Memonitor CCTV dari Komputer dan HP Menggunakan Jaringan Lokal

Kamu bisa mengakses dan memonitor CCTV yang terpasang di rumah/perusahaan mu dari ruangan manapun menggunakan jaringan LAN,bandwodth lokal (bukan internet)yang terpakai untuk memonitor secara remot tidak lebih dari 5Mbps.

Kamu akan memerlukan aplikasi CMS (Camera Management system)/VMS (Video Management system) yang harus diisntall di komputer atau HP agar bisa melihat/monitor CCTV menggunakan komputer dan HP.Aplikasi ini bisa kamu download di playstore dan website official vendor DVR.

Memberikan IP Address pada perangkat DVR CCTV

Kamu harus sudah memberi IP address pada DVR yang ingin kamu remote,jika belum kamu bisa mengikuti panduan cara akases dan setting DVR CCTV via local dan remote.

Saya sangat menyarankan untuk memberikan IP static pada DVR agar mudah dikeloa (IP tidak akan ganti walau perangkat direstart),Jika ada DHCP server di jaringan mu maka gunakan range IP yang tidak dimasukan pada DHCP server agar tidak terjadi bentrok dengan komputer/perangkat yang menggunakan DHCP server.
CONTOH- misalnya pada network 192.168.1.0/24  alokasi IP DHCP 192.168.1.2-192.168.1.100 ,maka gunakan ip 192.168.1.101 -192.168.1.254 untuk IP static DVR mu agar tidak bentrok dengan IP DHCP.
Setting IP DVR CCTV

Cek koneksi DVR CCTV Dengan Perangkat Client (HP/Komputer)

Cara termudah untuk mengecek apakah DVR CCTV yang akan kamu remote view dalam jangkauan (reachable) yaitu dengan menggunakan command promt lalu ketikan perintah ping diikuti dengan IP DVR misalnya ping 192.168.77.8.
Jika reply maka komputer dan DVR mu dalam jangkauan dan bisa saling berkomunikasi,tapi jika time out coba cek IP yang kamu berikan ke DVR apakah sudah betul.
cek koneksi dvr cctv dengan komputer menggunakan ping

Jika kamu menggunakan HP kamu bisa mengeceknya dengan mengetikan IP DVR pada web browser(chrome dll),jika muncul login screen DVR CCTV berarti HP dan DVR berada dalam jangkauan jaringan dan bisa saling berkomunikasi.
cek koneksi dvr cctv pada hp menggunakan web browser

Menginstall Aplikasi CMS/VMS Dari Vendor DVR CCTV

Setiap vendor DVR CCTV biasanya telah menyediakan aplikasi CMS/VMS untuk PC yang bisa kamu download di website resmi sedangkan untuk aplikasi untuk HP android bisa kamu download di playstore.
download aplikasi CMS/VMS di website resmi agar bisa melihat CCTV dari komputer

Setting Komputer dan HP Untuk Melihat/Monitor CCTV Secara Remote

Setelah selesai melakukan pengecekan jaringan dengan hasil komputer/HP mu dapat menjangkau DVR CCTV dan aplikasi CMS/VMS terinstall maka kamu sudah bisa mulai setting aplikasimu untuk mengakses DVR CCTV.

Cek terlebih dahulu port yang digunakan untuk remote access dengan aplikasi CMS pada menu network>port,pada contoh adalah port 8000
cara mengecek port yang digunakan pada DVR

Setting Komputer/PC untuk Memonitor/Melihat CCTV

1. Menambahkan DVR pada aplikasi CMS/VMS- Caranya masuk ke menu Tool> device management> Server>encoding device>add device
menambahkan DVR pada aplikasi CMS/VMS
Pada bagian address dan port  isikan dengan IP DVR  mu dan port yang digunakan,isi juga username dan password dengan akun yang telah kamu siapkan.

TIPS!! Baiknya kamu membuat user pada DVR dengan hak akses terbatas (hanya bisa remote view dan playback) untuk menghindari sabotase yang kemungkinan dilakukan oleh pengawas CCTV.

2.Pada menu main view harusnya kamu sudah menemukan nama group sesuai dengan yang kamu buat sebelum nya saat menambahkan DVR,tinggal drag dan drop ke window sebelah kanan untuk melihat live stream CCTV dari DVR.
melihat CCTV dari komputer mennggunakan aplikasi CMS/VMS dan jaringan LAN

Setting HP Android untuk Memonitor/Melihat CCTV

Kamu bisa download aplikasi android di playstore dengan mengetikan merek DVR yang kamu miliki di kotak pencarian untuk menemukan aplikasi CMS/VMS yang mendukung DVR mu.

setting DVR CCTV mengugnakan HP android

Setelah DVR CCTV berhasil di tambahkan maka tinggal tap pada list DVR dan tap Live View untuk melihat DVR secara remote menggunakan HP Android
Melihat CCTV menggunakan aplikasi di HP android

KESIMPULAN

Dengan memanfaatkan fitur remote monitoring pada sistem CCTV menggunakan PC/komputer dan HP akan memudahkan(flexible) saat penentuan ruangan untuk pusat pengawasan CCTV dan penempatan perangkat DVR.Dengan memberi akses secara remote akan meminimalisir sabotase terhadap mesin DVR CCTV karena penempatan DVR bisa terpisah dengan ruangan pengawasan CCTV.