Memilih Kabel,Konektor,Power Supply dan Harddisk CCTV Terbaik

Diperbaharui Pada Tanggal

Sistem CCTV tidak hanya terdiri dari DVR dan Kamera CCTV saja,namun ada komponen pendukung lain yang biasa kamu abaikan kualitasnya saat membeli.

Membeli komponen CCTV dengan kualitas terbaik harus kamu dahulukan untuk menjamin jaringan CCTV mu berjalan lancar dan awet.

Pemilihan komponen pendukung seperti kabel,konektor,power supply,adaptor dan harddisk harus diperhatikan juga.

Kabel CCTV Analog

Kabel yang umum digunakan dalam jaringan CCTV analog adalah kabel Coaxial (seperti kabel antena TV) dengan model RG6.

Sekarang telah ada kabel coaxial yang dirancang khusus untuk membuat jaringan CCTV analog yaitu kabel coaxial RG59.

Kabel coaxial RG59 khusus untuk cctv ini telah dilengkapi dengan kabel power untuk mensupply power ke kamera CCTV secara terpusat menggunakan power supply khusus CCTV.

kabel khusus untuk jaringan cctv dari LS cable
kabel khusus CCTV

Memilih Merek dan Tipe Kabel CCTV Analog

Ada berbagai macam merek kabel khusus cctv RG59,setiap merek biasanya memiliki kualitas yang berbeda.

Sebagai saran baiknya kamu membeli barang dengan merek spesialis kabel seperti LS cable&system untuk mendapatkan kualitas kabel terbaik untuk menghindari trouble/error,degradasi kualitas video atau kabel mati total.

Sesuai pengalaman saya, carilah kabel dengan kriteria sebagai berikut:

  • Merek terkenal
  • Serabut kabel coaxial tidak terlalu tipis
  • Serabut kabel coaxial tidak murah rontok
  • Isolatornya tidak mudah disobek
  • Kabel powernya tidak lembek
  • Isolator kabel powernya tidak mudah disobek

Kabel CCTV Analog RG59 Terbaik

Kabel CCTV RG59 merek LS cable&system dari LG adalah merek terbaik yang pernah saya beli dan gunakan,kualitasnya bagus (serabut gak mudah putus,innernya bagus,ukuran nya standar/gak kekecilan,isolator kabel power dan coaxial  alot,shield aluminium foil bukan plastik).

Jika tidak ada merek LS biasanya saya menggunakan kabel cctv dengan merek SPC yang kualitasnya tidak kalah bagus dengan merek LS.

Harga dan Merek Kabel CCTV

Saya sudah menyusun list harga bermacam-macam kabel RG59 yang bisa kamu pilih sesuai budget,namun ingat bahwa harga sebanding dengan kualitas yang kamu dapat

Kamu bisa membeli eceran dengan harga per meter atau membeli satu roll dengan panjang 300meter dengna harga yang lebih murah.

Kabel CCTV IP Camera

CCTV berbasis IP kamera yang dipadukan dengan hybrid DVR atau NVR tidak menggunakan kabel coaxial untuk mentransmisikan gambar,namum menggunakan kabel LAN baik jenis UTP atau STP.

Baik kabel UTP atau STP dikelompokan kedalam kategori berdasar kemampuan kabel tersebut dalam mentransmisikan data,makanya kabel UTP atau STP selalu ada label CAT atau Category.

Apa Beda Cat 5e dan Cat6?

Kabel UTP atau STP yang umum digunakan saat ini adalah tipe CAT 5,6 dan 7.

Perbedaan secara fisik antara kabel cat 5 dan cat 6 adalah dari ukuran kabel nya,dimana kabel cat 6 lebih tebal dan kokoh.

ukuran fisik berimbas pada kemampuan kabel dalam mentransmisikan data,kamu bisa melihatnya di table dibawah ini:

perbedaan kabel cat 5 dan cat 6

Apa Perbedaan Kabel UTP dengan STP?

Kabel UTP dan STP mempunyai fungsi dasar yang sama,yaitu untuk mengantarkan data.

Kabel UTP didesain untuk penggunaan dalam ruangan sedangkan kabel STP didesain untuk bisa digunakan dan bertahan lama di luar ruangan.

Kenamapa Kabel STP Lebih Mahal?

Kabel STP harganya lebih mahal karena mempunyai lapisan tambahan pada pembungkusnya dan dilengkapi juga dengan drain wire/ground yang fungsinya untuk melindungi kabel dari interferensi dan listrik statis.

Kapan Harus Menggunakan Kabel STP?

Jadi gunakan kabel STP jika kabel dipasang diluar ruangan dan ter papar langsung ke udara,air atau cahaya matahari untuk menghindari interferensi dari luar dan kerusakan oleh alam.

Atau gunakan juga jika dirasa perlu,seperti sebagai kabel utama yang menghubungkan antar switch di jaringan mu yang notabane nya sangat vital sehingga perlu kabel dengan kualitas terbaik,kabel STP bisa menjadi pilihan.

Merek dan Harga Kabel UTP dan STP

Semua jenis kabel UTP atau STP bisa digunakan di jaringan CCTV mu jadi gak usa pusing nyari kabel khusus.

Beli satu rol/box/dus biasanya harganya jauh lebih murah dibanding membeli dengan harga eceran per meter.

Satu box/roll/dus biasanya panjang nya 1000ft atau 304.8meter

Konektor CCTV Terbaik

Jaringan standar CCTV analog menggunakan kabel coaxial dan konektor BNC,sedangkan untuk kamera IP menggunakan kabel LAN/UTP/STP dan menggunakan konektor RG45.

Setiap merek mempunyai kualitas dan tipe yang berbeda,namun selalu pilih barang dengan kualitas terbaik untuk mendapatkan hasil dan ketahanan yang maximal.

Konektor CCTV Analog (BNC)

Selama masih menggunakan kabel coaxial (kaya kabel antena tipi),saya sebut kamera analog walau sudah beresolusi HD.

Kamera CCTV analog menggunakan tipe konektor BNC male untuk dipasangkan di kabel coaxial serta menggunakan konektor DV 12v female untuk power nya.

Saya sangat menyarankan untuk menggunakan konektor BNC khusus CCTV dengan model drat/ulir untuk menghasilkan sambungan yang kokoh dan mudah dipasang.

jenis konektor BNC untuk CCTV yang bagus

Harga Konektor BNC dan Konektor Power CCTV

Untuk memudahkan mu, saya buatkan dan susun link agar kamu bisa mengecek stok dan harga konektor CCTV yang akan kamu beli.

Ingat kamu membutuhkan konektor BNC dua kali lipat dari jumlah kamera cctv mu,ini karena ujung kabel coaxial mu ada 2 (satu dipasang di DVR dan ujung lain nya dipasang ke kamera).

Konektor IP CCTV (POE Joiner- Spliter)

Untuk CCTV jenis IP kamera menggunakan kabel LAN untuk mentransmisikan gambar/data,konektor yang digunakan adalah jenis komektor POE.

Dengan menggunakan teknologi POE (Power Over Ethernet) kamu bisa mengirim power melalui kabel LAN tanpa tambahan kabel lain.

konektor IP cctv poe joiner injector dan poe splitter
Pasive POE injector – splitter IP CCTV

Untuk itu kamu memerlukan sepasang konektor untuk IP CCTV mu yaitu POE joiner/injektor (untuk dipasang dekat NVR) dan POE Splitter (dipasang di dekat kamera).

Harga Satu Set POE Joiner dan Splitter (Mulai Rp 16.000,-)

Power Supply CCTV

Saya sangat menyarankan untuk menggunakan kabel RG59 saat membuat jaringan CCTV baik untuk rumah,kantor,gudang,pabrik atau yang lain.

Kabel RG59 sudah dilengkapi dengan kabel power sehingga kamu bisa menggunakan power supply khusus CCTV secara terpusat untuk memudahkan saat pemasangan dan perbaikan.

Power supply khusus cctv juga telah dilengkapi dengan sekering/fuse sebagai fitur keamanan ,sehingga jika terjadi arus pendek akan putus secara otomatis.

power supply khusus untuk CCTV 16 channel
Power Supply CCTV terpusat

Harga Power Supply CCTV terpusat

Power supply khusus untuk kamera CCTV menggunakan tegangan 12v DC dan memiliki jumlah soket keluaran yang sama dengan jumlah channel kamera pada DVR yaitu mulai dari 4,8 dan 16.

Biasanya jumlah kapasitas arus/ampere otomatis disesuaikan dengan jumlah soket keluaran dari power supply kamera cctv ini.

Adaptor CCTV

Walau sudah ada power supply cctv terpusat,terkadang untuk kondisi tertentu kamu lebih memerlukan adaptor 12v 1-2ampere untuk CCTV yang kamu pasang,baik CCTV analog ataupun IP kamera.

adaptor CCTV terbaik 12v 2a
Adaptor CCTV 12v 2A

Secara umum semua kamera CCTV beroperasi pada tegangan 12V dan dengan arus yang bervariasi tergantung dari jenis CCTV nya,jika CCTV biasa sudah bisa beroperasi dengan adaptor berarus 1-2Ampere.

Ampere Besar Makin Bagus

Besarnya arus yang dikukung oleh adaptor tidak akan menyebabkan kameramu rusak,yang ada malah adaptor mu rusak jika CCTV mu memakan arus lebih dari yang disediakan oleh adaptor.

Makin besar arus/ampere adaptor makin bagus,tapi akan mahal pula harga adaptornya,jadi pilih yang bagus dan sesuai kebutuhan agar efisien.

Harga Adaptor CCTV 12v

Berikut adalah Harga adaptor DC 12V 2A terbaik yang bisa kamu beli di market place dengan harga terbaik

Harddisk CCTV

Sistem CCTV berjalan 24/7 (24jam non stop) maka akan lebih baik jika kamu menggunakan media storage(HDD) yang dirancang khusus untuk bekerja 24/7 khususnya untuk sistem CCTV.

Apakah Harddisk PC Bisa Untuk CCTV?

Menggunakan HDD biasa untuk CCTV memang bisa-bisa saja namun HDD biasa tidak dirancang untuk hidup dan bekerja terus menerus selama 24/7.

Memaksakan menggunakan HDD biasa untuk sistem CCTV sangat beresiko hasil rekaman yang gak lancar atau HDD cepet mati yang ujung-ujungnya malah buang duit.

Contohnya terkadang ada rekaman yang hilang/tidak merekam disaat tertentu/ rekaman nya macet-macet tidak konsisten

Pilih Harddisk Khusus untuk CCTV

Vendor hard disk telah membuat berbagai macam media storage(HDD) sesui dengan kebutuhan pasar mulai dari HDD untuk Gaming,Server,Userbiasa hingga storage(HDD) khusus untuk kebutuhan sistem CCTV yang dirancang mampu bertahan di kondisi extreme karena CCTV merekam non stop 24/7.

Berapakah Ukuran Harddisk CCTV yang ideal?

Kemampuan lama waktu DVR dapat menyimpan rekaman kejadian bergantung pada kapasitas HDD ,jumlah channel,ukuran video (CIF,D1,HD,FHD) dan kualitas video.

Semakin besar ukuran resolusi dan kualitas video maka semakin besar data yang disimpan yang mengakibatkan semakin pendek rekaman kejadian yang bisa tersimpan.

DVR sudah menyertakan fitur otomatis menghapus data paling lama untuk ditimpa dengan yang baru,jadi walau HDD mu penuh DVR akan tetap merekam dengan menghapus remakaman kejadian dengan waktu yang paling lama(over write).

Kamu bisa memperpanjang waktu penyimpanan rekaman dengan mengaktifkan “perekaman berdasar sensor gerakan/motion based recording” sehingga DVR hanya akan merekam jika ada objek bergerak,bila tidak ada yang bergerak dvr akan stanby.

Saya menyarankan untuk menggunakan HDD dengan kapsitas minimal 2TB,lebih gede lebih baik karena akan memperpanjang waktu penyimpanan rekaman kejadian(footage).

Merek dan Tipe harddisk Apa Yang Bagus Untuk CCTV?

Saat kamu ingin membeli HDD untuk CCTV baiknya kamu memilih merek yang sudah terkenal dan memilih seri khusus yang dirancang dan dibuat khusus untuk sistem CCTV dari merek tersebut.

Berikut rekomendasi Merek dan seri HDD yang diranncang dan dibuat khusus untuk sistem CCTV (surveillance HDD) dari merek ternama:

Western Digital (WD) – seri WD Purple

Jika kamu menyukai merek WD maka varian HDD khusus yang dirancang untuk CCTV adalah WD purple

WD purple seri hdd khusus untuk sistem CCTV
WD Purple HDD CCTV

Berikut adalah daftar harga Harddisk WD purple yang bisa kamu jadikan referensi.

Seagate – seri SkyHawk

Sedangkah untuk merek seagate mengeluarkan seagate skyhawk yang merupakan HDD khusus dibuat untuk CCTV

HDD khusus untuk sistem cctv dari seagate dengan seri SKYHAWK
Seagate SkyHawk HDD CCTV

Berikut Daftar Harga Harddisk CCTV Seagate SkyHawk yang bisa kamu gunakan sebagai bahan referensi sebelum membeli.

Untuk saat ini hanya 2 merek kawakan tersebut yang menyediakan HDD khusus untuk sistem CCTV.

Harap diperhatikan juga untuk maximal kapasitas HDD yang bisa disupport oleh DVR mu,jangan sampai memberikan kapasitas diluar kemampuan DVR mu.

KESIMPULAN

Segala sesuatu dirancang dan dibuat untuk tujuan tertentu,begitu juga dengan perangkat sistem CCTV,kamu tidak boleh menggunakan perangkat sembarangan dengan dalih “ini juga bisa kok” untuk membangun sistem CCTV.

Karena akan beresiko kegagalan sistem dikemudian hari dan yang jelas buang-buang duit karena hasil tidak optimal.

Jadi pilih dan belilah kamera,dvr dan komponen sistem CCTV terbaik yang telah dirancang dan dibuatkhusus untuk sistem CCTV agar hasil maximal dan awet.