Cara Install Setting UNMS Untuk Monitoring Jaringan Wireless

Apa itu UNMS (Ubiquiti Network Management System)

UNMS merupakan sistem aplikasi yang didesain untuk ISP (Internet Service Provider) untuk memudahkan melakukan monitoring,konfigurasi/setting,backup,update dan upgrade semua perangkat UBNT (kecuali UnniFi yang sudah mempunyai controller sendiri yaitu UniFi Controller).Saat artikel ini ditulis (Mei 2018) masih dalam versi beta dan terus mengembangkan agar bisa mengintegrasikan semua perangkat UBNT.

Fungsi UNMS

UNMS berfungsi mirip UniFi Controller,bedanya jika UniFi Controller berfungsi sebagai otak/controller untuk perangkat UniFi sedangkan UNMS hanya berfungsi sebagai Utility untuk memudahkan dalam mengelola perangkat UBNT(monitoring,backup,setting,update & upgrade),mengingat semua perangkat UBNT sudah memiliki otak/controller  di perangkat itu sendiri (Router,switch,POE,dll).

UNMS sangat berguna untuk mengelola jaringan/network yang menggunakan banyak perangkat UBNT terutama ISP/Penyedia jasa layanan internet berbasis wireless.Jika sebelum adanya UNMS seorang admin harus ngecek satu persatu kondisi perangkat dengan cara ngeremot perangkat secara manual  maka dengan aplikasi UNMS seorang admin langsung bisa melihat kondisi perangkat jaringan melalui dashboard UNMS.

Cara Install UNMS

Tool UNMS hanya tersedia dalam paket installasi  linux,jadi kalau kamu pakai windows maka sayang sekali UNMS belum bisa diinstall di windows.Distro linux yang bisa digunakan untuk diinstall UNMS antara lain Ubuntu 16.04.1 LTS (Xenial Xerus) 64-bit,Debian 9 64-bit dan CoreOS.

Pastikan kamu telah menginstall aplikasi/package curl pada linux mu,cek dengan mengetikan perintah $ culrl jika hasilnya tidak ditemukan maka install dengan perintah $sudo apt-get install curl (untuk distro berbasis ubuntu) dan $yum install curl (untuk distro berbasis redhat)

Jalankan perintah dibawah ini untuk memulai menginstall UNMS pada linux mu (jika pada sistem belum terinstall Docker maka akan otomatis terinstall).Jika UNMS terlah terinstall maka secara otomatis akan tertimpa dan data konfigurasi utuh.Kamu bisa menggunakan opsi –update jika kamu menginginkan update/mempertahankan data/settingan yang telah ada.

curl -fsSL https://unms.com/install > /tmp/unms_inst.sh && sudo bash /tmp/unms_inst.sh

Proses install akan mengecek secara otomatis port :80 dan :443 sudah digunakan oleh aplikasi lain atau belum,jika port tersebut telah terpakai maka akan muncul tawaran port berapa yang akan kamu gunakan untuk menggantikan kedua port tersebut.

TIPS: jika pada proses update muncul peringatan download gagal dari repository,maka disable repository tambahan menggunakan menu “software and update”>other software > dan buang centang pada repository yang bermasalah.

Jika installasi sukses maka UNMS akan berjalan secara otomatis dan menampilkan informasi service pada akhir proses installasi

Setelah proses installasi selesai maka kamu bisa mengakses UNMS melalui browser dengan mengetikan IP/hostname mesin yang kamu install UNMS. http://server_hostname_or_ip atau https://server_hostname_or_ip dan jika kamu menggunakan custom port (bukan :80 dan :443) maka tambahkan port dibelakang host/IP http://server_hostname_or_ip:8080 https://server_hostname_or_ip:8443

Buat username dan password yang nantinya akan kamu gunakan untuk login ke UNMS via web browser, pada email masukan email yang valid,karena email ini akan digunakan sebagai alamat tujuan saat mengirimkan log dari sistem UNMS.

 

Jika kamu ingin menerima log dalam bentuk email dari UNMS maka kamu bisa mengeset server SMTP disini,kamu bisa gunakan server SMTP sendiri atau server SMTP GMAIL agar UNMS bisa mengirimkan email ke kamu.

 

Deretan string diatas merupakan string yang akan dipasang pada perangkat UBNT agar bisa konek ke server UNMS,jangan kuatir gak usa dicatet karena di dalam UNMS kamu bisa menemukan string ini di menu setting>connection

Cara Register/Claim /Adopt Perangkat Ubiquiti (UBNT) menggunakan UNMS

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk meregister perangkat UBNT agan bisa dimanage menggunakan UNMS,pastikan kamu tau username dan password dari perangkat UBNT yang akan kamu register ke aplikasi UNMS

Register Perangkat UBNT Otomatis Menggunakan fasilitas Discovery Manager UNMS

UNMS menyediakan fitur Discovery sehingga kamu bisa meregister perangkat UBNT tanpa harus meremot secara manual,namun pastikan kamu telah mengetahui IP dan akun dari perangkat UBNT tersebut.

1.Login ke UNMS web interface > Discovery manager
2.Masukan range IP atau IP network dari perangkat UBNT yang akan kamu register dan klik start.Maka secara otomatis UNMS akan menscann dan menampilkan perangkat yang ditemukan nya dalam bentuk list.
3.Klik pada credentials >masukan username dan password dari perangkat UBNT yang akan kamu register > set credential
4.setelah credential berhasil di set maka akan muncul tombol tambahan “connect” klik connect untuk memulai proses register
5.jika berhasil maka status perangkat UBNT akan menjadi CONNECTED.
6.Lakukan proses ini untuk semua perangkat yang ingin kamu register ke UNMS.

Register perangkat UBNT  Secara Manual dengan UNMS Key

Jika kamu tidakbisa atau terkendala saat menggunakan fitur discovery manager untuk meregister perangkat UBNT menggunakan UNMS maka kamu bisa meregister perangkat UBNT secara manual agar bisa dimanage menggunakan UNMS.

1.Copy UNMS key yang bisa kamu akses pada menu settings>connection

2.Login ke perangkat UBNT yang ingin kamu register ke UNMS >Services
3.centang pada fitur UNMS dan masukan UNMS key yang telah kamu copy sebelum nya.
4.Save dan restart perangkat UBNT dengan menekan tombol change > apply

Membuat Site dan meng Authorize Perangkat UBNT

Setelah proses meregister perangkat selesai baiknya kamu mengelompokan perangkat UBNT tersebut berdasar tempat/site dimana perangkat tersebut dipasang agar memudahkan saat monitoring ataupung maintenance.

Cara Membuat Site di UNMS

Fitur site digunakan untuk mengelompokan perangkat berdasar tempat dimana perangkat UBNT terpasang,jika kamu mempunyai perangkat UBNT diberbagai tempat maka gunakan fasilitas ini untuk membuat group perangkat berdasarkan tempat kamu memasang UBNT.

1. Site >new site
2.Masukan data tentang site yang kamu punya dan klik save

Cara meng AUTHORIZE perangkat UBNT ke dalam SITE

Setelah perangkat berhasil diRegister maka baiknya perangkat UBNT dibuatkan dan dimasukan ke dalam site (authorize) agar memudahkan saat pengelolaan.

1.Devices>klik Authorize
2.Masukan ke site yang telah kamu buat sebelum nya dan klik authorize

KESIMPULAN

Dengan adanya UNMS kita sebagai pengguna/admin jaringan perangkat UBNT sangat dimudahkan saat megelola perangkat UBNT jumlah besar,baik saat monitoring,maintenance ataupun saat installasi. Dengan menggunakan satu aplikasi UNMS kita sebagai administrator sudah memegang kendali penuh atas perangkat UBNT yang terpasang di lapangan.

Basic penggunaan telah saya tulis diatas,untuk fitur map,GPS ,SMTP dan lain sebagainya bisa kamu pelajari sambil jalan.

Pembahasan Terkait
Memiih Radio Wireless ubnt Untuk Jaringan ISP & RT RW net

Saat kamu ingin membangun jaringan wireless outdoor jarak jauh (lebih dari 300M) maka kamu perlu memilih radio yang tepat. Pemilihan Read more

Cara Enable Compliance Test & Ubah Negara UBNT AC

Menampilkan Banyak Channel Frekuensi Dengan ubah Negara atau Enable Compliance Test/Licensed UBNT Saat jaringan wireless di tempatmu sudah padat dan Read more

Belajar Jaringan Wireless & WiFi Dasar Untuk Pemula

Kamu perlu belajar dan paham ilmu dasar teknologi Wireless dan WiFi agar bisa membangun jaringan komputer tanpa kabel sesuai yang Read more

Halloo, Saya Arie

Saya orang biasa seperti mu, Saya suka sekali membantu orang-orang untuk belajar. Itulah sebabnya saya membuat website ini untuk membantu orang lain sepertimu agar lebih cepat dan mudah ketika belajar di internet.

Satu tanggapan pada “Cara Install Setting UNMS Untuk Monitoring Jaringan Wireless

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas