Pengertian TCP/IP dan cara komputer saling berkomunikasi

Pengertian TCP/IP

A. Pengertian TCP/IP

Secara teknis Pengertian TCP/IP adalah kependekan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol yang merupakan protocol standar untuk proses tukar menukar data antar komputer (Komunikasi) dalam jaringan internet.

TCP/IP mengatur standar bagaimana data bisa dikirim dan diterima antar komputer dengan menggunakan jaringan yang ada saat ini yaitu jaringan internet.

Penjelasan mudah nya-  TCP/IP adalah hanya sebuah aturan dan konsep bagaimana mengolah data dari komputer yang akan dikirim atau diterima oleh komputer menggunakan jaringan internet. Sebelum data dikirim/diterima harus melalui beberapa tahap dan proses secara hardware/software.

Contoh: agar komputer kita bisa terkoneksi ke internet,komputer kita secara fisik harus nyambung ke jaringan yang ada (misalnya disambung menggunakan kabel LAN /Wifi) ,nyambung aja gak cukup perangkat kita harus diberi IP Address baru secara virtual komputer bisa saling  berkomunikasi dengan perangkat lain di jaringan internet.

 Komputer bisa berkomunikasi satu sama lain

Komputer dapat berkomunikasi satu sama lain menggunakan  jaringan internet jika komputer tersebut mengikuti jalur komununikasi standar yang ditetapkan, Dalam hal ini adalah TCP/IP yang digunakan sebagai standar protocol pertukaran data dalam jaringan global internet. komunikasi dalam dunia komputer diartikan sebagai proses downlad (menerima) dan upload (mengirim) data. atau sering kita sebut komputer sudah bisa konek,kalau sudah konek berarti komputer (pc,laptop,smartphone,smartdevice) sudah bisa melakukan proses komunikasi (kirim dan terima data)

Paket data-data yang dikirim melalui jaringan disebut sebagai paket, ya seperti paket dalam dunia nyata dimana paket harus diberi label dan diproses oleh masing masing bagian/divisi agar paket dapat sampai di tujuan dengan selamat dan tidak nyasar. jika paket berukuran gede maka perlu di pecah agar muat sesuai ukuran jalan yang akan dilalui,setiap pecahan harus diberi label  agar nantinya gampang disatukan lagi. TCP/IP dirancang dengan tujuan persis seperti ini.

 

B. TCP/IP Protocol Suite

TCP/IP merupakan protocl suit (Banyak bagian) yang bekerja dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing sebagai satu kesatuan .

Pengertian protocol

Protocol disini diartikan sebagai Tugas, tanggung jawab dan prosedur yang harus dilakukan agar antar komputer dapat saling berkomunikasi. TCP/IP akan dibagi menjadi beberapa divisi/bagian/layer/ untuk melakukan proses dan tugasnya secara spesifik untuk memproses data yang akan dikirim dan diterima perangkat komputer melalui media kabel (wired) atau non kabel (Wireless).

Pembagian Tugas TCP/IP (Protocol Layer)

TCP/IP dibagi menjadi beberapa divisi/layer/modul dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk mengolah data yang diterima/ yang akan dikirm. berdasar standar  TCP/IP dibagi menjadi 4 Layer utama yaitu : Application Layer ,Transport Layer ,Internet Layer/Network layer ,Network interface Layer/psical layer. dalam standar OSI dibagi secara detail menjadi 7 sub layer seperti gambar dibawah ini

OSI-DARPA-TCP

  1. Application Layer

    ini adalah layer/divisi/bagian paling teratas dalam sistem TCP/IP ,dibagian ini berisi aplikasi  atau process yang biasa kita gunakan sehari hari untuk bekerja dan bermain komputer, dimana aplikasi yang kita gunakan akan memilih protocol untuk mengirim dan menerima data, misalnya untuk browsing dan download aplikasi web browser akan memilih protocol HTTP . untuk mengupload file ke server,aplikasi FTP akan memilih protocol FTP untuk mengirim file.
    aplikasi akan memilih jenis protocol untuk mengirim dan menerima data, setelah aplikasi menentukan protocol yang akan digunakan maka aplikasi akan menyerahkan proses berikutnya ke layer/divisi dibawah nya yaitu transport layer untuk memulai proses pengiriman data.

  2. Transport Layer/Host to Host

    Divisi ini bertugas untuk menerima data dari layer diatasnya yaitu application layer, dan menentukan jenis protocol yang akan digunakan untuk pengiriman data, 2 protocol yang umum digunakan adalah UDP (User Datagram Protocol) dan TCP(Transmission Control Protocol) IP-stack-connections

    TCP- digunakan untuk mengirim data dengan prioritas keutuhan data, dimana data yang dikirim dan diterima sama peris atau jaminan 100% bagian pecahan data yang dikirim akan benar-benar utuh. karena jika sampai data hilang 1bit saja,file akan rusak dan tidak berguna, seperti ketika melakukan pengiriman file aplikasi maka dipilih protocol TCP untuk memastikan file tidak korup ketika dikirim melalui jalur internet.
    karene menggunakan tingkat validasi yang tinggi untuk memastikan data telah diterima dan jika tidak diterima makan akan dikirim ulang menjadikan protocol jenis ini agak lambat karena harus bekerja extra.

    UDP- protocol ini mengabaikan keutuhan data yang dikirim dan diterima, tugasnyahanya mengirim data tanpa peduli apakah data diterima dengan utuh atau tidak.ptotocol ini sangat cepat dalam mengrim data karena seperti orang asal lempar barang saja tanpa peduli barang sampai /tidak. penggunaan protocol ini dikhususkkan untuk mentransfer data/informasi dengan target data tersaji secara real time dan tanpa delay. misalnya game online, streaming (radio streaming /video streaming) , jenis data video/audio /game online hanya akan lag/ glitch saja dan tidak ada istilah korup. karena memang yang diperluakan adalah real time.

    Di layer ini koneksi antara 2 komputer terbentuk secara virtual dan terjadi proses kirim dan menerima data.(seperti kita mengirimkan paket ke seseorang menggunakan jasa kirim seperti JNE)

  3. Network Layer/Internetwork Layer

    layer/divisi ini yang sering kita sebut internet layer, karena paket dikirim ke tujuan berdasar IP Address yang terpasang pada setiap komputer yang terkoneksi ke jaringan. di layer ini data yang besar yang berasal dari layer diatasnya akan dipecah dan disesuaikan ukurannya sesuai media yang akan dilaluinya.

    data yang besar yang telah dipecah menjadi paket data lebih kecil/frame akan dibungkus (enkapsulasi) dan diberi label asal dan tujuan dari paket, layer/divisi ini bertanggaung jawab atas routing(menentukan tujuan dan jalur) paket yang akan dikirim.

  4. Network Interface Layer

    atau bisa disebut juga hardaware yang digunakan untuk mentransmisikan signal(ethernet). Dilayer ini hardware dan driver bekerja untuk mengubah logical data menjadi signal yang ditransmisikan melalui media kabel tembaga/fibre optic atau mengubahnya menjadi signal radio secara wireless.

Penting:
Tiap divisi juga mempunyai tugas kebalikan dari yang disebutkan diatas ketika tiap layer/divisi menerima paket data.Tiap layer akan bekerja sesuai tugas dan tanggung jawabnya. misal menterjemahkan signal kedalam logical data dan menerima paket jika memang paket ditujukan untuk nya dan merangkai pecahan paket kembali untuk diberikan ke layer diatasnya hingga akhirnya sampai ke layer yang dituju.

 

C. Cara kerja protocol TCP/IP

Setelah komputer dibuat dan mengikuti standar yang ditetapkan, diberi network interface dan komputer terhubung ke jaringan yang ada, maka komputer dapat berkomunikasi satu dengan yang lain, komputer dapat berkomunikasi dengan banyak komputer di jaringan dalam satu waktu. komunikasi yang dimaksud  disini adalah menerima dan mengirim data.

  1. Data dipecah menjadi paket kecil- dengan tujuan agar bisa ditransmisikan melalui media dan protocol yang sesuai,setiap paket data diberi label  dan tujuan paket dikirim.
  2. paket-paket akan melewati router didalam jaringan internet, router bertugas untuk mengantar dan menentukan rute dari paket yang dikirimkan nya. didalam jaringan yang cukup besar paket-paket akan melewati puluhan bahkan ratusan router, setiap router hanya mengantarkan paket ke ruter terdekat sambil dicarikan jalan/ ruter yang pas.
  3. Ketika paket sampai pada tujuan,protocol TCP/IP akan bertugas sesuai tugas di divisi/layer masing2-masing. dimulai dari layer paling bawah yang menterjemahkan signal/isyarat menjadi logical data dan diteruskan ke layer diatasnya  untuk memastian apakah paket data sudah diterima  apa belum disesuaikan dengan pemilihan protocol TCP/UDP , jika protocol nya TCP maka jika ada bagian paket dari data yang hilang maka akan meminta untuk dikirim ulang. paket data akan dirakit dan disusun seperti bentuk aslinya dan diteruskan ke layer diatasnya hingga berbentuk file seperti aslinya ketika dikirim.

D. Pengertian IP dan IP address

Ip addressIP adalah Internet Protocol yang merupakan layer 2 dalam model TCP/IP sedangkan IP address adalah identitas /alamat /pengenal yang digunakan dalam pelabelan perangkat komputer di jaringan internet. setiap komputer yang terhubung ke jaringan internet harus memiliki IP address yang unik (Tidak boleh sama) agar dapat berkomunikasi dengan komputer lain di dalam network.

IP Address ibaratnya alamat rumah, yang digunakan kita untuk menerima paket barang biar gak kesasar dan digunakan untuk mengisi paket asal ketika kita mengirim paket. tujuan nya agar kalau paket yang kita kirim rusak bisa dikembalikan ke kita. IP Address sama seperti alamat rumah di dunia nyata. dimana paket data dikirim dengan tujuan IP Address yang ditentukan. komputer saling mengenal menggunakan IP Address di dalam jaringan.

IP address biasanya kita dapatkan secara otomatis ketika konek ke hotspot gratisan. atau diset manual jika kita mengelola jaringan yang lumayan besar. IP address dikelompokan ,dibagi dan distandarkan sesuai tujuan penggunaan dalam jaringan internet agar tidak kacau.IP address juga ada dibagi menjadi 2 jenis yaitu IP public dan Private.
IP Public adalah IP yang dapat diakses langsung dari jaringan global internet sedangkan IP address private adalah IP address  yang digunakan dalam jaringan local /intranet/private yang tidak bisa secara langsung diakses melalui interner.

Kurang jelas? Silakan Bertanya