Pengertian ,Fungsi dan Jenis Layanan Hosting

pengertian fungsi dan jenis hosing

Apa itu Hosting dan kenapa Kita perlu Hosting?

Pengertian web hosting- Layanan web hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS

Asal muasal Hosting-Ketika kita mengakses suatu informasi di internet sebenarnya kita meminta informasi tersebut ke sebuah mesin yang telah terinstall aplikasi server, Aplikasi server ini hidup,berjalan dan bekerja disebuah mesin yang dijadikan inang (Host). Dikatakan Host karena mesin ini berfungsi sebagai tempat hidup dan meletakan data pendukung dari aplikasi server tersebut agar bisa berjalan/hidup/bekerja. Perlu diketahui untuk membuat sebuah server yang hidup 24/7 membutuhkan biaya yang sangat mahal dan memerlukan tenaga ahli pula.
Layanan Sewa Hosting-Jadi kalau kita ingin membuat sebuah website, kita perlu sebuah Host yang terinstall server yang berjalan nonStop 24/7 untuk melayani visitor website kita.Tapi kamu tak usa kuatir karena sekelompok orang atau perusahaan telah membuat solusi dengan menyediakan Jasa Sewa Hosting,agar semua orang bisa mempunyai komputer server yang hidup 24/7 dengan harga murah .

Jenis layanan Hosting

Jenis Hosting- Karena perkembangan zaman ,layanan hosting tidak hanya terpaku pada web hosting saja, melainkan hosting-hosting lain yang spec dan konfigurasi mesin yang disewakan telah disetting dan disesuaikan dengan fungsi dan kekebutuhan yang spesifik. Berikut beberapa Jenis layanan hosting yang umum :

1.Web Hosting & Domain 
Layanan hosting ini spesifik dibuat hanya untuk orang yang ingin membangun sebuah website yang sepenuhnya bisa dimanage dan cuztomize sendiri mulai dari CMS , Domain,pengelolaan content,maintenance dll.Dengan menggunakan Hosting sendiri kita memegang kontrol akan content yang kita buat (100% bebas dengan rule sendiri), berbeda jika kita membuat content pada penyedia layanan blog yang gratis (misal blogspot,wordpress)dan numpang yang harus mengikuti rule yang dibuat dan jika tidak patuh maka content yang kita buat bisa dihapus oleh mereka.Web Hosting berfungsi untuk meletakan file komponen pembetuk website  mulai dari file CMS,Gambar,Database dll . File-file yang diletakan di webhosting inilah yang nantinya akan diakses oleh visitor melalui layanan web service (apache web server) dan ditampilkan di browser visitor sebagai satu kesatuan utuh yang disebut website ^_^.

2.CDN (Content Delivery Network)Hosting
Hosting jenis ini hanya menyediakan layanan/tool untuk mengoptimasi website yang kita kelola dengan mengintegrasikan website kita  ke jaringan reverse proxy yang telah disediakan oleh CDN Provider. Selain mengoptimalkan kecepatan loading website dimanapun CDN juga menawarkan proteksi untuk pengguna layanan nya dengan meyembunyikan Source asli website pengguna CDN .
diagram cara kerja CDN Network hosting seperti cloudflare
-Contoh CDN hosting -yang terkenal diantaranya: Cloudflare,Amazon Cloud Front,MaxDCN,Rackspace Cloud Files,dll.

3.VPN Hosting
VPN atau Virtual Private NEtwork Hosting merupakan layanan hosting yang spesifik menyediakan Jaringan private yang fungsi utamanya adalah untuk melindungi trafik data pengguna ,privacy dan anti blocking saat pengguna menggunakan /terkonek ke VPN Server. Terkonek langsung ke internet  lebih rentan akan tindakan penyadapan transmisi data oleh pihak ISP atau bahkan hacker, ISP akan tau statistik  website-website yang sering kita kunjungi kebiasaan berinternet kita dll, yang biasnaya akan digunakan untuk dasar penawaran produk ke kita. Jika kamu peduli akan keamanan dan privacy saya rekomendasikan menggunakan VPN untuk mengakses internet.
diagram cara kerja VPN hosting
– Contoh VPN Hosting – Vendor antivirus biasanya menyediakan layanan VPN ( seperti kaspersky,norton,avira),HideMyAss,CyberGhost VPN,NordVPN,pureVPN,ExpressVPN,Ivacy,IPVanish,privatetunnel dll.

4.VPS Hosting
Jika pada jenis hosting yang lain kita hanya diberikan akses hanya ke service tertentu dan tidak memegang kendali atas mesin yang kita  sewa , dengan VPS hosting kita 100% diberi kendali atas komputer yang kita sewa.
Mudahnya gini : kalau VPS kita diberi rumah ,jadi serah-serah rumah itu mau kamu apain, kalau Hosting biasa kmu ibaratnya cuman sewa kamar saja dan tidak punya akses ke kamar lain dan tidak bisa mengontrol rumah dimana kamar mu berada.
VPS biasanya diperlukan oleh orang yang ingin membangun server dengan full customize ,dimana komponen pembentuk server bisa dipilih dan ditentukan sendiri yang tidak ada pada shared hosting. VPS hosting mempunyai harga paling mahal diantara hosting lain nya karena kamu benar-benar diberi akses ke sebuah komputer server dengan kontrol 100%.
Hosting VPS Linux dan Windows
-Contoh VPS Hosting- antara lain : Niaga Hoster ,Hostinger,Godaddy,Hostgator,Rumahweb dll

5.Cloud Storage Hosting
Seperti namanya,hosting ini menyediakan sewa space memory /hardisk online dimana kita bisa membeli space sesuai ukuran yang disediakan . Kelebihan hosting ini adalah data yang kita simpan di cloud storage bisa kita akses dari platform mana saja misal Website,Tablet,Smartphone,Komputer . Penggunaan cloud storage akan memudahkan pekerjaan dalam sebuah team yang terpisah secara geografis karena file akan mudah diorganisir  dalam satu tempat .
contoh layanan cloud storage hosting
-Contoh Cloud Storage Hosting – diantaranya : Google Drive ,Drop Box ,dream host ,rackspace dll

6.Image Hosting
Image hosting spesifik didesain hanya untuk menampung file dalam jenis image /gambar . dengan  menggunakan image hosting sendiri kamu  bisa mengontrol content image yang kamu pakai dalam sebuah blog atau website /Forum.

– Contoh Image Hosting – diantaranya : imgBB,tinypic,imageshack,imgup,ctrlq,imgur,flickr,dll.

KESIMPULAN:

Layanan hosting pada dasarnya merupakan jasa penyewaan server yang online 24/7 sebagai  tempat untuk menyimpan data (file,dokumen,gambar,dll) agar bisa diakses menggunakan jaringan internet,termasuk data pendukung website saat kamu membuat website sendiri.
Di indonesia telah banyak tersedia layanan hosting,baik webhosting ataupun VPS yang bisa kamu sewa dan gunakan dengan lebih mudah karena menggunakan rupiah sebagai pembayaran ketimbang order hosting di luar negri yang menggunakan dolar.