Pengalaman Memasang CCTV Sendiri

Saya membuat panduan memilih,setting dan pasang CCTV ini berdasar pengalaman yang saya dapat sebagai seorang teknisi komputer di perusahaan tempat saya bekerja.

Selain bertanggung jawab atas infrastruktur komputer saya bertanggung jawab juga untuk melakukan installasi pemasangan dan maintenance sistem CCTV.

Jadi panduan yang saya buat berdasarkan buah pengalaman dan praktek sehingga saya jamin akan memudahkan mu yang sedang memulai belajar memasang cctv sendiri baik untuk rumah,kantor ataupun sekolah.

Kamu pun Bisa Pasang CCTV Sendiri

Memasang CCTV tidaklah diperlukan skill khusus,semua orang bisa melakukan nya asal ada kemauan untuk sedikit belajar dan mencoba hal baru.

Saat saya ingin memasang CCTV sendiri untuk pekerjaan kantor saya mengalami kesulitan menemukan website yang mengajari cara memasang CCTV secara lengkap.

Hingga akhirnya saya bisa memasang sendiri dari hasil mencoba dan belajar otodidak.

Sekarang saya menuliskan panduan secara lengkap khusus untuk kamu yang masih pemula agar lebih mudah dalam belajar memasang cctv mulai dari memilih,membeli,memasang hingga setting cctv agar online dan bisa diakses menggunakan internet.

CCTV Bisa Diakses Secara Online via HP dan Komputer

CCTV yang  kamu pasang sendiri  nantinya bisa diakses secara online darimanapun dan kapanmun menggunakan HP ataupun komputer menggunakan jaringan internet.

Apa itu CCTV ?

Closed-circuit television (CCTV) atau video surveillance adalah sebuah sistem pengawasan yang menggunakan kamera video untuk mengirim gambar ke tempat tertentu dalam sebuah sistem pengawasan yang terbatas.

Tidak seperti TV pada umumnya CCTV ditransmisikan hanya ke tujuan tertentu dan bersifat tertutup /rahasia (closed circuit) baik menggunakan signal digital atau analog.

Siapa Yang Memakai CCTV?

Penggunaan jenis kamera video apapun dan dimanapun  yang bertujuan untuk mengawasi bisa diartikan sebagai CCTV mulai dari toko,bank,sekolah,rumah sakit,hotel,bandara dan tempat-tempat yang memerlukan pengawasan keamanan lain nya.

Kenapa Menggunakan CCTV?

Penggunaan kamera CCTV biasanya dipadukan dengan DVR (Digital Video Recorder) yang berfungsi untuk menyimpan rekaman event yang dikirim dari kamera CCTV itu sendiri .

Jika ada kejadian penting seperti pencurian,kecelakaan atau perampokan,rekaman CCTV bisa dijadikan alat untuk melakukan audit dengan cara melihat rekaman kejadian.

Apa itu CCTV Online?

CCTV online adalah sistem CCTV yang bisa diakses/dimonitor menggunakan komputer atau HP melalui jaringan komputer lokal ataupun internet dengan memanfaatkan protocol TCP/IP.

Dulu CCTV online hanya bisa dicapai jika menggunakan jenis kamera tertentu (IP Camera) dan DVR tertentu (NVR), namun sekarang semua jenis CCTV sudah bisa online walau menggunakan kamera analog dan DVR biasa.

Mengenal Komponen dan Fungsi Sistem CCTV

Sebelum kamu membeli komponen cctv untuk dipasang sendiri,alangkah baiknya kamu mengetahui teknologi dan fungsi dari setiap komponen CCTV yang akan kamu beli dan pasang sendiri.

Jadi CCTV Punya Komponen Selain Kamera?

CCTV bukan hanya sekedar kamera dan monitor,lebih dari itu sistem CCTV merupakan perpaduan berbagai perangkat keras yang harus kamu pasang agar menjadi sistem CCTV yang utuh dan bisa dimanfaat kan sebagai mana mestinya (melihat,mendeteksi,merekam,reply kejadian).

Saya sudah membuat artikel khusus untuk mu yang menerangkan komponen CCTV dan Fungsinnya.

Cara Memilih Dan Membeli CCTV Online

Seperti produk pada umumnya,komponen CCTV yang ada di pasaran sangat beragam mulai dari merek,jenis,dan harga.

Kamu tidak boleh hanya mempertimbangkan salah satu segi (misal harga) saat memilih komponen CCTV,karena setiap komponen CCTV mempunyai fitur yang disesuaikan dengan tujuan penggunaan.

Kamu harus menitik beratkan fitur yang sesuai dengan kebutuhan mu saat ingin memasang CCTV,agar nantinya sistem CCTV mu berjalan dan berfungsi seuai dengan yang kamu inginkan.

Dimana Saya Bisa Mendapatkan Komponen CCTV?

Setelah kamu tau komponen CCTV maka kamu sudah punya gambaran dan bisa langsung belanja kebutuhan alat dan komponen CCTV yang kamu butuhkan.

Kamu bisa membelinya di toko sekitar rumah atau kotamu atau kamu bisa membelinya lewat online marketplace seperti bukalapak.

Amankah,Belanja CCTV di Market Place?

Saya sudah menggunakan bukalapak sejak lama untuk mencari dan membeli barang guna memenuhi kebutuhan belanja kantor dan pribadi (beli perangkat dan sparepart komputer).

Saya tidak pernah tertipu asal mematuhi tatatertib dan aturan dari bukalapak seperti selalu transaksi menggunakan bukalapak dan tolak jika seller/toko ingin langsung ditransfer duit.

Saya sudah menuliskan artikel tips cara belanja aman di internet khusus untuk mu.

Beli CCTV di Online Lebih Murah?

Jawaban nya tergantung berat barang yang bisa menjadi beban ongkos kirim,jadi lihat lokasi seller dan biaya ongkos kirim yang harus kamu bayar untuk membeli barang tersebut.

Jika harga barang + ongkos kirim jatuhnya lebih mahal dari harga di toko sekitar kotamu maka mending kamu beli di toko daerah mu saja.

Bagaimana Cara Memilih Kamera CCTV Yang Sesuai?

Kamera CCTV didesain dan dibuat untuk berbagai macam tujuan penggunaan sehingga ada berbagai jenis dan model CCTV yang dijual dipasaran.

Kamu bisa mengikuti panduan cara memilih jenis kamera yang sesuai dengan kebutuhan mu.

Bagaimana Cara Memilih DVR CCTV Yang Bagus?

Ada banyak merek DVR CCTV dipasaran dengan harga murah yang sekilas punya fitur dan fungsi sama dengan DVR pada umum nya.

Saya harap kamu tidak tergoda akan harga yang dibandrol oleh merek CCTV yang gak jelas atau bahkan tanpa merek tersebut karena biasanya tidak berfungsi secara maximal (saya sudah pernah mengalaminya).

Saya sudah membuat artikel cara memilih merek,jenis DVR CCTV yang sesuai dengan kebutuhan mu agar sistem cctv mu berjalan lancar dan sesuai expetasi.

Bagaimana Cara Memilih Kabel,Konektor,Power Supply dan HDD?

Kamera dan DVR CCTV punya spek yang bisa kamu baca,tapi gimana dengan komponen lain seperti kabel dan konektor?

Baik kabel konektor ataupun adaptor powersupply sudah ada yang didesain khusus untuk sistem CCTV sehingga kamu akan lebih mudah saat melakukan installasi.

Agar kamu tidak salah memilih kamu bisa membaca panduan cara memilih kebel,konektor,adaptor dan HDD yang dibuat khusus untuk sistem CCTV.

Cara Memasang CCTV Online Sendiri

Setelah semua komponen CCTV sudah kamu beli,maka sekarang kamu sudah bisa untuk memulai memasang kamera CCTV,kabel dan DVR di lokasi yang sudah kamu rencanakan sebelum nya.

Apa Yang Perlu Dipersiapkan?

Pemasangan CCTV tidak memerlukan alat khusus yang mahal,kamu hanya memerlukan alat-alat biasa yang ada di rumah mu seperti tang,obeng,pisau atau cutter,palu dan tangga untuk memanjat.

cara memasang CCTV
Alat memasang CCTV

Pasang Kebel nya dulu ya

Hal pertama yang harus kamu pasang adalah kabel,usahakan kabel dipasang atau dilewatkan di jalur tertutup yang tidak rawan tikus atau gampang disabotase.

Setelah kabel terpasang kamu sekarang bisa mulai memasang kamera CCTV,konektor,DVR dan Power supply.

Untuk detailnya kamu bisa mengikuti panduan cara memasang kamera cctv,konektor,DVR dan power supply

Cara Setting CCTV Online

Setelah semua terkoneksi dan tepasang dengan benar ditandai dengan tidak ada yang konslet dan semua indikator menyala normal baik DVR dan Power supply.

Maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah pasang mouse, keybord dan monitor di DVR CCTV mu agar kamu bisa mensetting nya secara lokal.

Setting CCTV Secara Lokal Agar Bisa Diakses Secara Remote

Saat DVR baru belum disetting kamu tidak bisa setting secara remote melalui HP ataupun komputer,jadi kamu harus mensetting nya secara lokal menggunakan mouse,keyboard dan monitor yang ditancap langsung ke DVR.

Kamu bisa membaca artikel dan mengikuti cara setting DVR baru agar nantinya CCTV mu bisa online dan bisa diakses menggunakan HP atau komputer dari jaringan lokal ataupun internet.

Bisakah CCTV Online Diakses Dari Komputer dan HP menggunakan Jaringan LAN?

Agar kamu bisa membuka/mengakses/memonitor CCTV mu dari komputer atau HP menggunakan jaringan komputer LAN,kamu bisa mengikuti Cara  Memonitor CCTV dari Komputer dan HP Menggunakan Jaringan Lokal (LAN).

Fitur ini sangat berguna karena kamu tidak harus menggunakan monitor yang tertancap langsung di DVR untuk memantau CCTV yang telah kamu pasang.

Kamu bisa mengakses dan memonitor CCTV dari ruangan manapun (di rumah,kantor,sekolah,pabrik)menggunakan komputer dan HP dengan memanfaatkan jaringan lokal LAN yang telah terpasang.

Bagaimana Cara Mengakses CCTV Online Menggunakan Internet?

CCTV sekarang sudah mempunyai fitur cloud access p2p yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses CCTV yang ada di rumah,kantor,pablik,dll agar bisa dimonitor di HP dan komputer menggunakan internet.

Kamu bisa mengikuti artikel panduan cara Setting CCTV agar online supaya bisa diakses darimanapun dan kapanpun dengan memanfaatkan jaringan internet yang ada via HP ataupun komputer.

Saya Lupa Password DVR Hikvision!!

Jika kamu lupa password DVR khususnya hikvision (merek yang saya pakai) kamu bisa mengikuti panduan cara mereset password admin DVR CCTV Hikvision.

KESIMPULAN

CCTV sekarang sudah umum digunakan untuk membantu mengawasi aset berharga mu,mulai dari penggunaan pribadi sampai penggunaan dalam sekala besar dalam dunia industri hingga pemerintahan.

Teknologi bukanlah teknologi yang sulit,semua orang bisa belajar memasang dan setting CCTV sendiri dengan mengikuti tutorial ini.