Cara mengamankan akun game dan social media

cara mengamankan akun dari hacker

Berikut adalah  tips dan cara mengamankan akun game,tapi bisa diterapkan pada semua akun seperti akun facebook,gmail,twitter,instagram dan akun yang lain,baik akun social media atau akun online lain nya.

Disini saya jelaskan secara singkat pencegahan yang bisa dilakukan agar akun yang kita miliki aman dari hacker dan tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab. sebenarnya sistem sudah dibuat sedemikian aman nya,tetapi karena ketidak tahuan pengguna,dapat dimanfaatkan leh hacker untuk mengelabuhi(social engineering) korban untuk menndapatkan akun secara ilegal. jadi kamu wajib tau hal dasar cara mengamankan akun dari orang yang jahat.

1.Menghindari Phising Website

phising website adalah website palsu yang dibuat sangat mirip dengan website official, dibuat dengan menggunakan logo dan atribut website official dengan tujuan untuk meyakinkan korban nya. agar dikiranya itu adalah website official. hacker berusaha untuk membuat domain /subdomain semirip mungkin dengan nama domain website official.

cara ini banyak digunakan  hacker untuk mendapatkan informasi account si korban yang masih lugu, usahakan selalu memperhatikan url website. dan jangan percaya begitu saja dengan link yang diberikan di jejaring social /socmed atau email.

Jurus ampuh aman dari Phising

-Megetahui website official dari akun kita (gmail,facebook,twitter,game,Instagram,dll)

mengamankan akun dari website phising

Misal game untuk publisher gemscool official websitenya adalah www.gemscool.com
www.gemscool.com disini adalah domain (induk) domain ini yang harus kamu ingat ingat betul , dan domain terkadang mempunyai sub domain misalnya http://tos.gemscool.com
tos.gemscool.com masih official website yang dimiliki gemscool, karena masih menggunakan gemscool.com sebagai domain.Link phising biasanya dikirim melalui mailbox game,email, atau spam komen yang ada di forum facebook dengan mengatasnamakan event.Selalu lihat alamat website di address bar browser kamudan Jangan pernah mengetikan informasi account di website selain website official. karena sama saja kamu memberikan account mu ke hacker.

url-website

Subdomain bisa menggunakan www atau tanpa www,yang terpenting adalah domain nya masih domain official.http pada browser tidak keliatan,karena sudah otomatis tanpa kit amengetikan nya. pada contoh disamping,domain nya adalah gemscool.com sedangkan subdomain nya adalah blackshot, url setelah top level domain (.com) tidak usa diperhatikan.

-Jangan percaya Event  bagi-bagi hadiah dan item

phising-website-eventSering kita melihat di komen facebook atau spam email ada yang memberikan website event palsu, misal bagi bagi gem CoC ,bagi-bagi item in game. cara yang ditawarkan cukup sederhana yaitu dengan mengisikan akun kita ke form yang disediakan. kalau kita teliti lagi,URL atau alamat websitenya pasti bukan dari official site,yang artinya itu adalah website palsu atau web phising untuk menipu kita agar kita menyerahkan  akun kita secara tidak sadar,karena yang kita pikir itu adalah event,padahal Penipuan.

 

-Jangan percaya begitusaja tutorial Hack akun

cara mengamankan akun facebook dari self xssKadang kita mencari tutorial “cara hack akun facebook” disitu nanti dijelaskan dengan bahasa yang meyakinkan dan dibuatkan script canggih dan cuman disuruh kopi paste kode ke jendela console browser, tanpa kita ketahui script yang diberikan sebenarnya adalah script jahat.tehnik ini disebut self xss, karena kita memasukan script ke diri sendiri,yang diincar hacker adalah session atau cookies dan token API kita untuk dikirim ke hacer dan   memperbudak akun kita. biasanya akun yang telah kena hack akan memposting postingan yang aneh-aneh,yang gak pernah kita tulis.

Pada dasarnya perusahaan pemilik social media atau game telah bekerja keras untuk melindungi penggunanya dari hacer,dan hacking tidak semudah yang kalian bayangkan. banyak orang awam ingin cara hack akun seseorang dengan mudah, nah perilaku ini yang dimanfaatkan hacker dengan memberi harapan palsu bagi orang awam untuk mengikuti tutorial hacking yang dibuatnya,dan menuntunya tanpa sadar bahwa aplikasi dan script yang diberikan adalah malware . tehnik ini dikenal dengan tehnik social engineering. alih alih mau ngehack akun orang malah akun nya sendiri yang diserahkan ke hacker. dan huwala … si hacker berhasil ngibulin kamu hahahahahah

Penting :
-domain bisa diakses dengan http atau www atau gabungan misal http://www.gemscoll.com,www hanya sebuah prefik.
-pada umumnya,subdomain hanya bisa diakses dengan http:// tanpa www misal http://tos.gemscool.com ,
-tetapi ada subdomain yang bisa diakses menggunakan www ,tergantung webmaster dalam mengkonfigurasi web servernya.
-Kamu tidak perlu mengetikan manual http:// karena browser sudah mengetikan untuk kamu secara otomatis

2.Jangan pernah berbagi account dengan siapapun

cara mengamankan akun dari orang yang dikenal

Jangan sekali kali berbagi account dengan dengan siapapun walau itu adalah teman atau pacar (kalau punya :v), memang pada awalnya akan baik-baik saja tapi jika kamu ngeshare ke lebih dari satu orang dan ada yang maling, mau nuduh yang mana coba 😛 (Karena manusia bisa berubah coi,liat harta, buta mata)

Mengamankan akun game ketika main di warnet

cara mengamankan akun game,ketika m ain di warnetKetika main di warnet /bukan komputer sendiri baiknya kamu berhati-hati ,karena  bisa saja komputer sudah diinstall keylogger.

-Restart komputer sebelum main game

Ini hanya berlaku untuk komputer dengan program pemulih seperti shadow /deepfrezee,tujuan nya adalah keyloger yang udah diinstall sama player nakal hilang begitu direstart.

-Buat Password khusus untuk main di  warnet dan ganti setelah login

Memang agak ribet tapi membuat password /mengganti password pas mau main di warnet dan menggantinya lagi setelah uda login game akan membuat akum game kamu aman. “mengganti password ketika da login game gak akan game kamu DC” cara ini sangat aman jika yang nakal adalah admin warnet atau ada yang masang keylogger jenis hardware.

3.Jika ada fasilitas PIN atau 2Step Authentication gunakan lah

Kebanyakan game besar saat ini menggunakan proteksi PIN atau 2Step Authentication  jadi gunakan lah fasillitas yang ada demi keamanan account mu.kalau sudah disediakan baiknya digunakan untuk memperkuat perlindungan akun mu dari hacker.

4.Install Antivirus dan jangan pernah mematikan nya

cara mengamankan akun dari malware yang mengintai      Kadang hacker memberi iming-iming kemudahan berupa install cheat ,hack, bot gratis atau utility lain nya,mungkin setelah diinstall memang work,tapi tidak ada yang gratis di dunia ini,semua ada imbalan nya. apa lagi jika disuruh mematikan antivirus ketika ngisntall aplikasi. kemungkinan aplikasi yang diberikan telah disisipi malware. alangkah baiknya scan dulu aplikasi sebelum diinstall menggunakan virustotal.com

 

5.Jangan pernah lupa account email ,pertanyaan rahasia, bedakan password game,socmed,forum,dll dengan email

Sudah jelas tujuan nya adalah jika account game,socmed,forum,dll kita kena hack bisa diambil lagi,walau sudah diganti password oleh hacker. kita bisa meresetnya dengan email dan pertanyaan rahasia

6.Jangan pernah beli ID Game Karena ID bisa diambil alih

Karena si penjual sudah tau informasi yang diperlukan untuk mereset account game yang dijual nya,maka tinggal menunggu waktu saja sampai si penjual yang jahat akanmengambil alih akun yang telah dijualnya,dan melucuti harta yang ada. walau email telah diganti tetapi yang ditanyakan biasanya adalah email pertama.

7.Insall dan download aplikasi hanya dari website official

cara mengamankan akun dari keyloggerUntuk menghindari aplikasi yang telah diinject malware,baiknya hanya menginstall aplikasi yang didownload dari official site baik aplikasi PC ataupun smartphone.

Lah apa hubungan nya antara install aplikasi resmi dengan cara mengamankan akun yang kita miliki? well aplikasi yang diunggah ulang,memiliki kemungkinan telah dimodifikasi oleh hacker dan disisipi keyloger atau backdoor, yang tugasnya adalah merekam akun yang kita ketikan saat login dan mengirim nya ke hacker.

        Memang sedikit ribet, karena pada realitanya keamanan berbanding terbalik dengan kenyamanan. sesuatu yang aman akan terasa ribet. tapi cara mengamankan akun yang telah dijalaskan,akan membantu akun kamu aman dari orang yang nakal dan tidak bertanggun jawab.

Kurang jelas? Silakan Bertanya