Belajar CCTV |Sejarah,Fungsi,Jenis,dan Komponen

Apa itu CCTV?

Closed-circuit television (CCTV) atau yang sering disebut video surveillance adalah penggunaan kamera video untuk mengirim gambar ke tempat tertentu dalam sebuah sistem pengawasan yang terbatas.

Kenapa Disebut jaringan TV tertutup/closed circuit television?

Tidak seperti sinyal TV pada umumnya yang ditransmisikan secara terbuka,sinyal CCTV ditransmisikan secara tertutup melalui media kabel coaxial,FO,UTP,Wireless bahkan menggunakan jaringan internet.

Penggunaan jenis kamera video apapun dan dimanapun  yang bertujuan untuk mengawasi bisa diartikan sebagai CCTV mulai dari toko,bank,sekolah,rumah sakit,hotel,bandara dan tempat-tempat yang memerlukan pengawasan keamanan lain nya.

Siapa Yang Memakai CCTV?

Penggunaan jenis kamera video apapun dan dimanapun  yang bertujuan untuk mengawasi bisa diartikan sebagai CCTV mulai dari toko,bank,sekolah,rumah sakit,hotel,bandara dan tempat-tempat yang memerlukan pengawasan keamanan lain nya.

Kenapa Menggunakan CCTV?

Penggunaan kamera CCTV biasanya dipadukan dengan DVR (Digital Video Recorder) yang berfungsi untuk menyimpan rekaman event yang dikirim dari kamera CCTV itu sendiri .

Jika ada kejadian penting seperti pencurian,kecelakaan atau perampokan,rekaman CCTV bisa dijadikan alat untuk melakukan audit dengan cara melihat rekaman kejadian.

CCTV Perlu DVR Untuk Merekam Kejadian

Penggunaan CCTV biasanya dipadukan dengan perangkat DVR (Digital Video Recorder) yang berfungsi untuk menyimpan rekaman event yang dikirim dari kamera CCTV itu sendiri .


Sejarah dan Perkembangan CCTV

Saat pertama kali CCTV digunakan harus ada operator yang mengawasi secara penuh melalui ruang kontrol,ini dikarenakan belum ada teknologi untuk merekam gambar dari kamera CCTV.

Dulu CCTV Direkam pakai Kaset

Real to real media pun ditemukan dan digunakan untuk merekam gambar kedalam kaset hanya saja perlu diganti manual setiap saat oleh operator,ini jelas tidak efektif sehingga CCTV tidak digunakan banyak orang.

Setelah (Video Cassete Recorder)VCR ditemukan pada tahun 1970an penggunaan CCTV sudah mulai meluas karena dengan VCR gambar CCTV akan terekam otomatis dan bisa dihapus atau diputar ulang dengan mudah.

CCTV diEra Digital

Pada tahun 1990an perekaman gambar CCTV sudah menggunakan teknologi digital yang memungkinkan untuk melakukan perekeman dari banyak sumber kamera CCTV.

Setelah itu CCTV makin umum digunakan hingga sekarang dan bisa kamu dapatkan dengan harga yang sangat murah.

Apa itu CCTV Online?

CCTV online adalah sistem CCTV yang bisa diakses/dimonitor menggunakan komputer atau HP melalui jaringan komputer lokal ataupun internet dengan memanfaatkan protocol TCP/IP.

Dulu CCTV online hanya bisa dicapai jika menggunakan jenis kamera tertentu (IP Camera) dan DVR tertentu (NVR), namun sekarang semua jenis CCTV sudah bisa online walau menggunakan kamera analog dan DVR biasa.


Guna dan Manfaat CCTV

Penggunaan CCTV dijaman dan dulu agak sedikit berbeda,ini dikarenakan dulu teknologi belum berkembang pesat seperti sekarang ini.

Banyak tekknologi yang ada sekarang ini berkat inspirasi CCTV zaman dulu seperti adanya TV cable,parabola berbayar dan content video internet berbayar yang semuanya bekerja dengna prinsip CCTV.

Prinsip CCTV disini adalah closed circuit atau jaringan tertutup yang tidak semua orang bisa mengaksesnya tanpa harus mendaftar/diberi otorisasi.

Dulu CCTV Untuk Jalur Siaran Premium

Dahulu CCTV juga digunakan sebagai bisnis hiburan berbayar atau TV berlangganan(TV cable) untuk menyiarkan acara teater dan olahraga seperti tinju,balap kepada pelanggannya.

Pada 1968 di kota Olean New York AS CCTV mulai dipasang di jalan-jalan utama yang ramai untuk melawan tindak kejahatan.

Mulai saat itu CCTV mulai umum digunakan sebagai solusi pengawasan dan mengurangi tindak kejahatan ditempat-tempat umum.

Untuk Apa CCTV Sekarang Digunakan?

Secara umum CCTV digunakan untuk pengawasan,tapi pengawasan hanya kegiatan untuk mengumpulkan data yang nantinya bisa diolah dan digunakan untuk tujuan tertentu.

  • Pencegahan tindak kriminal
    Melalui pengawasan lewat CCTV,security bisa memantau area yang luas dengan lebih mudah dan ketika akan ada tindak kejahatan maka lebih cepat terpantau untuk dilakukan tindakan.
  • Pengawasan proses (Industri)
    CCTV luas digunakan dalam dunia industri untuk mengawasi proses produksi, terutama pengawasan di bagian yang berbahaya akan radiasi dan bahan kimia.Dengan bantuan cctv proses bisa dilihat melalui pantauan CCTV.
  • Pengawasan Lalulintas
    Pengawasan lalulintas di jalan yang begitu panjang dan luas akan memakan waktu dan resource jika dilakukan secara manual, dengan bantuan cctv area yang luas bisa dimonitor dengan mudah di ruang controll.
  • Broadcast Live Event
    CCTV kerap digunakan juga untuk broadcast event di dalam gedung dan merelai nya untuk ditampilkan di luar gedung atau layar stadion yang besar.
  • Pengumpulan data statistik
    Penggunaan cctv bukan hanya untuk pengawasan tetapi bisa dipadukan dengan sistem komputer dan berfungsi sebagai sensor untuk menghiitung jumlah orang yang lalulalang dan mengukur tingkat keramaian disuatu tempat.
  • Pengawasan Karyawan ,siswa property dan Rumah
    Sebagai tindakan pencegahan dan memudahkan pengawasan atas aset dan karyawan,biasanya CCTV dipasang pada rumah,kantor,rumahsakit,pabrik dll .
  • Tindak Kejahatan (Penjahat menggunakan CCTV)
    Bukan hanya untuk kebaikan,cctv sering digunakan oleh kriminal untuk mendapatkan informasi dari korban nya.
    Seperti pemasangan kamera tersembunyi pada mesin ATM untuk mendapatkan PIN dari karu atm yang di skim.

CCTV sekarang sudah umum dipasang dan digunakan karena harganya yang sudah murah dengan fitur yang sangat canggih sehingga bisa dilihat dari HP dan komputer lewat LAN WiFi ataupun internet.


Teknologi dan Jenis Kamera CCTV

Jenis kamera yang digunakan dalam sistem CCTV merupakan kamera yang telah dirancang khusus agar mudah dipasang dimanapun dan tahan dengan kondisi sekitar objek yang diawasi.

Kamera CCTV

Fungsi Kamera CCTV

Kamera merupakan komponen yang berdekatan langsung dengan objek yang akan diawasi, dimana kamera akan menerima informasi objek yang diawasi dan meneresukan informasi ke DVR untuk diolah lebih lanjut.

Teknologi Kamera CCTV HD dan Analog

Kamera CCTV mempunyai teknologi atau spec yang harus kamu ketahui,ini dimaksudkan agar kamu tidak salah saat memilih dan membeli kamera CCTV.

Jika salah beli tipe kamera cctv saya jamin gambar gak akan keluar di monitor cctv,ini disebabkan karena dvr mu tidak mengerti sinyal yang dikirim oleh kamera cctv.

  1. Analog Biasa (chipset 960H /D1 )
    Kamera analog biasa mempunyai satuan resolusi ketajaman gambar uang dinyatakan dengan TVL (TV Line) makin gede TVL nya makin jelas/gede gambar yang dihasilkan, ketika di zoom akan terlihat bedanya antara TVL kecil dan TVL Besar.

    Kamera CCTV analog  yang tersedia biasanya mempunyai resolusi  420 TVL, 480 TVL, 540 TVL, 600 TVL, 700 TVL,800 TVL, 1000 TVL .

    Untuk saran jika kamu memilih kamera analog minimal beli cctv dengan 700TVL keatas, makin gede makin bening.
  2. HD-CVI ( High definition composite video interface) –  Dahua
    Dahua membuat terobasan baru dengan mambuat chipset HD-CVI untuk  kamera cctv yang memungkinkan kamera CCTV mengirimkan gambar dengan resolusi HD (720p,1080p) melalui kabel coaxial hingga jarak 500m tanpa delai dan lagg .

    Dahua menjadi yang pertama dalam menemukan inovasi ini dalam dunia cctv, yang nantinya akan diikuti oleh kompetitor lain yang ikut membuat teknologi serupa dengan nama yang berbeda.
  3. HD-TVI (High Definition Transport Video Interface) –  TechPoint
    Setelah Dahua sukses dengan HD-CVI , Techpoint ikut membuat terobosan dengan membuat chipset HD-TVI.
    Chipset HD-TVI dibuat oleh techpoint.inc sebagai terobosan untuk memenuhi tuntutan akan kamera CCTV dengan resolusi yang jernih,tanpa delai dan tanpa merubah infrastruktur jaringan cctv coaxial yang ada.

    kamera dengan chipset HD-TVI mampu mengirimkan gambar dengan resolusi HD tanpa delai menggunakan  kabel coaxial hingga jarak 500m.
    Beberapa Merek yang menggunakan teknologi HD-TVI antara lain Hikvision, AVTech, IDIS, TVT dan ratusan merek yang lain.
  4. AHD (Analog High Definition) – NextChip 
    Tidak mau kalah dengan dahua dan techPoint, NextChip pun ikut membuat teknologi serupa dengan mambuat chipset AHD untuk kamera CCTV nya.
  5. IP Camera (Internet Protocol Camera)
    Merupakan kamera dengan resolusi HD  yang menggunakan teknologi   Internet Protocol untuk mengirimkan gambarnya, jenis kamera ini bisa menggunakan jaringan komputer yang ada baik jaringan Wired (kabel UTP/STP/FO) dan Wireless dan tidak ada batasan untuk menggunakan jaringan internet untuk mentransmisikan gambar.

    Walau IP camera jangkauan nya tidak terbatas tetapi kecepatan transmisi gambar akan bergantung pada infrastruktur yang digunakan, gambar yang ditransmisikan juga tidak real time (delai beberapa detik) karena gambar akan dikompress terlebih dahulu.

Perbedaan IP Camera dan Analog HD Camera

Baik kamera cctv dengan teknologi HD-TVI ,HD-CVI,AHD mampu mantransmisikan gambar dengan resolusi HD (720p hingga 4K) melalui kabel Coaxial (RG6 ,RG59) hingga 500Meter dan tanpa menggunakan kompressi sehingga gambar yang ditransmisikan Realtime dan tanpa Lagg/patah-patah atau delay.

Utuk IP kamera jangkauan nya tidak terbatas karena bisa dilewatkan menggunakan jalur internet tetapi gambar yang ditransmisikan dikompress sehungga akan mengakibatkan delay beberap a detik (tidak real time).

Fitur Kamera CCTV HD-CVI, HD-TVI dan AHD

Walau masih analog namun kamera CCTV sekarang sudah mempunyai resolusi HD sehingga gambar lebih jernih,gunakan kamera HD dibanding kamera TVL/CVBS karena kamu akan mendapat keuntungan seperti dibawah ini:

  • Semuanya menggunakan media kabel coaxial sehingga untuk upgrade ke jenis kamera ini (kamera dengan gambar yang lebih jelas) kamu tidak perlu membuat jaringan baru (cukup beli kamera dan DVR nya saja)
  • Proses Installasi,pengoperasian dan perawatan sama seperti kamera analog biasa .
  • Tidak ada delay atau lag seperti jika menggunakan IP Camera
  • Gambar lebih jelas karena sudah beresolusi HD (minimal 720p)

Bingung Memilih Merek dan Jenis Kamera?

Jangan tergiur dengan harga kamera cctv yang murah,tapi teliti spek dan teknologi yang dipakai sebelum kamu membelinya.

Selalu gunakan kamera cctv dengan merek dan tipe terbaik agar awet,disupport banyak tipe DVR dan menghasilkan gambar yang jernih.

kamu bisa mengikuti cara memilih merek dan tipe kamera CCTV terbaik yang cocok dengan kebutuhan mu saat ini.


Teknologi dan Jenis DVR CCTV

DVR atau Digital Video Recorder adalah perangkat elektronik yang berfungsi merekam video (CCTV,Siaran TV dll)  dalam format digital dengan menggunakan media penyimpan berupa HDD,SSD,SD,USB Flash Drive atau NAS.

Semua kamera CCTV yang terpasang akan mampir(dikoneksikan) dulu ke DVR ,DVR merupakan otak/pusat dari sistem CCTV(boleh juga disebut sebagai CPU/Komputer nya sistem CCTV)

Fungsi DVR CCTV

DVR berfungsi mebagai pengolah Informasi yang diterima dari kamera cctv dan sensor untuk disimpan pada storage (HDD,NAS atau Cloud) atau untuk diteruskan ke sistem monitoring secara digital ataupun analog.

Informasi yang telah tersimpan pada media storage/penyimpan bisa suatu saat diputar ulang untuk melihat kejadian yang telah berlalu.

Stand Alone DVR CCTV

Merupakan perangkat yang didesain hanya untuk merekam video( DVR) yang dapat bekerja secara independen tanpa harus dipasangkan/install pada perangkat lain (seperti komputer).

Perangkat DVR standalone ini biasanya berbentuk seperti DVD player dengan berbagai Port Video dibelakang nya.

Stand alone DVR dilengkapi dengan media storage berupa HDD /SSD dan bisa menggunakan NAS sebagai media storage nya.


Kelebihan Standalone DVR

  • Dirancang untuk bekerja 24/7 sehingga tahan akan kondisi buruk (Panas)
  • Harga Murah ,bentuk simple,portable dan mudah dalam penginstallan
  • Tidak perlu perawatan seperti Update dan mudah digunakan
  • Mudah untuk diganti /Upgrade dengan setting yang sederhana

Kekurangan Stand Alone DVR

  • Fitur Terbatas
  • Firmware Tidakbisa /Susah Diupdate
  • Jika ada bagian yang rusak, maka harus diganti secara keseluruhan
  • Masalah kompatibilitas dengan perangkat lain (susah diintegrasikan dengan teknologi lain)
  • Terbatas akan media storage, karena port yang disediakan terbatas

PCI/PCI-E Card DVR CCTV

Merupakan Perangkat DVR yang berbentuk PCI/PCIE-E Card dan tidak bisa bekerja sendiri dan harus dipasang/install pada komputer terlebih dahulu agar bisa bekerja.

PC card DVR

berbentuk seperti VGA card pada komputer, perlu installasi driver sebelum bisa digunakan.

Kelebihan PC Card DVR

  • Kaya akan fitur dan customisasi secara luas
  • Bisa untuk kamera dengan kabel coaxial dan IP camera
  • Dukungan Update cepat dari vendor
  • Kompatibilitas luas
  • Mudah untuk menambah kapasitas storage
  • Mudah untuk Upgrade

Kekurangan  PC Card DVR

  • Perlu perawatan extra (Jika kepanasan cepat rusak)
  • Perlu install driver dan konfogurasi yang agak rumit ketika install di PC
  • Rentan akan serangan malware (karena numpang di siste operasi PC)

Bingung Memilih DVR CCTV?

Memilih DVR yang tepat adalah bagian paling penting saat kamu akan memasang cctv baik untuk rumah atau kantor.

Ada banyak hal yang harus kamu perhatikan dan pertimbangkan selain harga yang murah,harga yang murah tidak akan memberikan solusi maslaah mu.

Baca panduan cara memilih DVR CCTV terbaik yang sesuai dengan kebutuhan mu saat ini dan beberapa tahun mendatang.


Komponen Pendukung CCTV

Selain komponen utama CCTV yaitu kamera untuk memantau dan DVR untuk merekam, masih ada beberapa komponen lain yang tak kalah penting nya dan diperlukan untuk membangun sistem cctv yang utuh.

Berikut komponen pendukung cctv serta teknologi yang digunakan dan bagaimana kamu harus memilihnya.

Hard Disk Drive(HDD) CCTV

Informasi kejadian yang diterima oleh DVR yang bersumber dari sensor dan kamera CCTV akan diolah dan disimpan dalam media penyimpan (Harddisk,NAS,Cloud)dengan format tertentu dengan tujuan agar nantinya kejadian lampau bisa diputar ulang dan dilihat sebagai bahan observasi.

Fungsi HDD Storage CCTV

Media penyimpan atau storage device yang bisa berupa HDD,SSD,NAS ataupun Cloud storage diperlukan oleh DVR untuk menyimpan informasi yang berasal dari kamera cctv dan sensor yang telah diproses.

Merek HDD Khusus CCTV

karena cctv berjalan 24/7 maka akan lebih baik jiga kita menggunakan perangkat media storage yang dirancang khusus untuk bekerja 24/7 khususnya cctv.

  • SEAGATE (skyhawk)
    seagate memberi nama produk khusus untuk cctv dengan nama skyhawk
  • Western Digital (WD Purple)
    Belilah WD Purple jika kamu ingin menggunakan harddisk merek ini untuk CCTV
  • Merek Lain 
    Silakan kunjugi official website untuk melihat hardisk survelliance series.

Kabel CCTV

Kabel RG59 sangat cocok untuk pembuatan jaringan CCTV karena kabel ini telah dilengkapi kabel power sehinggan pemasangan CCTV menjadi lebih mudah tanpa harus narik kabel listrik tersendiri untuk memberi daya kamera cctv.

Kabel RG59 cctv

Dengan menggunakan kabel RG59 maka pengelolaan dan pemberian daya bisa dilakukan terpusat menggunakan CCTV Camera Power Supply Box .

Power Supply CCTV

Jika kamu menggunakan kabel khusus untuk CCTV (RG-59) dimana telah disediakan kabel power, maka kamu bisa menggunakan power supply secara terpusat agar lebih mudah dalam pengelolaan dan perbaikan.

Fungsi utama power supply adalam memberi aliran listrik tegangan DC 12v untuk menghidupkan CCTV yang terpasang.Jadi kamu hanya perlu 1 power supply khusus CCTV untuk menyelakan 4 – 16 buah CCTV yang terpasang.

Baiknya  pemilihan jumlah Ampere pada power supply disesuaikan dengan jumlah CCTV yang akan dipasang dan  jangan sampai melebihi kapasitas power supply karena akan m enyebabkan power supply mati karena overload.

Power Supply CCTV

Untuk 16 kamrea CCTV cukup dengan pemberian Powersupply dengan arus 10Amps

Bingung Pilih HDD,Konektor,Kabel,Power Supply CCTV?

Saya selalu menekankan untuk memilih dan membeli barang terbaik agar cctv yang kamu pasang berjalan dengna lancar dan awet,percuma beli murahan tapi cepat rusak.

Kamu bisa mengikuti tips cara memilih hdd,konektor,kabel,dan power supply cctv terbaik yang telah saya buat untuk memudahkan mu memecahkan masalah ini.

KESIMPULAN

CCTV bukanlah sistem yang komplek,kamu bisa mempelajarinya secara otodidak hingga kamu mampu memasang dan setting cctv hingga online.

Selalu ingat,mengerti spek komponen cctv yang akan kamu beli dan pasang merupakan hal utama agar sistem cctv yang akan bangun berjalan sesuai ekspektasi.

Pembahasan Terkait
PENGERTIAN DAN FUNGSI KOMPONEN CCTV

Apa itu  CCTV (Closed Circuit Television) Closed-circuit television (CCTV) atau video surveillance adalah sebuah sistem pengawasan yang menggunakan kamera video Read more

Hikvision DVR dan NVR Secure Reset Code Generator

Code Embed: Cannot use CODE1 as a global code as it is being used to store 4 unique pieces of code in 4 posts

Hikvision DVR dan NVR Secure Code/Reset Code Generator Ini adalah tutorial lanjutan dari cara mereset password DVR dan NVR Read more
Cara Melihat CCTV Dari PC,Laptop dan HP

Melihat CCTV dari Komputer dan HP Setelah kamu selesai memasang cctv,kamu bisa mengakses,melihat dan memonitor CCTV yang terpasang di rumah,kantor,sekolah,gudang,pabrik,dll Read more

Cara Menyambungkan CCTV ke HP & Komputer via Internet

Mau Memantau CCTV Lewat Internet? CCTV jaman now sudah online dan bisa dilihat dari HP(android,iOS) atau komputer (PC,laptop) menggunakan jaringan Read more

Halloo, Saya Arie

Saya orang biasa seperti mu, Saya suka sekali membantu orang-orang untuk belajar. Itulah sebabnya saya membuat website ini untuk membantu orang lain sepertimu agar lebih cepat dan mudah ketika belajar di internet.

Satu tanggapan pada “Belajar CCTV |Sejarah,Fungsi,Jenis,dan Komponen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas