Cara Membuat Website Perusahaan dan Bisnis 2020

tutorial cara membuat website perusahaan dan bisnis

Ditahun 2020 ini perusahaan, binsis dan toko harus bisa ditemukan pelanggan dan client lewat internet, cara paling efektif adalah dengan membuat website perusahaan sendiri.

Website bisa dengan mudah dibuat oleh siapapun tanpa perlu menguasai programming, desain atau pengetahuan teknis lain (bisa ngetik aja sudah lebih dari cukup).

Biaya pembuatan website “gratis” dan hanya memerlukan biaya kurang dari sejuta per tahun untuk menyewa domain dan hosting website premium perusahaan anda.

#1 Langkah Pertama:
Membuat Website Self Hosted

Website perusahaan idealnya menggunakan jenis website yang menggunakan hosting dan domain sendiri alias tidak numpang diwebsite lain seperti blogspot.com, wordpress.com atau google site.

Agar terlihat profesional dan meyakinkan maka anda memerlukan 3 hal ini untuk membuat website mandiri (self hosted)

  • Domain
  • Hosting
  • CMS

Domain adalah alamat dari website anda misalnya tembolok.id , nama domain ini bisa anda beli satu paket dengan hosting.

Hosting adalah komputer server yang akan anda sewa untuk meletakan data-data website anda mulai dari artikel ,gambar dan CMS.

CMS atau Content management system adalah aplikasi yang akan anda install di hosting dan gunakan untuk membuat website sehingga anda tidak perlu lagi belajar desain ataupun programming.

Kita akan menggunakan CMS wordpress untuk membuat self hosted webisite (wordpress beda dengan wordpress.com).

WordPress adalah nama aplikasi CMS yang akan kita install di hosting sebagai sistem untuk website ,

sedangkan wordpress.com adalah website yang menyediakan layanan bikin website gratis dengan cara numpang (hosted website).

Kenapa Tidak Buat Website Company Profile Gratisan ?

Coba tanyakan ke diri anda sekarang, untuk apa anda membuat website perusahaan? Jika hanya sekedar ingin menulis company profile yang terdiri dari 5-10 halaman maka gunakan saja google site yang gratis.

Tapi jika anda ingin mendapatkan calon client atau pelanggan baru yang sedang browsing mencari “produk anda” di internet maka anda wajib membuat website self hosted.

Dengan membangun website sendiri di hosting yang anda sewa(self hosted),

anda lebih leluasa untuk membuat content/artikel untuk calon pelanggan dan client sehingga bisa merekomendasikan produk melalui artikel marketing yang anda buat.

Website adalah investasi jangka panjang untuk bisnis anda, apalah arti uang “kurang dari sejuta” dibanding dengan lonjakan pelanggan yang akan anda dapat dari internet?

Klik link dibawah ini untuk mengikuti cara setup website secara lengkap mulai dari order, pembayaran, install hingga setting wordpress hingga website anda online.

Amankan Nama Domain Brand Anda Sekarang!!

Diluar sana ada “mafia domain” yang kerjaan nya mencari brand yang lagi naik daun dan belum punya website lalu diclaim nama domain tersebut dan menjual nya.

Anda harus bayar mahal hanya untuk mendapatkan domain yang dijual tersebut, pasti anda tidak mau domain dengan nama brand anda diclaim orang lain bukan?

Makanya claim segera nama domain secara gratis jika anda sekalian membeli layanan hosting nya.

Domain Gratis & Diskon Hosting 75%+5%
Dengan Kupon TEMBOLOKID

Klik tombol dibawah ini untuk mengecek ketersediaan domain mu dan memulai proses order hosting

Untuk panduan lengkap cara order hosting dan setup website anda bisa mengikuti panduan lengkap nya di artikel yang telah saya buatkan berikut ini.

Baca: Panduan Cara Membuat Website Sendiri

PERLU BANTUAN?

Jika ini dirasa ribet dan sudah saya sudah menyediakan jasa pembuatan website website khusus untuk membantu anda.

GRATIS tanpa syarat apapun!!

Jika website anda sudah online maka anda bisa lanjut ke langkah selanjutnya


#2 Langkah Kedua:
Membuat Company Profile

Penting sekali anda menyediakan informasi yang lengkap tentang perusahaan atau bisnis anda agar calon pelanggan dan client yakin dan percaya bahwa binsis dan perusahaan anda real.

Anda harus sertakan informasi real bisnis anda selengkap mungkin, mulai dari lokasi kantor, contact, produk, badan hukum dan informasi lain yang akan meyakinkan calon pelanggan dan partnet bisnis anda.

Konsultasikan Dulu Sebelum Buat Company Profile

Baiknya sebelum anda memasang informasi apapun tentang perusahaan anda maka perlu untuk dirundingkan dulu agar informasi yang disediakan relevan dengan kebutuhan calon pelanggan dan client yang dibidik.

Jika perlu memajang profile pribadi baiknya dipertimbangkan juga apakah tidak melanggar privasi orang tersebut.

Intinya sediakan informasi yang relevan dengan calon customer sehingga tidak perlu memajang banyak informasi yang tidak perlu.

Buat Company Profile Dalam Bentuk Page

Baiknya saat membuat company profile (semua informasi perusahaan) ditulis dalam bentuk page/laman. Ini disebabkan informasi ini bersifat statis dan tidak perlu diupdate secara berkala.

Home page atau beranda baiknya diisi dengan “copy writing” yang menjual agar orang tau produk anda dan yakin untuk membeli atau memakai produk anda.

Letakan Link Company profile di Footer

Jangan letakan company profile dibagian halaman atas, karena halaman atas nantinya akan digunakan untuk menaruh informasi produk unggulan dari bisnis anda.

Letakan lah link dan informasi company profile dibagian bawah halaman atau footer.

Ini dikarenakan orang yang datang ke website anda bukan untuk membaca company profile, tapi datang untuk membaca artikel yang anda sediakan untuk calon-calon pelanggan anda.

Nanti setelah calon pelanggan anda sudah membaca artikel yang diinginkan dan yakin dengan bisnis yang ada tawatkan pasti akan mencari tau tentang bisnis anda dengan meng klik menu company profile yang ada di footer halaman.


#3 Langkah KeTiga:
Menata Layout Website

Ada dua janis halaman website yang harus anda miliki di website perusahaan anda, pertama adalah halaman company profile dan yang kedua adalah halaman blog.

Halaman company profile sudah jelas isinya seperti saya jelaskan diatas, sedangkan halaman blog berupa artikel dalam bentuk “post” (content marketing) yang dibuat khusus untuk membantu problem niche market bisnis anda.

Untuk meyakinkan calon customer dan client tampilan depan/homepage website anda haruslah terlihat profesional. Desain website yang profesional tentu akan meyakinkan calon rekan bisnis dan customer anda.

Tema Premium Untuk Perusahaan

WordPress memang menyediakan banyak tema gratis, tapi versi gratis punya fitur yang terbatas dan anda pasti tidak ingin keterbatasan untuk urusan “bisnis” bukan? Oleh karenanya saya merekomendasikan untuk menggunakan tema premium dari sekarang.

Saya akan pilihkan beberapa tema rekomendasi yang memang didesain khusus untuk membuat website perusahaan atau company profile.

Selain terlihat profesional, tema premium juga sudah dioptimasi untuk SEO,

itu artinya selain cantik dimata manusia juga akan memudahkan mesin pencari (seperti google) untuk memahami isi content marketing sehingga google bisa merekomendasikan website anda ke niche market anda.

Tema DIVI sudah termasuk page builder, dengan page builder anda bisa mendesain halaman dengan bebas, tingal drag dan drop saja tanpa perlu mengerti programming.

Avada | Website Builder Untuk WordPress & WooCommerce

Ini adalah tema sekaligus website builder terbaik yang bisa saya rekomendasikan,

cukup beli satu theme ini saja anda tidak usa mikir mencari page builder lain hanya untuk membuat website yang terlihat profesional.

Sudah disertakan ratusan template yang bisa langsung anda gunakan untuk website perusahaan anda, gak perlu ribet mendesain nya sendiri dari nol.

Tapi anda juga diberi kebebasan untuk mengatur atau menyesuaikan tampilan desain sesuka anda menggunakan fitur page builder, jadi lebih flexible kan.

Langsung saja cek Tema avada untuk lihat kemudahan dan fitur lengkap yang ditawarkan

Untuk install tema premium cukup masuk tema > tambah baru > unggah tema > pilih pada file tema yang telah anda download.

cara install theme premium

Buat Pengunjung Tau Produk Anda

Penting sekali untuk membuat pengunjung yang datang tau produk bisnis anda.

Bagaimana caranya?

#1 Halaman home page atau beranda baiknya berisi produk andalan dan mencerminkan bisnis anda, ilmu copy writing disini sangatlah penting untuk membuat homepage yang persuasif sehingga orang yakin akan produk yang anda tawarkan dan terjadi closing.

Coba lihat home page website salah satu perusahaan hosting dibawah ini

contoh home page atau beranda website perusahaan yang berisi copy writing

Menu utama dibagian home page berisi produk utama, sedangkan halaman home page nya berupa halaman copy writing,

walaupun pendek dan singkat tapi sudah cukup untuk meyakinkan orang untuk mebeli produknya.

#2 Halaman blog didedikasikan untuk “Content marketing” agar pengunjung dengan mudah mendapatkan informasi yang mereka butuhkan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk anda.

lihat blog page website salah satu perusahaan hosting dibawah ini

halaman blog post yang berisi content marketing

Menu utama berubah 100% dibanding dengan halaman home page nya, halaman blog ini memang 100% didedikasikan untuk content marketing guna membantu problem niche marketnya.

Disetiap artikel blog pembaca akan selalu direkomendasikan dengan produk mereka sebagai solusi atas masalah yang mereka hadapi. Jenius kan!!

#3 Desain website anda (penataan menu, tipografi, warna) agar pengunjung mudah menemukan informasi yang merka cari sehingga akan lebih mudah memahami produk apa yang anda tawarkan.

contoh content marketing

Jika anda perhatikan salah satu content marketing pada gambar diatas, tulisan nya begitu bersih, rapi, mudah dibaca, artikel disediakan secara lengkap.

Orang mana yang tidak jatuh hati dan memutuskan untuk langganan di perusahaan hosting ini saat membuat website jika semua tutorial sudah disediakan secara lengkap.

Itulah point dari content marketing ^_^

#4 Langkah KeEmpat:
Membuat Content Marketing

Jika anda berfikir hanya dengan membuat halaman profile perusahaan yang kernen bisa mendatangkan pengunjung dan menjadi client anda, maka buang jauh-jauh fikiran seperti itu.

Orang yang browsing di internet (nich market)tidaklah sedang mencari bisnis atau perusahaan anda,

mereka sedang mencari informasi di website yang bisa membantu menyelesaikan masalah mereka menggunakan mesin pencari seperti google.

Penting untuk membuat content marketing agar niche market yang belum tau bisnis anda menjadi sadar dan tau hingga akhirnya bisa membeli produk dan menjadi mitra anda.

Katalog produk itu penting, Tapi….

Boleh dan wajib hukumnya membuat katalog produk yang anda jual, tapi jangan terpaku hanya membuat catalog produk saja.

Coba renungkan, adakah orang yang datang dari internet karena content katalog produk yang anda jual? kalaupun ada pasti sedikit banget dan belum tentu terjadi closing.

Kembali lagi, orang browsing di internet untuk mencari referensi dulu sebelum mereka memutuskan untuk membeli.

Jadi jangan hanya mengandalkan katalog produk, karena katalog produk diperlukan oleh orang yang sudah memutuskan akan membeli.

Itulah penting nya anda harus membuat content marketing untuk membantu niche market untuk mengambil keputusan dan mengarahkan nya untuk membeli produk anda. win win solution bukan 🙂

Bantu Niche Market Anda

Niche market adalah sebutan untuk calon pelanggan potensial (orang) yang dibidik oleh niche bisnis anda.

Anda harus membatu niche martket anda untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya agar terbagun “brand awareness ” dan “trust” sehingga mereka mau membeli produk anda.

Caranya bagimana ?

Caranya adalah dengan menulis artikel terbaik yang relevan untuk produk anda dan bisa menjadi solusi untuk membantu niche market anda . Content atau artikel seperti ini disebut dengan marketing content.

Jika anda mampu membuat artikel terbaik,maka akan muncul di halaman satu google dan tentunya akan dibaca oleh niche market anda yang sedang browsing di google tadi.

Itulah sebabnya disetiap website perusahaan harus ada “blog” yang berisi artikel selain halaman page yang berisi company profile.

Tawarkan Produk Anda Sebagai Solusi

Anda bisa merekomendasikan produk anda diakhir atau ditengah artikel marketing yang anda buat.

Dengan begitu selain ada membantu mencari solusi untuk niche market anda, anda juga bisa sambil “jualan”.

Begitulah tehnik menjual lewat website jaman sekarang yang terbukti ampuh, shingga anda bisa mendapatkan banyak pelanggan dari internet menggunakan website.


Langkah KeLima:
Mendatangkan Extra Traffic

Traffic atau pengunjung yang datang dari mesin pencari seperti google disebut dengan istilah traffic organic.

Content marketing digunakan sebagai umpan untuk mengumpulkan niche market sehingga terbangun kesadaran dan kepercayaan akan bisnis anda sehingga anda lebih mudah untuk membuat penawaran dan terjadi closing.

Sebenarnya anda masih bisa mendatangkan traffic dari sumber lain untuk website bisnis anda, misalnya dari iklan berbayar, social media dan website marketplace.

Gunakan Media Social

Semua orang pakai media social baik facebook, IG, twitter, tiktok, pastikan bisnis anda bisa terlihat oleh niche market anda yang gemar pakai medsos.

Selain bisa promosi gratis dan mendapat tambahan traffic, media social (medsos) juga bisa digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan niche market anda.

Anda bisa melihat komen-komen tentang perusahaan anda yang bisa digunakan untuk memeprbaiki sistem di perusahaan agar konsumen lebih “happy”.

Medsos perusahaan juga bisa menjadi tolak ukur penilaian saat niche market anda research tentang bisnis anda.

Ingat medsos adalah cermin dari perusahaan anda,

jadi pastikan menghandle komen “netijen yang maha benar” dengan cara yang bijak untuk menjaga reputasi perusahaan anda.

Gunakan Marketplace

Acuan orang berbelanja adalah menggunakan platform marketplace besar seperti bukalapak, tokopedia, blibli dan shopee ,

jadi tidak adasalahnya anda membuat listing produk disana agar ditemukan oleh niche market anda.

Trafic dari marketplace bisa anda gunakan untuk membangun database pelanggan yang nantinya bisa anda arahkan ke website anda.

Jadi jangan hanya mengandalkan marketplace untuk jualan, ini karena traffic yang datang ke bisnis anda bukanlah trafic anda, traffic tersebut milik marketplace.

Dengan anda punya website dan database pelanggan anda bisa mengubah traffic market place menjadi traffic anda. Mantap kan!!


Langkah KeEnam:
Maintenance Website

Yang perlu anda pahami website anda adalah aset bisnis anda di dunia virtual (internet) .

Website adalah media untuk berkomunikasi dan memperkenalkan bisnis ke niche market anda sehingga timbul kesadaran dan kepercayaan akan bisnis yang anda bangun.

Sudah sangat lumrah di perusahaan besar ada divisi khusus untuk mengelola website, minimal memelihara dan menyediakan content agar selelu relevan dengan perubahan zaman.

Update Content Agar Fresh dan Relevan

Intinya website perusahaan anda perlu dirawat agar tetap fresh dan relevan sehingga bisa mendatangkan konversi trafic dari internet.

Jangan pernah berfikir internet dan dunia real terpisah, karena nyatanya manusia sekarang lebih banyak waktunya digunakan untuk melihat HP daripada untuk jalan-jalan keluar.

Disinilah penting nya bisnis anda punya contet website yang fresh dan relevan dengan niche market anda sehingga bisnis anda ditemukan oleh mereka.

Update CMS Secara Rutin

Walaupun wordpress sangat aman, tapi belum tentu dengan plugin atau template yang ada gunakan, sekarang masih aman tapi belum tentu besok.

ingat “buatan manusia tidak ada yang sempurna”

Hanya maslaah waktu saja hingga hacker menemukan bug/celah/vulnerability di sistem website anda yang bisa digunakan untuk “nge hack ” website anda.

Itulah penting nya melakukan update baik CMS, plugin ataupun theme yang terpasang di website anda agar aman dari hacker.

Banyak website yang dihack karena gak pernah diupdate, padahal anda hanya perlu klik sekali untuk update agar website anda tidak bisa dihack. Sangat sepele dan gratis, jadi perlu sekali website perusahaan anda dicek setiap hari untuk update.

KESIMPULAN

Setiap bisnis wajib punya website, bukan hanya sekedar untuk memajang company profile tapi bisa digunakan lebih dari itu.

Dengan website anda bisa membuat content marketing untuk menjaring niche market bisnis anda yang sedang “kebingunan” dan mencari informasi di website lewat google.

Dengan content marketing, anda bisa memberikan solusi dan mengarahkan pengunnjung untuk membeli produk anda sebagai solusi akan masalah yang mereka hadapi.

Jangan terlena dengan market place, gak modal tapi barang bisa laku, karena sejatinya pelanggan yang membeli produk anda tidak loyal ke “brand anda” mereka loyar ke marketplace yang dipakai.

Dengan website, anda bisa membangun “brand awareness” untuk pelanggan dari marketplace dengan cara mengarahkan nya ke website anda setelah terjadi closing.

Strateginya silakan tanyakan ke divisi “marketing anda”

Penting juga untuk menjaga content di website agar tetap fresh dan relevan sehingga bisa mendatangkan konversi.

Update secara teratur CMS, plugin dan tema website anda agar aman dari hacker.

SALAM SUKSES ^_^

Pembahasan Terkait
tutorial cara membuat website sekolah resmi
Cara Membuat Website Sekolah Resmi | Domain sch.id

Sekolah anda belum punya website resmi? Anda bisa membuat website sekolah resmi dengan domain sch.id sendiri dijamin langsung jadi dalam Read more

cara membuat website jualan atau toko online sendiri
Cara Mudah Membuat Website Jualan atau Toko Online

Pengin punya website jualan atau toko online sendiri tapi tidak tau cara buatnya? Beruntungnya anda, Saya buatkan ini khusus untuk Read more

cara membuat website dan blog gratis di blogspot dan wordpress
Cara Membuat Website Gratis dan Mudah Untuk Pemula

Pengin punya website sendiri tapi gak mau keluar uang? Kabar baiknya kamu bisa membuat website gratis dengan cara yang sangat Read more

cara membuat blog ramai dan menghasilkan uang
Cara Membuat Blog Yang Menarik & Menghasilkan Uang

Pengin punya website pribadi untuk menulis blog, portofolio guna mendukung personal branding atau bisnis online? Disini kamu akan belajar cara Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas