Cara Memilih Kamera CCTV Yang Sesuai-Baik dan Berkualitas

Sebelum kamu memilih dan membeli kamera CCTV baiknya kamu tau teknologi yang digunakan oleh kamera CCTV,agar jika terjadi kerusakan kamera kamu bisa mencari jenis kamera cctv yang cocok/disupport oleh DVR cctv mu.

Lokasi Pemasangan Kamera CCTV

Sebelum membeli kamera cctv kamu harus tau dulu dimana kamera akan dipasang sehingga kamu bisa mementukan jenis kamera cctv yang sesuai dengan lokasi pemasangan.

  • Kamera CCTV Jenis Indoor

    Janis kamera cctv ini hanya dirancang untuk dipasang di dalam ruangan jadi tidak tahan air dan memiliki desain yang biasa dan menggunakan material yang biasa pula (tidak sekokoh jenis kamera outdoor).
    kamera cctv indoor khusus dipasang dalam ruangan dan tidak tahan air

  • Kamera CCTV Jenis Outdoor

    Kamera cctv outdoor sudah dilengkapi dengan housing/pelindung karena kamera cctv jenis ini didesain dan dibuat khusus untuk dipasang diluar ruangan,bahan yang digunakan juga lebih durable/kokoh dan tentu tahan terhadap air.Saat menggunakan kamera jenis ini kamu bebas memasang nya di luar ruangan tanpa perlu memikirkan untuk membuat pelindung tambahan untuk kamera cctv.
    kamera cctv outdoor dirancang dipasanag diluar ruangan dan tahan air

Tujuan Penggunaan Kamera CCTV

Ada berbagai macam jenis kamera cctv yang telah dirancang dan dibuat khusus untuk melakukan pengawasan/pemantauan menggunakan metode/cara yang khusus.Singkatnya CCTV ini mampu menangkap dan menghasilkan gambar dengan memanfaatkan teknologi yang berbeda.

  • Thermal CCTV Camera (Kamera pendeteksi panas)

    Kamera jenis ini dirancang dan dibuat khusus agar bisa menangkap dan menghasilkan gambar berdasar level panas yang dihasilkan oleh objek yang diawasi dan tidak memerlukan sumber cahaya sama sekali.
    Kamera thermal mempunyai sedikit gangguan karena janis kamera ini tidak terpengaruh oleh cahaya (backlight,bayangan,gelap,kabut) dan kamera thermal sangat cocok digunakan untuk mengawasi pergerakan objek yang memancarkan panas.

  • Infra Red CCTV Camera (Night Vision/Kamera Malam)

     

    Kamera inframerah /infrared digunakan untuk pengawasaan saat malam hari dengan kondisi minim cahaya.Kamera infra merah /kamera malam dirancang dan dibuat khusus untuk menghasilkan gambar dengan cara menangkap gelombang cahaya inframerah (cahaya tak tampak) dengan energi yang sangat rendah,yang artinya walau ada cahaya sedikit kamera ini masih bisa menghasilkan gambar dengan jelas.

    kamera inframerah /infrared digunakan untuk pengawasaan saat malam hari

    Kamera jenis ini dilengkapi dengan lampu LED inframerah sebagai sumber cahaya inframerah untuk menerangi objek di kondisi gelap. dengan lampu LED IR (Infra Red) yang sangat kecil dan daya kecil sudah cukup untuk memberikan penglihatan malam yang jelas kepada kamera cctv inframerah (Infra Red CCTV).Cahaya yang dihasilkan dari lampu LED di kamera tidak tampak oleh penglihatan manusia dan gambar yang dihasikan kamera jenis IR adalah monokrom (hitam putih).

  • Day and Night CCTVCamera (Kamera Siang/terang dan Malam/gelap)

    Jika kamu ingin menggunakan kamera cctv yang bisa dipakai sinag dan malam maka Day and Night CCTVCamera (Hybrid) bisa menjadi pilihan terbaikmu,karena kamera jenis ini sudah dilengkapi teknologi ICR(IR CUT Filter) dimana ketika dalam kondisi kurang cahanya secara otomatis kamera akan masuk ke mode night vision dengan mengaktifkan lampu LED infra merah yang telah disertakan pada kamera cctv untuk melihat dalam gelap.

    Untuk saat ini kamera jenis Day and Night CCTVCamera (Hybrid) menjadi kamera umum yang ada di pasaran,jani kamu tidak perlu bersusah payah untuk membeli kamera khusus malam,hanya saya kualitas gambar mode malam bergantung dari harga kameranya.

Memilih Jenis Transmisi Video dan  Kualitas Gambar Kamera CCTV

Untuk saat ini semua kamera cctv sudah beresolusi HD dan tetap menggunakan jaringan kabel coaxial,kamera CCTV dengan resolusi HD menggunakan beberapa teknologi yang berbeda, untuk bisa menggunakan kamera HD kamu harus memiliki DVR yang mensupport teknologi HD (AHD,HD-CVI,HD-TVI) dengna kata lain DVR lama tidak bisa menangkap gambar yang dihasilkan oleh kemera cctv HD dengan teknologi AHD,HD-CVI,HD-TVI

  • Kamera CCTV Analog (CVBS)

    Composite Video Blanking dan Sync atau Color Video Blangking dan Sync atau ada pula yang menyebutkan Composite Video Burst signal yang merupakan format sinyal standar yang digunakan dalam dunia CCTV analog.

    Kamera cctv analog menggunakan satuan ketajaman gambar yang dinyatakan dengan TVL (TV Line) makin gede TVL nya makin jelas/gede gambar yang dihasilkan, ketika di zoom akan terlihat bedanya antara TVL kecil dan TVL Besar.
    Kamera CCTV analog  yang tersedia biasanya mempunyai resolusi  420 TVL, 480 TVL, 540 TVL, 600 TVL, 700 TVL,800 TVL, 1000 TVL . untuk saran jika kamu memilih kamera analog minimal beli cctv dengan 700TVL keatas, makin gede makin bening.
    hasil gambar kamera cctv analog

 

  • Kamera CCTV Analog High Definition(HD)

    Pada dasarnya jenis kamera ini menggunakan chipset khusus untuk menghasilkan gambar resolusi HD yang bisa ditransmisikan menggunakan jaringan cctv lama(analog)  kabel coaxial.Gambar yang dihasilkan sudah beresolusi HD mulai dari ukuran 720p(HD) dan1080p(Full HD).
    perbandingan kualitas hasil gambar kamera HD analog
    Hasil gambar dari kamera analog HD camera hanya bisa ditangkap menggunakan DVR khusus yang mendukung teknologi Analog HD Camera.Ada beberapa teknologi Analog HD Camera yang telah dipakai oleh beberapa vendor cctv ternama diantaranya :

1. HD-CVI ( High definition composite video interface) –  Dahua-Dahua membuat terobasan baru dengan mambuat chipset HD-CVI untuk  kamera cctv yang memungkinkan kamera CCTV mengirimkan gambar dengan resolusi HD (720p,1080p) melalui kabel coaxial hingga jarak 500m tanpa delai dan lagg . dahu amenjadi yang pertama dalam menemukan inovasi ini dalam dunia cctv, yang nantinya akan diikuti oleh kompetitor lain yang ikut membuat teknologi serupa dengan nama yang berbeda.

2. HD-TVI (High Definition Transport Video Interface) –  TechPoint-Setelah Dahua sukses dengan HD-CVI , Techpoint ikut membuat terobosan dengan membuat chipset HD-TVI.
Chipset HD-TVI dibuat oleh techpoint.inc sebagai terobosan untuk memenuhi tuntutan akan kamera CCTV dengan resolusi yang jernih,tanpa delai dan tanpa merubah infrastruktur jaringan cctv coaxial yang ada. kamera dengan chipset HD-TVI mampu mengirimkan gambar dengan resolusi HD tanpa delai menggunakan  kabel coaxial hingga jarak 500m.
Beberapa Merek yang menggunakan teknologi HD-TVI antara lain Hikvision, AVTech, IDIS, TVT dan ratusan merek yang lain.

3. AHD (Analog High Definition) – NextChip-Tidak mau kalah dengan dahua dan techPoint, NextChip pun ikut membuat teknologi serupa dengan mambuat chipset AHD untuk kamera CCTV nya.

Saya sangat menyarankan agar kamu memilih kamera dengan resolusi HD,tapi perlu diperhatikan juga saat kamu membeli DVR,pastikan DVR mu mendukung teknologi HD(AHD,HD-CVI,HD-TVI) sesuai dengan kamera cctv mu.

 

  • IP Camera

    Merupakan kamera dengan resolusi HD  yang menggunakan teknologi   Internet Protocol untuk mengirimkan gambarnya, jenis kamera ini menggunakan jaringan komputer Wired (kabel UTP/STP/FO) dan Wireless dan juga bisa menggunakan jaringan internet.
    Walau IP camera jangkauan nya tidak terbatas tetapi kecepatan transmisi gambar akan bergantung pada infrastruktur yang ada, gambar yang ditransmisikan juga tidak real time (delai beberapa detik) karena gambar akan dikompress terlebih dahulu baru dikirimkan dan saat diterima akan didecompress baru bisa dilihat.

 

Baik kamera cctv dengan teknologi HD-TVI ,HD-CVI,AHD mampu mantransmisikan gambar dengan resolusi HD (720p hingga 4K) melalui kabel Coaxial (RG6 ,RG59) hingga 500Meter dan tanpa menggunakan kompressi sehingga gambar yang ditransmisikan Realtime dan tanpa Lagg/patah-patah atau delay. Utuk IP kamera jangkauan nya tidak terbatas karena bisa  menggunakan jalur internet tetapi gambar yang ditransmisikan dikompress sehungga akan mengakibatkan delay beberap a detik (tidak real time).

Pan Tilt Zoom (PTZ) CCTV Camera

Jika kamu menginginkan kamera dengan kemampuan noleh kanan-kiri (pan),atas-bawah (tilt) dan bisa optical zoom maka kamera dengan fitur tambahan PTZ bisa menjadi pilihan terbaik mu.DVR sekarang sudah mendukung kamera dengan fitur PTZ.

Kamera PTZ sangat cocok digunakan untuk mengawasi area yang cukup luas,cukup dengan 1 kamera operator bisa memutar arah kamera dan melakukan pembesaran tanpa mengurangi kualitas gambar dari rung kendali CCTV(bisa juga dari aplikasi bawaan CCTV yang diinstall di komputer atau,tablet atau HP).Namun harga CCTV dengan fitur PTZ agak sedikit mahal.
ptz cctv kamera dapat berputar dan zoom secara optik tanpa mengurangi kualitas gambar

Cara Memilih Merek Kamera CCTV Terbaik dan Bereputasi

Saya sangat menyarankan untuk memilih dan membeli barang yang ada mereknya,karena banyak sekali barang buatan china yang harganya murah tapi tak bermerek dan tidak menyertakan support/garansi resmi baik memalui media website atau telepon.Masalah umum yang muncul jika kamu memilih barang tanpa merek adalah ketika ada masalah maka akan sulit mencari informasi solusi di internet(mereknya aja gak ada gimana mau googling).

Berikut kriteria sebagai bahan peritmbangan ketika memilih sebuah merek,terutama merek cctv

  • Website

    Dijaman sekarang ini website merupakan cara tercepat untuk mendapatkan informasi,jika kamu memilih merek cctv sebelum membeli coba kamu ketik merek tersebut di google,apakah ada website resminya atau tidak.Jika merek yang akan kamu beli tidak ada website nya bisa dibilang barang tersebut dijual tanpa garansi/pertanggung jawaban dari produsen barang (kalau rusak/bermasalah buang aja).
    Jadi pastikan merek cctv yang akan kamu beli mempunyai website resmi yang menyediakan informasi produk secara jelas dan lengkap.

  • Community/Forum

    Jika merek cctv yang akan kamu beli memiliki website resmi yang menyediakan informasi lengkap akan produknya,maka pastikan juga mereka menyediakan forum sebagai tempat curhat pelanggan nya.Jadi jika kamu ada masalah/kendala dengan cctv mu kamu bisa mencari solusi di forum resminya.

  • Distributor Lokal

    Sukur-sukur sudah ada distributor resmi yang ada di indonesia untuk merek yang akan kamu beli,tapi jika tidak ada maka 2 poin diatas sudah cukup untuk menentukan kuatilas produk dari merek yang akan kamu beli.

  • Garansi

    Jika merek cctv yang kamu beli belum masuk ke indonesia secara resmi mungkin kamu hanya mendapat garansi dari penjual nya.Garansi saya katakan sebagai pilihan optional jika kamu telah melakukan reserch di internet tentang kualitas barang dari merek yang akan kamu beli.Karena pengalaman saya perangkat CCTV itu sangat awet sampai-sampai teknologi cctv yang dipakai sudah ketinggalan karena belum ganti (2-3 tahun sudah ada varian cctv dengan kualitas yg lebih baik). Tanyakan saja garansi sama penjual nya untuk mengantisipasi mendapat barang yang cacat produk/rusak saat transport.

Sebagai saran dari saya kamu bisa membeli perangkat cctv (kamera dan dvr) dengan merek yang populer di pasaran saat ini seperti HIKVISION,karena merek tersebut sudah resmi masuk ke indonesia sehingga lebih untuk mendapatkan perbaikan jika terjadi kerusakan/masalah.

KESIMPULAN:

Sebelum membeli kamera cctv minimal kamu tau teknlogi yang dipakai oleh DVR dan kamera CCTV agar jika terjadi kerusakan kamu dengna mudah mencari kamera cctv yang cocok/sesuai dengan DVR.

Bentuk kamera CCTV sekarang sangat beragam,jadi jangan terpaku akan bentuk kamera namun fokuslah mencari kamera CCTV yang sesuai dengan kebutuhan mu.Misalnya ingin dipasang didalam/luar ruangan,resolusi gambar,jenis jaringan,fixed/PTZ .

Memilih Brand juga sangat penting untuk menentukan kualitas dan support dari CCTV mu (baik DVR /kamera) jangan sampai membeli perangkat cctv dengan merek yang gak jelas dan sudah tidak bisa dipakai setelah 1-2 tahun kedepan karena teknologi ketinggalan dan tidak ada update.