Tutorial Cara Akses dan Setting DVR CCTV Secara Lokal dan Remote

Setting DVR untuk semua merek pada dasarnya sama saja,yang membedakan hanya interface/tampilan menu tapi pada dasarnya sama saja,jadi kamu bisa menggunakan tutorial ini sebagai refensi untuk mensetting DVR CCTV utuk semua jenis dan merek yang ada dipasaran.

Setting DVR CCTV Baru atau DVR CCTV kondisi Default Secara Lokal

Jika kamu  membeli DVR CCTV baru degnan kondisi settingan default atau setelah reset DVR CCTV ke factory default  maka kamu belum bisa mengakses DVR CCTV secara remote (menggunakan web browser dan CMS/VMS) dan satu-satunya cara untuk mensetting DVR adalah dengan metode LOKAL (Menggunakan interface yang tersedia di DVR untuk mengaksesnya).

DVR secara default telah menyediakan port input dan output agar DVR CCTV bisa disetting/konfigurasi secara lokal seperti port USB untuk memasang mouse dan keyboard dan port VGA/HDMI untuk memasang monitor/layar.

  1. Pasang monitor dan gunakan port display/monitor yang sesuai dengan monitormu(VGA/HDMI), jika port USB hanya 1 maka pasang mouse nya saja (kita bisa ngetik pakai on screen keybord bawaan DVR)
  2. Pasang adaptor pada stopkontak PLN dan ujung adaptor dipasang pada soket power DVR lalu hidupkan DVR dengan menekan tombol ON/OFF yang ada di belakang DVR (jika tidak ada tombol DVR akan otomatis hidup begitu adaptor mendapat tegangan listrik)
  3. Setelah DVR booting maka akan ada wizard/panduan untuk setting DVR CCTV secara basic/dasar
    setting password admin untuk dvr cctv default
    ACTIVATION/SET ADMIN PASSWORD- Pada bagian ini kamu disuruh untuk mengeset password dari user admin, syarat password adalah 8-16 karakter dan harus kombinasi huruf dan angka. Masukan password yang akan kamu buat di kotak `create new password` dan ketik password yang akan kamu buat di kotak `confirm new password` lalu klik Yes.
    Setelah diklik Yes akan ada peringatan bahwa DVR telah aktif dan DVR menawarkan export GUID file yang bisa kamu gunakan untuk mereset DVR dikemudian hari.Jika kamu memerlukan nya silakan diexport.
    export GUID untuk reset DVR CCTV jika lupa password
  4. SET UNLOCK PATTERN /SANDI POLA- Setelah kamu memutuskan untuk menyimpan GUID file maka langkah berikutnya adalah mengeset pola yang akan digunakan untuk mengakses DVR CCTV secara lokal, fitur ini ada untuk mengantisipasi jika password admin bocor dan kunci pola ini menjadi password kedua untuk mencegah orang nakal mengakses DVR mu secara lokal.Gambarlah pola dan ingat jangan sampai lupa atau kamu tidak bisa masuk ke DVR secara lokal walau kamu ingat password nya.
    set kunci pola untuk mengakses DVR secara lokal
  5. LANGUAGE/BAHASA – Silakan pilih bahasa yang akan digunakan untuk DVR CCTV mu dengan klik tanda panah kecil lalu klik apply.
    setting bahasa DVR CCTV
  6. WIZARD – buang centang pada `start wizard when device starts?` agar kotak panduan setting tidak muncul setiap kali DVR CCTV dinyalakan.
    opsi panduan setting saat setting DVR secara lokal
  7. SETTING WAKTU- untuk timezone silakan pilih sesuai dengan dimana kalian tinggal,klik pada tanda panah kecil dikanan setiap menu untuk memilih.
    setting tanggal dan waktu DVR CCTV
  8. SETTING IP /NETWORK/JARINGAN- IP pada DVR digunakan untuk mengakses DVR secara remote mulai dari setting dan monitoring,jadi saya sangat menyarankan untuk memberikan IP static pada DVR agar mudah dikeloa (IP tidak akan ganti walau perangkat direstart),Jika ada DHCP server di jaringan mu maka gunakan range IP yang tidak dimasukan pada DHCP server agar tidak terjadi bentrok dengan komputer/perangkat yang menggunakan DHCP server.
    CONTOH- misalnya pada network 192.168.1.0/24  alokasi IP DHCP 192.168.1.2-192.168.1.100 ,maka gunakan ip 192.168.1.101 -192.168.1.254 untuk IP static DVR mu agar tidak bentrok dengan IP DHCP.
    Setting IP DVR CCTV
  9. DVR CLOUD ACCESS- DVR mu bisa diakses menggunakan internet tanpa perlu setting apapun (tanpa port forwarding,NAT,DDNS) syaratnya hanya DVR CCTV mu bisa konek ke internet.Fitur seperti ini disebut dengan CLOUD ACCESS dan sangat cocok untuk orang awam karena tidak perlu setting apapun dan hanya perlu memasukan akun cloud access yang telah disediakan oleh brand setiap DVR.
    Setting cloud access DVR CCTV
  10. SERVICE Port and DDNS- Jika kamu mempunyai akun DDNS kamu bisa menggunakan nya pada DVR mu agar DVR mu bisa diakses langsung dari internet menggunakan IP Public yang kamu miliki.Disini kamu juga bisa mengubah port number untuk setiap service yang berjalan di DVR CCTV mu.
    setting service port dan DDNS  DVR cctv
  11. HDD MANAGEMENT- Jika DVR mu sudah terpasang HDD maka akan muncul disini,sebelum bisa digunakan oleh DVR CCTV,HDD harus di inisialisasi terlebih dahulu.Caranya cukup centang pada HDD yang ada di list lalu klik init dan tunggu hungga proses selesai.
    HDD management
  12. IP CAMERA DISCOVERY- Jika kamu mempunyai IP kamera CCTV yang ada di jaringan maka akan terlihat disini,kamu bisa langsung mengelolanya dan memasukan IP kamera CCTV ke DVR ini.
    IP kamera yang dikenali oleh DVR CCTV di satu network
  13. RECORD MODE- Kamu bisa menentukan mode perekaman disini,continuous yang berarti DVR CCTV akan merekam terus menerus selama 24/7 sedangkan mode perekaman Motion Detection DVR CCTV hanya akan merekam jika ada pergerakan pada objek yang diamati dan sisanya akan stanby 24/7,mode ini sangat cocok untuk menghemat ruang penyimpan HDD dan memperpanjang lama penyimpanan rekaman.
    memilih mode perekaman pada DVR CCTV
  14. MENU- Setelah semua disetting dengan mengikuti panduan/wizard kamu sudah bisa mengakses DVR mu secara lokal atau remote menggunakan IP yang telah kamu setting sebelum ny.
    Klik kanan pada layar lalu klik Menu maka akan muncul menu DVR yang bisa kamu akses untuk mensetting DVR secara LOKAL.
    mengakses menu DVR cctv secara lokal

Cara Setting DVR Secara Remote dengan Web Browser dan Aplikasi CMS/VMS

Setelah kamu berhasil mensetting DVR secara Lokal dan memberi IP pada DVR CCTV mu,maka kamu sudah bisa mengakses DVR CCTV mu secara remote baik menggunakan web browser ataupun aplikasi DVR (CMS/VMS)

Cara Mengakses DVR Secara Remote Menggunakan Web Browser

Kamu bisa mengakses setting dan monitor DVR CCTV mu  menggunakan web browser hanya dengan mengetikan IP Address DVR CCTV mu pada address bar browser lalu login menggunakan akun yang telah kamu setting sebelum nya via lokal(user admin dengan password yang telah kamu tentukan saat setting via lokal).
mengakses dvr cctv secara remote menggunakan web browser

Mengakses DVR CCTV melalui web browser memang simple dan tidak perlu setting apapun,namun adakalanya kamu harus install plugin agar web browser bisa menampilkan gambar dari DVR CCTV yang kamu remote.Masalah muncul ketika plugin untuk browser kedaluwarsa/versi terlalu lama dan sudah tidak bisa lagi digunakan yang mengakibatkan fitur remote playback dan live view sudah tidak berfungsi di momen ini kamu hanya bisa mengakses fitur setting DVR. Untuk mengatasi hal ini kamu harus menginstall aplikasi CMS/VMS untuk setting dan memonitor DVR CCTV yang telah kamu pasang.

Cara Mengakses DVR Secara Remote Menggunakan Aplikasi CMS/VMS

Tutorial berikut bisa kamu jadikan referensi jika menggunakan produk selain hikvision,karena pada dasarnya sama, hanya beda tampilan /tataletak dan nama menu.

  1. Download Aplikasi dari website resmi merek DVR CCTV mu, walau aplikasi sudah tersedia di CD saya sangat menyarankan untuk mendownload saja,agar kamu mendapatkan versi CMS/VMS terbaru dan kekinian.
    download aplikasi VMS/CMS dari official website merek DVR
  2. Install aplikasi VMS/CMS yang telah kamu download sebelum nya,jika proses install selesai maka jalankan aplikasi VMS/CMS nya. Baca setiap tulisan dan intruksi yang muncul dan jangan asal klik,karena biasanya kamu disuruh membuat akun untuk masuk ke aplikasi CMS/VMS yang kamu install.
  3. Carilah menu device management dimana kamu bisa mengelola DVR yang akan kamu akses secara remote menggunakan aplikasi CMS/VMS.
    mengakses DVR secara remote menggunakan aplikasi CMS/VMS
  4. Setelah DVR berhasil dimasukan kedalam aplikasi CMS/VMS (biasanya mempunyai status warna hijau ) dengan begitu kamu sekarang bisa mengakses  remote setting dengan meng klik /highlight DVR pada list lalu klik pada `Remote Configuration`
    status DVR CCTV pada aplikasi CMS/VMS
    Menu setting akan sama persis saat kamu mengakses menggunakan web browser,hanya saja dengan menggunakan aplikai CMS/VMS semua kebutuhan ada dalam satu aplikasi mulai dari setting,monitor,playback dan mengecek status hardware pada jaringan CCTV mu.
    mengakses menu setting pada dvr secara remote menggunakan aplikasi cms/vms

Prioritas Settingan Dasar/Basic Setting untuk DVR CCTV

DVR CCTV memang mempunyai fitur yang lengkap,namun kamu harus memprioritaskan settingan yang sangat penting terlebih dahulu agar DVR mu bisa bekerja sesuai dengan yang diharapkan.

  1. Setting Tanggal dan Waktu

    Tanggal dan waktu pada DVR CCTV sangatlah penting,karena semua kejadian disimpan berdasarkan tanggal dan waktu.Jangan sampai tanggal dan waktu pada DVR ngaco yang menyebabkan kesulitan saat memutar rekaman kejadian.Agar tanggal pada DVR tidak ngaco kamu bisa menggunakan NTP server (baik NPT dari ruter ataupun internet)

  2. Setting Mode Perekaman

    Untuk menghemat HDD baiknya kamu menentukan mode perekaman sesuai kebutuhan dan se efisien mungkin,jangan sampai kamu setting DVR untuk merekam disaat yang tidak diperlukan dan hanya membuang resource HDD secara percuma.

  3. Video Record Setting

    Setiap DVR mempunyai kemampuan merekam video dengan resolusi yang berbeda-beda,jadi perhatikan resolusi kamera yang kamu gunakan dan resolusi perekaman pada DVR mu, usahakan resolusi perekaman sama dengan resolusi kamera (jangan sampai resolusi rekaman/record lebih rendah dari resolusi kamera) hal ini untuk menjaga kualitas gambar rekaman agar sama dengan kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera cctv.

  4. Setting HDD Management

    HDD merupakan komponen penting pada DVR CCTV karena semua rekaman kejadian disimpan di HDD,jadi periksa status HDD apakah sudah ready apa belum,jika kamu membeli/memasang HDD baru lakukan inisialisasi terlebih dahulu agar HDD bisa dipakai oleh DVR CCTV mu.

  5. Setting IP Address DVR

    Pemberian IP address pada DVR berguna untuk memudahkan kamu saat ingin mengakses DVR secara remote baik untuk keperluan setting ataupun monitoring.