Cara Leveling dan Laning di Mobile Legends dan AoV

Saat bermain game MOBA seperti Mobile Legend atau Arena of Valor(AoV) kamu dituntut untuk bisa melakukan 3 pekerjaan sekaligus yaitu Leveling,Laning dan ganking untuk menghancurkan tower lawan.

EXP dan Gold

Exp diperlukan untuk naik level sedangkan gold digunakan untuk membeli equipmen/gear untuk memperkuat hero.
Saat game dimulai kamu level 1 dan setengah telanjang(tidak punya gold dan equip),agar kuat kamu harus naik level dan punya banyak gold untuk membeli equip/gear.Untuk bisa naik level dan punya banyak gold agar bisa membeli equip/gear kamu harus farming saat laning.EXP(experience) dan gold bisa kamu peroleh dari membunuh minion musuh,jungle monster dan musuh(player).

Farming jungle monster memang memberikan tambahan EXP dan gold,tapi tidak sebanyak jika kamu membunuh minion,jadi jangan sampai melewatkan untuk membunuh minion yang menghampiri tower mu.

Laning di Mobile Legend dan Arena of Valor(AoV)

Laning Phase- Saat game dimulai biasanya anggota tim akan berpencar untuk menjaga 2 lane,formasi yang umum digunakan alan 2 1 2 (2 atas,1 tengahdan 2 bawah).Tujuan dari formasi ini adalah agar jika tiap lane dipush musuh maka anggota tim di lane terdekat bisa membantu,namun ada pula formasi 311 dimana 3 player berada di atas/bawah lane untuk ngepush di awal game.

Laning phase ini biasanya akan berakhir jika lane tengah kena push dan semua anggota tim akan berkumpul ketengah untuk melakukan war.

Saya harus di lane mana?-Dimana kamu harus menempatkan diri semua bergantung dari jenis hero yang kamu pilih. Secara umum penempatan hero didasarkan atas role hero tersebut misalnya:

Top Lane (Jalur Atas) dan Bottom Lane (Jalur bawah)

Jalur atas dan bawah biasanya akan dijaga oleh mage,support dan tank, sedangkan assasin/fighter akan menyerbu hutan (jungling) dan sesekali mengcover semua lane yang sedang kena push.

Midle Lane (Jalur Tengah)

Untuk jalur tengah/midle lane biasnaya diisi oleh tipe hero MM(Marksman) agar naik level dengan cepat (sambil jaga tower dan farming jungle monster disekitar),jika tidak ada MM maka biasanya assasin yang notabane nya kedua jenis hero ini perlu diutamakan naik level agar saat ganking sudah mempunyai equip yang bagus dan level tinggi.

Pembagian lane diatas merupakan formasi dasar yang umum,tapi jika yang memainkan pro player biasanya mereka akan mengabaikan rule dasar dan menggunakan komposisi hero yang sedikit berbeda dari biasanya.

Cara Leveling Cepat di Mobile Legend dan Arena of Valor(AoV)

Ingat untuk menjadi kuat kamu harus naik level dan punya banyak gold untuk membeli gear/equp yang semuanya bisa kamu dapat dari membunuh minion,monster jungle dan player musuh.Berikut tips yang bisa kamu gunakan saat bermain Mobile Legend atau Arena of Valor(AoV) agar leveling dengan cepat,mudah dan efisien.

  1. Marksman,Fighter dan Assasin Wajib jungling/farming
    Tujuan nya jelas agar MM,Fighter dan Assasin cepat naik level sehingga saat terjadi war mereka bisa membunuh lawan dengan lebih cepat dan mudah.
  2. Bunuh Monster Hutan Terdekat
    JIka kamu mengambil role mage/tank maka kamu bisa mengambil monster terdekat (monster normal) sembari menunggu minion musuh datang
  3. Jangan Lewatkan Minion
    Kesalahan yang umum dilakukan pemula adalah mereka hanya fokus membunuh monster di hutan(jungling) dan mengabaikan untuk membunuh minion,padahal EXP dan gold dari jungle monster hanya bersifat tambahan(sedikit),jadi jangan lewatkan untuk membunuh minion musuh yang ada di lane(itung-itung sambil jaga lane).
    Agar tidak melewatkan minion caranya kill minion secepatnya > balik ke hutan dan kill monster sesuai level mu(untuk level awal abaikan monster buff)> balik lagi ke lane dan kill minion,lakukan ini berulang ulang.
  4. Gunakan Gear dan Tallent/battleSpell Jungle 
    Jika kamu ingin jungling saya sarankan untuk menggunakan battle spell/ Talent dan menggunakan gear jungle agar kamu bisa membunuh monster dengan cepat dan mendapatkan tambahan exp saat membunuh monster hutan.
    Jika kamu bisa leveling dengan efektif,saya jamin levelmu akan berada diatas level lawan dan gold mu cepat banyak,teruslah berlatih agar proses leveling mu efektif.
  5. Minimalis Mati
    Saat mati kamu tidak bisa leveling,kebanyakan mati karena napsu PVP bisa membuatmu ketinggalan level dan memperkaya musuh.Saran saya lakukan PVP/Warr hanya jika ada  target yang jelas,misalnya war untuk memperebutkan/mempertahankan tower atau boss map.

KESIMPULAN:

Saat bermain game berjenis MOBA seperti mobile legend atau arena of valor(AoV),kamu harus bisa menempatkan diri di lane yang tepat,boleh laning sambil farming jungle untuk mempercepat proses leveling,namun satu hal yang jangan sampai kamu lupakan adalah tetap melihat map dan segera datang untuk membantu jika salah satu lane kena push.

EXP dan gold terbesar diperoleh dari membunuh minion,jadi jangan keasikan di hutan dan melewatkan untuk membunuh minion yang mengakibatkan kamu malah ketinggalan level dan punya sedikit gold.