PENGERTIAN INTERNET & INTRANET|Sejarah,Cara Kerja ,Manfaat

pengertian internet ,intranet sejarah dan fungsinya

Pengertian Apa itu internet

Interconnection Network (Internet) adalah Sebuah jaringan komputer global yang memungkinkan semua komputer di dunia dapat saling berkomunikasi (bertukar data/informasi) menggunakan protocol TCP/IP sehingga dapat dimanfaatkan sebagai media informasi dan sarana komunikasi(dikutip dari wikipedia).

pengertian dan penjelasan internet global
Apa itu Internet?

Sedangkan jaringan internet adalah Banyak komputer didunia ini  yang saling terhubung dan saling berkomunikasi melalui media tertentu seperti kabel tembaga,serat optik, ataupun gelombang radio(wireless).

Pengertian Internet Secara Umum

Secara umum internet dapat dijabarkan sebagai jaringan komputer yang menghubungkan seluruh komputer di dunia dengan memanfaatkan sistem standar transmission control protocol/Internet Protocol (TCP/IP) sebagai protocol pertukaran paket data atau komunikasi.


Cara Kerja Internet

Internet merupakan jaringan komputer global yang menghubungkan komputer diseluruh dunia,jaringan ini berupa jaringan kabel,wireless atau gabungan dari keduanya.

Agar komputer dapat berkomunikasi maka diperlukan penanda khusus atau alamat unik di tiap komputer yang terhubung ke internet.

Alamat unik/Penanda khusus yang ada pada komputer yang terhubung ke internet disebut dengan IP Address,Alamat IP ini digunakan sebagai acuan untuk mengirim dan menerima paket data agar diterima di komputer yang tepat menggunakan protocol TCP/IP.

Bagaimana Jaringan Internet Terbentuk?

Jaringan besar internet tebentuk dari banyak jaringan besar,sedang dan kecil yang saling terhubung.Jaringan besar ini dikenal dengan Network Service Providers atau NSP.

Perusahaan besar NSP seperti UUNet, CerfNet, IBM, BBN Planet, SprintNet, PSINet,atau yang lain harus saling terhubung agar komputer client dibawahnya bisa saling berkomunikasi.

Setiap NSP harus terkoneksi ke 3 titik Network Access Points atau NAP,NAP memungkinkan paket data untuk dikirim dan diterima dari satu NSP ke NSP yang lain.

Antar NSP juga harus saling tekoneksi dengan Metropolitan Area Exchanges atau MAE,fungsi MAE sama dengan NAP bedanya hanya MAE dimiliki secara private.

Baik MAE ataupun NAP mempunyai fungsi yang sama yaitu sebagai titik pertemuan dan pertukaran data antar jaringan besar NSP,titik ini sering disebut Internet Exchange Points atau IX.

NSP juga menjual bandwidth dalam ukuran yang lebih kecil ke ISP atau layanan bandwidth yang lebih kecil sehingga kamu bisa menikmati internet dengan murah yang kamu beli dari ISP.

infrastruktur internet

Kenapa ada .com .net .id dan dot yang lain?

Komputer saling berkomunikasi menggunakan pengenal IP address,tapi bagaimana jika kamu sebagai manusia yang sulit mengingat nomer ingin mengakses situs tertentu seperti www.tembolok.id sedangkan kamu tidak tau IP address dari webserver yang digunakan?

Domain Name Service atau DNS adalah server yang tesebar di jaringan internet dan saling terhubung yang tugasnya untuk mencatat semua nama komputer sesuai dengan IP yang digunakan nya.

Nama komputer di internet harus mengikuti root domain yang terlah dipilih,misalnya .com, .edu, .net, .id atau dot yang lain.

domain hierarki

Saat kamu mengetik www.tembolok.id di browseermu maka otomatis browsermu akan menanyakan IP dari tembolok.id ke DNS serber dan menggunakan IP tersebut untuk proses komunikasi yaitu mendownload informasi yang tersedia di server.


Sejarah Internet Dunia

Dikutip dari wikipedia – Singkatnya  gagasan jaringan komputer berasal dari beberapa lembaga penelitian komputer di US ,UK dan prancis  pada tahun 1960an ,kemudian lembaga pertahanan US mendapat kontrak untuk membuat proyek ini.

Sejarah internet

Melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.

Awalnya Internet Hanya untuk Militer

Tujuan awal dibangunnya proyek ARPA adalah untuk keperluan militer.

Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Dahulu Internet Hanya Punya 4 Situs Website

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972.

Internet Mendunia Hingga Sekarang

Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.


Sejarah Internet Indonesia

Perkembangan internet di Indonesia dimulai pada awal tahun 1990-an,dulu internet di indonesia lebih dikenal dengan nama “paguyuban network”.

Disebut paguyuban karena pengembangnya dilandasi semangat kerjasama,kekeluargaan dan gotong rotong.Berbeda sekali saat mulai tahun 1988 dimana pengembangan internet di indonesia dilandasi kepentingan bisnis dan perdagangan jasa internet.

Awal Internet Indonesia

IP Public indonesia pertama didaftarkan pada 24 juni 1988 oleh tokoh besar pengembang internet indonesia legendaris yaitu RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo.

Nama tokoh-tokoh tersebut sangat legendaris diawal pengembangan internet indonesia yaitu pada tahun 1992 hingga 1994,masing-masing mengkontribusikan keahlian nya untuk membangun internet indonesia sehingga kamu bisa menikmati nya sekarang.

ISP Indonesia

Internet Service Provider(ISP) adalah perusahaan yang menyediakan jasa layanan internet,agar pelanggan nya bisa tersamnung ke internet malaui komputer ataupun gadget.

ISP indonesia pertama kali dibuat oleh Sanjaya pada tahun 1994 dengan nama IndoNet dan media sambungan yang digunakan pada saat itu adalah jaringna telefon dengan modem dialUp.

IndoNet berlokasi di daerah Rawamangun (komplek dosen UI) tepat dimana ayah sanjaya bekerja sebagai dosen UI.

Awalnya internet IndoNet digunakan untuk mengakses internet dengan memakai mode teks dengan shell account, browser lynx dan email client pine serta chatting dengan conference pada server AIX.

Pada tahun 1995 IndoNet mengantongi izin resmi ISP yang diperoleh dari pemerintah Indonesia melalui Departemen Pos Telekomunikasi.

Mulai tahun 1995 beberapa BBS indonesia menyediakan jasa akses telnet ke luar negri yang bisa diakses melalui browser lynx sehingga pengguna internet indonesia bisa terkoneksi ke luar negri juga.

Bulletin Board System(BBS) adalah semacam website dijaman dulu saat internet baru dikembangkan yang dimiliki secara private oleh komunitas atau perorangan dan perlu dial untuk mengaksesnya.

Setelah kamu berhasil dial ke BBS kamu bisa membaca dan berbagi text file,gambar,aplikasi atau ngobrol di forum.BBS dilindas oleh perkembangan internet dan sekarang digantikan oleh WWW yang menggunakan protocol HTTP.


6 Fakta Menarik Internet Yang Belum Kamu Ketahui

Sering pakai internet? tapi saya gak yakin kalau kamu sudah tau 6 fakta menarik tentang internet

1.Apa itu Jaringan Internet?

Pada Dasarnya Internet adalah intilah untuk  jaringan komputer  global yang menghubungkan semua perangkat komputer di dunia ini (server,komputer,laptop,smartphone,smartdevice)  di dunia ini sehingga antar perangkat komputer yang menggunakan standar (TCP/IP)bisa saling berkomunikasi.

Jaringan disini bisa berupa jaringan kabel (Wired) atau non kabel (Wireless) ,informasi yang kamu butuhkan disediakan oleh komputer yang bertindak sebagai server ,sedangkan komputer yang kamu gunakan untuk mengakses informasi bertindak sebagai client.

2.Bagaimana Cara Konek ke Internet ?

Untuk dapat konek ke internet dan mengakses informasi yang disediakan bebas di internet kamu perlu berlangganan internet ke jasa layanan internet (ISP) seperti Speedy,fastnet,firstmedia,indosat,telkomsel,axis,xl dan masih banyak lagi. tiap daerah biasanya mempunya ISP dengan nama yang berbeda.

3.Bagaimana Cara mencari Informasi di Internet?

Untuk menikmati content di internet yang sangat beragam kamu dituntut untuk aktif mencarinya,internet tidak seperti siaran TV,informasi di internet disediakan di jutaan website diselurh dunia. Bagaimana cara mencari informasi yang kamu perlukan ?

Kamu memerlukan mesin pencari yang cerdas seperti google untuk mencari informasi sesuai yang kamu inginkan,caranya ukup buka website www.google.com ,dan ketikan informasi yang pingin kamu cari di kotak p encarian,maka google akan memberikan daftar website yang menyediakan informaasi yang kamu inginkan.

4.Siapa Pemilik Internet?

jaringan internet tidak mutlak dimiliki oleh satu orang atau organisasi, karena internet berupa infrastruktur jaringan komputer yang dimiliki oleh berbagai perusahaan/kelompok yang saling bekerja sama untuk menyediakan layanan internet untuk pelanggan nya..

Perusahaan ini yang nantinya akan menyambungkan jaringan komputer yang telah dibuatnya dengan perusahaan lain dan begitu seterusnya hingga membantuk jaringan komputer sedunia yang selama ini kita gunakan yaitu INTERNET.

5.Seperti Apa Bentuk fisik Internet?

skema jaringan internet

Jaringan fisik internet secara sederhana hanya terdiri dari kabel ,non kabel (wireless radio) dan router.

Kabel digunakan untuk menghubungkan router antar kota,daerah,pulau, bahkan antar benua melewati jalur laut.

Router digunakan untuk mengatur lalulintas paket data yang melewati kabel  dan menunjukan kemana paket data harus diantar(seperti trafic light dan penunjuk jalan yang mengatur arus lalulintas). router biasanya diletakan disetiap percabangan jaringan.

6.Apakah Jalur Utama Internet Pakai Satelite?

Mungkin kalian  berfikir kalau jaringan internet menggunakan satelit sebagai jalur utama.Padahal Jaringan Utama (Backbone) Internet menggunakan Kabel Fibre Optic bawah laut untuk menghubungkan Jaringan iinternet antar Benua.

Kenapa gak pake satelite / Wireless ?

Karena menggunakan Wireless mempunyai banyak kelemahan jika dipakai untuk membawa beban jaringan yang cukup besar diantaranya:

  • Latency /Delay hampir 1 Detik 
    peta kabel fibre optic bawah laut
  • Interferensi
  • Rawan gangguan signal
  • Biaya Relatif Mahal
  • Kecepatan Terbatas

Referensi : Wikipedia Satelite Internet Access
Oleh karena itu digunakanlah Fibre Optic sebagai Jalur Utama Internet yang menghubungkan antar benua atau antar pulau bahkan menghubungkan antar tower seluler.

Adapun keunggulan Fibre Optic

  • Lebih Murah
  • Signal Loss Kecil
  • Membutuhkan Daya Kecil
  • Mampu membawa beban yang besar dengan fisik kabel yang tipis (mm)

Fungsi dan Manfaat internet

Internet merupakan jaringan virtual yang menghubungkan manusia di planet ini,dengan berbagai macam latarbelakang hobi,pengetahuan,pekerjaan,keahlian dll,menjadikan internet sebagai tempat ngumpul bagi berbagai macam komunitas, saling bertukar informasi dan pengetahuan.

Menjadikan dunia virtual ini (internet) sangat prospek untuk urusan bisnis dan menawarkan berbagai kemudahan dimana untuk mengaksesnya tidak terhalang jarak dan waktu.

Berikut pemanfaatan internet untuk tujuan kebaikan pada umumnya,karena ada juga orang jahat yang memanfaatkan internet untuk mencari korban nya seperti di dunia nyata.

1.Internet Sebagai Media Komunikasi

Internet digunakan sebagai sarana komunikasi oleh berbagai macam kalangan seperti chatting atau video call dengan keluarga atau teman.

Komunikasi disini tidak sekedar chating,email dan video call saja,tetapi bisa digunakan sebagai sarana berkumpul dan berbagi pendapat (Forum).

Internet juga digunakan oleh smart device untuk dapat berkomunikasi dengan smartphone/komputer kita ,misal mengakses system alaram rumah,cctv,laporan perusahaan dari jarak jauh .

Internet juga digunakan untuk membangun jaringan private(VPN) yang menghubungkan antar cabang perusahaan.

2.Internet untuk Bisnis

kegiatan bisnis dijaman ini sebagin besar menggunakan sarana internet untuk menjangkau pelanggan atau sarana promosi dan memberikan pelayanan lebih kepada konsumen nya misal nya online shop.

Dunia internet juga telah melahirkan banyak sekali provesi baru dan ladang bisnis untuk para ahli dibidang internet misalnya : jasa hosting,vps,vpn,social media,Jasa SEO ,Adds Publisher,Jasa reparasi komputer online,konsultan IT ,Web developer,web firewall service, game developer,online shop dan masih banyak lagi.

Sebagian besar aplikasi sekarang menggunakan internet sebagai jalur komunikasi data agar cakupan nya luas dan bisa diakses dimana saja(selama ada internet)

3.Internet Sebagai Gudang informasi

Dengan berjuta situs /web yang ada di internet dan menyediakan berbagai macam content informasi,internet menjadi perpustakaan virtual terbesar di planet ini.

Semua informasi dapat dicari dan diakses hanya dengan menekan tombol,dalam hitungan mili second informasi tersaji dilayar menjadikan internet sebaga tempat faforit mencari informasi bagi orang yang ingin belajar hal baru atau hanya untuk mengerjakan tugas sekolah /kuliah.

4.Internet Sebagai Sarana Hiburan

Dengan bandwidth yang cukup besar dan tehnik kompresi data yang
canggih,video dapat dialirkan melalui jaringan internet dengan kualitas tinggi dengan bandwidth yang tidak begitu besar.

Content video premium pun menggunakan jalur internet sebagai media pengantar ke pelanggan nya seperi NETFLIX yang dulunya hanya bisa dinikmati menggunakan kabel atau satelit dish .dengan internet pelanggan video premium ini menjadi tidak terbatas.

industri game pun berkembang dengan pesat,game dapat dimainkan melalui jaringan internet secara multi player secara masive dan membentuk komunitas penggemar game.


Pengertian Apa itu Intranet?

Intranet adalah jaringan komputer private atau LAN yang menggunakan IP private dan protocol TCP/IP sebagai protocol standar komunikasi antar komputer.

Secara default jaringan intranet tidak bisa mengakses internet dan diperlukan IP public dan perangkat NAT untuk memberi akses internet ke komputer dalam jaringan intranet .

Apa Manfaat Intranet?

Tidak seperti internet yang cakupan nya luas sehingga komputer yang ada di jaringan internet akan bisa diakses oleh siapapun di internet,jaringan intranet dibuat dengan tujuan sebaliknya.

  • Membuat jaringan yang terpisah dengan internet sehingga lebih aman dari dunia luar
  • Membagi sumberdaya komputer di suatu organisasi agar bisa dimanfaatkan oleh karyawan untuk bekerja.
  • Berbagi informasi dan data antar sesama karyawan dalam sebuah perusahaan.

Di perusahaan besar beberapa komputer di jaringan lokal/intranet diberi akses ke internet melalui gateway dan firewall yang didesain khusus untuk menyaring informasi yang masuk dan keluar untuk tujuan keamanan.

Apa perbedaan internet dengan Intranet?

Internet dan internet sama-sama menggunakan protokol TCP/IP untuk berkomunikasi,namun ada perbedaan yang menonjol antara keduanya

Internet

  • Cakupan jaringan nya meliputi seluruh dunia.
  • Menggunakan IP public
  • Harus berlangganan ke ISP agar terkoneksi ke jaringan internet.
  • Bisa mengakses informasi yang disediakan di komputer diseluruh dunia.

Intranet

  • Cakupan jaringan intranet hanya lokal ,sebatas lingkup perusahaan,sekolah,organisasi,rumah sakit.
  • Menggunakan IP private
  • Tidak perlu daftar/langganan karena jaringan nya dibuat sendiri.
  • Hanya bisa mengakses informasi yang disediakan di jaringan itu saja (lokal)

KESIMPULAN

Secara sederhana pengertian sejarah dan fungsi internet dijelaskan seperti diatas, penjelasan diatas hanya penjelasan secara umum,karena internet cakupan nya sangat luas dan cepat berkembang ,sehingga fungsi internet dapat berkembang seiring berkembang nya zaman.

Pembahasan Terkait
Pengertian SubNetting Fungsi dan Cara Menghitung SubNet

Pengertian Subnetting (Membagi Jaringan) Subnetting merupakan tehnik membagi jaringan (network) menjadi beberapa sub jaringan (sub network) dengan jumlah anggota/host yang Read more

ip private dan ip public
Apa Itu IP PUBLIC ,IP PRIVATE Serta PERBEDAAN nya

Dalam jaringan komputer yang menggunakan protocol TCP/IP,IP digunakan oleh semua perangkat komputer yang menggunakan jaringan untuk saling berkomunikasi,IP untuk jaringan Read more

Pengertian TCP/IP
Memahami Pengertian,Fungsi dan Cara Kerja TCP/IP

Apa itu TCP/IP ? Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) protocol standar yang digunakan dalam proses tukar menukar data antar komputer Read more

pengertian firewall jenis dan fungsinya
Pengertian firewall ,jenis dan fungsi nya

A.Pengertian Firewall Sering mendengar istilah firewall? tapi gak tau apa itu firewall sebenarnya.jangan kuatir disini akan dikupas habis-habisan semua tentang Read more

2 tanggapan pada “PENGERTIAN INTERNET & INTRANET|Sejarah,Cara Kerja ,Manfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas