mengenal produk unifi dan cara memilih produk unifi sesuai kebutuhan

Panduan Memilih Produk UniFi Sesuai Kebutuhan

Diperbaharui Pada Tanggal

Apa itu UniFi?

UniFi adalah series produk yang dikeluarkan oleh UBNT yang didesaian khusus  untuk membangun dan mengembangkan  jaringan kelas konsumer/enterprise berbasis WiFi Hotspot atau jaringan wireless jarak pendek untuk perangkat laptop ataupun smartphone.

UniFi punya banyak seri dan tipe yang bisa digunakan untuk membuat WiFi hotspot di berbagai macam tempat dan kebutuhan seperti sekolah,kampus,stadion,hotel,kantor ataupun komplek perumahan.

UniFi untuk Membangun Jaringan WiFi Hotspot

Perangkat unifi didesain khusus untuk membangun jaringan WiFi hotspot terbuka,tertutup ataupun hotspot sistem voucher baik untuk indoor (dalam gedung) ataupun outdoor untuk memberikan signal WiFi secara langsung ke perangkat mobile seperti laptop dan handphone.

WiFi disini diartikan sebagai jaringan Wireless jarak dekat yang client nya berupa laptop ataupun handphone yang langsung bisa menerima signal wifi tanpa memerlukan tambahan perangkat lain.

Kelebihan Menggunakan UniFi

Perangkat UniFi daru ubnt ubiquiti mempunyai banyak kelebihan dibanding perangkat wifi pada umum nya, kelebihan ini akan kamu dapatkan mulai dari proses pemasangan,pengelolaan,dan pengembangan.

  • Flexible– Dengan menggunakan perangkat UniFi konsumen lebih dimudahkan dalam pengelolaan dan pegembangan jaringan wifi yang dimilikinya, karena UniFi bersifat flexible dan scalable.
  • Mudah Dikembangkan– Kamu bisa membangun jaringan WiFi mulai dari satu perangkat dan menambahkan perangkat UniFi lain untuk memperluas jaringan WiFi tanpa perlu setting perangkat satu persatu.
  • Mudah Dikelola– UniFi menggunakan UniFi Controller sebagai pusat kendali/induk perangkat UniFi yang terpasang sehingga kamu bisa mengatur,merubah settingan ratusan hingga ribuan perangkat UniFi dengan sekali klik melalui UniFi Controller.
  • Mudah Dipasang– UniFi menggunakan PoE untuk menghantarkan power,shingga kamu tidak perlu susah payah memasang colokan untuk adaptor,karena listrik akan dikirim melalui satu kabel LAN dengan teknologi PoE (Power Over Ethernet).
mudah mengelola jaringan Wifi yang besar dengan UniFi dan UniFi controller
UniFi Controller memudahkan Mengelola jaringan WiFi

UniFi Memerlukan UniFi Controller

UniFi hanya bisa disetting menggunakan UniFi controller,UniFi controller ini bisa kamu download dan install di Windows,Linux dan MacOS dan harus online 24jam.

Jika UniFi controller mati maka perangkat UniFi akan berhenti beroperasi dan tidak akan memunculkan SSID,ini dikarenakan semua settingan perangkat UniFi nginduk ke UniFi Controller.

Kamu bisa menggunakan UniFi Cloud key seharga mulai Rp 1.100.000 di bukalapak agar kamu tidak perlu menyiapkan komputer server yang online 24jam untuk diinstall UniFi controller.

UniFi Cloud Key
UniFi Cloud Key

UniFi Cloud key ini bentuknya sangat kecil dan hanya perlu dicolok ke switch jaringan mu dan berfungsi sebagai UniFi controller yang bisa kamu akses melalui jaringan lokal dan internet tanpa settingan khusus.

Kenali Dulu Istilah dan Teknologi WiFi Biar Gak Salah Beli

Saat kamu membaca spek di perangkat wifi mungkin akan menemukan istlah/jargon yang asing dan membingungkan,alangkah baiknya kamu tau dulu istilah-istilah WiFi agar kamu tidak bingung.

Pastikan kamu memilih dan membeli perangkat WiFi yang tepat susuai kebutuhan dengan memahami standar WiFi yang digunakan dan fitur tambahan lain dari vendor perangkat WiFi

WiFi Standar 802.11/b/a/g/n/ac

Jaringan WiFi melahirkan standar dalam proses pengembangan nya,standar ini berpengaruh terhadap cara kerja wifi,performa dan kecepatan yang dihasilkan.

WiFi 802.11b (11Mbps 2.4GHz)

Perangkat WiFi dengan label 802.11b hanya mampu mentransfer data maximal 11Mbps dan beroperasi pada frekuensi 2.4GHz.

Dijaman ini pastikan kamu tidak membeli perangkat WiFi dengan standar/label 802.11b karena sudah tergolong usang.

WiFi 802.11a (54Mbps 5GHz)

WiFi dengan standar a menggunakan frekuensi 5GHz dan menghasilkan kecepatan maximal 54Mbps.

Banyak perangkat yang tidak kompatible dengan standar a ini karena perbedaan frekuensi yang digunakan,beberapa vendor memberikan fitur hybrid 802.11a/b yang beroperasi di 2 frekuensi yang berbeda.

Saya tidak menyerankan untuk membeli perangkat wifi dengan standar 802.11a untuk akses point hotspot mu karena sudah usang.

WiFi 802.11g (54Mbps 2.4GHz)

Akhirnya lahir juga standar wireless g yang menggabungkan standar a dan b dimana pada perangkat wireless dengan standar 802.11g mampu menghasilkan kecepatan 54Mbps dan beroperasi pada frekuensi 2.4GHz

Perangkat dengan standar ini masih bisa kamu gunakan untuk membuat jaringan wifi dirumah dengan client maximal 2-3 client, itupun saya jamin tidak lancar.

WiFi 802.11n (300Mbps 2.4GHz & 5GHz)

Perangkat Wifi dengan standar 802.11n menggunakan lebih dari satu antena sehingga bisa mendukung multi user input output (MIMO) sehingga kecepatan yang dihasilkan mencapai 300Mbps yang bisa beroperasi di frekuensi 2.4GHz dan 5GHz

Perangkat wifi ini masih bisa kamu gunakan untuk membuat jaringan wifi rumah yang sederhana hingga 10 client denga penggunaan yang tidak intens.

WiFi 802.11ac (450Mbps 2.4GHz & 1300Mbps 5GHz)

Perangkat WiFi dengan standar 802.11ac sudah mendukung teknologi MIMO dan menghasilkan kecepatan maximal 450Mbps pada frekuensi 2.4GHz dan 1300Mbps pada Frekuensi 5GHz.

Perangkat Wifi dengan standar ac harganya mahal sehingga direkomendasikan hanya untuk membuat jaringan WiFi hotspot dengan penggunaan yang intesive seperti kantor,kampus,sekolah,cafe,hotel,bandara,theater atau tempat dengna pengguna padat.

Semua perangkat UniFi telah menggunakan standar 802.11ac untuk memaksimalkan bandwidth yang dihasilkan.

Apa itu MIMO?

Multiple-Input Multiple-Output (MIMO) adalah teknologi Wireless yang menggunakan lebihdari satu antena transmiter untuk menerima dan mengirim lebih banyak data dalam waktu yang bersamaan.

Semua produk wireless dengan standar mulai 802.11n sudah mensupport teknologi MIMO untuk meningkatkan performa dan kecepatan data transfer melalui WiFi.

Apa Perbedaan SU-MIMO dan MU-MIMO

perbedaan MIMO dan MU-MIMO
Single User-MIMO vs Multi User-MIMO

Walau dengan teknologi MIMO atau SU-MIMO perangkat WiFi mampu menerima dan mengirim waktu yang bersamaan namun tidak benar-benar bersamaan,dimana ada interval untuk mengirim data ke masing-masing perangkat.

Sedangkan pada MU-MIMO perangkat wifi benar-benar mengirimkan data dalam waktu yang bersamaan ke lebih dari satu perangkat.

SU-MIMO bekerja pada frekuensi 2.4GHz dan 5GHz danum MU-MIMO hanya bekerja pada frekuensi 5GHz

Apa artinya 2×2 MIMO 4×4 MIMO?

Pada penragkat WiFi mulai standar 802.11n telah menggunakan teknologi MIMO dan menggunakan lebih dari satu antena.

pada 2×2 MIMO artinya perangkat WiFi menggunakan 2 antena transmiter dan 2 antena receiver begitu juga dengan 4×4 MIMO dimana radio WiFi ini menggunakan 4 antena transmiter(tx) dan 4 antena receiver(rx)

Itu artinya makin banyak antena yang digunakan akan makin bagus performa yang dihasilkan saat menangani banyak client yang aktiv.

Memilih UniFi WiFi Access Point

UniFi Access Point(UAP) adalah perangkat untuk memancarkan signal WiFi yang digunakan untuk membuat jaringan WiFi Hotspot.

Alat ini punya banyak seri yang didesain untuk berbagai macam skenario kebutuhan,jadi pilih lah sesuai dengan kebutuhan untuk menghemat anggaran.

A. UniFi AC Access Points (Untuk Rumah,Kantor,Sekolah & Kampus)

+ Solusi perangkat WiFi untuk rumah ataupun kantor dengan jumlah dan intensitas user yang biasa dan sedang.

Spec UniFi AC

Menggunakan MIMO teknologi

UniFi seri AC telah menggunakan standar Wi-Fi 802.11AC yang mendukung MIMO technology untuk mendapatkan kecepatan dan performa yang optimal.

Beroperasi pada dualband secara bersamaan 2.4GHz dan 5GHz

Semua perangkat UniFi seri AC juga beroperasi pada frekuensi 2.4GHz dan 5GHz yang aktif secara bersamaan.

Mampu Menangani banyak user

UniFi seri AC mampu menangani 250an user untuk setiap perangkat AP dan sangat cocok digunakan untuk membuat jaringan WiFi Hotspot di rumah,rumah sakit,sekolah,kampus dan kantor.

1.UniFi UAP-AC-Lite

+ Pemasangan indoor rumah dan kantor dengan kecepatan 5x WiFi normal

UniFi AC Lite untuk rumah kantor dan sekolah
UniFi AC Lite

UniFi AC Lite berukuran kecil untuk dipasang di dalam ruangan seperti digunakan untuk membuat hotspot rumah ataupun kantor dan mampu menagani client hingga 250an dengan kecepatan hingga 300Mbps .

UniFi UAP-AC-Lite bisa kamu dapatkan mulai harga Rp 1.150.000 ,- di bukalapak

2. UniFi UAP-AC-LR

+ Pemasangan indoor rumah dan kantor Dengan Jangkauan Lebih Luas

UniFi AC LR untuk jangkauan lebih luas

Sama seperti versi AC Lite yang mampu menangani hingga 250an user,versi Long Range(LR) ini mempunyai jangkauan yang lebih luas dan mampu mentransmisikan data lebih besar 150Mbps lebih banyak dibanding seri Lite yaitu total sebesar 450Mbps untuk frekuensi 2.4GHz.

UniFi UAP-AC-Lite bisa kamu dapatkan mulai harga Rp 1.350.000 ,- di bukalapak

3. UniFi UAP-AC-PRO

+ Pemasangan indoor /outdoor untuk rumah dan kantor dengan penggunaan yang sangat padat.

UniFi AC PRo untuk indoor dan outdoor serta tahan cuaca
UniFi AC Pro

UniFi seri AC PRO menggunakan 3×3 antena MIMO baik untuk band 2.4GHz ataupun 5GHz dan mampu bekerja dengan kecepatan maximal 450Mbps pada 2.4GHz dan 1300Mbps untuk frekuensi 5GHz.

Perangkat ini bisa dipasang diluar ruangan dan tahan akan perubahan cuaca.

UniFi UAP-AC-PRO bisa kamu dapatkan mulai harga Rp 1.950.000 ,- di bukalapak

4. UniFi UAP-AC-EDU

+ Pemasangan indoor untuk Sekolah dan Kampus ataupun Rumah sakit dengan jaringan wifi yang luas dan besar.

UniFi untuk kampus sekolah dan rumah sakit
UniFi AC EDU

UniFi Seri AC EDU menggunakan standar WiFi terbaru 802.11ac dengan 3×3 MIMO untuk mengoptimalkan kecepatan hingga 450Mbps pada band 2.4GHZ dan 1300Mbps untuk band 5GHz.

Serta telah dilengkapi dengan speaker dengan kualitas terbaik yang bisa digunakan untuk melakukan pengumuman seperti di sekolah,kampus ataupun rumah sakit.

UniFi UAP-AC-EDU bisa kamu dapatkan mulai harga Rp 5.600.000 ,- di bukalapak

B. UniFi AC HD Access Points (Untuk Lokasi Padat User)

+ Unifi yang didesain khusus untuk Penggunaan di lingkunngan dengan user yang sangat padat /High Density (HD) seperti bioskop,stadion,konser dan sejenisnya.

UniFi AC HD

UniFi seri HD telah didukung oleh teknologi 802.11ac Wave 2 MU‑MIMO (Multi‑User, Multiple Input, Multiple Output),yang memungkinkan perankat AP berkomunikasi dengan banyak client dalam satu waktu,yang akan meningkatkan kecepatan  multi user throughput.

teknologi UniFi HD MU-MIMO
UniFi AC HD MU-MIMO

1.UniFi AC UAP-nanoHD

+ Didesain untuk kebutuhan pengguna WiFi yang padat namun tempatnya tidak begitu luas seperti,ruang pertemuan,bioskop atau sejenisnya dengan jumlah client 200an.

skin unifi nanoHD
UniFi nanoHD custom skin

Dilengkapi dengan 4×4 Wave 2 MU-MIMO yang mampu menghasilkan kecepatan data transfer 300Mbps pada frekuensi 2.4GHz dan 1733Mbps pada frekuensi 5GHz.

Dilengkapi juga dengan skin yang bisa kamu pilih dan pasang pada UniFi mu agar menyatu dengan tempat pemasangan radio UniFi

UniFi AC UAP-nanoHD bisa kamu dapatkan mulai harga Rp 2.550.000 ,- di bukalapak

2.UniFi AC UAP-HD

+Didesain untuk penggunaan dengan jumlah user yang padat,dengan user saling berdekatan satu sama lain seperti di area konser,pameran atau sejenisnya.

+Bisa dipasang di dalam ataupun diluar ruangan

Perangkat ini menggunakan Hardware khusus yang diopimasi untuk teknologi MU-MIMO dan mampu menangai 1000an user.

Fitur MU-MIMO UniFi
UniFi MU-MIMO

Serta menggunakan 4×4 Dual Radio MIMO yang mampu menghasilkan kecepatan 800Mbps pada frekuensi 2.4GHz dan 1733Mbps pada frekuensi 5GHz.

UniFi AC UAP-HD bisa kamu dapatkan mulai harga Rp 4.300.000 ,- di bukalapak

3.UniFi AC UAP-SHD

+ Didedain untuk membuat jaringan WiFi hotspot berkecepatan tinggi yang mementingkan keamanan untuk penggunaan seperti di Bank,Universitas,Rumah Sakit dan sejenisnya.

+Bisa dipasang di dalam ataupun diluar ruangan

Unifi untuk keamanan data SHD
UniFi UAP-SHD

Dilengkapi dengan 4x4SU-MIMO untuk frekuensi 2.4GHZ dan 4x4MU-MIMO untuk 5GHZ yang mampu menghasilkan kecepatan 800Mbps pada frekuensi 2.4GHz dan 1733Mbps pada frekuensi 5GHz dan mampu menghandle 500an user.

Telah dilengkapi juga dengan real time trafic monitor dan pengawasan terhadap signal disekitar radio UniFi SHD.

UniFi AC UAP-SHD bisa kamu dapatkan mulai harga Rp 6.700.000 ,- di bukalapak

C. UniFi In Wall (Untuk Per-Room WiFi)

+Didesain khusus untuk dipasang di dinding sebagai pengganti colokan jack lan biasa yang mampu memancarkan signal WiFi jarak pendek dan mempunyai 2-4 port ethernet tergantung model.

+ UniFi In Wall merupakan solusi per-room Wifi,dimana menggunakan signal wifi jarak pendek yang hanya bisa diakses di ruangan yang terpasang UniFi in Wall.

UniFi in wall solusi per room wifi
UniFi InWall

UniFi inwall merupakan UniFi AP yang memancarkan signal WiFi dengan 2×2 ,3×3 4×4 MIMO berkecepatan 300Mbps serta berfungsi juga sebagai switch dengan 2-4 port port.

Perangkat ini sagnat cocok dipasang di kamar hotel atau rumah untuk menyediakan signal WiFi jarak pendek sekaligus menyediakan 2-4 port ethernet atau switch.

UniFi UAP-AC-In Wall bisa kamu dapatkan mulai harga Rp 1.450.000 ,- di bukalapak

D. UniFi AC XG Access Points (Untuk Lokasi Super Padat User)

+ UniFi XG didesain khusus untuk menangai kebutuhan user yang lebih padat dari seri sebelum nya(HD),seperti auditorium,ruangan konser,festival musik di ruang terbuka dimana pengguna saling berjubel sehingga perlu perangkat khusus agar WiFi bisa beroperasi.

1.UniFi UAP-XG

+Untuk lingkungan dengan kepadatan sangat tinggi, seperti auditorium besar atau ruang konser yang berisi banyak klien dalam ruang yang relatif kecil.

UniFi XG untuk indoor
UniFi UAP-XG

Perangkat ini telah dilengkapi dengan 4 radio WiFi AP 802.11AC Wave 2 yang mampu menangani 1500 client per AP.

Serta telah dilengkapi dengan 10GBit LAN dan mampu mencapi throughput hingga 4.2Gbps per radio menggunakan teknologi MU-MIMO

UniFi UAP-XG bisa kamu dapatkan mulai harga Rp 11.450.000 ,- di bukalapak

2.UniFi WiFi BaseStation XG (UWB-XG, UWB-XG-BK)

+ Untuk lingkungan dengan kepadatan sangat tinggi, seperti festival musik luar ruangan ataupun stadion dan sejenisnya di mana terdapat banyak klien dalam ruang yang relatif kecil

UniFi WiFi BaseStation XG untuk stadion dan konser indoor maupun outdoor
UniFi WiFi BaseStation XG

Dengan menggunakan teknologi low latency QoS UniFi WiFi BaseStationXG mendukung hingga 1500 klien dengan 12 chains MU-MIMO (500 klien dengan 4 chains MU-MIMO per radio klien) serta mampu menangani throughput hingga 5Gbps

E.UniFi Mesh (WiFi Outdoor Pengguna Sedang)

+UniFi Mesh merupakan solusi untuk membuat WiFi hotspot di ruangan terbuka dengan user yang tidak padat dan tanpa penghalang seperti di taman atau tempat terbuka lain yang sejanis.

UniFi Mesh memperluas jaringan wifi dengan mudah baik indoor dan outdoor
UniFi Mesh

UniFi mesh dilengkapi dengan dualband 3×3 MIMO dengan jangkauan 183m tanpa halangan dan mampu menghasilkan bandwidth 300-450Mbps untuk band 2.4GHz dan 867-1300Mbps untuk band 5GHz tertangung type dan mampu menangani hingga 250an user per radio.

UniFi mesh bisa kamu dapatkan mulai harga Rp 1.250.000 ,- di bukalapak

UniFi Consolidate

Berikut adalah perangkat UniFi yang berfungsi sebagai media penghubung dan pusat kontrol untuk perangkat UniFi yang terpasang dalam jaringan.

USG (UniFi Security Gateways) /Router

Merupakan Router yang dibuat khusus untuk memanage perangkat UniFi, dalam router ini sudah include UniFi Controller,VPN server dan Firewall.

UniFi Router include unifi controller dan firewall untuk jaringan unifi anda

UniFi PoE Switches + UniFi Switches

PoE Switch merupakan switch yang telah disupport oleh 24v pasive PoE (Power over Ethernet) untuk menghidupkan perangkat UniFi melalui jalur kabel LAN .

Jika kamu mempunyai banyak perangkat UniFi yang terpasang dengan fasilitas PoE sebagai media powernya  dan berujung di satu switch,alangkah baiknya kamu menggunakan perangkat ini agar kamu tidak perlu menggunakan switch dan POE secara terpisah,dengan menggunakan perangkat ini maka pengkabelan menjadi lebih rapi dan mudah dimaintenance.

mengelola PoE akan lebih mudah jika menggunakaan UniFi PoE Switch

Selain fasilitas PoE dan switch,perangkat ini juga mendukung fitur VLAN dan fail over (switching,mirroring dan aggregate).

UniFi Cloud Key

Fungsi utama dari alat ini adalah sebagai server UniFi controller yang online 24jam dan menyediakan fitur cloud access sehingga kamu bisa mengakses UniFi controller darimanapun menggunakan internet tanpa perlu setting komplek.

mengakses jaringan unifi darimanapun lebih mudah dan aman dengan unifi cloud key
UniFi Cloud Key

perangkat ini dilengkapi dengan UniFi controller dan cloud key itu sendiri, bentuk nya hampir seukuran UniFi mesh, penggunaan nya tidak memerlukan penginstallan,tinggal colok dan setup penggunakan web interface dengan mengakses IP UniFi Cloud Key yang telah kita tancapkan ke switch.

UniFi Cloud Key bisa kamu dapatkan mulai harga Rp 1.100.000 ,- di bukalapak

UniFi Surveilance

UniFi menyediakan produk untuk pengawasan keamanan berupa CCTV ber basis IP yang bisa diintegrasikan ke jaringan yang telah ada untuk mentransmisikan data ke NVR atau ke pusat kontrol.

UniFi Cameras

UniFi camera tersedia untuk indoor dan outdoor dengan resolusi 1080p dan dilengkapi dengan IR untuk mendukung pengawasan tanpa cahaya dimalam hari.

unifi cameras pilihan tepat untuk solusi keamanan properti anda
UniFi Camera

UniFi Camera bisa kamu dapatkan mulai harga Rp 1.200.000 ,- di bukalapak

UniFi NVR

Merupakan perangkat yang digunakan untuk merekam video yang berasal dari feed IP CCTV , UniFi NVR ini dirancang khusus dengan segala kemudahan untuk memanage UniFi camera.

Dimana NvR akan secara otomatis mengenali UniFI camera yang terpasang di jaringan yang sama dengan UniFi NVR dan yang paling keren adalah telah dilengkapi dengan teknology hybrid cloud sehingga kita bisa mengakses CCTV feed darimanapun di belahan dunia ini dengan  menggunakan internet.

Merekam dan memanage unifi camera menjadi lebih mudah dengan UniFi NVR , sudah support hybrid cloud key untuk akses darimanapun melalui internet
UniFi NVR

UniFi NVR bisa kamu dapatkan mulai harga Rp 5.700.000 ,- di bukalapak

UniFi TelePhony

Ubiquity bukan hanya menyediakan perangkat networking,namun telah merambah ke perangkat office berupa VoIP telephone.

Perangkat telefon ini menggunakan OS android dan menggunakan jaringan internet / jaringan berbasis TCP IP sebagai jalur untuk mentransmisikan VoIP data.

dengan perangkat unifi VoIP anda tidak perlu lagi membayar biaya telfon jika hanya untuk sekedar menelefon ke cabang lain atau divisi lain

 Dengan menggunakan UniFi VoIP tidak lagi diperlukan pulsa atau biaya untuk  membayar sewa  aplikasi VoIP,cukup tancapkan UniFi VoIP ke jaringan yang telah ada lalu setting  maka komunikasi antar divisi,gedung,atau bahkan antar cabang bisa dilakukan secara gratis dengan perangkat UniFi VoIP ini.

beberapa produk UniFi VoIP Phones

Perangkat ini juga bisa dipadukan dengan line telefon dari telkon dengan menambahkan dan mengkonfigurasi PBX server.

Kesimpulan

Untuk membeli suatu produk hendaknya kita sebagai konsumen yang cerdas mengetahui fitur,kemampuan dan spek secara teknis produk yang dijual oleh vendor.

Informasi inilah yang nantinya akan kita gunakan sebagai dasar pertimbangan untuk memilih produk secara tepat sesuai dengan projek yang sedang kita kerjakan agar hasilnya optimal.

Sumber : https://help.ubnt.com/hc/en-us/articles/360008036574-UniFi-Access-Point-Comparison-Charts

3 thoughts on “Panduan Memilih Produk UniFi Sesuai Kebutuhan”

Leave a Comment