Cara mengamankan komputer dari virus/malware dan Hacker

A. Apa itu malware dan untuk apa malware dibuat?

Cara mengamankan komputer dari malware dan hacker  adalah dengan memahami terlebih dahulu  apa itu malware sebenarnya.Malware adalah alat atau senjata hacker untuk menyerang suatu sistem (baik jaringan atau komputer). malware dirancang dan dibuat khusus oleh hacker untuk menyerang target yang telah ditentukan(tidak random),Karena malware hanya mempan terhadap sistem yang mempunyai vulnerability tertentu. jadi intinya agar kita aman dari serangan hacker,sistem yang kita miliki harus bebas dari vulnerability.

Tetapi jangan salah dulu, ada malware yang memang nyaerang target random tapi gak mutlak random selalu ada target operasional dari setiap penyebaran malware, ada malware yang dirancang khusus menyebar menggunakan tehnik social engineering, karena tehnik ini dirasa lebih efektif dan ampuh untuk menyerang sistem dengan keamanan yang tinggi dengan mengexploitasi dari sisi manusia/user.

Malware mempunyai banyak jenis dan fungsi,tergantung dari bagaimana hacker membuatnya dan menargetkan nya,penjelasan tentang malware silakan baca pengertian dan macam-macam jenis malware

B. Cara mengamankan  komputer agar  terhindar dari malware (yang sering kalian sebut virus)

kit abisa melakukan tindakan untuk mengamankan komputer dari serangan malware /virus dan hacker . tindakan ini tidak memerlukan keterampilan khusus dan sangat mudah. simak caranya berikut:

  1.  Pahami bagaimana malware menyebar dan menyerang
    untuk dapat memenangkan pertarungan hal dasar yang harus kita ketahui adalah mengenal bagaimana karakteristik/kemampuan  musuh dan bagaimana musuh menyerang. sama halnya saat kita ingin menghindari malware agar tidak menginfeksi komputer kita, kita harus tau apa itu malware jenis dan cara penyebaran nya dan tehnik  yang dipakai oleh si pembuat malware (hacker) untuk menyebarkan malware yang dibuat nya.
  2. BERPIKIR LAH SEBELUM KLIK
    Jika kita menemukan file yang mencurigakan dan bikin penasaran untuk dibuka,padahal kamu gak ngerasa nyimpen file itu . misal nya di flashdisk ,alangkah baiknya jangan asal dibuka karena kmungkinan itu adalah file malware dan jika kamu klik maka malware aktif dan menginfeksi  komputer kamu. alangkah baiknya kamu scan dulu pake virustotal.com – setelah di scann kita lihat jika hasilnya ada positive merah merah bukan centang tandanya itu file malware. baiknya di delete saja. (jangna kuatir sebelum file dijalankan malware belum menginfeksi /aktif di komputer kamu)
    cara mengamankan komputer dari virus dan hacker
    Harap diperhatikan!!
    kita harus extra waspada dengan file extensi executable(aplikasi) “.exe .bat .pif .msi .com .vbe .vbs” ,karena malware memiliki format executable karena pada dasarnya malware adalah aplikasi,kadang hacker akan menipu mata korban nya (social enngineering tehnik) dengan cara membuat icon aplikasi malwarenya menyerupai file dokumen ,video,gambar,folder. atau bisa juga membuat shortcut yang nampak seperti sebuah file atau folder normal.Untuk bisa melihat file extensi kita bisa mengaktifkan nya di folder option windows explorer.
  3. Tampilkan Hidden File dan extensi file
    Secara default windows akan menyembunyikan extensi file yang diketahui dan menyembunyikan file yang ber atribut hidden, disembunyikan dengan tujuan agar user awam  tidak salah menghapus file penting yang digunakan oleh sistem dan tidak salah menghapus file extensi ,karena jika file extensi dihapus,system tidak bisa memutuskan file tersebut harus dibuka menggunakan program apa sehingga seolah-olah file tidak bisa dibuka.
    Menampilkan hidden file dan extensi akan membantu kita untuk mengenali file yang mencurigakan agar terhindar dari trik licik si hacker (Social engineering)
    Cara menampilkan hidden file dan file extension:
    cara mengamanan komputer dari social engineering tehnik
    Contoh Malware yang menggunakan tehnik social engineering biar dibuka user :
    cara mengamankan komputer dari virus yang menyembunyikan extensi file dan icon
  4. Install antivirus dan update secara teratur
    cara mengamankan komputer dengan antivirus gratisJangan gunakan antivirus sebagai andalan pencegahan virus/malware, harusnya antivirus digunakan untuk pencegahan di garis terakhir karena yang berada di garis depan adalah user itu sendiri dan user sangat rentan terhadap social engineering tehnik yang dilakukan hacker agar malwarenya dapat dijalankan di komputer korban.Nah minimal kamu da tau trik-trik yang digunakan hacker (social enginnering tehnik) untuk mengelabuhi korban /user. dengan upaya diatas minimal kamu da mengurangi resiko terkena malware yang diakaibatkan oleh
    kecerobohan dan ketidaktahuan user.
  5. Gunakan Antivirus yang legal/jangan crack (apa jadinya kalo antiirus di crack,berarti antivirus nya da broken.)
    kalo gak mau beli minimal gunakan antivirus gratis yang sudah mendunia dan lakukan update secara berkala agar antivirus mu mengenali jenis virus baru.  dan jangan  pernah menDisable antivirus dengan alasan apapun. baiknya antivirus diinstall
    Antivirus gratis terbaik bisa kamu liat di http://www.pcmag.com/article2/0,2817,2388652,00.asp
  6. Update aplikasi dan sistem operasi secara berkala
    Selalu update aplikasi dan sistem operasi mu secara berkala agar aplikasimu terhindar dari vulnerability/celah keamanan yang bisa digunakan worm untuk memasuki komputer kamu. ini sangat wajib apa lagi jik komputer kamu terkoneksi ke internet. yang paling harus diperhatikan adalah untuk selalu mengupdate browser, karena browser menjadi ujung tombak kita berselancar di dunia maya. jika sampai browser yang kita gunakan mempunyai vulnerability dan belum diupdate, waduh gak tau gmn jadinya,kita bisa menjadi bulan bulanan malware dari internet.
  7. Jangan install aplikasi crack dan jangan download aplikasi sembarangan
    Aplikasi yang diunggah ulang atau sudah di crack memeiliki resiko file tersebut telah dimodifikasi hacker dan disusupi malware yang akan otomatis terinstall . Usahakan mendownload aplikasi langsung dari official website dengan jaminan bahwa aplikasi yang kita unduh benar benar bersih 100% dari malware.
    mungkin kamu beranggapan download aplikasi darimanapun sama saja,anggapan itu salah besar, jika komputermua penuh dengan program bajakan biasnaya komputermu akan terasa lambat karena pasti komputermu menjadi sarang malware, parahnya adalah jika malware yang bersemayam di komputermu adalah jenis rootkit. gak bakal kedeteksi sama antivirus sob.

C.Cara terampuh mengamankan komputer  dari malware/virus dan hacker

90% komputer terjangkit malware karena ketidak tauan dari user dan kecerobohan user. minimal kamu udah tau gimana hacker menyebarkan malware yang dibuatnya entah itu dengan social engineering tehnik atau dengan menggunakan celah keamanan /vulnerability system . jadi sekarang kamu tau gimana harus bertindak untuk menjaga komputermu tetap bersih dari malware.

Kurang jelas? Silakan Bertanya