Photo of author

ditulis oleh: Arianto

Pengertian extensi file-Rahasia titik disetiap nama file

diperbaharui pada:

Mungkin kamu heran ketika melihat smua nama file diakhiri dengan titik dan akhiran yang rada aneh misal “pengertian file extensi.pdf” .pdf disini merupakan extensi dari nama dokumen/file tersebut . setiap aplikasi menyimpan file dengan extensi yang berbeda atau bahkan sama jika mengikuti standar. disini akan dijelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami apa sebenarnya akhiran disetiap nama file (file extensi) ,fungsi dari file extensi, dan kenapa file extensi berbeda beda.

Pengertian extensi file

pengertian Extensi file atau file extension adalah suffix atau akhiran dari nama file yang biasanya dipisahkan dengan period atau dot atau titik, yang menjelaskan jenis dan tipe file dari dokumen tersebut.
contoh :  namafile.extensi
gajiKaryawan.xlsx (.xlsx adalah extensi untuk Ms.Excel 2007 keatas.)

Fungsi extensi file

Setiap file di komputer diberikan suffix atau extensi sesuai dengan jenis dokumen dengan tujuan sebagai berikut:

  • Extensi file memudahkan  kita dalam mengenali jenis file

    Bayangkan jika setiap file tidak diberi extensi, kita akan sulit membedakan dan mengenali jenis dan tipe dari setiap dokumen.Dengan adanya extensi,kita akan sangat mudah mengenali jenis dan  tipe dokumen,jika ada file dengan akhiran,suffix,extensi .mp3  maka kita dengan cepat menyimpulkan jika file tersebut adalah file musik.

  • Extensi file digunakan sistem untuk menentukan program yang tepat untuk mengedit file.

    extensi file atau file extension digunakan oleh sistem sebagai pengenal tentang jenis file dan menentukan aplikasi untuk mengeditnya dengan tepat.Sebagai contoh,file dengan extensi .xlsx akan dibuka menggunakan aplikasi ms.office (excel).
    Jika kamu mengubah jenis extensi file ,tidak akan merubah type /format file dari dokumen tersebut.Hanya saja system akan salah mengenali jenis file dan akan salah menentukan program untuk mengeditnya.
    Oleh karena itu, file extensi untuk setiap jenis file akan berbeda karena file extensi adalah sebuah identitas atau pengenal agar sistem bisa mengelompokan dan mengelola file dengan benar,misalnya menunjukan atau merekomendasikan aplikasi untuk membuka file tersebut.

Cara menampilkan extensi file tau file extension.

Buka windows explorer dengan kombinasi tombol windows key+e key  pilih view > detail ,masih dimenu view pilih options, kemudian pindah ke tab view lalu buang centang “hide extension for known file type” lalu pilih oke .

tapi ingat  ya,setelah extensi file ditampilkan,ketika kamu nge rename subuah file harap berhati-hati. jangan sampai extensi file nya ikut terhapus ,karena nanti sistem akan bingung dalam menentukan jenis file dan tidak menemukan program yang cocok untuk membukanya.

Jika tidak sengaja menghapusnya kamu bisa mengetikan extensi file secara manual dengan merename nya kembali. lalu tambahkan extensi file seperti sedia kala.

pengertian extensi file dan cara menampilkan extensi file

File dengan akhiran .exe  adalah file executable yang artinya file itu adalah file induk sebuah aplikasi.sedangkan file dll adalah file library atau penunjang dari file .exe ,file dll tidak bisa dijalankan langsung. Untuk file installer bisa berupa format .MSI atau .EXE

Malware komputer biasanya berformat exe,vbs,piff,cmd,com,scr. Jadi hati-hati kalau mau open file tapi mempunyai extensi file executable,karena bisa-bisa itu adalah jebakan batma ,tipuan pembuat virus,biar virus nya dijalanin korban (tehnik social engineering ).

Pembahasan Terkait
Perbedaan GPT dan MBR |Harus Pilih yang Mana?

Bingung Pilih MBR atau GPT ? Saat kamu membeli dan memasang media storage baru baik hdd,ssd,flashdisk,microsd,dll kamu akan dimint a Read more

memahami sistem operasi komputer
Pengertian Sistem Operasi Komputer|Fungsi dan Contoh

Pengertian Sistem Operasi Komputer Sistem Operasi komputer adalah aplikasi/software khusus yang berjalan saat komputer pertama kali dinyalakan yang menyediakan antarmuka/interface Read more

perbedaan BIOS dan UEFI
Perbedaan UEFI dan BIOS ,Harus Pilih yang Mana?

Bingung Pilih BIOS atau UEFI saat install Sistem Operasi? Jika kamu bingung karena gak tau perbedaan uefi dan bios serta Read more

teknologi virtualisasi pada modern komputer
Mengenal Teknologi Virtualisasi Pada Modern Komputer

Apa itu Server Virtualisation / Virtualisasi Server? virtualisasi merupakan pembagian server fisik menjadi beberapa virtual server yang lebih kecil dengan Read more

Satu pemikiran pada “Pengertian extensi file-Rahasia titik disetiap nama file”

Tinggalkan komentar