Cara Mengaktifkan dan Mengakses GUI di Termux Android

Selain aplikasi berbasis CLI (command),termux sudah mendukung aplikasi yang menggunakan sistem Xwindows (GUI), jadi pada dasarnya kamu bisa menjalankan aplikasi yang mempunyai tampilan windows(X) di termux,hanya saja fitur ini tidak aktif secara default dan kamu harus melakukan setting secara manual untuk mengaktifkan GUI di termux android mu.

Untuk bisa menjalankan aplikasi GUI di termux android kamu harus menginstall VNC server sebagai back end dan VNC viewer sebagai front end.

Mengaktifkan X11 Repository

Agar kamu bisa menginstall VNC kamu harus mengaktifkan X11 repository dengan mengetikan perintah $ pkg install x11-repo , jika kamu tidak menginginkan nya lagi kamu bisa menghapus x11 repository dengan mengetikan perintah $ pkg uninstall x11-repo

Setting VNC

Karena termux tidak mempunyai hardware acceleration sendiri untuk merender grafik maka kita perlu aplikasi tambahan untuk megakses Xwindows (display) agar bisa melihat output GUI ,dalam hal ini kita akan menggunakan vnc server di termux untuk memforward GUI ke VNC viewer.

Install dan Setting VNC Server di Termux android

  1. Install tigervnc server dengan mengetikan perintah $ pkg install tigervnc
  2. jalankan perintah $ vncserver ,jika kamu baru pertama kali menjalankan perintah ini maka kamu akan disuruh mengeset password vnc, jika kamu ingin mengubah password vnc mu yang sudah ada kamu bisa menggunakan perintah $ vncpasswd
  3. agar aplikasi gui bisa menggunakan display ,kamu harus mengeset environment variable dengan perintah $ export DISPLAY=":1"
  4. sampai tahap ini harusnya aplikasi GUI di termux mu sudah bisa dijalankan dan tidak menampilkan pesan “Gtk-WARNING **: cannot open display: :0.0”

TERMUX ERROR ” Gtk-WARNING **: cannot open display: :0.0

“Pesan ini akan muncul jika environment variable belum diset (lihat langkah 3) atau vncserver kamu belum berjalan,jadi pastikan cek dulu apakah vnc server mu sudah berjalan dengan mengetikan perintah $ vncserver -listsetiap kali kamu ingin menjalankan aplikasi GUI di termux , untuk close/kill vnc server di termux kamu bisa menggunakan perintah $ vncserver -kill :a (ganti a dengan nomer display)

Mengakses GUI Termux dengan VNC Client

Untuk bisa mengakses GUI di termux mu kamu harus menggunakan menginstall VNC client (yap karena di termux ktia pake VNC server),untuk menginstallnya cukup masuk ke playstore > ketikan vnc viewer dan install aplikasi VNC Viewer-Remote Desktop

  1. untuk mengakses GUI termux di android mu dari hp android mu kamu bisa buka aplikasi vnc viewer di android > klik tanda plus > pada address masukan 127.0.0.1:5901 ,beri nama terserah lalu tap create
  2. kalau sudah di create kamu tap ke list vnc yang kamu buat tadi, jika minta password masukan password yang telah kamu set di vnc server tadi.Harusnya kamu sudah mendapatkan tampilan hitam dan ada terminal linux nya,kamu bisa mengeksekusi aplikasi GUI dari terminal emulator tersebut.
  3. Jika lupa password vnc kamu bisa reset dengan perintah $ vncpassword di termux mu , jika layarnya blank
  4. kamu juga bisa meremot GUI termux android mu dari PC ataupun HP lain dengan mengetikan IP address HP termux kalian (ganti localhost di vnc viewer dengan IP HP kalian).
    Untuk melihat IP HP kalian di termux gunakan perintah $ ifconfig dan lihat ip yang berada di interface wlan0

KESIMPULAN

Walaupun linux identik dengan shell,namun ada beberapa tool atau aplikasi linux yang dibuat dengan GUI interface dan tidak mempunyai command line interface(CLI) seperti aplikasi wireshark.Untuk mengatasi hal inilah kita perlu menseting agar termux punya X display yaitu dengan menginstall VNC server sebagai jembatan untuk mengakses GUI termux yang tidak mempunyai akses hardware untuk render.

Begitu termux mu terinstall VNC server dan display sudah di map/diarahkan dengan perintah $ export DISPLAY=":1" maka kamu sudah bisa mengakses GUI termux dari manapun,baik dari HP itu sendiri ataupun dari perangkat lain (pc,laptop,tablet,hp) yang sejaringan dengan mu menggunakan IP HP termux mu. Gunakan perintah $ ifconfig untuk melihat IP HP mu.

Pembahasan Terkait
SCRIPT TERMUX dan Cara MenggunakanNya

Bagi kamu yang sedang mencari script termux untuk berbagai kebutuhan mulai dari spam wa, spam call, hack wifi, hack akun Read more

Kode PERINTAH TERMUX LENGKAP untuk PEMULA

Apa itu Perintah Termux? Perintah termux adalah kode dalam bentuk tulisan/text yang harus kamu ketikan ke terminal termux sebagai cara Read more

Cara Install NMAP di Termux Android

Berdasar informasi dari wikipedia Nmap adalah aplikasi network scanner opensource yang dibuat oleh Gordon Lyon (dikenal juga sebagai pseudonym Fyodor Read more

Cara install WireShark di TermuX Android Tanpa Root

Wireshark merupakan salah satu aplikasi penganalisa paket jaringan yang sangat populer .Dengan wireshark kamu bisa melakukan observasi apa yang sedang Read more

Halloo, Saya Arie

Saya orang biasa seperti mu, Saya suka sekali membantu orang-orang untuk belajar. Itulah sebabnya saya membuat website ini untuk membantu orang lain sepertimu agar lebih cepat dan mudah ketika belajar di internet.

8 tanggapan pada “Cara Mengaktifkan dan Mengakses GUI di Termux Android

    1. berarti kk Alifa sudah berhasil dong,
      termux kan emang terminal ya tampilan nya cuma cursor.

      kalau ada tampilan GUI nya coba jalanin aplikasi yang punya interface GUI.

      coba kk baca sekali lagi tutorialnya secara utuh dari awal ampai akhir hingga mengerti.

      semoga bisa membantu ^_^

      1. Maaf kak maksudnya bukan cursor tapi hanya muncul mouse pointer (bentuk kotak kecil) & black screen saja. Tidak ada terminal promptnya jadi tidak bisa diketik apapun 🙁

        1. pastikan kk sudah mengikuti semua langkah di tutorialnya dengan tanpa ada yang kelewatan.
          kalau maish blank coba stop vnc nya terus jalanin lagi.

          coba juga jalanin aplikasi GUI dari termux, nanti untuk guinya bisa dilihat lewat VNC

    1. 127.0.0.1 sama aja dengan localhost , itu adalah alamat IP yang dipake untuk mengakses diri sendiri melalui antarmuka loppback.
      ini adalah aturan standar TCP/IP.
      kamu juga bisa mengakses langsung dengan mengetikan IP yang terpasang di interface jaringan mu, tapi agak ribet kan harus liat IP berapa.

      gampang nya ya tinggal ketikan alamat loopback diatas aja, bisa pake localhost atau 127.0.0.1 untuk mengakses diri sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas