Tips Cara Bermain Mobile Legends-AoV Agar Selalu Menang

Cara dan Tips agar selalu menang saat bermain Mobile Legends atau Arena of Valor(AoV)

Skill bukan Stat- Disini saya tidak akan membahas tentang build atau yg berkaitan dengan  memperkuat karakter mulai dari pemilihan emblem dan pemilihan gear.Karena build sudah disediakan preset oleh mobile legends ,kamu bisa menjiplak build yang sering digunakan player bahkan build top player.Tips berikut lebih menitikberatkan bagaimana kamu bisa bermain seperti PRO player yang telah mengetahui segala game mekanik dan strategi.

NOOB– Kekalahan saat bermain mobile legends ataupun arena of valor (AoV) sering diakibatkan oleh player yang NOOB (tidak punya skill tapi berharap menang) yang pada akhirnya menjadi beban karena melakukan hal-hal RANDOM yang tidak membantu dalam team(bermain sendiri).

Kemenangan untuk diperjuangkan,bukan diharapkan- Jika kamu pengin menang kamu juga harus ikut berjuang dalam pertempuran dengan melakukan hal yang membantu team,jadi jangan pernah berharap akan dapat tim yang PRO dan kamu cuman numpang doang (pemikiran kebanyakan NOOB).Kalau kamu gak bisa main,maka jangan berharap menang,karena kemenangan perlu diperjuangankan bukan diharapkan!!.

KOMPOSISI

Saat pick heroes hendaknya saling melengkapi komposisi dan tidak egois,komposisi yang ideal minimal ada DPS, Stunner/CC dan Tank.

DPS/Hitter- MM sangat baik untuk merobohkan tower,sedangkan assasin sangat bagus untuk mencyduk musuh tertarget(culik MM/assasin musuh),fighter bisa untuk mengejar musuh(charger) dan bisa bertahan lama dalam pertarungan krena disustain oleh life steal.Idealnya untuk DPS diambil MM,assasin dan fighter.MM cukup satu saja supaya bisa farming dan tidak berebut jungle,jangan pernah bilang no MM,karena MM punya damage range konsisten yang sangat membantu saat war terutama menghabisi musuh yang sudah teluka parah (darah tinggal dikit).

CC/Stunner dan Tank-Tank wajib untuk rank tinggi,tanpa tanker akan susah untuk maju(rank tinggi mainya defensive).Tank mempunyai skill untuk CC,namun CD nya lama. Mage hukumnya wajib disertakan dalam komposisi,karena mage mempunyai CC yang konsisten dibanding tank sehingga sangat membantu saat war.

Komposisi apapun bisa menang,hanya saja perlu usaha extra keras untuk bisa menang,misalnya jika semua melee akan sangat beresiko kalah war jika melawan MM dan mage, dan apabila semua range maka siapa yang maju duluan? belum lagi gak isa ngejar saat musuh lari(hero range jalan nya pelan & deff kecil).

LEVELING & ROLE

Tiap hero mempunyai tugas yang spesifik(role),walau begitu kamu harus berusaha leveling semaksimal mungkin agar level mu tidak tertinggal jauh dengan lawan.Bermainlah secara aman karena jika kamu sering mati maka kamu akan ketinggalan level,tiap jenis hero mempunyai cara leveling yang berbeda.

OBJEKTIF GAME PLAY(Tower)

Ingat untuk memenagkan game MOBA (Mobile Legends atau Arena of Valor-AoV) kamu harus menghancurkan tower,jadi fokuslah untuk mendapatkan tower,jangan lakukan hal yang sia-sia seperti mengejar musuh yang sekarat samapai base(waktu buat ngejar bisa dipakai untuk farming).
MM biasanya ditempatkan ditengah,selain farming MM diwajibkan cerdas dalam membaca pergerakan musuh sehingga bisa mencuri tower tengah dengan aman.

Gak bisa ambil tower,Ambil monster junglenya- Saat kamu ngepush tower tapi minion mu masih agak jauh maka ambilah monster hutan terdekat,jangan sia-siakan waktu untuk menunggu.

STOP RANDOM WAR

Hindari war tanpa benefit-Kebanyakan NOOB haus akan darah dan pengin ngekill sebanyak-banyak nya dan yang paling parah saat melakukan war di hutan/jungle,selain beresiko kamu juga tidak mendapatkan apa-apa saat menang.Beda cerita jika kamu war di depan tower musuh,saat kamu memenangkan war kamu bisa merobohkan 1 atau 2 tower musuh.

LIHAT dan BACA MAP

Membaca Pergerakan Musuh- Selalu gunakan map untuk membaca pergerakan musuh,sehingga kamu bisa menentukan momen kapan harus kill boss map,push tower,mundur dan bisa menempatkan dirimu agar bisa kabur dengan aman saat disamperin musuh.

Membaca map bisa kamu lakukan dengan menghitung musuh yang kelihatan di map,mati dan musuh yang tidak kelihatan,ancaman terbesar adalah musuh yang tidak kelihatan di map sehingga kamu harus extra hati-hati saat ingin push tower (terkadang musuh sengaja kasih umpan tower kosong,padahal orang nya ada di bush/semak).

JANGAN SERAKAH/NAPSUAN/GREEDY

Kesabaran- MOBA adalah tentang melatih kesabarandan strategi,jika pengin menang kamu harus sabar dan tunggu saat yang tepat untuk menyerang,jika kamu napsuan/serakah/greedy maka kamu akan sangat mudah untuk dibunuh oleh lawan,ingat jika kamu mati hanya akan membuat lawan cepet kaya dan naik level.

Main aman- Jangan pernah terlalu memaksakan diri untuk melakukan peperangan yang tidak mungkin kamu menangkan,misalnya melawan musuh yang over level(level musuh lebih tinggi) atau melawan counter hero mu.Cukup lari agar tetap hidup dan kembali jaga tower sambil farming.

PRIORITAS TARGET

Hero Lock– Saya sangat menyarankan untuk mengaktifkan hero lock mode pada menu setting>control,sehingga kamu bisa memilih target yang spesifik saat war,karena secara default auto target ke HP terendah dan akan selalu mengarah ke tank.

Asal Pukul- Saat terjadi war assasin /fighter/tank biasanya akan memmilih target yang spesifik untuk dibunuh duluan biasanya hero musuh yang damage gede dan jago mainin nya seperti MM dan Mage.Tank bisa diabaikan dan dibunuh belakangan saat war (tank gak ada damage) jadi STOP MUKULIN TANK saat war,pukul yang empuk-emmpuk dulu selain tank.Kecuali tank nya maju duluan dan tidak dicover oleh teman-teman nya maka kamu bisa gebuk beramai-ramai.

SALING MELINDUNGI

Jika ada kawan yang kena gank dan kamu menjadi orang dengan jarak terdekat maka bantulah dia,minimal dia bisa lari dengan aman,jika mampu membunuh maka bunuhlah jika tidak cukup buat dia takut musuh agar kawan mu bisa selamat.

SIGNAL

Selalu perhatikan signal dan gunakan signal untuk meminta bantuan,mundur dan menyerang. Kebanyakan orang tidak memperhatikan signal dan tidak pernah menggunakan signal bahkan menggunakan signals ecara tidak bijak.Harap diperhatikan si pemberi signal,jika tank bilang mundur maka mundurlah atau kamu mati konyol karena napsu.

STOP BACOT

Ngatain player noob hanya akan membuatnya down dan membuat suasana jadi tidak enak,noob atau tidaknya akan kelihatan di late game,jadi bersabarnlah karena tidak semua hero bisa dipake war di early game (terutama MM).Jadi stop ngebacotin orang dan lakukan yang terbaik untuk team.

KESIMPULAN

Tanamkan dalam pikiran mu bahwa “Kemanangan untuk diperjuangkan bukan diharapkan” saat kamu bermain game MOBA Mobile Legends atau Arena of Valor(A0V).Semua player dituntut untuk memahami tugas dan tanggung jawab nya masing-masing,beberapa hal yang dijabarkan diatas akan sangat membantumu untuk memenangkan setiap pertandingan.

Jika kamu kalah karena lawan nya PRO cukup jadikan pelajaran untuk mengoptimalkan strategi di pertarungan selanjutnya,tapi jika kalah karena dapat tim yang NOOB(gak tau tugas masing-masing) maka kaksih website ini agar dia membaca panduan bermain mobile legens dan arena of valor.

** Istilah NOOB digunakan untuk menyebut player yang newbie/baru main dan belum menguasai mekanik dan tehnik bermain game sehingga melakukan hal-hal yang random yang sifatnya tidak perlu dan tidak membantu tim sama sekali.