Cara Membuat BOT Telegram Tanpa Coding

Cara membuat bot telegram sendiri itu mudah-Jika kamu seorang admin grup telegram tentu kamu akan sibuk dalam menghandle banyak orang,belum lagi jika kamu mempunyai content dan diharuskan ngepost content terbaru di akun tegram mu.Dengan menggunakan bot atau robot kamu bisa mempermudah pekerjaan mu dalam mengelola akun telegram mu.

Apa itu Bot telegram

Bot atau Robot Telegram merupakan aplikasi tambahan yang berjalan di dalam telegram itu sendiri.Pada dasarnya bot sama seperti user biasa hanya saja bot ini tidak mempunyai nomer telefon dan digunakan oleh komputer,bot hanya bisa merespon perintah/request sesaui dengan parameter yang telah diset oleh admin bot tersebut.Pengguna dapat berinteraksi dengan user dengan cara mengirim pesan ke bot dalamn format tertentu.

Kenapa Pakai Bot Telegram

Jika kamu memiliki sebuah bot telegram (admin telegram bot) maka kamu bisa mengeset/setting bot mu untuk menghandle beberapa pekerjaan secara otomatis berdasar interaksi dari user,jadi kamu gak perlu secara manual menghandle user,cukup bot yang melakukan nya untuk meringankan pekerjaan mu.

  • Memberikan Notifikasi Khusus dan Berita. Bot bisa beritindak sebagai koran pintar dengan memilihkan topik berita/artikel yang sesuai dengan mu.
  • Mengintegrasikan Layanan Lain. Bot dapat Menyajikan content dari layanan lain sekaligus sehingga memudahkan pemirsa dan content creator dalam mencari dan mengantarkan berita.
    Gmail BotImage BotGIF botIMDB botWiki botMusic botYoutube botGitHub bot
  • Menangani Pembayaran. Bot bisa bertindak sebagai kasir virtual untuk menangani proses/metode pembayaran.
    Demo Shop Bot
  • Membuat Tool Berguna . Beberapa bot berfungsi sebagai penyapa “selamat datang”,penerjemah,counter,atau layanan lain nya sesuai kebutuhan.
    Markdown botSticker botVote botLike bot
  • Membuat Games. Bot bisa menawarkan HTML5 experiences yang menakjubkan untuk takaran sebuah game di platform chatting, dari arcades sederhana dan puzzles hingga 3D-shooters dan game real-time strategy
    GameBotGamee
  • Build social services. A bot could connect people looking for conversation partners based on common interests or proximity.
    HotOrBot
  • Do virtually anything else.Kecuali memasak /nyuci/bersih2 — bot gak bisa melakukan pekerjaan dengan objek di real world.

Bagaimana Bot Telegram bekarja

Pada dasarnya bot telegram merupakan akun telegram spesial yang dalam proses pembuatan nya tidak memerlukan nomer telefon untuk aktivasi dan verifikasi,pengguna dapat berinteraksi dengan bot telegram dengan 2 cara :

  • Mengirimkan pesan dan command ke bot secara langsung dari jendela chat (direct message/DM) atau dengan mengundang nya masuk ke grup lalu mengetikan command di group.
  • Inline bot – tanpa mengirim pesan apapun ke bot secara langsug kamu bisa berinteraksi dengan bot cukup dengan mengetikan @namabot diikuti dengan query (inline queries).Dengna cara ini kamu bisa request content dari bot dari jendela chatting manapun,group ataupun channel tanpa harus mengirim pesan apapun ke bot.
menggunakan fitur inline queries pada telegram
inline bot queries

Membuat Bot Telegram dengan BotFather

Tanpa belajar pemrograman kamu bisa membuat bot telegram sederha untuk memudahkanmu mengelola grup ataupun channel telegram.

BotFather

Seperti namanya ,BotFather adalah bapaknya para bot telegram,bot ini digunakan untuk mengatur semua bot yang ada di telegram.Dengan kata lain BotFather adalah bot yang menyediakan menu untuk mengatur bot yang telah dibuat oleh user.Jika kamu punya bot maka untuk mengatur bot mu kamu harus mengaturnya lewat BotFather.

Untuk memulai membuat bot dengan botfather ikuti langkah berikut ini

membuat bot menggunakan BotFather
  1. Pada kotak pencarian ketik botfather
  2. Klik pada BotFather
  3. Klik start untuk mulai berinteraksi dengan BotFather
  4. ketik /newbot untuk membuat bot baru
  5. ketik nama utnuk bot mu
  6. buat username untuk bot mu,username bot harus diakhiri dengan `bot` misalnya : asistenBot atau asisten_bot
  7. Setelah bot berhasil dibuat maka kamu mendapat API token yang bisa kamu gunakan untuk mengakses API bot yang disediakan oleh telegram.API adalah antarmuka yang disediakan oleh suatu aplikasi untuk berinteraksi dengan aplikasi tersebut,API ini biasa digunakan oleh programmer untuk mengakses fungsi program lain dari program yang mereka buat.
membuat dan mengatur bot dengan botfather

Kamu bisa mengatur/mengontrol bot yang telah kamu buat melalui BotFather dengan perintah yang telah disediakan

/newbot - membuat bot baru
/mybots - mengedit bot mu [beta]
Edit Bots
/setname - mengubah nama bot mu
/setdescription - mengubah deskripsi bot
/setabouttext - merubah bot about info
/setuserpic - merubah foto bot
/setcommands - membuat daftar command
/deletebot - menghapus bot
Bot Settings
/token - membuat token baru
/revoke - menghapus access token
/setinline - mengaktifkan/nonaktifkan inline mode (https://core.telegram.org/bots/inline)
/setinlinegeo - mengaktifkan/nonaktifkan inline location requests (https://core.telegram.org/bots/inline#location-based-results)
/setinlinefeedback - merubah inline feedback (https://core.telegram.org/bots/inline#collecting-feedback) settings
/setjoingroups - mengatur ijin bot mu untuk masuk ke grup
/setprivacy - mengaktifkan/nonaktifkan privacy mode (https://core.telegram.org/bots#privacy-mode) in groups
Games
/mygames - mengatur games mu (https://core.telegram.org/bots/games) [beta]
/newgame - membuat game baru(https://core.telegram.org/bots/games)
/listgames - menampilkan daftar game yang kamu buat
/editgame - mengedit game
/deletegame - menghapus game

Sampai tahap ini kamu telah berhasil membuat bot telegram dan bot tersebut bisa diatur untuk menangani pekerjaan sesuai dengan yang kamu definisikan melalui pengaturan bot.