Diperbaharui Pada Tanggal

Pengin MeMainkan Game Android di Komputer?

Jika spek HP mu kentang dan tidak kuat buat main game android,kamu bisa menginstall dan memainkan game android di PC atau laptop mu.

Kamu tidak bisa menginstall secara langsung aplikasi dan game android di PC atau laptop mu karena aplikasi android hanya didesain untuk berjalan di sistem operasi android.

Kamu memerlukan Android emulator untuk membuat lingkungan android di dalam pc/laptop dalam bentuk virtual machine ,virtual machine inilah yang nantinya akan ditempati oleh sistem operasi android .

Kamu Perlu Android Emulator

Pada dasarnya android emulator adalah sebuah virtual machine seperti vmware atau virtualbox,hanya saja OS yang diinstall pada virtual machine ini adalah Android OS.

Dengan begitu kamu sebagai pengguna OS Linux,Windows ataupun MacOS bisa menginstall dan menjalankan aplikasi serta game android di PC ataupun laptop.

Pilih Aplikasi Android Emulator Yang Kamu Suka

Saat ini telah tersedia banyak versi dan jenis Android emulator di internet yang bisa diunduh secara gratis, beberapa android emulator yang populer saat artikel ini ditulis antara lain

1.Android Emulator Untuk Development

Google menyediakan Android Studio’s Emulator yang bisa kamu install di Windows dan Linux dan bisa kamu gunakan untuk membuat aplikasi dan game android.

Aplikasi yang digunakan untuk membuat aplikasi disebut dengan istilah IDE( Integrated Development Environment ).

android studio

Walau aplikasi ini telah dilengkapi emulator android namun tidak cocok digunakan oleh orang awam,karena ribet.

Aplikasi ini biasa digunakan oleh developer untuk mengetest aplikasi android yang dibuatnya sebelum direlease ke public.

2.Android Emulator Untuk Gaming (Windows)

Ada beberapa emulator yang dibuat khusus untuk menjalankan game android di PC dengan optimal.

Aplikasi android emulator untuk gaming tidak memerlukan settingan khusus,sehingga sangat cocok untuk pengguna awam,tinggal install dan go,siap digunakan.

android emulator untuk windows
android emulator gaming

Semua emulator diatas juga telah dilengkapi dengan fitur Key maping agar saat main game bisa menentukan custom control skill dengan keyboard dan mouse.

3. anbox [free]   (Linux)

anbox android emulator untuk linux

Anbox dirancang khusus untuk berjalan di sistem operasi LinuX dan tidak tersedia untuk sistem operasi lain nya seperti windows dan macOS.

Tanpa Emulasi Hardware -Secara umum android emulator yang ada saat ini mengemulasi semua hardware dan system secara virtual.

Dengan kata lain android OS pada emulator biasa menggunakan kernel sendiri secara virtual,hardware (CPU,RAM,Graphic card) juga dibuat secara virtual.

Berbeda dengan anbox yang mempunyai konsep mengintegrasikan androidOS kedalam Host OS itu sendiri,dimana antara android OS dan Host OS menggunakan kernel  dan hardware fisik yang sama tanpa emulasi.

Dengan konsep baru ini diharapkan dapat menghasilkan android emulator yang performanya sama dengan performa Host OS.

Menggunakan Hardware Fisik– kalau android emulator pada umumnya menggunakan hardware yang diemulasi (dbuat secara virtual oleh Host OS dan tidak menggunakan resource hardware fisik).

Sedangkan anbox menggunakan resource hardware fisik yang ada tanpa emulasi(menggunakan real hardware).

Beta– saat artikel ini dibuat anbox masih dalam tahap beta sehingga masih banyak bug dan belum mensupport semua distro linux yang ada,kamu bisa menginstall dan melaporkan bug yang ada jika kamu ingin berpartisipasi dalam tahap beta ini.

4.Genymotion [free]   {Tersedia untuk Windows,Linux,MacOS,Cloud}

logo genymotion android emulator untuk linux windows macOS dan cloud
Genymotion android emulator

Genymotion sebenarnya membuat premium android emulator untuk kalangan developer bukan untuk memainkan game android seperti emulator pada umum nya.

Namun genymotion memberikan akses gratis khusus untuk penggunaan personal.

Android emulator hanya bisa diinstall secara online dari cloud,untuk bisa mendownload nya kita harus membuat akun terlebih dahulu di website genymotion.

Genymotion menyediakan installer untuk sistem operasi selain windows,hal ini bisa menjadi pilihan untuk pengguna sistem opersai selain windows (Linux dan MacOS).

Untuk alasan legalitas maka dalam paket android emulator tidak disertakan google play dan ARM translation tool,dan harus didownload dan diinstall sendiri jika kamu ingin tetap menggunakan nya.

ARM translation tool pada umumnya telah dipasang pada android emulator secara default (nox,bluestack,koplayer,MeMuplayer).

ARM translation tool berguna untuk menerjemahkan bahasa processor ARM ke processor x86 atau dengan bahasa yang lebih mudah agar aplikasi android yang dibuat dan dicompile untuk arsitektur processor ARM bisa berjalan di arsitektur processor x86 maka diperlukan ARM translation tool.

Memainkan Game Android di PC dengan NOX

Sudah banyak android emulator diatas saya coba semua,tapi hanya NOX yang bisa menjalankan aplikasi game dengan lancar dan stabil.

enak nya lagi NOX telah dilengkapi dengan key mapping sehingga kamu bisa memainkan game dengan mouse dan kyebord.

Pastikan VT ter-enable di BIOS UEFI

VT (Virtualization Technology) adalah fitur pada komputer yang memungkinkan komputer untuk menciptakan hardware komputer secara virtual dan biasa dugunakan untuk membuat virtual mesin atau emulator seperti NOX.

NOX menggunakan virtual mesin agar kamu bisa memainkan game android di PC,untuk mendapatkan performa terbaik PC/laptop mu harus menghidupkan(enable) fitur VT (Virtualization Technology).

Fitur ini biasanya sudah ter enable secara default namun jika belum maka kamu bisa menghidupkan nya lewat menu BIOS/UEFI dan cari pada bagian enable VT

Pastikan Hyper-V Pada Windows Ter-Disable

hyper-V adalah hypervisor milik windows yang digunakan untuk membuat virtual mesin,jika fitur ini aktif pada windows akan mengganggu jalan nya NOX,jadi pastikan kamu telah mematikan nya.

Cara mematikan Fitur Hyper-V pada Windows 8.1 dan 10

  • Klik start > ketik ‘programs and features‘ >klik programs and features
  • 2Pada jendela programs and features klik turn windows feature on or off
  • Buang centang pada Hyper-V >klik OK lalu restart komputer untuk penerapan.
cara disable hyper v pada windows 8 keatas

Cara Install NOX di Windows 8.1 , 10

Saya memilih untuk menggunakan nox karena lebih stabil,ringan dan banyak fitur dibanding aplikasi android emulator lain nya.

1.Download NOX android emulator di situs resminya https://www.bignox.com/

download nox app player
download nox

2.Install dengan mengeksekusi file hasil download tadi serta ikuti petunjuk penginstallan yang ada.

install nox app player di pc
Install nox

3.Tunggu hingga proses installasi selesai

proses installasi nox app player
Proses installasi nox


3.Buka aplikasi androoid emulator yang telah terinstall melalui shortcut pada desktop,startmenu atau pada installer tadi.

pproses installasi nox app player selesai
menjalankan aplikasi NOX

4.Masukan akun google mu,jika akun google mu menggunakan 2-step verification dan tidak munncul permintaan kode ,malah peringatan error yang muncul maka buat google app password untuk login

tampilan nox app player siap digunakan
Login google dengna nox

5.Setelah berhasil login ke google play store silakan install aplikasi dan game yang kamu inginkan.

install dan bermain game android di pc komputer

PENTING!! : Perhatikan kebutuhan space drive komputer untuk masing-masing android emulator yang akan diinstall (baca system requirement sebelum menginstall).

Lokasi penginstallan perlu diperhatikan karena aplikasi yang akan kamu install dari google play akan menempati drive yang sama dengan drive dimana android emulator diinstall,jadi jangan sampi kena kasus drive penuh gara-gara banyak download dan install aplikasi game dari google play store.

Cara Mengatasi Error Gagal Login Playstore di NOX

Terkadang atau bahkan sebagian besar pengguna android emulator mengalami masalah ketika ingin menambahkan akun google kedalam android agar bisa menggunakan google play store.

error login akun google di android
Gagal login playstore nox

Masalah terjadi saat proses gign-in namun tidak bisa sign-in menggunakan google account padahal username dan password yang dimasukan sudah 100% benar.

Masalah ini muncul ketika akun google mu menggunakan 2-step verification seperti google authenticator dan ketika login menggunakan app android yang basic nya bukan browser tidak bisa memunculkan kotak dialog untuk memasukan kode verifikasi yang didapat dari authenticator.

Untuk mengatasi masalah ini kita cukup membuat google app password,agar aplikasi yang tidak support 2-step verification bisa login menggunakan account khusus yang kita buat melalui google account management caranya :

1.Login menggunakan google account

login ke google menggunakan google account
login ke google

2.Pilih akun saya /My Account setelah kamu login

pilih akun saya my account untuk mengatur account google
akun saya google

3.pilih sign-in & Security ,gulung kebawah dan klik App passwords

pilih app password pada sign-in security group

4.Klik select app dan pilih custom lalu masukan nama terserah kamu saja dan klik generate

membuat google app paswwrod
memmbuat app password

5.Setelah menekan tombol generate makan app password akan dibuat.

Gunakan password ini seperti password biasa,gunakan username sesuai alamat email mu ,yang istimewa ketika menggunakan password ini adalah walau akun google kita menggunakan 2-step verivication dia tidak akan memintanya.

google app password
google app paswword

“password ini tidak bisa dilihat/diedit ketika kamu menutup kotak dialog nya,jadi catatlah jika perlu”

6. Untuk menghapusnya cukup dengan klik gambar tempat sampah pada app password yang ingin dihapus.

cara menghapus google app password
Menghapus google app password



Cara Setting NOX Untuk Gaming

Nox merupakan virtual mesin sekaligus android emulator,layaknya virtual mesin pada umumnya kamu bisa mengatur alokasi kapasitas RAM,CPU dan GPU/VGA yang akan digunakan oleh NOX android emulator saat memainkan game.

Setting Alokasi RAM CPU untuk NOX

Kamu bisa mengatur virtual mesin yang digunakan oleh NOX atur penggunaan resource dan performa lebih optimal.

1.Untuk setting alokasi RAM dan CPU serta graphic rendering mode kamu bisa mengaksesnya melalui icon gear pada NOX multi instance manager atau icon gear pada saat NOX berjalan (Kanan atas)

cara setting alokasi memory dan cpu nox
setting nox

2.Setelah kamu klik menu gear,maka kamu sudah bisa setting alokasi resource untuk digunakan oleh NOX ,mulai dari CPU,Memory,graphic rendering dan frame setting.

tutorial cara setting nox android emulator untuk bermain game android di komputer

Jika kamu ingin menggunakan lebih dari satu CPU maka kamu wajib untuk menghidupkan fitur VT (virtualization technology) dan alokasikan RAM sesuai dengan kebutuhan game yang akan kamu mainkan serta disesuaikan dengan kapasitas RAM komputermu.

Jika kamu menggunakan AMD/NVIDIA GPU saya sarankan untuk memilih direct-x rendering dan 60FPS pada frame setting untuk hasil terbaik,namun jika hasil tidak sesuai harapan maka kamu bisa tune up sendiri hingga menemukan settingan yang sesuai dengan komputermu.

Cara Setting VGA untuk NOX

Untuk PC atau laptop yang menggunakan 2 GPU (intel GMA dan NVIDIA/AMD) kamu bisa mengeset NOX agar dijalankan menggunakan GPU dengan performa terbaik (NVIDIA/AMD).

Dengan begitu gambar/grafik yang dihasilkan NOX akan sangat halus dan jernih saat kamu memainkan game android di PC menggunakan NOX android emulator.

Pastikan Kamu punya 2 VGA

Jika kamu punya VGA tambahan di komputer/PC atau punya laptop yang mengugunakan 2 VGA kombinasi intel-amd atau intel-nvidia,kamu bisa mengarahkan nox untuk memakai VGA terbaik di komputermu.

Jika kamu hanya punya 1 VGA maka abaikan langkah ini atau juka kamu masih penasaran ada berapa VGA yagn terpasang di komputermu kamu bisa mengikuti cara ini unuk mengeceknya.

cara cek jenis merek gpu pada laptop dan komputer
cek vga yang akan digunakan nox
  • Klik Start>ketik devmgmt.msc>tekan enter
  • Pada bagian display adapter klik dan lihat apakah ada 2 GPU,
  • kalau display adaptermu ada 2 kamu bisa sesuaikan cara setting nya dengan jenis GPU dibawah ini (AMD/NVIDIA)

Setting VGA NVIDIA untuk NOX

Jika tipe VGA mu NVIDIA kamu bisa mengikuti cara dibawah ini untuk mensetting NOX agar menggunakan VGA NVIDIA.

1. Klik kanan pada layar/desktop >NVIDIA Control panel

menu setting nvidia nox

2. Pilih Manage 3D settings >pilih tab Prgram Setting>Add>pilih nox player>add selected program>pilih pada high-performance NVIDIA processor> klik apply

cara setting NVIDIA untuk NOX app player
setting vga nvidia untuk nox

Setting VGA AMD untuk NOX

kamu bisa mengikuti cara dibawah ini jika ternyata VGA yang kamu pakai adalah VGA AMD

1. Klik kanan pada  desktop >AMD radeon settings

menu AMD radeon setting

2.Pada aplikasi radeon setting Pilih tab gaming >Add>browse>navigasi ke lokasi penginstallan NOX (biasanya di ‘C:\Program Files (x86)\Nox‘) >klik pada file NOX.exe > klik open

cara setting NOX di VGA AMD
Setting VGA AMD untuk NOX

Setlah selesai tinggal close aplikasi AMD radeon settings dan NOX siap dijalankan menggunakan AMD GPU.

Menggunakan NOX Multi Drive untuk mengelola Android Emulator

Saat kamu menginstall NOX secara otomatis telah terinstall NOX  multi drive yang fungsinya untuk mengatur/manage virtual mesin yang digunakan untuk menjalankan sistem operasi android.

Dengan tool ini kamu bisa membuat instance,backup,restore dan mengkopi instance yang telah ada.

Kamu bisa menjalankan NOX multi drive dari desktop atau membuka manual lewat windows explorer dengan mengeksekusi aplikasi di ‘C:\Program Files (x86)\Nox\bin\MultiPlayerManager.exe

Jadi jika kamu ingin menjalankan banyak emulator android (NOX) untuk menjalankan game android di PC tanpa harus perlu menginstall banyak NOX,kamu tinggal menggunakan tool NOX multi drive untuk membuat instance baru.

Prosedur dibawah ini hanya bisa dilakukan jika instance/virtual mesin dalam keadaan off/mati,jadi close dulu NOX nya baru kamu bisa menggunakan tool NOX multi drive/multi instance.

Cara Backup NOX android Emulator

Fitur backup digunakan untuk membuat cadangan/backup instance virtual mesin agar jika suatu saat instance mengalami error maka kamu bisa mengembalikan nya(restore) menggunakan file cadangan yang telah kamu buat  dengan fitur ini.

cara backup nox
  1. Buka NOX multi drive/multi instance manage
  2. klik backup/import>pilih backup
  3. Tentukan lokasi penyimpanan hasil backup
  4. Klik save (hasil backup menggunakan format*.vmdk)

Cara Restore/import NOX android Emulator

Fitur Restore merupakan pasangan fitur backup,dimana fitur ini akan mengembalikan keadaan instance virtual mesin ke keadaan sesuai dengan saat kamu membuat file backup menggunakan fitur backup/import.

Cara ini bisa digunakan untuk mengatasi maslaah jika NOX instance mu error.

  1. Buka NOX multi drive/multi instance manage
  2. Klik backup/import>pilih import
  3. Cari file hasil backupan yang akan kamu gunakan untuk restore (format file *.vmdk)
  4. Klik import
cara import hasil backup di NOX

Cara Reset default NOX android Emulator

Jika kamu ingin mengembalikan NOX ke keadaan default dimana android nya kosong melompong seperti layaknya kondisi saat HP android mu direset maka kamu harus melakukan nya dengan cara lain,karena di NOX tidak ada fitur reset/factory reset to default.

Hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat instance  baru dan menghapus instance yang tidak kamu perlukan lagi menggunakan tool NOX multi drive/multi instance.

cara reset NOX emulator
  1. Buka NOX multi drive/multi instance manage
  2. Klik add emulator
  3. Klik new emulator
  4. Secara otomatis instance baru akan dibuat
  5. Klik pada icon gear [3] Untuk mengatur resource virtual mesin (RAM dan CPU)
  6. Jika ingin merubah nama tinggal klik icon edit [4]

Cara Clone/Copy NOX android Emulator

Jika kamu ingin mengcopy instance yang telah ada caranya cukup gampang,tinggal klik add emulator> pilih copy xxx,dimana xxx adalah nama dari instance yang telah ada.

KESIMPULAN

Dengan NOX android emulator kamu bisa menginstall aplikasi android dan memainkan game android di PC atau laptop.

Fitur NOX multi drive sangat berguna jika kamu ingin membuat multi client untuk main game atau sekedar ingin login multi google account di banyak android sekaligus untuk tujuan tertentu.