Belajar Website Dasar | Apa Itu Website, Jenis & Manfaatnya

belajar website dan blogging

Saat anda menggunakan HP atau komputer untuk mencari informasi di internet maka anda mengetikan apa yang anda cari di kotak pencarian “google”. Semua informasi yang tersaji disitu berupa halaman website.

Ada ratusan bahkan ribuan website yang menyediakan informasi yang anda cari secara gratis, tapi sebenarnya “apa itu website?“, kenapa banyak orang mau membuat website lalu menyebar informasi secara gratis lewat website? dan bagaimana cara membuatnya?

Yuk saya jelaskan semuanya disini..

Apa itu Website?

Website adalah sekumpulan halaman web yang saling terhubung didalam satu nama domain dan dipublish untuk umum sehingga semua orang bisa mengakses informasi ini lewat internet. Website bisa dibuat dan dikelola oleh perorangan, kelompok, organisasi ataupun perusahaan untuk tujuan tertentu.

Yang sedang anda baca ini adalah halaman web (web page) dalam bentuk artikel yang sedang membahas “apa itu website, jenis dan mafaatnya”, tembolok.id adalah nama domain yang saya pakai dan didalam tembolok.id terdapat banyak halaman web lain yang saling terhubung.

Kumpulan semua artikel/halaman web yang ada di domain tembolok.id inilah yang disebut dengan website.

Jadi website itu bukan hanya nama ataupun artikelnya saja, kalau sudah menyebut website tembolok.id adalah kesatuan dari semua artikel yang ada di dalam domain tembolok.id.

Untuk mengakses website digunakan web browser seperti chrome, opera, firefox, internet explorer dan lain sebagainya.

Semoga samapi disini anda sudah mengerti apa itu website yang sebenarnya.

Jenis dan Contoh Website

Ada banyak sekali website didunia ini dan bertambah setiap detik, jumlahnya lebih banyak dari uang tabungan anda yang ada di bank saat ini, gak percaya? neh klik aja disini https://www.internetlivestats.com/watch/websites/ sudah hampir dua milyar.

Dari website sebanyak itu bisa dikelompokan ke beberapa kategory website seperti dibawah ini:

Website Video Sharing

Website video sharing bisa lebih populer daripada TV, Youtube misalnya yang mengalahkan kepopuleran stasiun TV. Walau youtube menerapkan aturan yang ketat untuk para content creator tapi youtube masih menjadi platform video sharing paling favorit baik untuk masyarakat ataupun content creator.

Sebenarnya ada website yang menyediakan platform video sharing selain youtube, antaralain:

  • vimeo.com
  • dailymotion.com
  • twich.tv
  • liveleak.com
  • veoh.com
  • break.com
  • metacafe.com

Website Media Social

Manusia adalah mahluk social, manusia mengembangkan teknologi untuk bisa saling terhubung satu sama lain via perangkat elektronik baik HP atau komputer.

Seolah menjadi kebutuhan, media social tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, bangun tidur aja yang pertama dicek HP untuk membuka media social.

Berikut media 8 media social yang populer ditahun 2020 :

  • Facebook.com
  • Instagram.com
  • Twitter.com
  • Tumblr.com
  • LinkedIn.com
  • WhatsApp.com
  • Snapchat.com
  • Pinterest.com
  • Reddit.com

Website e-commerce, MarketPlace dan Toko Online

e-commerce adalah website yang dioperasikan oleh satu pemilik toko/vendor untuk menjual produk mereka sendiri. Bedanya kalau e-commerce harus punya website sedangkan toko online tidak harus punya website karena bisa menggunakan platform social media. Tapi banyak juga toko onlne yang sudah punya website sendiri.

Marketplace adalah website yang menyediakan platform agar digunakan oleh “pemilik toko” untuk berjualan, konsepnya sama dengan pasar atau mall dimana didalam pasar atau mall terdapat banyak sekali toko.

Sebuah marketplace bisa saja berlaku sebagai e-commerce tapi tidak semua website e-commerce adalah marketplace, Lazada dulu adalah e-commerce tapi sekarang menyediakan platform marketplace sehingga toko dari luar bisa jualan disana.

Contoh website e-commerce sekaligus marketplace yang terkenal :

  • bukalapak.com
  • tokopedia.com
  • shopee.co.id
  • lazada.co.id
  • blibli.com
  • zalora.co.id

Website Bisnis dan Perusahaan

Perusahaan besar biasanya membuat website untuk memajang company profile sehingga mitra bisnis dan konsumen bisa mendapatkan informasi tentang perusahaan mereka.

Ada memang perusahaan yang menggunakan website sebagai ujung tombak menjalankan bisnis tapi ada juga perusahaan yang membuat website hanya sekedar untuk membuat profile perusahaan.

Contoh Website Perusahaan

  • coca-cola.co.id
  • nestle.com
  • web.pln.co.id
  • samsung.com

Website Komunitas atau Forum

sebelum ada WA dan Facebook, kegiatan ngumpul-ngumpul online sambil ngerumpi bareng (nge forum) dilakukan dalam sebuah website dalam bentuk forum. Website nya agak berbeda dengan website kebanyakan, anda perlu mendaftar agar bisa membuat topik bahasan (thread) dan membalas thread orang lain.

Kelebihan dari website bentuk forum adalah anda bisa membuat thread dalam bentuk artkel dan orang lain bisa komen atau bertanya dengan lebih terstruktur dan rapi. Topik bahasan nya juga terindex seperti artikel website sehingga anda bisa memilih topik bahasan yang anda anggap menarik.

Contoh website forum

  • kaskus.co.id
  • ads.id
  • idfl.me
  • reddit.com

Website Portofolio

Ini lebih seperti CV online sih, website nya hanya berisi beberapa lembar profile seseorang dan karya atau projek yang pernah digarapnya. Tujuan website jenis ini adalah untuk “show off” atau pamer.

Pamer disini dalam artian yang positif karena dengan membuat website seperti ini anda sebagai profesional akan mudah ditemukan oleh client di internet. Misalnya seorang dokter specialis anak membuat website portofolio yang berisi informasi lengkap riwayat pendidikan dan status pekerjaan nya sekarang.

Atau seorang seniman yang bisa memajang hasil karyanya di website portofolio agar bisa dilihat dan dinilai banyak orang, bahkan seorang montir bisa membuat website portofolio dengan posting pemikiran genius nya saat “membetulkan” mesin.

Website Log (Blog)

Website dengan format blog biasa dikelola oleh individu atau pribadi yang isinya sharing pengalaman pribadi untuk orang lain.

Misal saya bekerja sebagai “tukang serpis komputer” maka content atau artikel saya sebagian besar membahas dunia IT, ya karena saya belajar itu untuk hidup (bekerja).

Sharing pengalaman pribadi disini tidak hanya “diari cinta” tapi bisa berupa artikel keahlian/skill yang bisa membantu orang lain dengan problem yang sama.

Tapi setelah banyak yang menggunakan internet, bukan hanya individu yang membuat blog, perusahaan dan pebisnis juga membuat blog yang menyediakan content marketing untuk menjaring customer lewat internet.

Contoh website personal atau blog

  • Tembolok.id
  • BelajarLinux.ORG
  • dan website-website lain yang telah anda kunjugi ketika mencari informasi di internet

Manfaat Website Untuk Diri Pribadi

Di jaman ini, website bisa sangat membantu anda sebagai seorang “pribadi” untuk bisa mendapatkan pekerjaan bahkan anda bisa menciptakan pekerjaan sendiri dari rumah menggunakan website dengan hasil yang WOW, jika ditekuni dan terus belajar.

Berikut adalah beberapa manfaat website yang bisa anda dapatkan setelah anda punya website dan merawatnya dengan maximal.

Claim Nama di Internet

Domain bersifat uniq, itu artinya hanya ada satu domain di dunia ini. Tapi nama anda tidak lah uniq karena orang bisa menirunya, jika anda ingin namamu muncul diinternet maka anda bisa claim dengan membeli domain menggunakan namamu , misal arianto.com sayang nya domain dengan namaku sudah dibeli orang ūüôĀ .

Domain tersebut busa anda pakai untuk website anda dah diisi dengan blog atau portofolio, jadi saat orang mengetikan namamu di internet maka mereka akan menemukan website portofolio anda.

Jangan sampai terlambat seperti saya, Cek dan beli domain anda sekarang !!

Membangun Portofolio

Tidak harus dengan satu atau dua lembar kertas agar orang tau siapa dan apa kemampuan anda, anda bisa memberikan alamat website portofolio pribadimu ke banyak orang agar orang lebih flexible menggali informasi yang telah anda pasang di website anda.

Bukan hanya sekedar omong kosong, tapi anda bisa memasukan hasil projek atau karyamu dalam bentuk foto, tulisan ,video atau gabungan ketiganya untuk meyakinkan calon rekan bisnis anda.

Tentusaja jika anda melamar pekerjaan ditahun 2020, website bisa menjadi nilai tambah tersendiri selain media social untuk mengukur kepribadian dan kemampuan anda.

Berbagi Pengalaman Hidup

Ngeblog bukan hanya sekedar menulis puisi atau kisah cinta, ada banyak hal yang bisa anda bagikan lewat blog sehingga bisa bermanfaat untuk membantu masalah orang lain.

Jika anda seorang ibu rumah tangga maka anda bisa berbagi pengalaman merawat anak (parenting) misalnya menulis artikel “bagaimana cara mengatasi demam pada anak”.

Tentu saja artikel yang anda tulis harus relevan dengan yang anda alami, bukan asal-asalan agar bisa membantu bunda lain yan putra-putrinya sedang demam.

Saya sedang melakukan nya sekarang, saya sharing dan memberi pemahaman ke anda “kalau punya website itu sangat penting ” karena bisa mengubah nasib hidup anda, baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Menghasilkan Uang

Website pribadi yang anda miliki bisa mengubah nasib hidupmu dengan menghasilkan uang secara langsung ataupun tidak langsung.

Apapun jenis website yang anda buat mulai dari portofolio, blog, toko online, forum ataupun website jenis lain semuanya bisa menghasilkan uang, hanya saja cara menghasilkan uang nya yang berbeda.

Jika anda punya website portofolio dan blog, seseorang dengan mudah menemukan anda ketika mereka sedang mencari solusi, orang tersebut bisa mengukur kemampuan skill anda dari informasi yang anda posting di blog dan bisa menjadi pertimbangan untuk menawarkan kerjasama ke anda.

Website blog dan portofolio anda bisa menjadi sarana promosi gratis untuk membuka kesempatan pekerjaan yang lebih luas, bukan nya sulit mencari kerja malah anda sulit memilih tawaran mana yang harus anda pilih.

Sertakan juga website anda di CV saat melamar kerja agar HRD bisa melihat potensi dan kemampuan anda.

anda bisa merekomendasikan produk afiliasi yang relevan dengan topik artikel anda agar dapet komisi setiap kali pembacamu membeli produk tersebut.

anda bisa juga menawarkan produk anda sendiri (bisa barang atau jasa) yang relevan dengan topik yang sedang dibahas kepada pembacamu .

Untuk artikel yang tidak bisa diberi rekomendasi produk maka anda bisa menghasilkan uang dari artikel blog anda dengan cara memasang iklan (misal google adsense).


Manfaat Website Bagi Masyarakat

Website jenis apapun dibuat untuk menyebarkan informasi ke masyarakat umum, itu artinya masyarakat akan mendapat manfaat dari informasi yang disediakan melalui website.

Media Hiburan

Hiburan bisa diperoleh melalui internet dengan mengakses website portal video seperti youtube, netflix yang posisinya sudah menggantikan TV. Selain portal video ada banyak website lain yang menyediakan content webtoon atau komik online.

Sumber Informasi

Saat anda mencari atau bertanya ke “mbah google” akan ada deretan website rekomendasi yang menjawab pertanyaan anda, jadi google disini tidak pernah membuat artikel tersebut. Google hanya merekomendasikan halaman website yang ditulis oleh blogger.

Mengakses Layanan Umum

Dulu untuk transfer, bikin KTP, urus tagihan, pajak, bayar cicilan harus datang ke kantor fisiknya dan mengantre. Dengan adanya website anda bisa melakukan semua itu melalui portal website yang telah disediakan.

Lebih cepat dan efisien tentunya.

Media Komunikasi , Sosialisasi dan Komunitas

Setelah ada internet dan website manusia bisa berkomunikasi dan bersosialisasi tanpa harus saling bertatap muka secara fisik, obrolan bisa dilakukan menggunakan alat yang disebut HP atau komputer yang terhubung ke internet.

Website jenis socmed dan forum memberikan fitur utama “komunikasi” sehingga akan sangat berguna bagi komunitas untuk tetap saling terhubung satu sama tanpa harus bertemu secara langsung.


Manfaat Website Bagi Pebisnis

Bukan hanya blogger yang membuat artikel di website, tapi sekarang pebisnis dan pengusaha sudah mulai menggunakan website sebagai alat bisnis mereka. Lalu apa manfaat website untuk sebuah perusahaan dan bisnis?

Ditemukan Pelanggan di Internet

Ditahun 2020 ini orang akan cenderung mencari informasi di internet dulu sebelum membeli barang, dengan membuat “content marketing” perusahaan bisa ditemukan oleh pelanggan nya yang sedang browsing.

Melalui artikel tersebutlah perusahaan bisa berkomunikasi dengan calon pelanggan yang sedang mencari informasi dan meyakinkan secara halus untuk memilih produk nya.

Makanya jangan heran jika anda sedang brosing mencari informasi produk tapi menemukan artikel yang ditulis oleh “brand” tertentu, perusahaan tersebut sedang menggunakan strategi “content marketing” untuk menjual produknya.

Memperluas Jangkauan Bisnis

Jika dulu hanya mengandalkan sales keliling dari kota ke kota untuk mencari client, maka saat perusahaan sudah punya website bisa mempromosikan bisnisnya keseluruh dunia.

Baik menggunakan strategi “content marketing” atau iklan, perusahaan bisa lebih dikenal oleh banyak orang melalui media online. Coba perhatikan mulai sekarang iklan apa yang sering muncul di FB, Youtube atau blog yang sedang anda baca ini. Sebagian besar adalah iklan perusahaan bukan ^_^.

Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Saat anda mendengar nama perusahaan atau produk baru maka tidak ada tempat lain untuk bertanya, yap “GOOGLE”. Website perusahaan sangat besar pengaruhnya terhadap kepercayaan pelanggan, dengan menyediakan informasi yang lengkap , pelanggan bisa diyakinkan dengan lebih mudah.

Sebagai Toko Online Utama

Jualan di marketplace memang gampang dan langsung laris, tapi yakinlah pelanggan anda tidak akan mengingat “brand” toko anda, yang mereka ingat adalah brand marketplace nya. Pelanggan yang anda miliki juga bukan pelanggan anda, itu adalah pelanggan yang loyal terhadap brand marketplace anda.

Jika anda sebagai “penjual” ingin menjadi “pebisnis” maka MERK adalah nomer satu, bisnis yang sukses adalah bisnis yang brand nya dikenal banyak orang. Jika anda masih jualan numpang di marketplace dengan dalih “asal laku” maka anda masih bermental penjual bukan pengusaha.

Dengan punya website sendiri anda menentukan target, positioning dan menarik pelanggan anda sendiri menggunakan strategi “content marketing” sehingga anda bisa menentukan harga yang sesuai tanpa harus bersaing seperti yang terjadi di marketplace.

Brand anda juga akan lebih dihafal dan dikenal oleh pelanggan anda, pelanggan yang anda dapat adalah pelanggan yang loyal ke “brand anda”, karena anda sudah gak numpang lagi di marketplace.

Media Informasi

Website juga dijadikan media publikasi “gratis dan efektif” selain media social, ini dikarenakan sebagian besar orang dijaman sekarang sudah melek teknologi dan semua kenal internet.

Untuk meluncurkan program atau produk baru website menjadi alat utama di zaman sekarang, tak heran jika produk yang akan di launching sudah habis terjual hanya dalam beberapa menit saja jika dilaunching melalui website.

Mengontrol Informasi

Sekarang coba ketik nama perusahaan anda di google, apa yang muncul?

Jika perusahaan anda belum punya website official maka akan banyak informasi yang bersumber dari blog atau website lain yang informasinya tidak bisa anda kontrol.

Coba bayangkan jika ada calon client anda yang sedang mencari informasi menggunakan “google” dan menemukan artikel bukan official yang menulis keburukan perusahaan anda, pasti calon client tersebut tidak mau mengambil resiko.

Itulah penting nya membuat website perusahaan untuk menyediakan informasi selengkap-lengkap nya tentang perusahaan anda untuk mendominasi hasil pencarian google.

Sehingga anda bisa memastikan informasi yang didapat oleh pembaca adalah informasi perusahaan yang valid.

Buat Website Demi Masa Depan Anda

Setelah #covid19 menyerang tatanan dunia berubah, semua orang lebih memilih melakukan kegiatan via online mulai dari belanja, belajar hingga berbisnis.

Penah berfikir kenapa orang sulit cari pekerjaan padahal dia pinter? atau jualan tapi gak laku?

Jawaban nya karena tidak ada orang yang tau kalau dia dan bisnis nya ada di dunia ini.

jangan sampai anda mengalami hal serupa.

Buat semua orang tau keberadaan anda dan bisnis anda dengan memuat website yang menyediakan content berisi solusi untuk membantu orang-orang di industri anda.

Cukup 15 Menit Saja

Untuk membuat website dari NOL hingga ONLINE hanya perlu waktu 15 menitan. Selebihnya anda bisa gunakan untuk membuat content.

Tanpa Belajar Coding

Dulu untuk bisa membuat website anda perlu belajar coding, sekarang tidak perlu lagi. Cukup pakai “aplikasi CMS” website anda “instan” jadi dengan sekali klik.

Tanpa Belajar Desain

Tidak perlu belajar desain untuk memiliki website yang cantik, anda bisa menggunakan template /tema yang telah disediakan gratis.

Saya Buatkan Gratis!!

Khusus untuk anda yang belum punya website, saya bisa bantu settingkan dari nol sampai online GRATISS!! tanpa syarat.

Dari webisite portofolio, personal blog, sekolah, perusahaan, toko online bisa anda buat sendiri tanpa perlu belajar coding, programming ataupun desain.

Gunakan layanan gratis saya untuk memudahkan anda membuat website, anda fokus saja membuat content biarkan saya yang mengurus semua hal teknis nya termasuk setup website dan optimasi.

ARTIKEL LANJUTAN
Cara Membuat Blog Yang Menarik & Menghasilkan Uang

Ditahun 2020 ini semua orang bisa membuat blog dengan tool dan platform yang telah disediakan tanpa belajar coding, programming ataupun Read more

Cara Membuat Website Perusahaan dan Bisnis 2020

Ditahun 2020 ini perusahaan, binsis dan toko harus bisa ditemukan pelanggan dan client lewat internet, cara paling efektif adalah dengan Read more

Jasa Pembuatan Website Custom Gratis

Setelah wabah #covid19 banyak orang sadar penting nya website untuk personal branding ataupun menopang kegiatan bisnis di era pandemi yang Read more

Cara Membuat Website Dari Nol Tanpa Coding Untuk Pemula

Di tahun 2020 semua orang bisa membuat website sendiri tanpa perlu belajar coding, programming, desain bahkan semua bisa dilakukan dari Read more

Tips Memilih Hosting Terbaik, Murah dan Berkualitas

Ada banyak layanan webhosting di internet,murah saja tidak cukup untuk menjadi pertimbangan utama  untuk memilih sebuah webhosting.Karena webhosting yang murah Read more

Cara Memilih Nama Domain saat Membuat blog/website Sendiri 

Ketika memilih dan menentukan sebuah nama domain saat kamu membuat blog/website hendaknya dipikirkan dulu dengan matang, beberapa hal berikut ini Read more

Halloo, Saya Arie

Saya orang biasa seperti mu, Saya suka sekali membantu orang-orang untuk belajar. Itulah sebabnya saya membuat website ini untuk membantu orang lain sepertimu agar lebih cepat dan mudah ketika belajar di internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas