Tutorial Cara Memasang Kamera-DVR dan Power Supply CCTV

Pada panduan ini saya akan fokus untuk membahas cara menghubungkan semua perangkat CCTV secara fisik agar menjadi satu kesatuan sistem CCTV yang terintegrasi.CCTV memang perlu disetting terlebih dahulu sebelum bisa kamu gunakan(khususnya DVR) namum pada bab ini saya akan fokus untuk membahas cara merangkai komponen CCTV.

skema installasi perangkat cctv

Memasang konektor dan Kamera CCTV

Kamu bisa memasang konektor BNC model ulir/twist ranpa peralatan khusus,cukup cutter/piso dan tang biasa untuk memotong kabel dan mengulir konektor.Setelah semua terpasang maka akan nampak seperti dibawah ini
cara memasang konektor dan kamera cctv

Cara Memasang konektor BNC

Ada 2 jenis konektor BNC yaitu model ulir(twist on type) dan model jepit yang memerlukan alat (tang crimping) saya sangat menyarankan agar menggunakan konektor BNC dengan jenis ulir karena hanya memerlukan tang biasa untuk memutarnya.

1. Kupas Kulit luar kabel coaxial dengan dengan panjang kira-kira 1.5cm
mengupas kabel coaxial rg59 untuk memasang konektor cctv

2. Tekuk keluar kabel ground(serabut) dan kupas shield bagian inner(solid) dengan menyisakan inner shield sekitar 0.3cm/3mm.mengupas inner shield kabel coaxial rg59
3. Pasang RG6 Male F-connector model ulir(twist on type) menggunakan tang biasa untuk mengulir.
memasang konektor CCTV
4. Usahakan untuk mengulir hingga potongan inner shield sejajar/rata dengan dasar konnektor untuk menghindari innner bengkok/koslet ke ground.
mengecek hasil saat memasang konektor cctv
5.Usahakan panjang inner/core cooper tidak berlebihan dan tidak kurang juga,karena jika terlalu panjang akan merusak konektor pasangan nya dan jika kurang akan menyebabkan sambungan kendor. Idealnya adalah 0.3-0.5cm diukur dari tepi konektor luar.
panduan pengukuran pemotongan panjang inner cooper konektor cctv

 

Cara Memasang konektor DC12v

Untuk memasang konektor DC 12v sangat mudah,cukup kendorkan sekrup pada konektor menggunakan obeng plus lalu masukan kabel merah pada lubang bertanda + dan kabel hitam pada lubang bertanda – dan kencangkan dengan obeng plus.

Cara Memasang DVR dan Power Supply CCTV

Saat kamu membeli DVR biasanya tidak disertakan dengan HDD,jadi kamu hanya perlu membuka DVR dengan melepaskan sekrup menggunakan obeng lalu memasang HDD menggunakan konektor yang telah disediakan pada paket/box DVR.
cara memasang konektor power dc12v untuk cctv

Cara Memasang HDD DVR CCTV

Setelah casing DVR dibuka,biasnaya telah disertakan kabel data,kabel power dan sekrup untuk mengencangkan HDD di DVR.

1. Pasang sekrup pada HDD dengan posisi yang kendor agar bisa dimasukan ke dvr
memasang skrup pada HDD untuk DVR
2. Pasang kabel power dan kabel data (SATA) baik di HDD ataupun soket DVR
memasang kabel power dan data SATA HDD pada DVR CCTV
3. Kencangkan sekrup HDD menggunakan obeng dengan membalikan DVR terlebih dahulu

Cara Memasang Power Supply Khusus CCTV

Power supplu khusus CCTV biasanya telah dilengkapi dengan box dan terminal untuk memasang kabel, cukup pasang kabel merah pada soket dengan tanda + dan kabel warna hitam pada soket dengan tanda –
cara memasang power supply untuk kamera cctv

KESIMPULAN

Merangkai dan memasang komponen CCTV sangatlah mudah,karena kamu hanya perlu membaca label,melihat bentuk konektor untuk menghindari kesalahan pemasangan.Sebenarnya bentuk socket telah didesain seunik mungkin untuk meminimalisir orang awam salah lobang/masang,asal kamu gak ngawur pasti mudah sekali untuk memasang nya.