Teknik Memilih&Memainkan Hero Mobile Legens dan Arena of Valor(AoV)

Cara Memilih Jenis Hero Yang Cocok Untuk Mu

Setiap orang mempunyai gaya dan cara bermain yang unik,oleh karena itu kamu harus pintar-pintar memilih jenis hero yang cocok dengan gaya bermain mu.Tiap hero mempunyai karakteristik yang berbeda sehingga harus dimainkan dengan cara yang berbeda pula.

Suka Damage Gede dan Membunuh

Jika kamu tipe orang yang suka banget dengan hero yang damage nya gede dan suka gebuk-gebuk orang atau membunuh orang maka hero tipe Fighter/Assasin sangat cocok untuk kamu pilih,karena hero tipe fighter/assasin memang didesain untuk membunuh.Tapi t etep inget ya main nya juga kudu hati-hati biar dunia gak kebalik(kamu yang mati duluan).

Tapi jika saat kamu menggunakan hero fighter/assasin tapi gak bisa ngebunuh berarti ada yang salah dengan mu,mungkin gaya bermain yang salah atau hero tipe ini tidak cocok untukmu dan cobalah beralih memainkan hero tipe lain(semisal mage/tank).

Takut maju & Suka main Aman

JIka kamu tipe orang yang takut maju dan lebih suka ‘nakalin’ musuh dari jarak jauh maka  kamu  sangat cocok memainkan hero bertipe Mage dan Marksman.Mage dan marksman perlu perhitungan dan timing yang pas saat ingin melancarkar serangan agar tetap aman.

Suka Main Santai

Tank dan support merupakan jenis hero yang paling santai untuk dimainkan,karena hero tipe ini tidak dituntut untuk membunuh lawan.Tank hanya bertugas sebagai diver(yang pertama maju di depan) sedangkan support hanya bertugas ngelock musuh(CC),dan mengcover anggota team.Walau demikian santainya tank dan support tetap harus memperhatikan HP kawan dan pergerakan musuh agar tidak telat saat menolong kawan yang kena gank.

Cara dan Teknik Memainkan Hero Mobile Legends dan Arena of Valor(AoV)

Masing-masing hero di mobile legends atau arena of valor AoV mempunyai status/karakteristik yang berbeda-beda mulai dari jenis damage,pertahanan,skill dan role.Setiap jenis hero adalah unik dan harus dimainkan dengan cara yang berbeda degnan jenis hero lain nya,jika tidak maka kamu akan dikatain NOOB karena mati terus dan cuma jadi beban tim.

“NAPSU ITU MEMBUNUH MU”

Terlalu napsu ngejar musuh yang sekarat tanpa backup akan membuatmu terbunuh,karena biasanya musuh gak rela temen nya dibunuh dan akan datang menolong,jadi lihat kondisi jika ingin mengejar(kalau semua lawan mati dan cuma dia yang idup bole kejar lah),tapi tetap ingat tower menjadi prioritas utama untuk dihancurkan agar menang.

Range Hero(Serangan jarak jauh)

Yang masuk kategori range hero adalah mage,marksdsdman dan support.Hero dengan tipe range mempunyai damage yang besar namun mempunyai pertahanan yang kecil dan jalan nya lambat,oleh karena itu jangan sekali kali berada di garis depan,sebisa mungkin jaga jarak dengan musuh (max range) sehingga kamu bisa dengan aman menlancarkan serangan.
Jenis hero jarak jauh/range hero pada mobile legend

Marksman(MM)

mobile legend AOV marksman/mmMM dituntut untuk bisa jaga tower sambil farming+leveling dengan efektif agar level MM bisa nyalip level musuh,dengan begitu kamu akan sangat mudah membunuh musuh dan merebut tower.

Konsisten Damage-MM mempunyai damage yang konsisten melalui basic attack/auto attack, pada umumnya skill MM hanya berfungsi sebagai buff dan debuff.Jadi dibandingkan dengan hero lain,MM tidak mengandalkan skill saat menyerang,melainkan mengandalkan auto-attack sehingga dapat memberikan damage yang konsisten(terus menerus) kepada musuh.

Leveling phase- MM biasanya ditempatkan di lane tengah solo(sendiri),dengan tujuan agar mudah farming jungle monster/buff sambil jaga tower. Bersihkan minion secepatnya dan kembali ke jungle untuk farming,jangan greedy(serakah) untuk ngancurin tower,fokus dulu farming sampek kamu nyalip level musuh. Setelah equp/build mu jadi baru mulai war.

War phase- saat levelmu sudah diatas level musuh,maka kamu sudah siap menjadi penentu kemanangan game (kamu menjadi pembunuh nomer 1),tetap kalem dan jangan greedy agar kamu tetap hidup dan bisa ngepush terus.

posisikan dirimu di barisan paling blakang,jika fighter dan tank sudah dive(masuk) kamu bisa ngehit musuh dengan aman dari jarak jauh.ingat sambil perhatikan apakah ada yang ngehit kamu,jika ada maka mundur sedikit untuk menghilangkan fokus dan maju lagi.

Hit Tower- saat war baiknya kamu lihat-lihat,jika musuh diluar jangkauan mu tapi minion mu sudah masuk tower maka prioritaskan untuk menghancurkan tower,dan jangan ikut mengejar msuh(tank biasnaya akan mengejar musuh untuk menakut-nakuti agar MM bisa ngancurin tower dengan aman)

Mage dan Support

mobile legend AOV mage suportMage dan support dibekali dengan segudang CC (Crowd control) yang bisa digunakan untuk ngepush musuh dari jarak jauh atau bisa juga digunakan untuk menolong kawan yang sedang lari dengan melambatkan musuh yang mengejar.

Nuker dan CC(Crowd control)– Mage hanya mengandalkan skill,sedangkan auto/basic attack nya lemah sehingga mage hanya bisa memberikan damage yang singkat/sekejap dan  besar (Nuker) dengan skill nya.Skill mage selain mempunyai damage yang besar juga memberikan efek negatif ke musuh (crowd control)

Leveling phase- Saat leveling mage dan support biasanya berada di jalur atas ataupun bawah,fokus saja jaga tower dan kill minion,atau bisa juga sambil ngekill jungle monster terdekat saat minion musuh belum datang.Ingat mage tidak punya konsisten damage,jadi bunuh monster terdekat saja dan jangan tinggalkan tower jauh-jauh.

War phase- Saat war mage berada di belakang tank dan dituntut untuk selalu memposisikan diri di area yang aman sambil memikirkan jalur pelarian jika war kalah,skill mage dan support semuanya soft CC(slow),jadi spam kemusuh agar darah musuh berkurang sedikit-demi sedikit dan musuh tidak berani mendekat,jika mendekat maka gunakan hard CC (STUN) untuk lock musuh sehingga fighter dan asasin bisa langsung menghabisi musuh dengan aman.

Saat menjadi  mage/support jangan sekali-kali berpikir untuk ngekill(walau damage mu gede,tapi pertahanan mu juga keripik),karena napsu ngekil bisa membunuhmu(maju gak sadar dan boom,kena cyiduk).Tugas utama mage/support adalah nge CC/lock musuh dan menghalangi musuh untuk mendekat (jika mendekat stun).


Melee Hero(Serangan Jarak Dekat)

Jenis hero jarak dekat pada umumnya mempunyai damage yang besar kecuali tank(baik auto attack/skill),larinya lebih cepat dari range hero,walau demikian jenis hero ini akan sangat rentan dibunuh oleh range hero (range hero bisa nyicil dari jarak jauh).Jadi pelajari tehnik main nya agar kamu bisa mengalahkan range hero dengan aman menggunakan melee hero
jenis hero jarak dekat/melee mobile legend

TANK (Tukang Tahan Badan /TB)

mobile legend AOV tankTank/TB bertugas untuk maju duluan dan ngedive saat war didekat tower musuh,jadi ingat jangan sekali-kali napsu kill,build/gunakan equipmeng full Deff,agar kamu bisa menahan serangan musuh dengan begitu mage,fighter dan assasin bisa membunuh musuh dengan aman.

Lelveling Phase- Seperti halnya mage/support tank biasnaya berada di lane atas/bawah.fokus saja jaga tower dan kill minion,atau bisa juga sambil ngekill jungle monster terdekat saat minion musuh belum datang.Ingat tank tidak punya konsisten damage,jadi bunuh monster terdekat saja dan jangan tinggalkan tower jauh-jauh.

War Phase- Selalu tempatkan dirimu di barisan paling depan,mulailah ngedive(masuk ka jangkauan musuh) jika dibelakangmu sudah ada follow up damage (mage dan fighter/assasin) dengan begitu darah yang kamu korbankan tidak sia-sia,jika kamu kritis jangan paksakan untuk tetap kedepan tapi berusahalah mundur agar tidak mati dan menghilangkan fokus musuh ke kamu. Jika kritis maka mundurlah sambil mengcover mage/MM agar bisa melakukan serangan dengan aman (nyicil darah musuh).

Walau tank kamu tetap bisa mati,jika perlu mati maka matilah dengan catatan matimu tidak sia-sia,misalnya darah musuh sudah pada sedikit maka kamu boleh tetap didepan menahan damage agar MM,mage dan asasin bisa menghabisi musuh dengan aman.

FIGHTER

 mobile legend AOV fighterFighter mempunyai damage konsisten seperti MM yang mengandalkan auto attack,critical dan life steal,hanya saja fighter cuma bisa melakukan serangan jarak dekat.

Charger- Fighter mempunyai damage yang konsisten melalui basic/auto attack,selain itu fighter mempunyai mobilitas yang tinggi sehingga bisa untuk mengejar musuh atau melarikan diri disaat genting.

Leveling phase- Fighter biasanya menjaga lane atas/bawah bersama mage/tnak dan sesekali roaming untuk membantu lane terdekat yang kena push(lane tengah),boleh sambil farming jungle sendiri namun ingat jangan serakah,dan sisakan jungle monster untuk MM agar MM cepat naik level.

War phase- Fighter akan masuk setelah tank,karena fighter bisanya semi tank dimana fighter mempunyai life steal yang tinggi maka fighter akan masuk/dive setelah tank dan diikuti oleh stun mage dan burst MM.

Ingat jangan memaksakan diri untuk ngekill jika dirasa tidak kuat,cukup mundur dan biarkan asasin menghabisi sisa nya(darah musuh minimal 50% bagian asasin,jika kamu sudah sekarat)

ASSASIN

mobile legend AOV assasinAssasin mempunyai damage skill yang besar,tipe hero ini seperti fighter hanya saja lebih lembek(pertahanan lemah) dari fighter.Assasin mengandalkan critical untuk menyerang dan lifesteal untuk bertahan.

Burst Damage- Assasin pada umunya memberikan damage yang besar kepada musuh dalam waktu yang singkat(burst) seperti mage,hanya saja assasin menyerang dari jarak dekat(melee).Assasin mempunyai pertahanan yang lemah dibanding fighter,oleh sebab itu seorang asssasin akan sangat selektif dalam memilih targer agar 100% target mati.

Leveling phase-Seperti MM assasin dituntut untuk aktif leveling sambil melakukan jungling (membunuh monster hutan dan mengambil buff untuk mendapat exp tambahan),walau begitu kamu tidak boleh serakah,berbagi monsterlah dengan MM dan jangan lewatkan minion satupun.

War phase- Assasin dituntut untukmain secara defensive seperti mage,hanya akan masuk/dive dengan kondisi tertentu dan dengan timing yang pas,semisal ulti musuh sudah dipakai dan darah musuh dibawah 50%, bersabarlah sambil mengintip darah musuh dan tunggu momen yang tepat agar kamu bisa membunuh semua musuh dan kematian teman-teman mu tidak sia-sia.Mundurlah jika dirasa tidak mampu menghabisi musuh walau darah tinggal sedikit agar kamu tidak mati(assasin harus pandai mengambil momen untuk menyerang,bukan membabi buta).

Sebagian assain mempunyai skill CC(crowd control),kamu harus menggunakan nya secara bijak dengan menargetkan untuk menculik musuh yang menjadi ancaman seperti mage/assasin musuh.

Saat memainkan assasin kamu harus benar-benar tau timing kapan maju dan mundur,karena kamu sangat lemah (walau damage mu gede),jadi majulah jika darah musuh sudah dibawah 30%.
Tapi berbeda jika ketemu 1vs1 kamu bisa memenagkan pertarungan 1 lawan 1 dengan hero tertentu (kamu harus hapal kelemahan semua hero)

 

KESIMPULAN

Setiap hero dibuat untuk tujuan tertentu,oleh karenanya kamu harus memainkan nya dengan cara yang berbeda pula.Memainkan semua jenis hero dengan cara/gaya yang sama akan membuatmu dikatain NOOB/BOCAH,mka pilihlah jenis hero yang sesuai dengan gaya main mu saat ini.

Tidak semua hero dirancang untuk membunuh,walau dirancang untuk membunuh tapi kamu jangan sok jago dan maju sendiri.Maju sendiri hanya akan membuatmu mati dan terlihat NOOB/BOCAH/OON.jadi selalu bermain lah dengan aman dan tidak serakah/napsu kill.