Pengertian Virus Malware Jenis dan Contohnya LENGKAP

Pengertian Virus Malware Jenis dan Contohnya LENGKAP

Diperbaharui Pada Tanggal

 Untuk pengguna komputer wajib tau akan bahaya ancaman malware, karena kegiatan berkomputer dijaman ini rata-rata menggunakan internet.sedangkan internet menjadi jalur penyebaran malware terbesar yang digunakan hacker.banyak cara hacker untuk mengelabuhi mata dan pikiran pengguna internet dan menuntunnya untuk menginstall aplikasi malware nya secara tidak sadar dengan iming-iming (social engineering tehnik).
Setelah komputer terinstall malware yang dibuat hacker,komputer korban telah jatuh ke tangan hacker dan bebas digunakan untuk tujuan kejahatan apapun.dimata awam  kita tidak bisa membedakan mana komputer yang sudah terinfeksi malware atau belum,karena tidak ada tanda khusus secara visual. salah satu cara untuk mengurangi resiko terinfeksi malware adalah dngan menginstal antivirus dan rajin mengupdate.
Tehnologi berkembang,malware pun ikut berkembang.Malware didedsain dan dibuat untuk tujuan tertentu.

Pengertian Malware dan mengapa semua malware disebut virus?

pengertian malware dan virusMungkin karena malware pertama yang dibuat adalah virus dan menjadi populer jadi sampai saat ini virus menjadi istilah orang awam untuk menyebut semua malware yang ada.
Tidak semua malware adalah virus, karena malware adalah sebutan untuk program komputer yang jahat. Yang dibuat untuk tujuan tertentu yang merugikan korban nya.Malware berasal dari 2 kata yaitu Malicious yang berarti Jahat dan Software yang berarti Program atau aplikasi. Jadi malware adalah semua aplikasi yang dibuat untuk tujuan kejahatan. Dalam perkembangan nya malware memiliki banyak varian, Dulu memang varian pertama adalah virus,tapi sekarang sangat banyak varian nya. Yang dibuat dengan tujuan spesifik dengan goal mendapat profit. $$

Untuk Apa dan oleh siapa Malware Dibuat

Jelas malware dibuat oleh hacker dengan tujuan yang tidak baik,baik hacker individu atau hacker dibawah organisasi atau pemerintahan, Malware adalah senjata dan agen  milih haacker yang membuatnya,yang bertujuan untuk mengexploitasi sistem atau memata matai serta mencuri data penting dari komputer /jaringan yang telah terinfeksi. dijalam ini komputer yang terinfeksi malware sama sekali tidak menunjukan tanda yang aneh,ini disengaja oleh hacker agar malware yang berjalan di system tidak terdeteksi oleh user /dicurigai oleh system admin.

Bagaimana Malware Menyebar?

Malware menyebar dengan mengexploitasi kerentanan system (system vulnerability) seperti mengexploitasi sistem operasi , aplikasi dan browser yang tidak up to date Serta mengexploitasi pengguna system dengan tehnik social engineering (Memancing pengguna mengintall malware tanpa disadari) misalnya menawarkan program bajakan gratis yang sudah disisipi malware.Jadi biasakan hanya mengunduh dan menginstall aplikasi langsung dari sumbernya,jangan mau download aplikasi yang diupload ulang karena beresiko sudah dimodifikasi dan disisipi malware.
jika kamu pengguna android maka download dan instal aplikasi dari play store ,bagi pengguna iphone hanya install aplikasi melalui app store dan jangan mau nginstall aplikasi yang didownload dari website gak jelas.

Device Target malware

Dulu kala memang malware hanya menyerang komputer tapi untuk saat ini malware menyerang semua sistem yang terhubung ke jaringan mulai dari mesin ATM,smartphone.laptop,pc,PLC dll. pokoknya perangkat yang bisa terhubung dengan network baik internet atau local. bahkan malware khusus bisa menginfeksi PLC dari papan sirkuit pengontrol mesin (seperty kasus stuck net yang menyerang PLC pengendali pengaya nuklir)
Jika perangkat yang telah terinfeksi malware terhubung dengan internet maka si hacker bisa langsung meremote perangkat tersebut dan melakukan sesuai kemauan hacker (mengunduh data-data pribadi,menginstal bot,menjadikan proxy ,pokoknya suka2 si heker dehh.. )

Usaha pencegahan Terhadap Malware

Virus-total-online-scanneruntuk menegah exploitasi system baiknya semua aplikasi dan system operasi diupdate secara berkala . serta install dan update antivirus secara teratur dan jangan pernah mematikan nya dengan alasan apapun (aplikasi bajakan dan crack biasanya disuruh matikan antivirus,ini hanya akal-akalan hacker saja biar malware nya ikut terinstall-jadi jangan mau)

Scan file dan alamat website yang mencurigakan dengan  www.virustotal.com secara online. kamu tinggal pilih pada tab diatas kotak upload mau scan file atau url, karena website juga bisa mengandung malware dan mengexploitasi browser yang mempunyai vulnerability.

Jenis Malware Dan Penjelasan nya

Ada banyak macam malware di dunia ini yang dibuat oleh hacker dengan tugas dan targetnya masing masing. jadi malware dibuat dengan sasaran dan fungsi yang spesifik.

Pengertian Virus

virus adalah program jahat (Malware)yang dibuat dengan tujuan untuk merusak system komputer dengan mengcloning dirinya sendiri kedalam sistem, menginveksi, serta mengubah dan merusak progam lain.Dalam penyebaran nya virus memerlukan campurtangan pengguna komputer dalam artian virus tidak bisa aktif dengan otomatis. Maka dari itu pembuat virus akan melakukan trik socialengineering (Nipu Pengguna komputer) agar virus yang dibuatnya dieksekusi oleh pengguna komputer tanpa sadar. Misal menyamarkan virus seakan terlihat seperti file video  dsb.

 Pengertian Spyware

 pengertian spywareSesuai namanya,spyware adalah program mata-mata, yang bertugas mencatat informasi kebiasaan pengguna komputer .seperti informasi yang sering dicari,barang yang sering dicari,hobi,kebiasaan. Nantinya informasi ini akan dijual ke pihak lain dan digunakan untuk menampilkan iklan yang sesuai dokomputer program. Tidak hanya itu,spayware juga memata-matai aktifitas pengguna komputer dan file yang ada di komputer,seperti mencari file penting seperti data pengguna dan bahkan data kartu kredit atau botcoin lalu mengirimkan nya ke hacker.
 Dalam penyebaran nya biasanya melalui program-program bajakan atau fake alert browser yang menampilkan peringatan palsu.seperti menampilkan peringata bahwa kodek belum diinstall.dll

Pengertian Adware

pengertian adware Adware berasal dari kata advertising dan supported  software yang berarti aplikasi atau program penunjang periklanan. adware dibuat untuk menampilkan iklan dengan tujuan untuk mengurangi biaya pembuatan software dan bahkan bisa gratis,karena pembuat software  mendapat income dari iklan yang ditampilkan.Adware dibundle dengna palikasi lain yang bersifat gratis dan ikut terinstall secara otomatis sewaktu kita menginstall software. masalahnya adalah adware sangat mengganggu. dan kadang adware bersifat malicious atau jahat karena ada tipe adware yang berperilak seperti virus.

Pengertian KeyLogger 

pengertian keyloggerKeylogger adalah aplikasi yang dibuat hanya untuk merekam ketukan keyboard,dengan tujuan untuk mendapatkan data tertentu seperti account bank,game online,CC dll.saat ini kebanyakan malware sudah disertakan keylogger didalam nya. malware menyebar melalui program bajakan atau bisa juga menyebar melalui aplikasi-aplikasi palsu utnuk memancing korban nya. seperti  aplikasi cheat pada game untuk mendapatkan account game tertentu.

PengertianWorm

pengertian worm Worm adalah jenis  malware yang dapat menyebarkan dirinya sendiri tanpa bantuan pengguna komputer,worm bekerja secara aktif mencari korban nya dan menginfeksinya secara otomatis.worm hanya menginfeksi komputer tertentu yang mempunya vulnerability (celah keamanan) tertentu.vulnerability atau celah keamanan disini adalah suatu kelemahan program yang terinstall di sistem komputer,biasanya berupa service komputer. Dan kemudian kelemahan ini diexploitasi lebih dalah sehingga memungkinkan hacker masuk kedalam sistem komputer secara remote atau local.
Worm disini bisa berupa botnet,spyware,trojan backdoor,rootkit,ransomware  atau gabungan dari semua jenis malware.tergantung dari tujuan si pembuat malware.

Pengertian Trojan /RAT (Remote admin tool)/backdoor

 pengetian RAT atau trojanTrojan/RAT a dalah malware yang dibuat khusus untuk mengambil alih sistem komputer secara remote/dari jarak jauh. Sistem yang sudah terkena malware ini sepenuh nya dapat dikendalikan oleh sang pembuat malware dari jarak jauh,seperti mengakses dokumen,menyadap ketikan keyboard,melihat layar korban,melihat webcam,dan smuanya. Trojan /RAT menyebar melalui program bajakan yang telah dimodifikasi atau crack bisa juga menyebar melalui metode social enginering melalui media social atau email.

Pengertian Ransomware

 pengertian ransomwareRansomware adalah aplikasi malware yang dibuat khusus untuk menyandara file penting di komputer korban nya dan meminta tebusan dengan jumlah tertentu sebagai syarat pembebasan file yang disandera tersebut.
Penyandraan disini dilakukan dengan cara meng  enkripsi file (diacak ),sehingga file tidak bisa dibuka sebelum dilakukan decrypt (mengembalikan file yang dienkripsi kebentuk asli) ,decypt dapat dilakukan jika kita mempunya kunci yang sesuai dengan kunci saat dilakukan enkrypsi. Kunci inilah yang kita tebus dari hacker pembuat ransomware utnuk membebaskan file yang disandera.
Jika tidak ditebus dalam wakt tertentu file tidak akan bisa dibuka selamanya. Untuk menghindari hal ini baiknya kita melakukan backup data secara rutin ke media external seperty DVD-R atau HDD external yang tidak terhubung ke sistem  setiap saat.

Pengertian Botnetpengertian botnet

Botnet adalah robot di dunia maya yang tugasnya adalah menscan atau melakukan kegiatan secara otomatis untuk meringankan kerja hacker,botnet dirancang dan dibuat dengan tujuan tertentu misalnya mencari kelemahan system setiap komputer yang  terhubung ke internet dengan tujuan untuk mengambil alih system komputer tersebut yang nantikanya akan diinfeksi oleh botnet itu sendiri. Payload atau paket infeksi disini sangat  beragam,bisa berupa ransomware,trojan ,rootkit atau gabungan dari semua. botnet juga digunakan untuk menyebarkan link phising atau social engineering tehnik ke media social (auto posting)

Pengertian Rootkit

pengertian rootkit Rootkit adalah aplikasi yang dibuat dengan tujuan untuk menyembunyikan proses atau file malware dan dirinya sendiri agar tidak ketauan oleh admin atau menghindari deteksi dari antivirus.Rootkit dahulu ditujukan untuk perangkat linux karena linux memiliki itngkatan hak akses didalam system nya. Hak akses tertinggi adalah root (administrator di windows ) dimana root bisa menjalankan semua perintah yang ada dan mempunyai kendali penih akan hardware dan software didalam system. Rootkit dibuat dengan tujuan untuk mengangkat hak akses secara paksa dan ilegal agar user biasa bisa(rootkit itu sendiri) mendapatkan akses sebagai root.Tetapi dalam perkembangan nya rootkit ditujukan juga untuk windows.
Rootkit dibuat khusus untuk bersembunyi/menyembunyikan diri dan malware lain (rootkit menyembunyikan malware lain) dengna tujuan agar malware yang telah disembunyikan oleh rootkit tidak terdeteksi seluruh aktifitasnya, biasaya rootkit tidak menyebar seperti worm atau virus. Kebanyakan rootkit diinstall manual oleh hacker di sistem  yang telah diambil alih.  rootkit dibuat untuk menyembunyikan botnet. Sehingga aktifitas botnet tidak terdeteksi sama sekali oleh administrator system. Rootkit sangat susah untuk dideteksi dan sukar untuk dibasmi,karena rootkit bisa berjalan sebelum system berjalan.(rootkit bersembunyi jauh didalam system). Tetapi saat ini ada pula malware yang sudah bundling dengan rootkit. Karena malware akan lebih sukar utnuk dideteksi.

Contoh Malware

Di jaman yang moderen ini,jenis malware bisa dikombinasikan atau hybrid, karena lebih efektif dalam mencapai target dan penyebaran nya. sebuah malware memiliki kemampuan yang dimiliki oleh varian malware lain misalnya untuk menyebarkan dirinya dia mengexploitasi celah keamanan (vulnerability) untuk menyembunyikan dirinya dia bertindak sebagai rootkit,untuk menipu korban nya dia berakting sebagai trojan,dan untuk mendapatkan duid dia menyandera file korban nya (ransomware). berikut adalah contoh malware terbaru yang diambil dari Security Response symantec
contoh malware virus trojan ransomware
TIPS:
                Install antivirus dan update  antivirus secara berkala dan jangan p ernah mematikan antivirus ,serta gunakan aplikasi yang legal (Bukan bajakan) agar terhindar dari malware.

 

Update juga system operasi secara berkala dan unpdate aplikasi yang terinstall secara berkala. Karena biasanya setiap update akan memperbaikin atau menambal celah keamanan yang ada di versi sebelum nya.

Leave a Comment