Pengertian VPN ,Jenis,Manfaat dan Cara kerja VPN

 

VPN Berbeda Dengan Tunneling

Bagi orang awam akan mengira VPN sama saja dengan tunneling ini disebabkan karena perbedaan yang tipis antara VPN dan tunneling.

Yang paling membedakan antara tunneling dengan VPN adalah kemampuan untuk mengakses resource yang berada di jaringan lokal server berada.

Dimana pada koneksi VPN komputermu akan mendapat IP lokal dari server VPN dan mendapat perlakuan serta hak akses yang sama dengan komputer lokal dimana server VPN mu berada,.

Sedangkan pada tunneling komputermu tidak mendapat IP lokal dari server tunnelmu, kamu hanya bisa memanfaatkan tunnel/jalur/port yang terbentuk antara tunnel server dan komputermu.

Pengertian Tunneling 

Tunneling adalah suatu teknologi yang digunakan untuk membuat sambungan/koneksi  private  Point to Point melalui jaringan internet/public sehingga paket data yang diantar bebas gangguan/lebih aman.

Disebut tunnel karena koneksi point-to-point tersebut sebenarnya terbentuk dengan melintasi jaringan umum (Internet), namun koneksi tersebut tidak memperdulikan paket-paket data milik orang lain yang sama-sama melintasi jaringan umum tersebut, tetapi koneksi tersebut hanya melayani transportasi data dari koneksi point to point tersebut.

Saat kamu menggunakan tunneling komputermu tidak akan bergabung kedalam jaringan lokal server tunnel mu berada,berbeda dengan VPN yang akan membuat komputermu bergabung dengan jaringan lokal server VPN mu berada.

Ilustrasi Cara Kerja Tunneling 

ilustrasi cara kerja SSH tunnel

Penjelasan secara mudahnya adalah, komputer yang kita gunakan disambungkan dengan komputer lain melalui jalur internet .

Sehingga antara komputer yang kita gunakan dan komputer lain diujung sana bisa saling berkomunikasi, dan seolah olah kita sedang  ngeremot komputer diujung sana.

Jika tunnel ini kita gunakan untuk browsing, komputer kita tidak langsung mengirim paket data ke server yg kita tuju,tetapi mampir dulu ke komputer yang kita tunnel tadi ,baru dari komputer itu menghubungi server (misal google.com) tujuan untuk mengirimkan data yg kita kirim lewat komputer asli kita.

Paket yg dikirim dari server (misal google/com) akan dikirim ke komputer kita melalui jalur tunnel tadi.

Macam -Macam Teknologi  Tunneling 

Walau serupa,namun tak sama,karena semua yang dibuat di dunia ini memiliki fungsi dan tujuan nya masing-masing.Dibuat khusus sesuai tugas dan fungsinya agar bekerja secara maksimal

  • Proxy
    menggunakan proxy-server

    Anonymouse Proxy-Adalah proxy yang diletakan di internet dan difungsikan sebagai out node ketika kita sedang berinternet dengan tujuan untuk menyembunyikan IP asli kita ketika menggunakan internet (proxy bertindak seperti tameng,kita berada dibalik tameng dan gak kliatan)
    Tradisional Proxy Server-Adalah proxy server yang diletakan didalam jaringan private yang dimaksudkan untuk meringankan beban jaringan ke internet dan mempercepat akses ke konten di internet. Kenapa bisa lebih cepat? karena proxy disini melakukan cache terhadap content,ketika browser melakukan request halaman web,proxy server akan mengecek apakah ada di cache proxy atau tidak,jika iya maka akan diberikan content dari cache.efek menggunakan proxy jenis ini akan terasa ketika jaringan local cukup besar.seperti kantor atau warnet dengan banyak user.

  • SSH tunnel
    SSH tunnel boleh dikatakan per application vpn  karena,tunneling hanya memforward paket khusus dari aplikasi tertentu yang kita tentukan. Dan SSH tunneling lebih telihat seperti kita meremot komputer server SSH sebagai titik keluar ke internet. Data dari internet  akan masuk ke SSH server dan diforward ke komputer kita melalui tunnel antara komputer kita dan SSH server.

  • VPN
    Sesuai namanya,VPN (Virtual Private network) jika komputer kita terkoneksi ke jaringan VPN maka,komputer kita akan menjadi baagian dari jaringan VPN tersebut.tentu saja komputer kita akan mendapat IP baru sesuai konfigurasi dari Jaringan VPN tersebut. Beda sekali dengan SSH tunnel,dimana hanya paket dan apliaksi yang dipilih saja yang diforward melalui tunnel. VPN akan memforward semua paket  dari komputer kita melalui tunnel yang terbentuk.

Pengertian VPN  dan cara kerjanya 

VPN merupakan kependekan dari Virtual Private Network, yaitu sebuah teknologi yang memungkinkan komputer untuk terkoneksi ke jaringan private (Lokal) menggunakan jaringan public (Internet).

Dengan teknologi VPN komputer yang berada sangat jauh diluar jangkauan jaringan lokal bisa bergabung/join ke jaringan lokal menggunakan jaringan internet /

Komputer yang menggunakan VPN akan mendapatkan IP lokal dan diperlakukan sama serta mendapat hak akses yang sama dengan komputer lokal di jaringan tersebut.

VPN Bekerja Dengan Aman di jaringan public (internet)
Jaringan bersifat virtual – Keberadaan jaringan real nya susah untuk ditelusuri,karena kita numpang jaringan internet yang ada untuk membuat jaringan kita sendiri.


Jaringan bersifat private – Dimana tidak semua orang bisa mengaksesnya. Data yang dikirimkan terenkripsi sehingga tetap rahasia meskipun melalui jaringan publik. Jadi singkatnya VPN adalah menghubungkan 2 jaringan private (Local) atau lebih dengan menggunakan/melalui  jalur public (Internet) dengan membuat jaringan virtual.

Manfaat Menggunakan VPN 

Dalam prakteknya, VPN atau tunnel digunakan untuk tujuan yang bermacam-macam, sesuai perkembangan zaman dan perkembangan teknologi. Tetapi pada umumnya VPN tunnel dipakai untuk tujuan sebagai berikut :

  • Mengamankan komunikasi data pada saat menggunakan jaringan public / public wifi.
    Jika kamu sering menggunakan public wifi untuk mengakses informasi finansial seperti perbankan ,online
    mengamankan-paket-data
    payment processor atau   untuk mengakses data-data penting melalui internet, maka anda perlu mempertimbangkan aspek keamanan akses data yang anda lakukan. Karena, public wifi sangat rawan akan penyadapan dan hacking.
  • Mengakses jaringan kantor dari manapun menggunakan internet.
    Biasaya jaringan local intranet suatu perusahaan akan dipisah  dengan jaringan public (internet) oleh firewall untuk alasan keamanan tentunya.Sehingga, jaringan local suatu perusahaan tidak bisa diakses dari jaringan internet. kadang IT admin atau Karyawan perlu mengakses resource yang ada di jaringan local dari rumah menggunakan internet,dengan tujuan untuk menyelesaikan tugas kantor. Dengan VPN tunnel, komputer kita seolah-olah berada di dalam jaringan local kantor tersebut. Sehingga,kita bisa mengakses semua resource yang ada di jaringan local tersebut.Seperti printer,server(web,mail,file,proxy,dll),mesin absensi,scanner dll.
  • Membuat jaringan antar cabang dengan biaya murah.
    Jika suatu perusahaan mempunyai cabang,dan cabang usaha tersebut terpisah cukup jauh secara geografis, akan memakan biaya yang sangat mahal jika harus membuat jaringan sendiri.Oleh karena itu,VPN menjadi alternatif  yang murah untuk menghubungkan jaringan antar cabang menggunakan jaringan yang sudah ada (Internet).
  • Menerobos Firewall (Bypass Blocking )
    menembus-firewall

    Kadang pemerintah atau kampus,bahkan perusahaan akan menerapkan firewall untuk membatasi akses internet,hal ini dilakukan dengan tujuan yang baik. Misal memblok situs berbau radikal dan pornografi,membatasi akses ke social media dll tergantung kebijakan pemerintah dalam membatasi informasi yang akan masuk melalui internet.
    Untuk gamers,VPN digunakan untuk menghilankan limitasi akses server yang membatasi player berdasarkan negara.
  • Mengurangi latency atau lag pada game online.
    game latency akan bergantung pada jarak fisik antara player dengan server,semakin jauh jarak yang ditempuh oleh paket data,akan semakin lama delay (latency) dalam game.Dengan VPN kita bisa memilih server VPN dengan jarak yang paling dekat dengan kita,tapi juga paling dekat dengan game server yang dimaksudkan akan memperbaiki routing paket,sehingga mengurangi latency.

Memilih VPN yang tepat

memilih-vpn-yang-tepat

VPN bisa mennjadi cara untuk mengamankan komunikasi di dunia internet,jika kita tepat dalam memilih server VPN.Kebanyakan orang akan memilih Free VPN atau VPN gratis, tapi kita perlu hati-hati karena bisa saja VPN gratis yang kita gunakan malah sebenarnya dibuat dengan tujuan untuk menyadap data pribadi kita.


Jika ingin benar-benar aman atau setidaknya aman, VPN Premium bisa menjadi pilihan.Menurut saya akan sepadan dengan keamanan yang kita dapat dengan mengeluarkan sedikit uang kita.
Jika ingin menggunakan VPN gratisan,perlu dilihat dulu review dari provider VPN melalui review komunitas yang memakainya. jangan asal memilih mentang-mentang gratis.Karena, internet seperti rimba,begitu luas dan banyak bahaya mengintai kita.

Pembahasan Terkait
Pengertian SubNetting Fungsi dan Cara Menghitung SubNet

Pengertian Subnetting (Membagi Jaringan) Subnetting merupakan tehnik membagi jaringan (network) menjadi beberapa sub jaringan (sub network) dengan jumlah anggota/host yang Read more

ip private dan ip public
Apa Itu IP PUBLIC ,IP PRIVATE Serta PERBEDAAN nya

Dalam jaringan komputer yang menggunakan protocol TCP/IP,IP digunakan oleh semua perangkat komputer yang menggunakan jaringan untuk saling berkomunikasi,IP untuk jaringan Read more

Pengertian TCP/IP
Memahami Pengertian,Fungsi dan Cara Kerja TCP/IP

Apa itu TCP/IP ? Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) protocol standar yang digunakan dalam proses tukar menukar data antar komputer Read more

pengertian firewall jenis dan fungsinya
Pengertian firewall ,jenis dan fungsi nya

A.Pengertian Firewall Sering mendengar istilah firewall? tapi gak tau apa itu firewall sebenarnya.jangan kuatir disini akan dikupas habis-habisan semua tentang Read more

Halloo, Saya Arie

Saya orang biasa seperti mu, Saya suka sekali membantu orang-orang untuk belajar. Itulah sebabnya saya membuat website ini untuk membantu orang lain sepertimu agar lebih cepat dan mudah ketika belajar di internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas