhirnya saya biarkan saja (vacum).

Vacum sampek 6 bulan dan mulai belajar lagi, begitu terus. Mental saya down karena saya pikir gagal tapi karena saya tidak menyerah akhirnya saya nemu pola dan caranya.

Saya akan tuliskan secara lengkap di blog ini bagaimana cara saya membuat website yang artikelnya nembus halaman satu google secara lengkap dan gratis!!

Sudah siap untuk mulai belajar membuat content yang baik dan berkualitas sehingga mudah dipahami oleh mesin google dan memberi solusi untuk pembacamu?

Lets’ GO

Membuat Website Mu Ramai Pengunjung

Satu hal yang perlu kamu ingat

Content/Artikel Berkualitas lah Yang menjadi Penentu Kesuksesan suatu website

Banyak sedikitnya pengunjung yang datang ke website mu sangat bergantung pada content/artikel yang kamu sediakan dan seberapa besar jumlah orang yang memerlukan topik bahasan tersebut (niche market).

Itu artinya jangan pernah berfikir untuk melakukan trik-trik nakal (black hat SEO) dengan harapan website mu jadi peringkat satu google. Mungkin ini beneran berhasil, tapi tidak akan bertahan lama dan akhirnya webmu akan dibaned selamanya dari google.

Goal utama google adalah untuk membantu orang yang menggunakan google untuk menemukan informasi yang merka butuhkan se relevan mungkin dengan cara merekomendasikan artikel terbaik yang ada di website dan blog.

Dengan kata lain agar wbsite atau blog direkomendasikan oleh google “peringkat satu google” artikel mu harus “terbaik diantara yang terbaik” (berkualitas).

Jika artikel mu berada di peringkat satu google untuk topik yang kamu bahas(niche) niscaya kamu akan mendapat minimal 50% dari volume niche market mu.

Jadi jangan buang tenaga untuk belajar ilmu SEO yang gak jelas, fokuslah untuk membuat artikel yang disukai pembaca (memberi solusi atas masalah pembaca), karena inilah yang saya lakukan sekarang dan sebagian besar artikel ku berada di halaman satu google.

Membuat Website Mu Menghasilkan Uang (Monetize)

Uang datang dari pengunjung baik secara langsung ataupun tak langsung, itu artinya kamu harus punya pengunjung dulu sebelum website mu bisa menghasilkan uang.

Untuk menghasilkan uang dari website kamu bisa lakukan beberapa cara dibwah ini :

#1 Memasang Iklan

Saat saya baru mulai belajar membuat website, saya belum tau niche apa yang akan saya pakai. Jadi saya menulis artikel apapun itu asal saya telah menguasai materi tersebut, yaitu topik profesi saya sebagai teknisi komputer.

Artikel tutorial komputer memang banyak peminatnya tapi susah sekali untuk di”monetize” karena kamu tidak bisa merekomendasikan produk apapun, alasan nya adalah orang yang datang mencari tutorial tidak bakal ada niat untuk membeli apapun.

Untuk artikel yang pembacanya tidak berpotensi untuk membeli produk apapun maka kamu bisa “monetize” dengan cara memasang iklan.

Kamu bisa mendaftar “Google adsense” agar artikel diwebsite mu bisa diberi iklan dan menghasilkan uang dari setiap artikel di website mu.

#2 Menjual Produk Sendiri

Ada website yang dibuat berdasar niche dari produk yang akan dijual misal “obat pelangsing”, maka isi website tersebut hanya membahas cara-cara diet dan ujung ujung nya menawarkan produknya sebagai solusi akan masalah yang dihadapi pembacanya.

Produk disini tidak harus barang real, karena kamu bisa menjual produk lain seperti jasa, kursus, e-book, membership dna lain sebagainya.

#3 Merekomendasikan Produk Afiliasi

Jika kamu tidak punya produk sendiri maka kamu bisa merekomendasikan produk milik orang lain yang ada program afiliasi.

Kamu akan mendapatkan komisi untuk setiap barang yang terjual dari link rekomendasi yang kamu berikan ke calon pembeli.

Caranya kamu harus pandai m encari celah masalah apa yang dihadapi oleh niche market barang tersebut dan membuat artikel untuk membantu mereka dan ujung-ujungnya kamu merekomendasikan produk afiliasi tersebut.

Misal jika ada afiliasi produk HP maka kamu bukin artikel “HP terbaik untuk gamer” didalam artikel tersebut bisa kamu sisipkan link afiliasi produk HP tadi.

KESIMPULAN

Kamu bisa membuat website gratis dengan memanfaatkan platform blogger.com ataupun wordpress.com.

Disana kamu mendapatkan domain dan hosting gratis namun fiturnya sangat terbatas dan tidak cocok untuk bisnis ataupun personal blog.

Website gratis yang dibuat di website lain disebut dengan istilah “hosted website”.

Untuk membuat website yang serius dan bisa menghasilkan uang baik website personal, bisnis, organisasi, blogging saya sarankan untuk membeli domain dan hosting sendiri agar kamu bebas membuat website sesuai yang kamu butuhkan.

Website dengan domain dan hosting sendiri dikenal dengan istilah “sel hosted website”

Membangun website yang sukses perlu waktu dan dedikasi, kamu perlu belajar bagaimana menulis artikel yang mudah dipahami oleh pembacamu dan mesin pencari sehingga mesin pencari seperti google bisa merekomendasikan artikel mu ke orang yang mencari informasi lewat google.

Setelah artikel “berkualitas” mu nangkring di halaman satu google kamu dan dibaca banyak orang sekarang bisa menghasilkan uang dari artikel tersebut biak dengan memasang iklan seperti google adsense, menjual produk sendiri ataupun merekomendasikan produk orang lain (afiliasi)

PERLU BANTUAN?

Khusus untuk anda yang belum punya website, hosting atau domain saya menawarkan bantuan setting website dari nol hingga online secara sukarela dan gratiss!!

Gratis Tanpa Syarat

Tanpa syarat apapun, saya akan bantu anda agar punya website self hosted sendiri.

Sampai Online

Saya akan settingkan dari nol sampai website anda online dan bisa dikases dari seluruh dunia.

Sudah diOptimasi

Saya buat website anda kenceng dan SEO friendly sehingga isinya mudah dipahami mesin pencari seperti google untuk membantu ranking.

Fokus Content Saja

Anda cukup fokus membuat content, biar saya yang urus masalah teknis ^_^.

Klik tombol biru dibawah ini untuk tatacara menggunajan jasa pembuatan website gratis yang saya sediakan khusus untuk mmebantu anda.

GRATISS tanpa Syarat Apapun!!

Pembahasan Terkait
jasa pembuatan website gratis kebumen
Jasa Pembuatan Website Custom Gratis Tanpa Syarat

Bagi anda yang ingin punya website sendiri baik untuk personal ataupun bisnis saya menyedikan jasa pembuatan website gratis tanpa syarat. Read more

tutorial cara membuat website perusahaan dan bisnis
Cara Membuat Website Perusahaan dan Bisnis 2020

Ditahun 2020 ini perusahaan, binsis dan toko harus bisa ditemukan pelanggan dan client lewat internet, cara paling efektif adalah dengan Read more

belajar website dan blogging
Belajar Website Dasar | Apa Itu Website, Jenis & Manfaatnya

Saat anda menggunakan HP atau komputer untuk mencari informasi di internet maka anda mengetikan apa yang anda cari di kotak Read more

cara membuat blog ramai dan menghasilkan uang
Cara Membuat Blog Yang Menarik & Menghasilkan Uang

Pengin punya website pribadi untuk menulis blog, portofolio guna mendukung personal branding atau bisnis online? Disini kamu akan belajar cara Read more

Halloo, Saya Arie

Saya orang biasa seperti mu, Saya suka sekali membantu orang-orang untuk belajar. Itulah sebabnya saya membuat website ini untuk membantu orang lain sepertimu agar lebih cepat dan mudah ketika belajar di internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas