Cara Memasang,Setting dan Maintenance CCTV Sendiri

Kamu tidak perlu keahlian khusus hanya untuk bisa memasang kamera cctv dan semua komponen pendukung nya, karena saya membuat panduan cara memasang, setting dan maintenance cctv system ini berdasar pengalaman yang telah saya dapat sebagai seorang teknisi komputer di perusahaan tempat saya bekerja.

Selain bertanggung jawab atas infrastruktur komputer saya bertanggung jawab juga untuk melakukan installasi pemasangan,setting dan maintenance sistem CCTV.

Jadi panduan yang saya buat berdasarkan buah pengalaman dan praktek sehingga saya jamin akan memudahkan mu yang sedang memulai belajar memasang cctv sendiri baik untuk rumah,kantor ,sekolah dan dimanapun.

Persiapan Memasang CCTV

Memasang CCTV memang terlihat gampang, ya memang gampang sih (asal tau ilmu dan caranya). Tapi ingat walau segampang apa suatu pekerjaan terlihat bukan berarti segampang yang kamu lihat karena segala sesuatu ada ilmunya, maka jangan pernah untuk meremehkan nya.

Berikut tips yang bisa kamu ikuti sebelum memasang kamera cctv agar berjalan lancar dan tidak ada masalah dikemudian hari.

#1 Ketahui Jenis Kamera Yang Akan Kamu Pasang

Harusnya bagian ini sudah kamu research sebelum kamu membelinya, ini sangat penting untuk mengetahui potensi dan kelemahan dari jenis kamera yang telah kamu beli.

Misalnya akan sangat penting kamu tau kamera yang kamu beli apakah unit indoor atau outdoor, karena unit indoor biasanya tidak tahan air dan tidak bisa dipasang diluar yang kemungkinan terpapar air dan cahaya matahari langsung.

#2 Tentukan Lokasi Pemasangan Kamera CCTV

Setelah kamu tau jenis kamera CCTV yang akan kamu pasang maka kamu sekarang perlu menentukan tempat untuk memasangnya.

Setelah kamu menentukan dimana saja titik yang akan dipasangi kamera CCTV baiknya kamu memikirkan juga jalur untuk kabel nya sehingga kamu bisa tau peralaran apa yang kamu perlukan untuk memasang kamera CCTV.

#3 Tentukan Juga Lokasi DVR dan Power Supply CCTV

Kamu juga perlu menentukan lokasi dimana DVR dan power supply cctv akan dipasang,keduanya bisa dipasang berdekatan atau ditempat yang sama.

Ingat DVR dan power supply cctv adalah komponen terpenting untuk menjaga kamera tetap menyala dan merekam, jadi perhatikan benar-benar lokasi yang akan kamu pilih.

Sebisa mungkin kamu tempatkan DVR dan power supply cctv ditempat yang tersembunyi dan memperkuatnya dengan kerangka besi/beton sehingga tahan terhadap bencana.

Ini dimaksudkan agar jika terjadi bencana atau tindak kejahatan DVR cctv mu tidak ditemukan oleh penjahat dan jika terjadi bencana dvr cctv mu juga tidak rusak.

#4 Gunakan Batteray Backup atau UPS

Saya menyarankan untuk memasang UPS atau bateray backup system untuk memastikan sistem cctv mu tetap bekerja walau listrik mati.

UPS memang harganya lumayan mahal, tapi ini perlu dipertimbangkan jika aset yang kamu awasi memang lebih berharga dari harga sebuah UPS.

#5 Sediakan Tool dan Bahan Untuk Proses Pemasangan

Untuk memasang kamera CCTV yang pastinya dipasang diatas maka kamu memerlukan alat, baiknya kamu menyiapkan alat-alat berikut sebelum kamu memasang kamera cctv sendiri untuk rumah mu.

  • Palu
  • Obeng
  • Tang
  • Cutter
  • Tangga
  • Bor
  • Klem
  • Sarung Tangan

Tools diatas adalah peralatan standar minimal yang harus kamu punya saat kamu memasang CCTV, jika kamu menambahkan peralatan lain yang bisa mempermudah pekerjaan, itu akan lebih baik.

#6 Tentukan Jalur Kabel

Setelah kamu menentukan lokasi pemasangan kamera cctv dan dvr maka kamu perlu memikirkan jalur kabel nya.

Kamu harus tau struktur gedung atau bangunan sehingga kamu bisa menentukan jalur terbaik untuk kabel mu, paling bagus adalah untuk memasangkanya di balik dinding atau plafon.

Jika terpaksa kabelnya terlihat dari luar dan terpapar panas matahari ataupun hujan maka kamu harus memasukan nya ke pipa agar kabel lebih awet dan aman.

#7 Pasang Kabelnya Sebelum Memasang Kamera

O iya , proses pemasangan yang paling melelahkan adalah proses pemasangan kabel, karena kamu mungkin perlu merangkak di bawah plafon, naik tangga dan berpanas-panasan.

Jadi kerjakan pekerjaan yang paling sulit dulu yaitu memasang kabel sebelum kamu memasang kamera CCTV.

Ini dimaksudkan juga agar pekerjaan lebih efektif dimana sekalian kamu masang kamera kamu memasang konektornya sehingga kamu tidak perlu naik dua kali yaitu saat memasang kamera dan saat kamu memasang konektor cctv nya.

8# Tentukan Lokasi Untuk Monitoring atau Control Room

Saya sangat menyarankan untuk menggunakan ruang terpisah dari DVR untuk monitoring kamera cctv, ini dimaksudkan agar DVR terhindar dari tindak sabotase.

DVR cctv mu bisa dimonitor menggunakan komputer ataupun HP, baiknya antara dvr dan komputer untuk monitoring dihubungkan menggunakan kabel LAN (jangan pakai WiFi) agar lebih stabil.


Memasang Kamera CCTV

Semua alat dan bahan sudah kamu siapkan, sekarang kamu sudah bisa memulai memasang kamera CCTV yang akan kamu gunakan untuk mengawasi property mu.

Kamu cukup mengikuti tips dan langkah memasang kamera cctv dibawah ini agar semua berjalan lancar.

#1 Perhatikan Lokasi Pemasangan CCTV

Kamu mungkin telah menentukan dimana kamera cctv akan dipasang tapi baiknya kamu mengikuti beberapa tips dari hasil pengalaman saya saat memasang kamera CCTV.

  • Kamera baiknya jangan menghadap matahari atau sumber cahaya yang kuat karena hasil gambar akan gelap karena effek backlight.
  • Jangan pernah mengarahkan kamera mu ke property orang, karena ini jelas melanggar privacy. Arahkan kameramu hanya ke area property mu.
  • Pasang kamera minimal 3M dari atas tanah, ini dimaksudkan agar kamera tidak mudah dijangkau oleh orang-orang iseng, penjahat dan menjadi sasaran vandalism.
  • Tempatkan kamera pada sudut ruangan untuk mendapatkan angle lebar yang bisa mengcover seluruh ruangan sehingga kamu lebih hemat kamera.
  • Jangan memasang kamera dibalik kaca jendela, karena ini akan mengganggu kinerja mode kamera malam yang menggunakan infra merah.
  • Pasang di akses masuk dan keluar property sehingga kamu bisa tau siapa yang masuk dan keluar .

#2 Pasang Kamera Ke Platform

Gunakan peralatan yang telah kamu siapkan sebelumnya untuk memanjat dan memasang kamera di plafon atau tembok.

Jika memang perlu menggunakan bor maka bor-lah, jika bisa langsung menggunakan obeng dan screw maka hajar saja gak perlu dibor.

Usahakan untuk memasang semua screw yang telah disediakan agar kamera cctv lebih aman dan stabil.

#3 Pasang Konektor Kabel Power

Ada 2 jenis konektor BNC yaitu model ulir/drat(twist on type) dan model jepit yang memerlukan alat (tang crimping).

Saya sangat menyarankan agar menggunakan konektor BNC dengan jenis ulir karena hanya memerlukan tang biasa untuk memutarnya.

1. Kupas Kulit luar kabel coaxial dengan dengan panjang kira-kira 1.5cm

mengupas kabel coaxial rg59 untuk memasang konektor cctv
mengupas kabel coaxial

2. Tekuk keluar kabel ground(serabut) dan kupas shield bagian inner(solid) dengan menyisakan inner shield sekitar 0.3cm/3mm.

mengupas inner shield kabel coaxial rg59
mengupas iiner kabel coaxial

3. Pasang RG6 Male F-connector model ulir(twist on type) menggunakan tang biasa untuk mengulir.

memasang konektor CCTV
memeasang konektor drat /ulir kabel coaxial


4. Usahakan untuk mengulir hingga potongan inner shield sejajar/rata dengan dasar konnektor untuk menghindari innner bengkok/koslet ke ground.

mengecek hasil saat memasang konektor cctv
konektor kabel coaxial setelah terpasang

5.Usahakan panjang inner/core cooper tidak berlebihan dan tidak kurang juga,karena jika terlalu panjang akan merusak konektor pasangan nya dan jika kurang akan menyebabkan sambungan kendor.

Idealnya adalah 0.3-0.5cm diukur dari tepi konektor luar,kamu bisa memotong iiner nya setelah konektor terpasang.

panduan pengukuran pemotongan panjang inner cooper konektor cctv
konektor sudah terpasang

# Pasang Konektor Power CCTV DC12v

Untuk memasang konektor DC 12v sangat mudah,cukup kendorkan sekrup pada konektor menggunakan obeng plus lalu masukan kabel merah pada lubang bertanda + dan kabel hitam pada lubang bertanda – dan kencangkan dengan obeng plus.

cara memasang konektor power dc12v untuk cctv
memeasang konektor/jack DC 12v cctv

Hubungkan dan Nyalakan CCTV Mu

Kamera dan kabel telah kamu pasang, sekarang saat nya kamu menghubungkan kabel tadi ke DVR dan power supply cctv.

Tapi sebelum itu bisa dilakukan kamu perlu memasang HDD ke DVR mu dulu, karena DVR dan HDD nya biasanya dijual secara terpisah.

Memasang HDD DVR CCTV

DVR atau NVR yang kamu beli biasanya belum terpasang HDD alias kosongan dan kamu perlu membeli HDD secara terpisah serta memasang nya sendiri.

Kamu cukup mencopot semua skrup yang ada disekitar chasing DVR atau NVR menggunakan obeng, lalu membukanya dengan h ati-hati.

Untuk kabel power dan kabel data HDD bisanya ada diluar unit DVR dan dibungkus plastik, pastikan kamu punya kedua kabel ini.

Berikut adalah cara memasang HDD CCTV ke DVR ataupun NVR, caranya sama saja.

#1. Pasang sekrup pada HDD dengan posisi yang kendor agar bisa dimasukan ke dvr

memasang skrup pada HDD untuk DVR
memasang baut HDD CCTV

#2. Pasang kabel power dan kabel data (SATA) baik di HDD ataupun soket DVR

memasang kabel power dan data SATA HDD pada DVR CCTV
pasang kabel data dan power HDD cctv

#3. Kencangkan sekrup HDD menggunakan obeng dengan membalikan DVR terlebih dahulu

memesang HDD cctv pada DVR

Memasang Power Supply CCTV

Setelah kamera terpasang dan telah terhubung dengan kabel cctv menggunakan konektor BNC dan konektor power maka langkah selanjutnya adalah memberi catu daya (power) ke kamera CCTV yang telah kamu pasang menggunakan power supply khusus untuk CCTV yang telah kamu beli.

Power supply khusus CCTV biasanya telah dilengkapi dengan box dan terminal untuk memasang kabel, cukup pasang kabel merah pada soket dengan tanda + dan kabel warna hitam pada soket dengan tanda –

cara memasang power supply untuk kamera cctv
power supply box cctv

Memasang Monitor dan Nyalakan DVR Mu

Jika DVR mu baru k amu beli maka kamu wajib untuk menggunakan monitor secara langsung yang dicolok ke unit DVR, ini dimaksudkan agar kamu bisa mensetting nya.

Kamu haya perlu mouse bawaan dan monitor (bisa TV atau monitor komputer) untuk mensetting DVR mu, nantinya kamu bisa tidak menggunakan monitor jika kamu ingin memonitornya secara online.


Setting DVR CCTV

Kamera dan DVR telah menyala, monitor juga telah menunjukan gambar “setup DVR” maka kamu belum bisa melihat gambar dari kamera CCTV mu.

itulah sebabnya kamu perlu mensetting DVR mu agar kamu bisa menggunakan nya, untuk settingan pertama kali memang harus dilakukan secara lokal menggunakan monitor yang dicolok langsung ke unit DVR.

Tapi untuk selanjutnya kamu bisa mensetting nya menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh vendor dvr cctv mu.

Gunakan Jumper/Switch Pada Kamera Jika Gambar Tidak Muncul

JIka kamu sudah memasatikan kamera hidup dan kabel video telah terpasang dengan benar tapi gambar di monitor tidak muncul, bisa kemungkinan DVR mu hanya mendukung format gambar HD tertentu. Solusinya kamu bisa menggunakan jumper atau switch yang ada di kamera(jika ada).

Untuk kamera yang mensupport semua jenis teknologi kamera HD baik TVI,CVI,AHD dan CVBS biasanya akan ada jumper atau tombol menjulur keluar.

jumper dan tombol switch pada kamera cctv
tombol switch mode kamera cctv TVI AHD CVI CVBS

Jika yang ada jumper maka kamu bisa menghubungkan jumper tersebut agar menjadi kamera analog biasa bukan resolusi HD (CVBS).

Jika berupa tombol maka kamu harus menekan tahan selama 5 detik untuk merubah mode nya,lihat pada label.

ingat CVBS adalah mode kamera jenis lama agar kamera bisa mengirim gambar ke DVR model lama yang belum HD,sedangkan TVI,CVI dan AHD adalah mode kamera dengan resolusi HD.

Monitor CCTV Menggunakan Jaringan Lokal

Agar komputer dan HP mu bisa digunakan untuk monitoring CCTV maka kamu perlu mensetting keduanya, saya telah membuat panduan nya dan kamu hanya perlu mengikutinya.

Jika kamu mengikuti semua panduan nya maka sekarang cctv mu telah bisa dimonitor menggunakan komputer, laptop atau HP menggunakan jaringan LAN atau jaringan lokal mu.

Monitor CCTV Dari Internet

Sistem cctv yang telah kamu pasang bisa diakses menggunakan HP ataupun komputer darimanapun dan kapanpun menggunakan internet.

Jadi kamu tetap bisa memonitor property mu walau sedang berada diluar rumah, saya telah membuatkan tutorialnya dibawah ini.

Lemot atau tidaknya akses cctv mu bergantung pada kecepatan upload internet rumah (internet yang dipakai sama dvr cctv) dan kecepatan internet HP mu.

Itu artinya walau kecepatan internet HP mu 10mbps tapi kecepatan upload internet yang dipakai DVR CCTV mu hanya 3mbps maka kecepatan maximal transfer video dari DVR cctv mu ke HP lewat internet adalah 3mbps.


Maintenance CCTV

Boleh dibilang system cctv tidak memerlukan perawatan khusus, yang kamu harus perhatikan hanyalah mengecek kipas pendingin yang ada di power supply dan DVR, jangan sampai kipasnya mati karena akan berakibat overheat yang bisa merusak komponen DVR ataupun powersupply.

Kualitas gambar kamera akan berkurang ketajaman nya seiring berjalan nya waktu, ketika gambar sudah burem atau pudar baiknya kamu menggantinya dengan unit baru.

Harga dan kualitas kamera akan menentukan ketajaman gambar dan keawetan kamera CCTV mu, kalau kamu sudah pakai sekali pasti kamu akan tau merk mana yang kualitasnya bagus.

TIPS: Pilih kamera CCTV yang ada mereknya dan usahakan pilih merek yag uda terkenal.

Kenapa Gambar CCTV Blank di Monitor?

Jika kamu telah membeli kamera baru untuk mengganti kamera yang mati atau menambah kamera tetapi setelah kamera cctv dipasang ke DVR tidak muncul gambar.

Kamu bisa melakukan langkah dibawah ini secara berurutan untuk menentukan penyebab kenapa kamera cctv mu tidak muncul di layar monitor atau DVR.

  • Cek jenis kamera yang kamu beli apakah masih analog cvbs (jadul) atau sudah mensupport teknologi HD (tvi,ahd,cvi).
  • Cek juga spec DVR mu apakah hanya support kamera analog cvbs(jadul) atau sudah mensupport kamera HD.
  • Jika suport kamera HD cek teknologi apa yang disupport( tvi,ahd,cvi),kroscek lagi dengan tipe kamera yang kamu beli
  • Coba copot kamera yg sudah terpasang yang masih idup dan bergambar ke lokasi kamera barumu saat ini,jika ada gambar kemungkinan kamera yang kamu beli tidak disupport oleh DVR mu.
  • Jika DVR mu sudah mensupport kamera yang kamu beli tapi masih blank,coba cek Kabel coaxial karena bisa saja putus atau konslet (cek dengan multi tester)
  • Cek juga kabel power nya dengan multi tester
  • Cek konektornya juga ya,sapa tau kendorr
  • Masih gak ada gambar? coba copot konektor channel sebelah yg normal lalu tancepin di port yang sedang kamu perbaiki.

Untuk kamera model hikvision bisanya dilengkapi dengan jumper atau tombol switch untuk merubah ke mode cvbs,tvi,cvi dan AHD,cukup dengan ditahan selama 5 detik.

kamera support ahd tvi cvi cvbs dengan switch
kamera dengan tombol switch mode cvbs ahd tvi cvi

Untuk merubah ke mode cvbs atau kamera analog jadul agar gambar bisa ditangkap oleh DVR jadul caranya dengan menyambungkan kabel jumper atau menekan tombol switch selama 5 detik lalu lepas hingga muncul gambar di monitor.

Ikuti panduan cara memilih kamera cctv terbaik yang sesuai dengan DVR dan lokasimu

Saya Lupa Password DVR Hikvision!!

Jika kamu lupa password DVR khususnya HIKVISION (merek yang saya pakai) kamu bisa mengikuti panduan Cara Mereset Password Admin DVR CCTV Hikvision.

KESIMPULAN

CCTV sekarang sudah umum digunakan untuk membantu mengawasi aset berharga mu,mulai dari penggunaan pribadi sampai penggunaan dalam sekala besar dalam dunia industri hingga pemerintahan.

Teknologi bukanlah teknologi yang sulit,semua orang bisa belajar memasang dan setting CCTV sendiri dengan mengikuti tutorial ini.

Pembahasan Terkait
Cara Memasang DVR, Power Supply, Konektor, HDD CCTV

Setelah kamu membeli kamera dan DVR cctv terbaik sesuai dengan spek dan kebutuhan mu,maka kamu harus memasang komponen cctv dengan Read more

Hikvision DVR dan NVR Secure Reset Code Generator

Code Embed: Cannot use CODE1 as a global code as it is being used to store 4 unique pieces of code in 4 posts

Hikvision DVR dan NVR Secure Code/Reset Code Generator Ini adalah tutorial lanjutan dari cara mereset password DVR dan NVR Read more

Cara Melihat CCTV Dari PC,Laptop dan HP

Melihat CCTV dari Komputer dan HP Setelah kamu selesai memasang cctv,kamu bisa mengakses,melihat dan memonitor CCTV yang terpasang di rumah,kantor,sekolah,gudang,pabrik,dll Read more

Cara Menyambungkan CCTV ke HP & Komputer via Internet

Mau Memantau CCTV Lewat Internet? CCTV jaman now sudah online dan bisa dilihat dari HP(android,iOS) atau komputer (PC,laptop) menggunakan jaringan Read more

Halloo, Saya Arie

Saya orang biasa seperti mu, Saya suka sekali membantu orang-orang untuk belajar. Itulah sebabnya saya membuat website ini untuk membantu orang lain sepertimu agar lebih cepat dan mudah ketika belajar di internet.

15 tanggapan pada “Cara Memasang,Setting dan Maintenance CCTV Sendiri

  1. Assalam mas aries
    Saat saya coba koneksi online hikvision 7024 huhi k1 ….
    Dengan ivms4500 …
    Pada android Asus … Ada message … Unknownerror-1 itu penyebabnya apa yaa…
    Klo boleh konsul lwt WA apakah bisa … Tks…

    1. waalaikumsalam kk Ifan,

      Unknownerror-1 disebabkan karena salah username atau password,
      untuk konsultasi silakan kirim saha lewat email kak.

      klik menu konsultasi gratis diatas kanan, kalau bisa disertakan screenshoot nya.

      semoga membantu ^_^

  2. Mau tanya mas kl kamera nya lama ganti DVR baru pakai support, saya ganti DVR kamera lama tidak keluar gambar nya, satu lagi Tau nya camera hikvision di set tvi atau cvbs gimana ? Makasi

    1. DVR dan kamera CCTV punya :
      -merek
      -tipe/model

      dengan modal itu coba kamu cek spek nya, format video dan teknologi transmisi gambar apa yang dipake nanti kamu bakal tau knp gak ada gambarnya.
      agar kluar gambar si DVR harus ngesupport teknologi video transmisi yang dipake kameranya. nah sekarang tinggal dipertimbangkan neh, mau ganti kamera ap DVR nya . (silakan dipertimbangkan)

      taunya mode transmisi gambar di kamera hikvision bisa dilihat pada spek kamera yang dipake (lihat dus dan label) kalau kamera itu punya tombol buat ubah mode transmisi maka dobaca label tombolnya.
      disitu ada urutan perpindahan nya. pencet dan tahan aja 5 detik terus lepas sampai di DVR mu ada gambarnya. nanti dilayar ada kterangan mode apa yang dipake.

      semoga membantu ^_^

  3. artikel anda sudah seperti teknisi cctv yang handal mas terima kasih buat cara2 pasang cctv dan pengertian cctv dengan baik,matur nuwon

  4. Saya beli CCTV wifi Hikvision, coba setting sendiri tapi tidak terbaca di aplikasi Hik-Connect.
    Saya coba dengan cara manual, IP camera ter detect di aplikasi Hik-connect tapi statusnya offline.
    Apa yang harus saya setting ya?
    Terimakasih

    1. CARANYA:
      1. Baca buku manual sebelum memasang.
      2. Lihat berapa Ip default nya
      3. Login sebagai admin ke IP kamera via browser
      4. Pastikan komputer yg dipake buat setting IP nya se network dengan IP kamera.
      5. Kalau IP nya gak senetwork, ngalah dulu dengan setting ip komputer menjadi se network dengan ip kamera.
      6. Kamu ubah IP kamera sesuai network ip yang kamu pakai di jaringan mu..

      SELESAI

  5. Mas, bagaimana caranya untuk merubah settingan cctv Hikvison turbo HD night vision yang tidak ada switch nya supaya bisa dipakai di DVR ahd, sebenarnya DVRnya ada TVI dan CDI tapi ga muncul gambar. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas