Cara Menjadi Hacker Profesional Secara Otodidak

cara menjadi hacker

Pengin menjadi Hacker profesional atau ethical hacker?

Kabar baiknya kamu bisa menjadi hacker dengan belajar sendiri atau otodidak tanpa harus melalui jalur pendidikan formal.

Asal ada niat dan tekad kamu bisa menggunakan internet + HP sebagai media mencari informasi guna melakukan pembelajaran secara otodidak (belajar mandiri).

Walaupun belajar secara otodidak, bukan berarti kamu tidak perlu pembimbing,

bedanya kamu harus menentukan figur mana yang akan menjadi raw model (idola/inspirator/panutan).

Saya telah buatkan panduan dan langkah-langkah untuk memandumu menjadi seorang hacker profesional.

Langkah Pertama #1
Pahami Apa Itu Hacker dan Tingkatan nya

Ada banyak sekali definisi hacker yang dijelaskan di internet mulai dari seorang ahli komputer yang menggunakan keteramilan teknisnya untuk mengatasi masalah,

hingga seseorang yang bisa masuk ke suatu sistem tanpa izin dan melakukan pengrusakan.

Lalu apa definisi yang tepat untuk hacker?

Pengertian Hacker

Hacker atau peretas adalah seseorang yang menggunakan kemampuan teknis & non teknis untuk berusaha masuk ke dalam suatu sistem dengan cara yang tidak sah.

Tehnik yang digunakan bisa dengan memanipulasi mesin secara teknis atau memanipulasi user dari sistem tersebut untuk mendapat informasi berharga sebagai jalan masuk ke sistem.

Kegitan percobaan masuk ke sistem (pentesting) ini disebut dengan istilah hacking.

Apa itu Ethical Hacker?

Sebuah sistem perlu dilakukan ujicoba (pentesting) untuk mengukur sejauh mana pertahanan sebuah sistem.

Untuk melakukan pengujian dan memperkuat pertahanan sistem dibutuhkan seorang ahli sistem keamanan (ethical hacker).

Tugasnya adalah untuk melakukan pentesting, menemukan celah lalu menambal dan memperkuat agar hacker lain tidak bisa masuk.

Menjadi Hacker Itu Perlu Proses

Belajar adalah proses yang harus kamu lalui sehingga tidak ada cara menjadi hacker dengan cepat,apalagi kamu seorang pemula yang harus belajar dari awal.

Mendownload dan menggunakan aplikasi hacking yang ada di internet tidak akan menjadikan mu seorang hacker secara instan,

Cara seperti ini hanya akan menjadikan mu hacker kelas rendahan (Script Kiddie).

Ikut kursus hacking yang cuman 2 minggu gak bakal membuatmu mahir ilmu hacking walau mendatangkan pakar hacking sebagai mentor.

Kamu hanya bakal tau kulit luarnya saja, tehnik dasar yang biasa digunakan oleh script kiddie untuk merusak sistem.

Seorang hacker white hat profesional (ethical hacker) akan mampu menganalisis sistem ,

menemukan celah dan membuat exploit sendiri yang akan digunakan untuk menyusupkan payload backdoor lewat celah/vulnerability yang ditemukan nya.

Bukan hanya itu seorang white hat hacker akan mampu memberikan solusi untuk memperkuat pertahanan sistem agar tidak bisa dihack dengan cara yang telah ditemukan nya.

Hacker Punya Batasan

Yang perlu kamu ketahui dan camkan dengan baik adalah,seorang hacker tidak bisa ngehack semua hal,ini dikarenakan disiplin ilmu komputer mempunyai banyak cabang.

Sedangkan untuk bisa ngehack layanan/service tertentu diperlukan pengetahuan mendetail akan hal tersebut.

Sebagai contoh,
untuk bisa menghack sebuah website seorang hacker tau semua komponen yang digunakan untuk membuat website,

mulai dari aplikasi server,bahasa pemrograman,database hingga modul yang digunakan oleh webserver.

Sedangkan untuk bisa crack/hack sebuah aplikasi binnary (crack program,exploitasi port,exploitasi memory)seorang hacker memerlukan pengetahuan yang berbeda dengan hacker website.

Kesimpulan nya,
Jadi hacker adalah seorang spesialis dalam bidang komputer tertentu yang paham betul akan bidang yang pelajarinya,

sehingga bisa memanipulasi dan memerintahkan komputer untuk melakukan hal yang tidak semestinya komputer lakukan sesuai dengan keinginan hacker.

Tingkatan Hacker

Hacker adalah orang yang menemukan vulnerability dan membuat exploit untuk menerobos masuk kedalam sistem atau jaringan komputer.

Hacker biasanya seorang programmer dengan skill tinggi dan mempunyai pengetahuan keamanan komputer.

Tapi nyatanya tidak semua hacker seperti itu, kita akan kelompokan hacker k

Ethical Hacker (White hat)

adalah hacker yang diberi izin masuk ke sistem dan diminta untuk memeriksa, mengidentifikasi dan memperbaiki kelemahan sistem atau jaringan dengan cara melakukan penetration testing.

ethical hacker biasnaya bekerja sebagai analisis sistem keamanan dan konsultan.

Cracker (Black hat)

adalah hacker yang berinisiatif sendiri untuk masuk kedalam sistem atau jaringan komputer tanpa izin.Tujuan nya biasanya untuk merusak atau mencuri data penting untuk digunakan demi keuntungan sendiri.

Grey hat

adalah hacker yang berinisiatif masuk kedalam sistem atau jaringan komputer tanpa izin dengan tujuan untuk melihat dan mencari kelemahan sistem atau jaringan dan melaporkan nya ke pemilik sistem agar diperbaiki.

Script kiddies

adalah seseorang tanpa skill yang berhasil masuk kedalam sistem atau jaringan komputer tanpa izin dengan menggunakan tool hacking buatan orang lain yang dipublish di internet.

Hacktivist

adalah hacker yang menggunakan skill hacking nya untuk menyebarkan pesan social,agama,politik.dll dengan cara membajak website dan meninggalkan pesan di home page dengan cara di deface(mengganti tampilan halaman website).

Phreaker

adalah hacker yang mencari dan mengexploit kelemaham sistem atau jaringan telephone

Langkah Kedua #2
Miliki Modal Utama Seorang Hacker

Untuk menjadi seorang hacker profesional tidak bisa dicapai dengan cara instan dalam waktu cepat,

ada banyak hal yang harus kamu pelajari dan banyak jalur yang harus kamu lalui untuk sampai kesana.

Belajar menjadi hacker atau ahli keamanan komputer tidak bisa dilakukan oleh setiap orang,

tapi saya yakin kamu bisa melakukan nya asal kamu punya bekal untuk menempuh perjalanan menjadi seorang hacker profesional.

Curiosity dan Passion (Hobby)

Modal utama yang paling utama,inti dari inti serorang hacker profesional adalah menjadikan belajar komputer sebagai hobby.

Rasa haus akan ilmu pengetahuan serta gairah untuk terus menggali,mengexplore,mempelajari hal yang disukainya (dalam hal ini dunia komputer) sehingga akan membentuk pribadi yang ahli dibidang komputer.

Melakukan pekerjaan yang kamu sukai tidak akan membuatmu tertekan atau merasa sedang bekerja,untuk menjadi hacker yang notabane nya adalah ahli komputer maka kamu harus punya passion akan dunia komputer.

Banyak Membaca

Perintah pertama Tuhan kepada Nabi Muhammad dalam wahyu-Nya yakni Iqra (“bacalah!”),ini menggambarkan betapa penting nya membaca untuk menyerap ilmu pengetahuan.

Walau sekarang jaman sudah canggih(sudah ada audio dan video) namun posisi tulisan tidak akan bisa tergantikan oleh media apapun karena kebanyakan ilmu dituangkan dalam bentuk tulisan dan gambar.

Mulai sekarang jika kamu ingin belajar menjadi hacker profesional maka mulailah menggali ilmu dengan membaca forum ataupun artikel yang ada di interner yang membahas ilmu komputer.

Bahasa Inggris

Saat kamu belajar hacking dan mencarinya lewat internet maka kebanyakan artikel ditulis dalam bahasa inggris,ini dikarenakan bahasa inggris digunakan sebagai standar bahasa untuk komunikasi internasional.

Jadi mulailah memperkaya kosakata bahasa inggris sedikit demi sedikit dengan cara membaca artikel bahasa inggris dan terjemahkan perkata sambil diingat-ngat.

Lakukan secara terus menerus lama-lama kamu akan hafal banyak kata-kata bahasa inggris tanpa kamu sadari jika dipraktekan setiap hari.

Think Out Side of The BoX (KREATIF)

Seorang hacker dituntut untuk kreatif dalam berfikir dengan melihat dunia dari sisi dan dengan cara yang berbeda dari kebanyakan orang.

Sehingga seorang hacker profesional selalu punya ide brilian untuk menemukan dan menembus kelemahan sistem (vulnerability)serta mencari solusi terbaik untuk mengatasi kelemahan tersebut guna memperkuat sistem yang telah dia hack.

Gak Harus PC/laptop HP pun bisa

Untuk belajar menjadi seorang hacker kamu tidak diharuskan punya PC atau laptop,

karena kamu bisa menggunakan HP android mu untuk belajar hacking juga,misalnya kamu bisa menginstall TERMUX agar bisa mengakses shell linux dan bisa digunakan untuk belajar linux.

Langkah Ke Tiga #3
Belajar Ilmu Hacking

Kamu tidak bisa dicap sebagai seorang hacker kalau hanya bisa mencari, download dan pakai tool hacking milik orang lain dari internet.

Ini adalah tingkatan hacker yang paling rendah yaitu script kiddie.

Untuk menjadi seorang hacker profesional kamu perlu belajar banyak hal agar bisa menemukan celah keamanan sendiri dan membuat exploit sendiri.

Belajar Sistem Operasi dan Jaringan

Modal paling dasar untuk bisa hacking adalah memahami bagaimana sebuah sistem bekerja.

Itu artinya minimal kamu tau cara kerja sistem operasi dari awal hingga akhir (dari komputer pertama dinyalakan , aplikasi berjalan hingga komputer dimatikan).

Komputer juga menggunakan jaringan sebagai jalur komunikasi, kamu juga perlu paham cara kerja jaringan komputer.

Bukan sekedar paham tapi harus benar-benar mengerti secara detail bagaimana komputer bekerja dan cara mereka berkomunikasi.

Belajar Programming dan Coding

Seorang hacker perlu mengerti alur sebuah program untuk menemukan vulnerability/cacat sistem yang bisa diexploitasi sebagai jalan masuk ke sistem.

Hal ini tidak akan bisa dilakukan oleh orang yang tidak bisa coding/programming.

kemampuan programming juga sangat penting saat hacker telah menemukan bug dan harus membuat exploit sendiri.

Exploit ditulis menggunakan bahasa pemrogramman oleh hacker.

jadii… kamu perlu menguasai bahasa pemrogramman untuk bisa menjadi seorang hacker profesional.

Belajar Metode hacking

Setiap platform dan service punya cara tersendiri untuk menemuka bug dan mengexploitasinya.

Jadi kamu perlu tau dan paham metode-metode hacking mana yang harus kamu gunakan.

Kamu perlu tau dan menentukan darimana kamu harus menyerang dan bertahan.

Selengkapnya Baca : Cara belajar hacking otodidak dari nol untuk pemula

Langkah Ke Empat #4
Bentuk Mental Mu Sebagai Ethical Hacker

Agar kamu menjadi ethical hacker profesional kamu harus mulai membentuk mindset dari sekarang.

Berpikir Kreative

Jika kamu berpikir kreative,selamat itulah modal dasarmu menjadi seorang hacker.

Hacker dituntut untuk bisa menemukan dan mengatasi masalah sendiri,untuk itulah hacker ibarat seorang seniman,philosopher dan juga engineer yang menjadi satu.

Ada banyak masalah(bug di dunia keamanan komputer) diluar sana yang menunggu untuk kamu carikan solusinya.

Hacker mengasah kemampuan nya dan mempertajam kecerdasan nya dengan cara mencari problem dan menemukan solusi yang tepat.

Bagi seorang hacker,belajar ilmu komputer adalah suatu permainan menarik yang membuat lupa waktu sehingga tidak ada batasan antara bermain,bekerja,dan belajar.
karena bagi mereka belajar,bermain,dan bekerja sudah berada di tempat yang sama yaitu “mempelajari komputer”.

Suka Mencari Solusi atas Masalah

Sebagai hacker kamu harus berprinsip bahwa satu masalah tidak perlu diselesaikan duakali atau lebih,

jika kamu bergabung di dalam komunitas waktu merupakan hal paling berharga untuk para hacker.

Seorang hacker harus aktif dalam komunitas untuk menemukan dan ngeshare solusi atas masalah yang ada sesegera mungkin.

Jika kamu menemukan solusi atas masalah yang ada,segerakan lah untuk menulis informasi yang kamu dapat ke public .

Tujuan nya agar orang dengan masalah yang sama bisa menemukan solusi dengan cepat dari artikel yang kmau tulis.

Jangan pernah berpikir jika kamu share penemuan/ilmu mu kamu akan kehilangan dan memberikan ke mereka secara cuma-cuma.

Justru kamu akan mendapat nama dan kehormatan dari hacker dan anggota komunitas jika kamu aktif menuliskan/memberikan solusi atas masalah-masalah yang ada untuk komunitas.

Belajarlah dari mentor-mentor profesional untuk membuka wawasan mu dalah dunia hacking,jaman sudah canggih kamu bisa menonton video DEFCON di youtube untuk melihat bagaimana para hacker profesional bekerja

Gak Perlu Pamer

Tidak usah mengejar ketenaran dengan cara menulis artikel hacking di forum-forum hacker gak jelas, yang sebenarnya kamu hanya kopas.

Ingat hacker adalah skill dan kemampuan bukanlah pengakuan/nama/julkan semata,

seorang hacker sejati tidak mau dirinya disebut hacker karena sebutan “ahli keamanan komputer” jauh lebih enak didengar dan bernilai daripada menggunakan istilah “hacker” yang berkonotasi negatif.

Finally #5
Ethical Hacker Sebagai Profesi

Hacker ibarat orang yang dibekali dengan pisau,

jika orang itu baik maka pisaunya akan digunakan untuk melakukan hal berguna (memasak,crafting,alat mencari makan),

tapi jika orang itu jahat maka pisaunya bisa digunakan untuk malak danmembunuh orang hanya untuk mengenyangkan perutnya.

Begitu juga hacker,

dengan ilmu dan kekuatan yang begitu besar ethical hacker (white hat hacker) akan memilih untuk bekerja di sektor keamanan dan menggunakan ilmunya untuk hal yang berguna.

Ada beberapa profesi spesialist yang bisa diambil oleh hacker antaralain:

  • Analisis sistem informasi
  • Analisis sistem keamanan
  • Certified Ethical Hacker (CEH)
  • Ethical Hacker
  • Konsultan Keamanan, (Computing / Networking / Information Technology)
  • Manager Keamanan sistem informasi
  • Penetration Tester (pentester)

Dari semua profesi diatas kesemuanya bekerja dengan satu tujuan yaitu menjaga agar infrastruktur IT tetap aman dari hacker jahat.

Kesimpulan

Hacker bukanlah sebuah julukan yang bisa kamu dapatkan secara instan lewat kurus hacking dalam dua minggu.

Hacker adalah orang berbakat penuh talenta di bidang komputer yang begitu gemar belajar, solving problem sehingga tau betul bagaimana komputer bekerja dan tau bagaimana untuk memanipulasi komputer agar berjalan sesuai dengan yang hacker inginkan.

Ada perjalanan panjang yang harus kamu tempuh jika kamu ingin menjadi seorang hacker.

Yakinlah setiap orang dilahirkan dengan minat dan bakat yang berbeda, namun itu bukan penentu ukuran seseorang pantas atau tidak menjadi seorang hacker.

Asal kamu punya minat,cinta,dedikasi yang besar untuk belajar komputer kamu akan bisa menjadi ahli komputer (Hacker)

JANGAN PATAH SEMANGAT SEBELUM MELANGKAH

ARTIKEL INI SAYA TULIS SEBAGAI BEKAL AWAL UNTUK MENUNTUNMU MEMULAI BELAJAR MENJADI SEORANG AHLI KOMPUTER (HACKER) SUPAYA ADA GAMBARAN SEBELUM MELANGKAH.

Pembahasan Terkait
script termux dan cara menggunakan nya
SCRIPT TERMUX dan Cara MenggunakanNya

Bagi kamu yang sedang mencari script termux untuk berbagai kebutuhan mulai dari spam wa, spam call, hack wifi, hack akun Read more

belajar cara menggunakan termux untuk hacking
BELAJAR TERMUX 2020 |Lengkap Untuk Pemula

Haii... kamu yang ingin belajar termux untuk hacking maka ini artikel yang kamu cari selama ini. Termux sangat powerfull karena Read more

kode perintah termux lengkap untuk pemula
Kode PERINTAH TERMUX LENGKAP untuk PEMULA

Apa itu Perintah Termux? Perintah termux adalah kode dalam bentuk tulisan/text yang harus kamu ketikan ke terminal termux sebagai cara Read more

pengertian vulnerability
Pengertian Vulnerability dan Cara Pencegahan Exploitasi

Apa itu Vulnerability (Celah Keamanan) ? Pengertian vulnerability adalah suatu cacat pada system/infrastruktur yang memungkinkan terjadinya akses tanpa izin dengan Read more

105 tanggapan pada “Cara Menjadi Hacker Profesional Secara Otodidak

  1. Assalamualaikum kk, terimakasih atas pemberitahuannya…
    Bermanfaat sekali bagi saya.
    Maaf kk saya agak melenceng sedikit. kalo kk ga keberatan sih bisa kasih tutorial Dos attack(denial of service) .
    Terimakasih

  2. Assalamualaikum bang,..
    Saya pasti bakal jadi hacker profesional, karena saya sudah benci dengan perempuan sok alim pake kerudung, tapi menyebarkan hal buruk tentang Islam. Saya juga tidak suka ada yg namanya netizen yg padahal nggak tau apa-apa malah sok bijak ngasih nasehat. Dunia ini abu-abu maka saya akan memisahkan antara yg benar dan Bakhil

    1. waalaikumsalam…
      kalau untuk itu mah tidak perlu jadi hacker,
      belajar ilmu psikologi dan NLP dasar juga sudah bisa untuk merubah cara pandang anda tentang dunia.
      coba kk ikuti video : Adi W Gunawan atai Hingdranata nikolay tentang NLP, gimana kita bisa lebih produktif dengan selalu berfikir positive.
      jadi kk gak perlu repot repot jadi hacker untuk merubah seseorang.
      rubah dulu diri kk sendiri menjadi pribadi yang baik agar bisa menjadi inspirasi banyak orang.
      Channel youtube:
      Hingdranata nikolay
      Adi W.Gunawan

  3. Assalammualaikum
    Saya udh memakai apk termux untuk belajar saya tapi saya selalu gagal dan saya minta bantuannya kepada kak untuk ajarin lebih dalam hacker karenakan saya medsos saya di Facebook ( FB ) selalu di bajak kawan saya dan dan di ganti semua email utama saya dan sandi saya mohon kepada kaka ajari. Saya untuk lebih mendalam tentang Hacker
    Wa : 085727102xxx

    1. waalaikumsalam,
      tidak perlu hack hack.
      cukup lakukan proses verifikasi account saja.
      gunakan password yang berbeda antara akun medsos dengan akun email.

      lakukan verifikasi akun email dan medsos.
      niscaya tidak akan bisa dihack.
      walau dihack bisa dengan mudah dikembalikan.
      jika email punya fitur autentifikasi 2 arah, gunakan lah fitur tersesbut.

      jadi kk tidak usah repot belajar hacking.

        1. biar gak kna hack jangan pernah mraktekin tutorial hack.
          karene tutorial hack kbanyakan hanya membodoho yang mempraktekan nya.
          sebenarnya yang terjadi adalah kamu sedang dituntun agar si hacker bisa ngehack kamu.

    1. banyak sekali kk mosquito,
      tinggal ketikan aja di googl ekata kunci “???? for beginner”
      tanda tanya diganti dengan bahasa pemrogramman yang ingin kk pelajari.
      misal php for beginner atau perl for beginner.

      di youtube juga banyak.
      tapi kalau kk nyari tutor indo yang lengkap jelas mungkin kudu nunggu 10 tahun lagi sampai ada yang bikin.

      kalau tutor bahasa inggris sih banyak dan bejibun.

  4. Assalamualaikum kak terimakasih atas artikelnya sy semakin bersemangat maupun sy tidak punya laptop hanya android yg rusak tapi lumayan untuk bekal

  5. Izin copas buat belajar om,ini dari kecil jadi hacker gpp kan :v,kalau boleh ya ok kalau begitu mari kita belajar ke guru komputer 😀

  6. assalamualaikum min…mau tanya..di sosmed ada sosok bernama opposite6890 apa dia bisa disebut hacker white hat ?

  7. Makasi kak artikelnya membantu banget bikin semangat walau ga gampang tapi harus tetap berusaha semaksimal mungkin dan harus disertai doa jga❣️

    1. Menurut saya pribadi ilmu lebih luas daripada kapasitas otak manusia.

      Saya, anda, dan seluruh manusia di dunia ini tuhan berikan otak yang sama yang pada akhirnya yang membedakan satu individu dengan individu yang lainnya hanyalah pada pola pikirnya saja.

      Semangat belajarnya kita belajar bareng bareng kok. Misal bingung kita tanyakan saja sama paman google :v

  8. Asalamualaikum ,
    Saya sangat berterima kasih dengan abang atas penerangan tentang penggodam.Baru kali ini saya dapat info yg benar tentang penggodam,saya harap dapat belajar lebih lagi pelajaran ini sehingga dapat menjadi pakar dalam bidang ini,jika tidak keberatan abang bagi lah lagi info2 yg berguna macam ni ,supaya saya lebih memahami bidang ini,saya sangat minat dengan gajet sehingga saya ingin mengetahuinya lebih mendalam lagi ,saya harap boleh mencapai tahap yang pakar seperti mereka yang sudah berjaya dalam bidang ini akhir sekali ,doakan saya berjaya ,insyallah saya doakan abang juga,untuk oengetahuan abang saya belajar aliran al quran ,doakan saya dapat mengkhatamkan hafalan saya ,Aamiin,terima kasih abang

    1. waalaikumsalam saudaraku,
      terimakasih sudah meng apresiasi “tulisan” saya. senang ketika blog yang saya buat bisa membantu sesama.
      saya doakan agar kk selalu sehat selalu dan dilancarkan untuk semua urusan dan tentunya dimudahkan untuk mengkhatam alquran dan mengamalkan ilmu didalam nya.

      Belajar adalah proses alami yang tidakbisa dipaksakan atau dipercepat, tergantung dari niat dan tekat kita sendiri. yang penting jangan pernah berhenti belajar pasti kamu akan ahli dibidang itu.
      belajr itu seperti meyalakan api unggun, kamu harus menyalakan nya dari bawah sebelum apinya bisa membesar dan membumbung tinggi.

    1. mau jadi hacker beneran gak??
      kalau iya maka kamu harus banyak belajar
      harus bisa solfing problem juga..
      tugas pertamamu adalah coba cari tau yang kemu belum tau
      termasuk pertanyaan mu satu ini

      cari tau sendiri dengan membaca banyak tulisan dan forum, bukan langsung bertanya ke orang.
      karena kamu bisa dapet tools nya tapi gak bakal dapet ilmunya kalau langsung bertanya.

      Hacker bukan soal TOOLS, tapi soal skill

      orang bisa disebut seniman kalau dia bisa membuat karya seni.
      orang yang punya alat seni belum tentu seniman, begitu juga dengan hacker.

      semoga membantu ^_^, semangat belajar ya

      1. Setelah saya klik gabung keluar tulisan gi bang “Terlarang
        Anda tidak memiliki izin untuk mengakses sumber daya yang diminta. Entah itu dilindungi baca atau tidak dapat dibaca oleh server”

  9. Dr atas sampai bawah yg masuk otak gua , ceramah lu bang, soal perintah tuhan kepada nabi muhammad saw. Udah itu aja

    1. Yoi, belajar belajar belajar dan belajar jika kamu ingin jadi orang sukses.
      memberi memberi memberi memberi jika kamu pengin jadi orang kaya.

      tapi ya begitu kenyataan nya, jadi hacker bneran perlu proses panjang dan perlu dedikasi.
      jangan sampek kalian belajar hanya untuk jadi kriminal dengan dalih biar bisa menyandang gelar “Hacker”

    1. kalau kamu memahami apa poin dari artikel diatas, maka jawaban nya “Tidak ada” kenapa?
      ya karena hacking itu bukan satu ilmu saja yang bisa dikuasai dalam beberapa hari, hacking adalah gabungan dari berbagai macam ilmu komputer
      jadi kamu harus belajar diberbagai tempat juga pastinya.

      Misal untuk belajar jaringan di website A , belajar PHP di website B , belajar database di website C , belajar linux di website D , belajar JS di website E dan seterusnya.

  10. Semakin semangat di usia 17th baru kepikir belajar ini , ini jauh lebih menarik dari pada pelatuk . apa ada rekomendasi alamat belajar serius masalah ini kak ?

    1. google.com kk sebagai tempat bertanya rujukan.

      soalnya hacking ilmu yang komplek. perlu banyak hal yang harus dipelajari dan harus jadi ahlinya agar bisa jadi hacker.

      hacker bneran hacker bukan script kiddie, hahahah

  11. Mksh krn tlh menulis artikel ini, saya sangat berminat,hobi dg gadget,senang otak atik tp baru dlm segi programer.Saya sangat berharap dan bercita2 bs membuat aplikasi atau script yg berguna untuk semua orang.Karena pengalaman saya setiap klik script yg disediakan oleh open search digoggle mlh membawa kemana2 dan merugikan bnyak org.thanks gan artikelnya

  12. beda dari artikel lain, artikel ini benar benar bagus sekali dan lumayan gampang di pahami,saya akan nyoba mulai belajar ah..
    doain smg saya bisa ya bang
    semoga bang juga sukses selalu
    indonesia butuh orang orang kaya bang ini. sukses trus bang

  13. saya ingin belajar tentang hacker, kebetulan saya kuliah di bidang pemrograman atau fakultas teknik informatika. Terimakasih atas pengarahan nya bang, semoga selalu diberikan rezeky…

  14. Gan bagi forum atau komunitas bljr hack dong gan 🙁 dan lagi ada ga chanel yt orang indo yg mudah di mengerti gitu, trimakasi

  15. Wah ini sangat bermanfaan sekali saya jadi tau langkah awal yang saya harus lakukan untuk menjadi hacker dan tau tingkatan hacker saya sungguh berterima kasih dan saya menjadi semangat

  16. Bagaimana jika pemulA belajar hacking,jika gx ada contoh pemograman ya atau contoh lain ya,
    Saya sngat inggin mengetahui cara kerja program dan inggin membuat ya,
    Sekian…

    1. artikel ini adalah untuk membentuk mindset dan mengarahkan pemula yang mau belajar hacking, sudah saya jelaskan diatas hal apa saja yang harus dipelajari agar bisa menjadi hacker.
      pelajarilah ilmunya satu per satu,semua gak ada yang instan dan perlu proses.

      dalam masa belajar nanti kamu bakal ngerti sendiri bagaimana cara melakukan hacking.

      Lah mulai aja belum kok uda minta lebih/jalan pintas.

    1. santai kk, gak wajib paham juga kok .
      kalau 1x baca gak paham mungkin perlu 2x baca, kalau 2x belum paham mungkin perlu 3x baca
      kalau belum paham juga silakan dibaca berulang-ulang dengan pelan hingga paham

  17. Baru kali ini liat tulisan yang sangat sangat bermanfaat.

    Saya masih nol atau bisa disebut script kiddie

    Saya cuma punya HP.
    Modal termux saya akan belajar lebih dalam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas