SCRIPT TERMUX dan Cara MenggunakanNya

Bagi kamu yang sedang mencari script termux untuk berbagai kebutuhan mulai dari spam wa, spam call, hack wifi, hack akun ff, membuat virus dan script-script lain baiknya kamu pahami dulu sebenarnya apa itu script termux.

Karena ada banyak jenis script termux yang bisa kamu jalankan di termux mu untuk berbagai macam keperluan.

Tiap jenis script juga perlu dijalankan dengan cara yang berbeda, baca dan pahami berbagai jenis script termux dan cara menggunakan nya agar tidak terjadi error.

Apa itu Script Termux

Script termux adalah aplikasi yang dibuat khusus untuk termux menggunakan bahasa pemrograman interpreter yang bisa dijalankan langsung dari source code(masih berupa script dalam format text) tanpa memerlukan proses compile.

Berbeda dengan aplikasi pada umumnya yang memerlukan proses compiling untuk merubah source code/script kedalam format binnary agar komputer bisa menjalankan nya, script termux sama sekali tidak perlu proses compiling, kamu langsung bisa menjalankan script ini se cara langsung dengan catatan kamu telah menginstall framework untuk bahasa pemrogramman yang dipakai oleh script tersebut.

Bahasa pemrogramman interpreter populer yang biasa digunakan adalah perl, ruby, python, node.JS dan TeX Live

Kenapa Disebut Script?

Disebut script karena aplikasi yang dibuat dengan bahasa pemrograman interpreter tidak perlu proses compile (dari source code diubah ke binnary code), sehingga kamu masih bisa membaca source code yang berupa script dalam bentuk text file.

Aplikasi Termux Binnary vs Interpreter

Ada banyak bahasa pemrogramman yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi di termux, baik bahasa pemrogramman interpreter ataupun compiler antara lain:

Interpreter adalah bahasa pemrogramman yang bisa langsung dieksekusi atau dijalankan langsung dari source codenya yang berupa script dalam format text. Aplikasi inilah yang sering kamu sebut dengan istilah “script termux”

Disisi lain bahasa pemrogramman compiler tidak bisa dijalankan langsung jika masih berupa script/source code dan harus dilakukan proses compiling yang akan merubah script atau source code kedalam bahasa mesin atau binnary.

Setelah dicompile maka akan menghasilkan format file baru yang bisa dijalankan di termux mu, misal aplikasi dengan format APK atau tanpa format sama sekali.


Guna dan Manfaat Script Termux

Kamu sudah tau kan kalau script termux adalah aplikasi, sama seperti aplikasi pada umum nya aplikasi dibuat untuk memerintahkan/memprogram komputer untuk melakukan tugas tertentu.

Sebagai contoh aplikasi WA dibuat untuk mengirim dan menerima text sehingga kamu bisa melakukan obrolan dengan mudah menggunakan text secara realtime.

Script termux juga begitu, ada berbagai jenis aplikasi dalam bentuk script termux yang dibuat dengan kegunaan yang berbeda-beda.

Platform Untuk Developer Aplikasi

Developer adalah istilah untuk programmer yang kerjaan nya mendevelop atau membuat aplikasi, developer ini bisa berupa individu ataupun team.

Android adalah linux yang didesain untuk mobile device seperti HP yang sedang kamu gunakan saat ini, android mengedepanan pengembangan dari sisi grafik agar semua orang bisa menggunakan nya dengan mudah.

Termux pun hadir dengan menawarkan akses ke CLI atau shell android dari GUI (graphical user interface) yang tentunya dirancang untuk para geek dan developer, bukan untuk orang awam yang gak ngerti komputer.

Dengan adanya termux develper dan kaum opreker bisa menggunakan android dengan cara berbeda yaitu melalui terminal untuk mengakses shell android.

Dengan menginstall berbagai macam framework bahasa pemrogramman kedalam termux dimungkinkan developer untuk membuat aplikasi yang sangat berbeda dengan aplikasi android yang ada di playstore.

Dengan menggunakan bahasa pemrogramman interpreter (script) para developer bisa membuat aplikasi jauh lebih cepat dan flexible.

Dari mulai proses pengujian aplikasi, debugging hingga membuat aplikasi berbasis script termux untuk tujuan hacking bisa dilakukan dengan lebih leluasa oleh para developer yang menginginkan kesederhanaan dan fleksibilitas karena aplikasi termux berbasis text sehingga tidak memerlukan desain grafis dalam proses pembuatan nya.

Untuk Hacking

Sebenarnya ini masih ranah developing tapi ini lebih menjurus penggunaan script termux untuk membantu pada secuirty auditor dan pentester atau yang lebih kalian kenal dengan istilah hacker .

Para hacker ini biasanya akan membuat script termux untuk tool hacking mereka sehingga bisa lebih flexible saat melakukan pentesting menggunakan HP mereka tanpa ribet bawa-bawa komputer, dan yang paling penting adalah lebih “tersembunyi”


Cara Menggunakan Script Termux

Script termux yang telah kamu peroleh dengan cara download di internet tidak bisa langsung dijalankan begitu saja di termux mu.

Kamu perlu menginstall framework dan library bahasa pemrogramman yang dipakai oleh script yang kamu download sebelum kamu bisa menjalankan nya.

Istall Package Requirements

Semua aplikasi biasanya memerlukan package lain agar biusa bekerja, sama halnya dengan bahasa pemrogramman dan script yang akan kamu install dan jalankan.

Kamu harus menginstall package ini sebelum kamu bisa menggunakan nya. Berikut perintah umum yang bisa kamu gunakan untuk menginstall package requirements

pkg install clang git wget curl make openssl vim

Cara Menjalankan Script Node.js di Termux

Node.js adalah server side javascript layaknya PHP yang hanya dieksekusi di server sebagai aplikasi backend. Bahasa yang dipakai adalah java script yang biasa dipakai di front end atau client side, bedanya node.js menyediakan service agar javascript hanya dijalankan di server side sebagai back end.

Nama file aplikasi atau script node js biasanya diakhiri dengan *.js misal : hackFB.js

Untuk menjalankan aplikasi node.js kamu bisa ikuti cara dibawah ini

#1 Install node.jd di termux mu dengan menggunakan perintah pkg install nodejs

#2 Install dependencies node.js dengan mengetikan perintah node install

#3 Jalankan script node js mu dengan mengetikan format perintah node namafile.js Contoh: node hackFB.js

Untuk menjalankan file js berikutnya kamu gak perlu melakukan langkah nomer 1 dan 2 lagi, langsung aja lakukan langkah nomer 3

4# Untuk melihat hasil script mu maka kamu harus membukanya melalui web browser seperti opera, chrome dan sejenisnya menggunakan HP mu dengan mengetikan http://localhost:3000

Cara Menjalankan Script Perl di Termux

Aplikasi yang dibuat menggunakan bahasa pemrogramman perl mempunya extensi *.pl misalnya : spamWA.pl

Untuk menjalankan nya kamu bisa mengikuti langkah dibawah ini

1# Install aplikasi perl dengan mengetikan perintah pkg install perl

2# Jalankan script perl mu dengan format perl namascriptmu.pl misal: perl spamWA.pl

Cara Menjalankan Script Python di Termux

Kebabanyakan tool atau script termux yang beredar menggunakan bahasa pemrogramman python. Aplikasi yang dibuat menggunakan python mempunyai extensi *.py misalnya : bobolIG.py

Untuk menjalankan aplikasi atau script python di termux kamu bisa mengikuti langkah dibawah ini:

#1 Install python dengan mengetikan perintah pkg install python

#2 Jalankan script python mu dengan format perintah python namascriptmu.py contoh : python hacktwitter.py

3# Jika terjadi error karena dependencies belum terinstall maka kamu bisa menggunakan perintah pip install requests untuk fix error

#4 jalankan lagi seperti langkah nomer 2

Cara Menjalankan Script Ruby di Termux

Walau agak jarang tool termux yang ditulis menggunakan ruby gem tapi jika kamu punya aplikasi atau script termux dengan extensi *.rb maka gunakan cara dibawah ini untuk menjalankan nya.

#1 install ruby dengan perintah pkg install ruby

#2 install dependencies package dengan mengetikan perintah gem install bundler lalu ketikan perintah lagi bundle install

#3 Jalankan aplikasi ruby mu dengan mengetikan perintah dengan format ruby namascriptmu.rb contohnya : ruby spamSMS.rb

Package Management Interpreter

Setiap bahasa pemrogramman interpreter sekarang telah dilengkapi dengan package manager, package manager ini sangat berguna untuk mencari dan menginstall dependencies secara otomatis yang diperlukan oleh aplikasi yang akan kamu jalankan.

Untuk cara penggunaan nya kamu tinggal klik pada link diatas untuk tiap package management.

Selain untuk menginstall dependencies package, aplikasi package manager untuk setiap bahasa pemrogramman juga digunakan untuk mengakses repositorynya sendiri dimana kamu bisa mencari dan menginstall aplikasi dari sana.

Mirip banget dengan repository termux mu, bedanya repository ini hanya bisa digunakan oleh bahasa pemrogramman interpreter itu sendiri.


Script Termux Untuk Hacking

Script termux sangat dicari oleh kalangan pemuda seperti kamu yang lagi semangat-semangatnya belajar hacking dengan mencari “kumpulan script termux lengkap” dan berharap akan menjadi hacker secara instan dengan cara download tool hacking sebanyak mungkin.

Saya cuma mau bilang, script termux hanyalah sebuah alat dan alat tidak akan menjadikan orang menjadi jago. Ingat orang yang memegang kuas lukis tidak bisa dikatakan sebagai pelukis, begitu juga dengan orang yang menggunakan script termux untuk hack, tidak bisa dikatakan sebagai hacker.

Hacker adalah sebuah gelar keterampilan akan disiplin ilmu, kalau kamu tidak punya ilmunya tapi hanya bisa pakai alat buatan orang itu namanya “script kiddie”. Perlu kamu ketahui script kiddie adalah tingkatan terbawah dalam dunia hacker.

Bagaimana agar kamu bisa menjadi hacker beneran? jawaban nya adalah kamu harus belajar disiplin ilmunya dulu agar menjadi ahli dalam bidang komputer.

Download Script Termux Untuk Hacking

Jika kamu kesini untuk mencari script atau tool hacking termux maka akan saya kasi tau cara untuk mendapatkan nya .

Caranya cukup ketikan kata kuci “download script termux hacking” di google maka kamu akan menemukan banyak sekali script termux yang diclaim bisa untuk berbagai macam tujuan, mulai dari script termux untuk hack fb, nuyul, spam call, melacak orang, bobol wifi dan masih banyak lagi.

Saya tidak berani merekomendasikan website apapun disini, karena saya tidak tau betul-betul apa isi didalam script tersebut, apakah ada “backdoor” yang tersembunyi atau malah ada malware di dalam nya saya tidak tau.

Bahaya Menggunakan Script Termux Untuk Hacking

Dalam dunia hacking ada suatu tehnik yang disebut dengan “social engineering” yang secara singkat tehnik hacking ini digunakan untuk memanipulasi psikologi orang agar melakukan apa yang diinginkan hacker.

Saya tidak berburuk sangka dengan pembuat script, tapi saya hanya memandang sesuatu hal dari sudut yang lain dimana bisa saja si pembuat script membuat script yang telah disisipi malware dan menyebarkan nya ke kalangan “script kiddie” sehingga si hacker bisa memanfaatkan hp android yang telah terinfeksi oleh script nya untuk tujuan si hacker misalnya mining,proxy ataupun botnet.

Alih alih kamu ingin ngehack orang eh malah sebenarnya kamu yang kena hack sendiri, kasus ini pernah terjadi disaat marak tutorial hack akun facebook menggunakan script. Dimana dalam tutorial itu kamu akan disuruh menekan tombol f12 ( untuk masuk ke developer tool) dan meng copy-paste script ke jendela console.

Yang terjadi bukan nya kamu berhasil ngehack FB orang malahan FB mu yang yang langsung kena hack sama si pembuat script itu, FB mu akan menjadi bot dan menyebarkan link tutorial yang telah kamu praktekan .

Dari kasus tersebut minimal kamu bisa belajar, tidak ada hal yang instan di dunia ini , apalagi kalau kamu ingin menjadi hacker. Perlu waktu, dedikasi dan ketekunan untuk mempelajari ilmu komputer hingga kamu benar-benar mahir hingga layak disebut sebagai seorang hacker.

Hacker adalah ilmu, keterampilan, pengetahuan. Gelar hacker tidak bisa didapat dari sekedar kamu koleksi banyak tool untuk ngehack.

KESIMPULAN

Script termux merupakan aplikasi biasa seperti aplikasi android pada umunya, bedanya script ini harus dijalankan menggunakan termux dan peredaran nya tidak diawasi serta tidak ada wadah nya beda halnya dengan aplikasi android biasa yang punya wadah playstore.

Untuk menjalankan script termux kamu perlu tau bahasa pemrogramman interpreter yang digunakan dan menginstall framework bahasa pemrogramman tersebut.

Peredaran script termux tidak punya wadah resmi layaknya aplikasi android pada umumnya yang dimasukan ke playstore sehingga tidak bisa diawasi dan tidak bisa dijamin keamanan nya.

Oleh karena itu kamu perlu berhati-hati dan tidak boleh download dan menjalankan script termux secara sembarangan yang bisa berpotensi HP kamu kena hack.

ARTIKEL LANJUTAN
Kode PERINTAH TERMUX LENGKAP untuk PEMULA

Apa itu Perintah Termux? Perintah termux adalah kode dalam bentuk tulisan/text yang harus kamu ketikan ke terminal termux sebagai cara Read more

Cara Install NMAP di Termux Android

Berdasar informasi dari wikipedia Nmap adalah aplikasi network scanner opensource yang dibuat oleh Gordon Lyon (dikenal juga sebagai pseudonym Fyodor Read more

Cara install WireShark di TermuX Android Tanpa Root

Wireshark merupakan salah satu aplikasi penganalisa paket jaringan yang sangat populer .Dengan wireshark kamu bisa melakukan observasi apa yang sedang Read more

Cara Mengaktifkan dan Mengakses GUI di Termux Android

Selain aplikasi berbasis CLI (command),termux sudah mendukung aplikasi yang menggunakan sistem Xwindows (GUI), jadi pada dasarnya kamu bisa menjalankan aplikasi Read more

Cara Install Metasploit FrameWork di Termux Android

Metasploit framework merupakan aplikasi untuk membuat,menguji dan menjalankan exploits.Metasploit biasa digunakan untuk membuat alat dan modul penguji sistem keamanan komputer Read more

BELAJAR TERMUX 2020 |Lengkap Untuk Pemula

Apa itu TERMUX? Termux adalah aplikasi terminal emulator untuk android sekaligus linux environment yang berjalan di android tanpa perlu proses Read more

Halloo, Saya Arie

Saya orang biasa seperti mu, Saya suka sekali membantu orang-orang untuk belajar. Itulah sebabnya saya membuat website ini untuk membantu orang lain sepertimu agar lebih cepat dan mudah ketika belajar di internet.

2 tanggapan pada “SCRIPT TERMUX dan Cara MenggunakanNya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas