Pengertian Sistem Operasi Komputer|Fungsi dan Contoh

Pengertian Sistem Operasi Komputer

Sistem Operasi komputer adalah aplikasi/software khusus yang berjalan saat komputer pertama kali dinyalakan yang menyediakan antarmuka/interface antara hardware dengan user untuk berinteraksi.

Sistem operasi bertugas untuk melakukan pekerjaan dasar seperti file management, memory management, process management,menghandle input dan output serta mengontrol penggunaan perangkat periperal oleh aplikasi yang berjalan seperti disk dan printer.

Secara singkat Sistem operasi komputer bisa didefinisikan sebagai sebuah aplikasi atau program yang bertindak sebagai jembatan penghubung antara user dengan hardware komputer dan mengontrol penggunaan resource serta eksekusi semua aplikasi/program yang berjalan diatas sistem operasi tersebut.

Dalam bahasa inggris sistem operasi disebut juga dengan istilah Operating System atau disingkat dengan istilah OS.

Aplikasi Didesain Untuk Berjalan di OS

Kebanyakan aplikasi yang kamu gunakan sehari-hari didesain dan dibuat untuk berjalan di sistem operasi (bukan hardware).

Itu artinya aplikasi yang kamu install di komputermu tidak bisa diinstall kalau belum diinstall sistem operasi, misalnya kamu tidak bisa menginstall ms.word,photoshop,corel,firefox,chrome kalau komputermu belum diinstall windows.

Dengan begitu pembuat aplikasi akan lebih mudah karena tidak perlu memikirkan detail spek hardware untuk aplikasinya agar berjalan,cukup bidik/tentukan spek sistem operasi agar aplikasinya berjalan.

Fungsi Sistem Operasi

Sistem operasi dibuat bukan tanpa alasan, dulu sebelum ada sistem operasi sebuah komputer hanya bisa menjalankan satu aplikasi saja dan pembuat aplikasi diwajibkan untuk membuat kode untuk mengelola sumber daya komputer mulai dari storage,IO hingga memory.

Memory Management

Sistem operasi mengatur penggunaan memory utama yaitu ram, ram menyediakan akses memory yang sangat cepat untuk digunakan oleh processor saat mengekseskusi sebuah perintah/program secara langsung.

Tugas sistem perasi pada bagian ini adalah :

  • Melacak pemnggunaan ram dengan mengetahui bagian mana yang dipakai dan tidak.
  • Pada multi programming, sistem operasi menentukan kapan sebuah aplikasi mendapatkan alokasi memory dan seberapa besar memory dialokasikan.
  • Mengalokasikan memory saat aplikasi memintanya
  • Membebaskan memory saat aplikasi sudah tidak menggunakan nya sehingga bisa dialokasikan untuk aplikasi lain.

Processor Management

Pada saat banyak aplikasi /process yang berjalan maka sistem operasi menentukan kapan dan berapa lama aplikasi dapat menggunakan processor,fungsi ini dikenal dengan istilah process scheduling.

Sistem operasi melakukan tugas berikut ini pada bagian ini:

  • Melacak dan mencatat status aplikasi yang berjalan/process,bagian sistem operasi yang bertugas menjalankan ini disebut traffic controller.
  • Mengalokasikan penggunaan processor/CPU untuk process/aplikasi yang berjalan.
  • Membebaskan alokasi processor saat sudah digunakan lagi oleh process.

Device Management

Sistem operasi mengelola/mengatur komunikasi perangkat menggunakan driver yang telah disediakan oleh perangkat itu sendiri.

Baca : Fungsi driver komputer

Dalam hal ini sistem operasi memastikan:

  • Melacak penggunaan semua perangkat yang terpasang melaui module I/O controller
  • Memutuskan kapan dan berapalama sebuah process dari aplikasi untuk dapat menggunakan perangkat.
  • Mengalokasikan penggunaan perangkat se efisien mungkin.
  • Membebaskan perangkat setelah process selesai menggunakan nya.

File Management

Sistem operasi menyediakan file manager (misal:windows explorer) yang bisa kamu gunakan untuk memudahkan mengelola file dan folder di dalam komputermu.

Tugas sistem operasi dalam hal ini antaralain :

  • Module file system bertugas untuk melacak status informasi atas file yang ada di komputer mulai dari lokasi, penggunaan, status, dll
  • Menentukan user dan aplikasi/process mana yang bisa mengakses file
  • mengalokasikan file saat user ataupun process memerlukan nya.
  • membebaskan file saat user ataupun process selesai menggunakan nya.

Dan Tugas Umum Lain

Masih ada tugas umum yang lain yang dilakukan oleh sistem operasi mulai dari mengatur keamanan,mengatur performa,mendeteksi error dan masih banyak lagi.

Komponen Utama Sistem Operasi

Sebelum sistem operasi ditemukan(1940an),komputer hanya bisa menjalankan satu aplikasi dan aplikasi tersebut dirancang dan dibuat untuk spek hardware tertentu,memindah aplikasi dari komputer satu ke yang lain sangatlah sulit,beda sedikit spek saja aplikasi sudah error.

Untuk berganti aplikasi harus restart komputer dan mengganti storage (dulu belum ada OS dan belum multi tasking).

Setelah sistem operasi ditemukan dan terus dikembangkan hingga saat ini,komputer sudah bisa diinstall dan menjalankan banyak program/aplikasi (multi tasking).

Sistem operasi terdiri dari banyak komponen dengan fungsi yang spesifik , ada 3 komponen utama dalam sistem operasi antara lain :

Kernel

Kernel merupakan inti dari sistem operasi komputer,bahkan kernel lah yang pantas disebut sebagai sistem operasi,sedangkan yang lain hanyalah fitur pelengkap.Kernel menyediakan control dasar atas hardware komputer.

Kernel bertugas sebagai jembatan komunikasi antara aplikasi yang kamu gunakan dengan hardware komputermu.

Jadi apliksi yang kamu gunakan tidak mengakses dan menggunakan hardware secara langsung,tapi kernel lah yang memverifikasi request dari aplikasi dan mengakses hardware komputermu untuk tujuan keamanan.

User Interface /Shell

Antar muka sistem operasi/shell memungkinkan user /pengguna untuk berinteraksi dengan komputer dan memanfaatkan nya untuk keperluan tertentu sesuai dengan aplikasi yang dijalankan.

Untuk berinteraksi dengan komputer kamu bisa menggunakan GUI shell (Graphical User Insterface) seperti di windows mu dan CLI shell (Command Line Interface ) seperti di linux shell atau command promt windows.

API (Application programming interface)

Dengan mengunakan API yang diseiakan oleh sistem operasi seorang developer akan lebih mudah untuk membuat program nya berinteraksi dan mengakses fitur yang disediakan oleh sistem operasi.

Jika user interface disediakan sebagai sarana untuk interaksi antara user dan komputer,API disediakan agar aplikasi lain bisa berinteraksi dan berkomunikasi dengan sistem operasi itu sendiri.

Contoh Sistem Operasi

Setelah komputer ditemukan pada tahun 1930an dan sistem operasi mulai dikembangkan di tahun 1940an ada banyak perusahaan yang ikut serta mengembangkan komputer dan sistem operasi.

Namun hanya sedikit penemuan yang bertahan dan masih dikembangkan hingga saat ini.Saat artikel ini dibuat ada 3 sistem operasi yang masih digunakan hingga saat ini

UNIX

UNIX mulai dikembangkan di tahun 1970 an oleh Bell labs dan terus dikembangkan hingga sekarang dan mempunyai beberapa sistem operasi turunan yang dikembangkan berdasar kernel UNIX antara lain :

timeline pengembangan sistem operasi UNIX
unix timeline

Nah loo.. kamu kaget ya ternyata MacOS itu unix ya? pantesan aja mac os punya shell seperti linux namun tampulan GUI nya cantik ya .. 🙂

Microsoft Windows

Microsoft windows merupakan sistem operasi berbasis grafis yang dikembangkan,dipasarkan dan dijual oleh microsoft.

Microsoft mengenalkan sistem operasi windows berbasis grafis untuk MS-DOS pada 20 november 1985 sebagai respon atas ketertasikan masyarakat akan komputer dengan tamapilan GUI shell (karena pada saat itu sistem operasi Unix masih menggunakan CLI shell ).

timeline pengembangan sistem operasi windows microsoft

Hingga saat ini windows menjadi sistem operasi dengan GUI shell terbaik dan pengguna terbanyak untuk kalangan konsumer,sedangkan untuk server dan infrastruktur internet didominasi oleh sistem operasi linux.

Linux

Sistem operasi linux lahir dari kelompok pengembang software opensource yang diprakarsai oleh Richard Stallman dengan menciptakan GNU sebagai wadah untuk aplikasi dan lisensi aplikasi opensource.

Singkatnya kernel linux selesai dibuat pada tahun 1991 oleh linus torvalds dengan ditulis dalam bahasa C dan dicompile menggunakan GNU C compiler.

Sejak saat itu banyak pengembang (distro) yang mengembangkan linux untuk goal nya masing-masing,hingga saat ini linux menjadi sistem operasi favorit untuk kalangan developer dan menjadi nyawa bagi perangkat internet.

Perdalam skill linux mu dengan membaca artikel “memperdalam skill linux

Jenis Sistem Operasi komputer dan Contoh nya

Dizaman moderen ini definisi komputer sudah tidak seperti dulu,dimana dulu komputer hanya diletakan di meja dan tidak bisa dibawa kemana-mana.Sejak ditemukan nya semi konduktor dan teknologi nano,ukuran komputer menjadi semakin kecil dan banyak perangkat sekarang yang telah menggunakan komputer,mulai dari server hingga mesin pembuat kopi.

Untuk megimbanginya sistem operasi sekarang juga dibuat beberapa versi berdasar jenis perangkat/platform yang akan diinstall sistem operasi.Setiap vendor sistem operasi biasanya akan menyedikan pilihan platform hardware yang akan diinstall sistem operasi versi tersebut antara lain:

Desktop OS

Versi sistem operasi ini ditujukan untuk perangkat komputer desktop ataupun laptop yang biasa kamu gunakan saat ini,pada sistem operasi versi desktop akan disediakan GUI shell sebagai default user interface.

Contoh : MacOS ,Windows xp,7,8.1,10 dan linux desktop

Server OS

versi sistem operasi server ditujukan untuk komputer dengan role server,dimana komputer server akan melakukan pekerjaan yang berat (melayani client) dan onlline 24jam.

Biasanya sistem operasi untuk server mmepunyai fitur khusus untuk memudahkan dalam mengelola server seperti remote management,server management dan tool lain yang tidak dimiliki oleh sistem operasi versi desktop.

Untuk sistem operasi linux server biasanya hanya disediakan core package dan hanya CLI shell tanpa GUI shell.

Contoh : BSD ,Linux versi server(ubuntu server,cenOS) ,windows server

Mobile OS

versi sistem operasi mobile didesain untuk berjalan di perangkat mobile seperti smartphone dan tablet

Contoh : iOS ,Android,Blackberry,symbian,windows phone,webOS

Embedded OS

Embedded OS biasanya digunakan pada hardware dengan tingkat koputasi yang rendah(ram/ROM kecil,CPU lambat),sehingga embedded OS dibuat dengan tujuan dan fungsi yang spesifik.

OS ini biasanya dibuat menggunakan bahasa assembly untuk meminimalisir dan mengoptimalkan penggunaan resource.

Embedded OS dibuat dan dioptimasi untuk perangkat dengan konfigurasi tertentu dan tidak akan bekerja untuk perangkat lain dengan konfigurasi yang berbeda.

Kebanayakan aplikasi yang ada di dalam embedded OS merupakan bagian dari sistem operasi itu sendiri sehingga aplikasi tersebut akan berjalan bersama sistem operasi begitu perangkat dinyalakan.

Contoh paling umum embedded OS yang sering kita gunkan adalah sistem perasi pada perangkat HP sebelum Android dan iOS muncul.

Embedded OS juga digunakan pada perangkat seperti mobil,printer,CCTV,mesin kopi,kulkas,TV,drone,kamera,hingga perangkat militer.

Contoh sistem operasi Embedded yang masih digunakan saat ini antaralain:

  • Symbian – Digunakan untuk HP dengan merek Nokia
  • Embedded Linux – Biasa digunakan luas di berbagai perangkat seperti printer,router,cctv,dvr dll
  • BlackBerry OS – untuk BlackBerry phones
  • iOS – Digunakan di Apple’s mobile devices seperti HP dan Tablet Mac
  • Palm OS
  • Windows Mobile

KESIMPULAN

Sebelum membaca tulisan ini mungkin kamu hanya mendengar sistem operasi itu hanya windows ataupun linux.

Tapi ternyata sistem operasi itu lebih luas cakupan nya lebih dari yang kamu bayangkan dimana ada beberapa sistem operasi yang didesain untuk menghidupi berbagai macam perangkat elektronik dari yang berukuran besar hingga perangkat dengan ukuran yang kecil.

ARTIKEL LANJUTAN
Perbedaan GPT dan MBR |Harus Pilih yang Mana?

Bingung Pilih MBR atau GPT ? Saat kamu membeli dan memasang media storage baru baik hdd,ssd,flashdisk,microsd,dll kamu akan dimint a Read more

Perbedaan UEFI dan BIOS Legacy|Harus Pilih yang Mana?

Bingung Pilih BIOS atau UEFI saat install Sistem Operasi? Jika kamu bingung karena gak tau perbedaan antara BIOS dan UEFI Read more

Mengenal Teknologi Virtualisasi Pada Modern Komputer

Apa itu Server Virtualisation / Virtualisasi Server? virtualisasi merupakan pembagian server fisik menjadi beberapa virtual server yang lebih kecil dengan Read more

Proses booting pada komputer

Ada beberapa istilah dasar yang wajib kamu ketahui sebelum membahas bagaimana proses booting pada komputer berjalan. istilah ini akan sering Read more

Pengertian Internet of Things dan Implementasi IoT

Apa itu Internet Of Things (IoT) Internet of things(IoT) adalah sebuah gagasan dimana semua benda di dunia nyata dapat berkomunikasi Read more

DRIVER KOMPUTER: Pengertian,Fungsi,Contoh dan Cara install

Apa itu Driver komputer Driver komputer adalah sebuah perangkat lunak yang bertugas mengontrol setiap perangkat keras yang terpasang di komputer, Read more

Halloo, Saya Arie

Saya orang biasa seperti mu, Saya suka sekali membantu orang-orang untuk belajar. Itulah sebabnya saya membuat website ini untuk membantu orang lain sepertimu agar lebih cepat dan mudah ketika belajar di internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas