Cara Memilih Nama Domain saat Membuat blog/website Sendiri 

cara memilih nama domain saat membuat blog/website sendiri

Ketika memilih dan menentukan sebuah nama domain saat kamu membuat blog/website hendaknya dipikirkan dulu dengan matang, beberapa hal berikut ini bisa membantumu menentukan nama domain yang sesui saat kamu membuat blog/website.

Apa itu Domain dan Kenapa Kamu Perlu Domain?

Domain merupakan nama dari website mu yang menjadi alamat untuk mengakses website mu (seperti tembolok.id , google.com ,youtube.com dll),nama inilah yang akan diingat pengunjung ketika akan mengunjungi website mu kembali. Mempunyai hosting belum cukup untuk membuat website mu bisa online dan diakses melalui jaringan internet, domain menjadi sebuah alamat yang akan menuntun mesin (router dan komputer) untuk bisa menemukan hosting mu dan mendistribusikan data/informasi yang kamu letakan di hosting mu kepada audience (netizen).

Domain secara teknis untuk memudahkan manusia dalam mengingat alamat suatu website karena ditulis dalam format human readable text, mesin DNS akan membalik dari domain ke IP Address yang akan digunakan mesin untuk saling berkomunikasi, Yap mesin berkomunikasi menggunakan IP sesuai standar protocol TCP/IP dan tidak bisa langsung menggunakan Domain sebelum Domian diterjemahkan kedalam IP  oleh DNS server.

Tips Memilih Nama Domain

Karena domain menjadi nama dan identitas dari website yang kamu punya dan kelola,maka pemilihan nama domain hendaknya disesuaikan dengan jenis content dan tujuan website dibuat. Secara simpel nya kamu bisa mengikuti pedoman umum seperti berikut :

Mudah Diingat- Ketika kamu menentukan sebuah nama untuk website mu hendaknya nama yang dipilih adalah nama yang familier, tidak lebay, dan yang paling penting adalah mudah diingat. Ketika nama domain yang kita pilih mudah diingat maka visitor dari website kita akan dengan mudah kembali dengan mengetikan langsung di address bar tanpa menggunakan mesin pancari atau ketika ingin merekomendasikan ke teman nya akan lebih mudah.

Lebay disini diartikan bahwa nama tidak terlalu panjang dan menggunakan penulisan yang normal. Misal versi lebay nya adalah chukur0nl1ne.com sedangkan versi yang mudah diingat dan tidak lebay adalah cukuronline.com

Relevan dengan content – Khusus untuk website dengan content satu jenis (biasanya website bisnis) hendaknya nama domain yang dipilih relevan dengan isi content, tetapi jika website dengan content yang bersifat general /bermacam-macam seperti blog maka nama domain bebas asal mudah diingat dan tidak lebay.

Identik- Walau pada dasarnya memang domain itu identik (tidak ada yang kembar) namun kemiripan bisa terjadi , usahakan jangan memilih domain dengan nama yang mirip atau plesetan, karena ini akan membingungkan pengunjung ketika ingin kembali ke website kita. Misalnya kita mmbuat domain g00gle.com dimana kita menggunakan angka nol pada huruf O ,ini tentu akan membuat bingung pengunjung dan mengira website yang dikunjunginya adalah google.com asli.

Tepat memilih TLD,Domain,Extension – Top Level Domain adalah segmen terakhir dari nama domain. Dikenal juga sebagai akhiran dari sebuah domain. Atau merupakan bagian yang mengikuti final ‘dot’ di URL website  yang kita pilih.Pengkategorian Top Level Domain bertujuan  untuk mengidentifikasi jenis dari website misalnya negara asal,organisasi pemilik situs dll .

Jenis dan Kegunaan Nama Domain berdasar Inisialnya

Saat kamu ingin menentukan nama domain ketika membuat blog/website maka akan banyak sekali pilihan domain yang tersedia,harganya pun bermacam-macam.Pada dasarnya domain dibuat seduai dengan segmen penggunaan dan pemilik website, namun di jaman ini kamu bebas menggunakan domain dengan akhiran apapun yang kamu anggap sesuai dengan idemu saat membuat blog/website sendiri.

untuk membantumu memilih nama domain sesuai dengan jenis blog/website saat membuat blog/website baiknya kamu lihat informasi berikut ini

Domain .COM- Domain .com awalnya ditujukan bagi situs-situs komersial. Sebab com sendiri sejarahnya merupakan kependekan dari Commercial. Namun seiring dengan tren yang berkembang, penggunaan .com telah bergeser menjadi sebuah ekstensi wajib yang harus dimiliki oleh bisnis,bahkan website-website pribadi/blog mengguakan domain .com.

Domain .NET- Domain .net digunakan untuk kepentingan jaringan bisnis, jaringan persaudaraan yang bersifat hi-tech sesuai dengan kepanjangannya sendiri, yaitu Network.

Domain .ORG- Domain .ORG digunakan untuk website berjenis organisasi atau website yang ditujkan untuk sebuah komunitas,karena .org merupakan kependekan dari organization.

Domain .INFO- Domain .info cocok untuk digunakan oleh website-website yang bersifat informatif.

Domain .BIZ- Domain .biz digunakan untuk website-website bisnis.Dahulu domain .biz diciptakan untuk memenuhi permintaan pasar bisnis yang melewatkan kesempatan untuk menggunakan nama domain .com. Sebab sesuai dengan pengucapannya sendiri yang membentuk kata Business.

Domain .US- Domain .us merupakan ccTLD (country code Top Level Domain) dari Amerika Serikat (United States). Namun sah-sah saja apabila kamu ingin menggunakan domain ini dan mengartikan us sebagai “kita/kami”. Contohnya: happiness.us, gladness.us.

Domain .ASIA- Domain .asia terwujud atas permintaan bisnis-bisnis di kawasan Asia-Pasifik. Sesuai namanya sendiri, maka domain ini dignakan untuk website-website yang ruang lingkupnya Asia-Pasifik. Atau boleh juga sekedar untuk menunjukkan jati diri sebagai orang Asia.

Domain .NAME- Domain .name sangat cocok digunakan untuk blog/website pribadi agar terasa lebih personal karena bisa menggunakan namamu sebagai inisial.Contohnya www.sujarwo.tejo

Domain .IN- Satu lagi ccTLD yang bebas dijualbelikan ke publik. Kali ini merupakan inisial dari negara India. Seiring dengan pergeseran bahasa Indonesia, dimana alih-alih menggunakan kata perintah “kan”, masyarakat kontemporer seringkali menggantinya dengan kata perintah “in” yang tidak baku. Maka ekstensi .in sangat cocok bila digunakan untuk bermain Domain Hack. Apalagi .in sendiri seringkali membentuk penutup-penutup dari kata-kata. Contohnya doma.in, orig.in, upinip.in, dlsb.

Domain .CO- Ada satu lagi ccTLD lainnya yang juga bebas dijualbelikan. Yaitu domain .co yang sebenarnya merupakan inisial dari negara Colombia. Ekstensi ini dianggap sebagai salah satu ekstensi yang sangat berpotensi untuk menyaingi popularitas .com. Terutama karena ekstensi ini lebih pendek 1 huruf dari .com.

Domain .ME- Domain .me bisa kamu gunakan untuk blog/website yang sesuai dengan ide kreatif mu domain ccTLD berasal dari negara Montenegro.

Domain .TV- Seperti namanya, domain .tv cocok di gunakan untuk situs-situs pertelevisian, video streaming, dlsb. Kalau domain .TV sendiri merupakan ccTLD dari negara Tuvalu.

Domain .BZ- Sama seperti .co yang diramalkan jadi calon pengganti .com, maka .bz adalah calon pengganti dari .biz. Ekstensi ini sendiri merupakan ccTLD dari negara Belize.

Domain .WS- Domain .ws bisa saja diinterpretasikan jadi ‘World Site’ atau ‘Web Site’ sehingga penggunaannya cocok bagi semua tujuan.

Domain .EU- Jika Asia punya .Asia, maka Uni Eropa punya .eu sebagai ccTLD nya. Domain ini lazim digunakan sebagai Domain Hack, terutama untuk bahasa-bahasa asing seperti Perancis, Jerman, yang seringkali menggabungkan 2 huruf vokal eu di kata-kata. Contohnya cordonbl.eu, pass.eu, monsi.eu, dsb.

Domain .MOBI- Domain .mobi basanya digunakan untuk versi Mobile dari sebuah website

Top Level Domain Indonesia

Indonesia mempunyai TLD (top level domain) yang penggunaan nya telah diatur oleh pemerintah dengan syarat menyertakan dokumen tertentu yang harus dipenuhi saat registrasi jika ingin menggnakan top level domain indonesia.

Domain .CO.ID– Domain .co.id dikhususkan untuk digunakan oleh perusahaan – perusahaan yang bisa menunjukkan bukti-bukti legalitas seperti SIUP atau NPWP ditambah Akta Notaris.

Domain .NET.ID- Domain .net.id juga dikhususkan untuk digunakan oleh perusahaan – perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi. Sebab untuk aktivasinya sendiri perlu prasyarat berupa Surat Izin Usaha Telekomunikasi (ISP, Telco, Seluler, VSAT, dsb)

Domain .AC.ID- Domain .ac.id / Academy Indonesia digunakanu ntuk kepentingan akademis setara perguruan tinggi / universitas.

Domain .SCH.ID- Domain .sch.id digunakan untuk kepentingan akademis, khususnya sekolahan.

Domain .OR.ID- Domain .or.id bisa digunakan oleh lembaga organisasi yang memenuhi persyaratan tertentu.

Domain .WEB.ID- Domain .web.id digunakan untuk Website personal. Persyaratan aktifasinya relatif cukup mudah. Pengguna cukup menunjukkan tanda bukti berupa KTP.

Domain .GO.ID- Domain .go.id digunakan untuk instansi pemerintah / Goverment Indonesia.

Domain .MIL.ID- Domain .mil.id atau Military Indonesia digunakan untuk instansi pemerintah yang bersifat militer.

Bagaimana? mudah bukan untuk menentukan nama domain yang cocok waktu kamu membuat blog/website sendiri.Setelah kamu paham cara memilih dan menentukan nama domain untuk blog/website maka kamu bisalanjut ke langkah selanjutnya untuk membuat blog/website sendiri