Cara Membuat Blog Yang Menarik & Menghasilkan Uang

Pengin punya website pribadi untuk menulis blog, portofolio guna mendukung personal branding atau bisnis online?

Disini kamu akan belajar cara membuat website pribadi yang bisa digunakan untuk nge blog ataupun personal branding tanpa perlu belajar coding, programming ataupun desain.

Bukan hanya itu, website atau blog yang telah kamu buat berpotensi menghasilkan uang #dariRumahAja jika direncanakan, dibuat, ditekuni dan dikembangkan dengan cara yang benar.

Ini adalah panduan khusus pemula yang ingin serius membuat blog yang menarik dan bisa menghasilkan uang.

Saya sudah merasakan uang dari hasil blogging dan disini saya akan bagikan caranya agar kamu bisa belajar dasar blogging dengan lebih cepat dan mudah.

#1
Tentukan Goal, Topik & Konsep Blog

Seseorang bisa sukses untuk urusan apapun karena telah merencanakan terlebih dahulu, saat langkah yang diambil “belum tepat” akan lebih mudah untuk mengoreksinya.

Begitu juga dengan blog, blog sama seperti bisnis, kamu harus tau siapa target pembacamu, masalah apa yang ingin kamu pecahkan dan apa tujuan utama mu membuat blog.

Semua harus jelas agar artikel yang kamu tulis relevan dengan pembaca sehingga blog mu dinilai “menarik” oleh pengunjung.

Menentukan Goal

Yap, agak sedikit aneh tapi emang ini yang harus kamu lakukan pertama kali, “menentukan tujuan utama mu membuat blog” agar kamu bisa menentukan jalan mana dan cara apa yang akan kamu ambil untuk menuju kesana.

Usahakan jangan membuat tujuan “Ingin dapet uang dari blog” karena saya jamin kamu akan gagal ditengah jalan.

Blogging bukanlah cara cepat untuk mendapatkan uang, ini adalah investasi jangka panjang yang gak bisa kamu petik hasilnya dalam beberapa bulan.

Yakinlah uang akan datang dengan caranya sendiri ketika kamu sudah bisa memberi pengaruh positif ke banyak orang melalui tulisan yang kamu buat, jadi jangan kuatir, kamu pasti dapet duit kok ^_^ .

Buatlah tujuan yang lebih ke “membantu orang” melalui blog mu,

Awalnya tembolok.ID saya buat hanya untuk menuliskan catatan pribadi agar tidak lupa (maklum orang teknis), tapi diluar dugaan pengunjung blog saya banyak dan akhirnya saya merubah konsep dan tujuan awal.

Sekarang saya fokus untuk membantu orang yang ingin belajar “di dunia industri ku” agar lebih mudah dan cepat.

Yang paling penting. lewat blog orang bisa lebih mengenal dan yakin dengan kemampuan saya (personal branding) sehingga saya lebih mudah mendapat tawaran pekerjaan.

Menentukan Topik Blog

jangan pernah mengambil topik atau tema tentang hal yang tidak kamu sukai dan kuasai , kamu akan stress ditengah jalan dan saya jamin gagal.

Untuk memulai sebuah blog coba ambil topik dan tulis artikel yang “kamu banget”, tulis pengalaman dan pengetahuan yang telah kamu kuasai kedalam sebuah artikel yang bisa membantu solving problem pembacanya.

Misal, saya suka dan bekerja di IT maka mayoritas tulisan saya membahas IT, ini karena saya mahir dibidang ini jadi lebih mudah saat membuat artikel.

Beda jika kamu ingin menulis hal yang tidak kamu ketahui , akan terasa sulit dan saya yakin tulisan yang dihasilkan juga kurang bagus.

Jadi point nya gali potensi dirimu sendiri sebagai dasar untuk membuat content blog berkualitas mu.

Membuat Konsep

Goal dan topik sudah kamu tentukan, sekarang kamu tinggal membuat perencanaan dan konsep untuk mewujudkan tujuan akhir membuat blog.

Jika kamu fikir membuat perencanaan/konsep tidaklah penting dan masih berpegang teguh ke prinsip “yang penting jalan dulu”, saya agak kurang setuju.

Kenapa?

Karena saya sudah melakukan itu dan website/blog saya lama sekali berkembang karena saya gak tau harus menulis artikel apa, gaya bahasa apa yang dipakai dan cara menyusun artikel agar mudah dimengerti oleh pembaca.

Saat membuat perencanaan/konsep kamu wajib menentukan “Siapa calon pembacamu” mulai dari umur, penghasilan, pekerjaan, kebiasaan umum, tingkat stress.

Harusnya semua ini bisa kamu jawab dengan mudah.

Kenapa?

Ya karena kamu pernah diposisi bawah seperti mereka kan? makanya kamu ingin membantu lewat blog mu, harusnya kamu lebih tau seluk beluk calon pembacamu.

Posisikan dirimu sebagai pembaca blog mu (terutama level pengetahuan nya), kira-kira bahasa seperti apa yang dimengerti oleh mereka, materi apa yang diperlukan, produk apa yang bisa direkomendasikan, jasa apa yang bisa ditawarkan.

Dan yang paling penting cara meyakinkan mereka dan bisa membuat mereka mengerti apa yang ingin kamu sampaikan sehingga tujuan utama mu tercapai.


#2
Memilih Platform Blog

Kamu sudah punya goal, topik dan konsep untuk membangun blog mu, sekarang tinggal tentukan platform untuk membangun atau menulis blog mu.

Apa itu platform?

Platform blog adalah istilah untuk tempat/media yang akan kamu gunakan untuk menuliskan artikel blog, ada tiga pilihan platform yang bisa kamu pilih :

  • Blogger.com | platform blogging gratis dari google (numpang/hosted)
  • WordPress.com | platform blogging gratis dari worpress (numpang/hosted)
  • WordPress.org | platform blogging dan website sendiri (mandiri/self hosted)

Hosted adalah istilah website/blog yang numpang di website lain, hosting dan domain telah disediakan secara gratis 100%, kamu tinggal modal ngetik artikel untuk punya sebuah website atau blog sendiri.

Jenis website/blog ini punya banyak keterbatasan dan tidak cocok untuk bisnis atau orang yang serius ngeblog.

Self Hosted adalah istilah untuk blog/website yang domain dan hosting nya beli sendiri (mandiri), jenis website ini bisa dikembangkan lebih mudah karena tidak punya batasan apapun sehingga sangat cocok untuk membuat blog atau website yang serius.

Membuat Blog Gratis (Hosted Blog)

Kamu bisa membuat blog gratis menggunakan platform yang telah disedakan oleh blogger.com dan wordpress.com jika kamu tidak punya uang sama sekali atau tidak ingin keluar uang.

Saya sewaktu awal mulai belajar blogging juga menggunakan blogger.com hanya saja ada beberapa pengalaman yang kurang mengenakan saat membuat blog dengan cara “numpang” di web lain yang membuat saya pindah untuk bikin web mandiri (self hosted) menggunakan wordpress.org

  • Nama website mu gak cantik misalnya http://namablogmu.blogspot.com atau http://namablogmu.wordpress.com
  • Fitur nya sangat terbatas, tidak bisa nambah ini itu.
  • Tampilan seadanya dan sudah sekali ditata, karena emang gak ada menunya
  • Kalau kamu membuat blog tidak sesuai aturan maka blog mu bisa dihapus sepihak
  • Susah dikembangkan, makanya akhirnya saya pindah membuat blog mandiri/premium

Panduan cara membuatnya bisa dicek langsung di website blogger.com dan wordpress.com, kamu juga bisa migrasi atau pindah kerumah sendiri (self hosted) jika memang dirasa menggunakan blog hosted tidak memingkinkan lagi untuk dilanjutkan (mentok).

Membuat Blog Premium (Self Hosted Blog)

Tapi kalau kamu serius ingin membuat blog/website yang bisa dimodifikasi sesuka hati saya menyarankan untuk membuat website tipe self hosted.

kenapa?

  • Dengan menggunakan brand sendiri sebagai nama website/domain (misal: tembolok.id) akan lebih dipercaya orang.
  • Memegang kendali 100% content dan website mu, karena tidak numpang
  • Bebas menambahkan fitur apapun yang kamu mau di blog/website mu
  • Bebas mengatur tampilan sesuai keinginan mu

Hanya dengan biaya dibawah Rp 700ribu per tahun kamu sudah bisa punya blog mandiri/self hosted 100% milikmu yang bebas kamu atur suka-suka kamu tanpa batasan apapun.

#3
Membuat Blog Mandiri Dengan WordPress.ORG

WordPress.org adalah aplikasi CMS yang akan memudahkan mu dalam membuat, mengelola dan membuat content untuk blog mu, kamu juga punya kendali 100% atas kepemilikan dan kebebasan modifikasi content di blog mu.

Tanpa Perlu Coding

Kamu tidak perlu belajar dan menguasai coding/programming hanya untuk membuat blog.

Tanpa Belajar Desain

Sudah banyak template/tema keren dan cantik, cukup pilih yang kamu suka untuk mempercantik blog mu.

Modal Bisa Ngetik

Cukup bisa ngetik (walau 11 jari) sudah lebih dari cukup untuk bisa membuat blog sendiri.

15 Menit Online

Blog mu hanya perlu waktu sekitar 15 menit untuk online, bahkan bisa lebih cepat dari itu.

Klik tombol dibawah ini untuk panduan lengkap cara membeli domain, hosting, install dan setting wordpress untuk membuat blog mandiri (self hosted).


#4
Luruskan PolaPikir
Agar Blog Mu Tidak Gagal Ditengah Jalan

Saya tau “uang ” menjadi motivasi seseorang untuk berusaha (termasuk ngeblog), tapi kalau kamu cuma fokus uang uang dan uang , kamu makin sulit mendapatkan uang.

Kenapa?

karena kamu cuma fokus ke uang saja dan mengesampingkan aspek terenting yang bisa mendatangkan uang.

Uang memang penting, tapi kita abaikan dulu dan bahas hal yang lebih penting agar blog mu cepat berkembang dan bisa menghasilkan uang.

Blogging bukan sekedar ngetik asal-asalan lalu dapet duit.

Tidak segampang itu broo…

Blog Bukan Cara Cepat Kaya

Perlu waktu tahunan hingga blog bisa menghasilkan uang, jadi urungkan niatmu ngeblog jika pengin cepet dapet duit.

Membat blog ibarat menanam pohon, perlu memilih bibit yang unggul (niche/topik), perlu dirawat dan dipupuk (optimasi) hingga akhirnya berbuah (monetize).

Blog adalah investasi jangka panjang, sekali blog mu menempati peringkat pertama google selanjutnya kamu tinggal memetik hasil jerih payah mu selama ini.

Jika kamu pemula dan baru belajar, maka jangan memikirkan uang dulu, tapi fokuslah untuk belajar membuat artikel yang berkualitas agar mendatangkan traffic dan disukai pembaca.

Membantu Orang Lain

Semua bisnis yang sukses menawarkan solusi, begitu juga dengan blog mu agar bisa sukses, artikel mu harus berisi solusi untuk problem banyak orang sehingga banyak orang akan mampir ke blog mu.

Blog adalah salah satu media untuk berbagi pengalaman hidup yang bisa membantu problem orang lain lewat tulisan atau artikel.

Mulai sekarang dan nanti teruslah berfikir bagaimana cara menulis dan mengemas pengalaman hidupmu kedalam sebuah artikel blog yang menjadi jawaban dan solusi banyak orang sehingga artikel mu dicari banyak orang.

Blog Sebagai Perwujudan Dirimu

Selalu hadirkan dirimu sebagai manusia seutuhnya disetiap tulisan blog mu agar pembaca bisa lebih mengenal dan percaya dengan karakter yang kamu bangun lewat blog .

Tulisan mu bisa mempengaruhi tindakan pembaca, jadi tambahkan nili nilai positif yang ada di dirimu kepada mereka agar membuat mereka lebih baik, jangan lakukan hal sebaliknya.

Walau melalui tulisan kamu bisa memberi sentuhan dan expresi yang bisa membuat pembacamu nyaman dan terus membaca artikel mu hingga selesai.

Inilah citra yang bisa kamu bangun dengan pembacamu (branding) melaui solusi yang kamu tawarkan (selling) untuk membantu problem yang pembacamu hadapi.

Uang Akan Datang Dengan Caranya Sendiri

Ini adalah bagian terlucunya, saat kamu terlalu fokus menulis hanya untuk membantu orang dan lupa akan “uang” malah datang email tawaran “kerjasama” atau “minta tolong/jasa” yang jelas akan menghasilkan uang.

Kenapa bisa begitu?

Bisnis adalah soal kepercayaan, jika kamu menulis blog yang isinya “jualan produk doang” maka tidak akan ada orang yang datang ke blog mu.

Kamu perlu tau bagaimana “customer journey” atau perjalanan seorang pelanggan sebelum mereka membeli barang.

Dengan membantu orang walau hanya lewat artikel blog, kamu telah membangun “brand/citra” dan memberi rasa percaya kepada pembacamu, dengan membaca lebih banyak artikel mu pembaca bisa menyimpulkan karakter dirimu dan kemampuan yang kamu miliki.

Inilah yang menyebabkan kenapa ada “pembacamu” yang mau menawarkan kerjasama atau meminta bantun kepadamu (dengan imbalan uang tentunya), karena mereka sudah yakin dan percaya hanya dengan membaca artikel yang kamu buat.


#5
Agar Blog Mu Menarik Pengunjung & Enak Dibaca

Yang menentukan ramai atau tidak nya pengunjung blog mu adalah kualitas content/artikel yang kamu buat, saya tidak bilang kalau kuantitas tidak penting tapi kualitas jauh lebih penting.

Blogging adalah soal bagaimana caramu menyampaikan informasi ke pembaca yang berisi ide, gagasan, pandangan untuk menyelesaikan masalah dengan memberi solusi ke pembaca.

Walau hanya sekedar tulisan, tapi kamu bisa memberi rasa, kesan, pesan, pengaruh kepada pembacamu sama seperti saat berbicara langsung.

Berikut beberapa hal yang bisa kamu terapkan ke blog mu agar tulisan/artikel mu bisa menarik pengunjung dan betah untuk dibaca.

Judul Yang Menarik

Judul atau keyword adalah hal terpenting untuk mendapatkan organic traffic (pengunjung dari mesin pencari seperti google), isi artikel boleh sama tapi kalau menggunakan judul atau title yang berbeda maka hasilnya berbeda pula.

Itulah perlunya untuk”berfikir” seperti pembacamu dan mencari “kata kunci” apa yang akan diketikan di “google” ketika searching.

Dengan menggunakan kata yang umum diketikan di google (keyword) maka akan memperbesar artikel mu di klik oleh mereka.

  • Mengandung Keyword atau kata kunci
  • Pendek dan simple tapi sesuai harapan pambaca
  • Isi artikel Sesuai Title
  • Amati Tiru Modifikasi title yang dipakai kompetitor mu

Hindari paragraf berjubel

Pernah menemukan paragraf yang begitu besar dan panjang? belum baca udah males duluan kan?

Kamu bisa mengakalinya dengan memecahnya menjadi paragraf yang lebih kecil, ingat ini blog bukan buku jadi kamu harus beradaptasi agar pembaca gak bosen.

Lebih enak dilihat yang sebelah kanan kan? kalau enak dilihat biasanya akan dibaca, gak dilewati gitu aja.

Gunakan Kalimat Efektif

Penting untuk membaca kembali tulisan sebelum dipublish, tujuan nya untuk mengoreksi tulisan yang salah ketik (typo) dan mencari kalimat efektif agar mudah dipahami pembaca.

Contoh kalimat tidak efektif:
saya dan ibu pergi ke pasar untuk membantu ibu membeli sayur dan buah, setelah itu saya dan ibu pulang dan mampir makan bakso di abang bakso warung depan pasar.

Contoh kalimat efektifnya:
saya ke pasar membantu ibu membeli buah dan sayur, pulang nya kami makan bakso di warung depan pasar.

Maksud dari kedua kalimat diatas sama, tapi mana yang lebih simple dan rapi?

Gambar Seperlunya

Menggunakan gambar di blog memang bagus, asal tidak berlebihan dan relevan dengan content artikel mu.

Terlalu banyak gambar akan memperlambat loading blog mu, jadi gunakan gambar jika memang harus.

Hanya buat gambar andalan (gambar di header artikel) dan gambar penting pendukung topik bahasan mu, jangan pernah berfikir menambahkan gambar biar artikel mu terlihat cantik.

Bahas Problem dan kasi solusi

Kebanyakan orang “googling” untuk mencari pengetahuan baru dan solusi, jadi buatlah artikel yang mengupas masalah dan memberi solusi yang banyak dihadapi pembaca di industri mu.

Penting untuk menanamkan pola pikir ke pembaca agar bisa mengembangkan diri dan menyelesaikan masalah dikemudian hari, jadi jangan cuma kasi solusi doang tapi perlu dijelaskan juga kenapa bisa begitu dan cara mengatasinya.

Beri Contoh

Tingkat pemahaman setiap orang berbeda, untuk menjelaskan suatu hal secara detail kadang diperlukan kalimat yang sangat panjang.

Kamu bisa memperpendeknya dengan cara memberikan contoh agar pembaca mengerti dan bisa menarik kesimpulan.

Subjek contoh bisa dirimu sendiri, pembaca ataupun orang lain.

Tidak harus semua hal diberi contoh tapi terkadang contoh akan memudahkan mu saat menanamkan pemahaman baru ke pembaca.

Jadi Dirimu Sendiri

Tiap orang punya cara tersendiri untuk membuat orang mengerti apa yang ia katakan, begitu juga dengan kamu saat menyampaikan materi lewat blog.

Kamu harus menjelaskan dengan caramu sendiri agar yang disampaikan mudah dimengerti oleh pembaca.

Jangan lupa untuk menghadirkan karaktermu yang real di dalam tulisan mu dengan cara memberi empati, menampilkan profile diakhir tulisan, memberi contact, menjawab komen, menawarkan bantuan, memberi motivasi, menceritakan pengalaman mu sebagai contoh dan cara lain yang menurutmu cocok.

Intinya jangan pernah malu dan ragu untuk menampilkan karakter aslimu di dalam artikel mu agar pembaca lebih mengenal dan percaya ke kamu.

Jangan terlalu panjang atau pendek

Jangan pernah berfikir menargetkan jumlah kata dalam setiap artikel, jumlah kata penting saat kamu menjual jasa menulis artikel.

Tidak berlaku saat kamu membahas topik untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi pembacamu.

jika perlu dibahas panjang maka buat artikel yang panjang begitu juga sebaliknya.

Tujuan utamamu adalah memberi pemahaman baru kepada pembaca akan masalah yang dihadapi untuk menemukan solusi dan menanamkan polapikir yang bisa membuat pembacamu berkembang.

Jadi jangan pernah menargetkan jumlah kata per artikel, karena hanya akan membuat pembacamu bosan dan belum tentu menjadi ranking satu google jika artikelmu melebar kemana-mana sehingga tidak relevan dengan topik/ judul.



#6
Menghasilkan Uang Dari Blog

Besar kecilnya penghasilan blog tidak selalu bergantung pada jumlah traffic pengunjung , kecuali kamu menggunakan iklan dari ad network seperti adsense sebagai penghasilan utama.

Walau traffic kecil, kalau yang datang relevan dengan produkmu akan bisa berpotensi menghasilkan uang lebih besar dibanding blog dengan traffic besar tapi pengunjungnya tidak relevan dengan produk yang ditawarkan nya.

Jadi penting untuk membuat content/artikel yang bisa mendatangkan “bukan sembarang pengunjung” agar terjadi konversi tinggi (membeli produk mu).

Iklan

Untuk blog yang sudah punya traffic lumayan tapi belum punya produk sendiri atau memang artikelnya tidak mungkin untuk dimonetize dengan cara lain maka kamu bisa menggunakan iklan sebagai cara satu-satunya menghasilkan uang dari blog mu.

Ad Network

Ada biro periklanan di internet yang biasa memasang iklan di blog anggotanya.

Kamu bisa bergabung dalam program ini (adsense misalnya) agar blog mu bisa dipasang iklan oleh mereka dan kamu mendapat bagi hasil dari iklan yang dimunculkan di blog mu.

Cara ini adalah cara paling mudah dan sangat cocok untuk blogger pemula, walau pendapatan nya dibilang kecil tapi masih mending dibanding tidak dimonetize sama sekali.

Sponsorship

Buatlah halaman contact di blog mu agar orang yang tertarik dengan blog mu bisa menghubungimu untuk menewarkan kerjasama, biasanya mereka akan “nitip artikel” guest post atau memasang banner.

Kamu bisa memasang tarif untuk setiap artikel yang akan dipublish di blog mu, tapi ingat!! kamu harus mengharuskan client untuk membuat artikel yang relevan dengan blog mu agar tidak menghancurkan ranking google.

Backlink

Terkadang ada juga client yang hanya ingin nitip link di artikel yang kamu tulis, kamu bisa mendapatkan uang dengan cara ini juga.

Afiliasi

Ada perusahaan besar yang menawarkan program afiliasi, dimana kamu akan mendapat komisi untuk setiap pembelian produk yang kamu rekomendasikan ke pembacamu.

Caranya dengan merekomendasikan produk yang relevan dengan topik artikel yang sedang kamu bahas.

Produk Sendiri

Kamu bisa membuat produk sendiri untuk dijual langsung ke pembacamu, produk bisa berupa kursus, barang real, jasa, digital content atau apapun yang bisa kamu tawarkan ke pembacamu.

KESIMPULAN

Blog menjadi sarana personal branding paling efektif di jaman “ONLINE” ini, dengan blog kamu bisa menjangkau banyak orang via online guna meyakinkan orang atas kepribadian dan kemampuan mu lewat artikel blog.

Pembaca blog mu berpotensi menjadi rekan bisnis di dunia industri yang kamu geluti maka tak heran blog juga digunakan oleh perusahaan besar untuk mendatangkan pengunjung yang potensial untuk membeli produk yang mereka buat dengan membuat content marketing.

Blog bisa kamu buat gratis dengan cara numpang di website lain seperti blogger.com atau wordpress.com tentunya dengan fitur blogging yang terbatas.

Atau kamu bisa membuat blog mandiri dengan sewa domain, hosting lalu menginstall nya dengan CMS wordpress.org sehingga blog mu punya fitur yang tidak terbatas.

Blog bukanlah cara cepat mencari uang, blog perlu dedikasi agar menghasilkan artikel berkualitas yang bisa menjawab dan memberi solusi kepada pembacanya.

Kunci membuat blog yang menarik banyak pengunjung dan bisa menghasilkan uang adalah “content/artikel berkualitas” yaang menjadi jawaban masalah atas solusi yang mereka cari.

Pembahasan Terkait
Cara Membuat Website Sendiri Dari Nol Untuk Pemula

Di tahun 2020 semua orang bisa membuat website sendiri tanpa perlu belajar coding, programming, desain bahkan semua bisa dilakukan dari Read more

Cara Membuat Website Perusahaan dan Bisnis 2020

Ditahun 2020 ini perusahaan, binsis dan toko harus bisa ditemukan pelanggan dan client lewat internet, cara paling efektif adalah dengan Read more

Cara Membuat Website Sekolah Resmi | Domain sch.id

Sekolah anda belum punya website resmi? Anda bisa membuat website sekolah resmi dengan domain sch.id sendiri dijamin langsung jadi dalam Read more

Cara Mudah Membuat Website Jualan atau Toko Online

Pengin punya website jualan atau toko online sendiri tapi tidak tau cara buatnya? Beruntungnya anda, Saya buatkan ini khusus untuk Read more

Halloo, Saya Arie

Saya orang biasa seperti mu, Saya suka sekali membantu orang-orang untuk belajar. Itulah sebabnya saya membuat website ini untuk membantu orang lain sepertimu agar lebih cepat dan mudah ketika belajar di internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas