Cara mengatasi laptop dan komputer lemot

cara mengatasi laptop lemot

Pada dasarnya laptop/komputer memerlukan perawatan rutin agar tidak lemot,hanya saja kebanyakan pengguna tidak tau bagaimana cara merawat komputernya sendiri.Disini akan saya jelaskan sebab dan cara mengatasi laptop dan komputer  lemot,tidak usa kuatir jika tidak familier dengan setting-setting di komputer,karena penjelasan nya lengkap dengan gambar dan mudah diikuti, jadi perawatan bisa kamu lakukan sendiri kapanpun tanpa harus membawanya ke bengkel.

Penyebab komputer /laptop yang mulai lemot bisa  karena hardware atau software. setiap aplikasi yang kita install di komputer/laptop,akan berpengaruh kepada performa komputer/laptop itu sendiri. karena setiap aplikasi memerlukan resource (cpu,ram,storage) untuk bekerja.jika tidak dimanage dengan baik oleh kita,tidak menutup kemungkinan resource komputer yang kita miliki akan digunakan secara tidak efektif oleh aplikasi yang tidak kita inginkan. Kondisi hardware yang kita miliki juga sangat berpengaruh,karena hardware adalah tempat aplikasi berjalan dan bekerja,umur hardware akan sangat tergantung dari porsi penggunaan komputer/laptop.misal laptop/komputer untuk gaming umurnya akan lebih pendek karena overheat jika tidak dirawat dengan baik.

Berikut adalah 12 Penyebab dan Cara mengatasi laptop dan komputer lemot

1.Junk File dan Fragmentasi File

Ketika aplikasi bekerja,biasanya akan membuat file temporary untuk menyinpan hasil kerja secara sementara,tetapi kadang file temporary ini tidak dihapus secara sempurna ketika aplikasi selesai bekerja,file ini bisa sangat besar jika tidak dibersihkan secara berkala dan menjadi file sampah (junk file).junk file yang terlalu besar akan menguras resource storage dan menjadikan komputer lemot.

Ketika aplikasi melakukan proses simpan dan hapus,menambah /mengurangi ukuran  data ke storage (HDD/SSD) akan menyebabkan file ter fragmentasi,file yang terfragmentasi akan mengurangi kecepatan ketika data diakses.

Lakukan Cleanup dan defragment secara berkala

head-harddiskDefragment hanya dilakukan jika storage yang kamu pakai adalah HDD (bukan SSD),SSD tidak perlu di defrag.lakukan cleanup dan defragment minimal seminggu sekali agar laptop/komputer tidak lemot. fragmentasi file pada hdd akan memperlambat akses ke file,karena  file tidak tersusun secara berurutan di drive sehingga memperlambat head dalam mencari serpihan file. (head digunakan untuk membaca/menulis data ke piringan drive,seperti head pemutar music )

lakukan defragmentasi pada drive system dan drive tempat kamu nyimpen file, biasnaya gamer meletakan games nya di partisi khusus,jadi jangan lupa untuk mendefrag nya ya,biar loading game kamu tambah cepet (ingat SSD gak perlu didefrag). lakukan defrag ketika komputer tidak sedang digunakan, ketika melakukan defrag kemungkinan performa komputer akan menurun karena disk sedang sibuk diakses (dirapikan)

SSD atau bukan SSD tetap perlu dilakukan Cleanup, karena aplikasi tetap meninggalkan file residu yang tidak diperlukan sistem  setelah bekerja.

Cara melakukan DiskCleanup

  1. Buka  windows explorer dengan kombinasi tombol windows dan e pada keyboard (winkey-1+tombol e) lalu klik kanan pada drive yang ingin di cleanup(Biasanya drive dimana OS diinstall.pada umumnya di C:\) lalu pilih properties.
  2. pada drive properties klik “Disk Cleanup” biarkan proses hinga selesai,jika tidak pernah dilakukan cleanup proses akan berjalan lama (sabar ya)
  3. centang semua yang muncul,kalo perlu digulung gulunglah,lalu pilih OK untuk menjalanankan disk cleanup
  4. klik delete files pada kotak konfirmasi yang muncul
  5. tuggu sampai proses cleanup selesai.

mengatasi laptop dan komputer lemot dengan disk cleanup

Cara Melakukan disk defragment

  1. Buka  windows explorer dengan kombinasi tombol windows dan e pada keyboard (winkey-1+tombol e) lalu klik kanan pada drive yang ingin didefragment
  2. Pada drive properties pilih tab Tools ,lalu lihat pada section disk defragmentation lalu pilih optimize/defrag (tampilan mungkin beda untuk tiap versi OS,tapi intinya sama ko)
  3. pilih drive yang ingin didefrag lalu klik defragment disk (minimal free space 10% agar disk defragmentation dapat berjalan,jadi gak bole sampek penuh ya disk nya)
  4. tunggu hingga proses selesai,mungkin agak lama jika tidak pernah dilakaukan dalam waktu yang lama.

cara mengatasi laptop dan komputer lemot dengan disk defragmentation

Kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan pihak ketiga utuk melakukan defrag dan cleanup, kamu bisa menggunakan Ccleaner atau Ultra defrag sebagai program utility. selalu download aplikasi dari website resmi nya supaya terhindar dari malware/virus

2.Terlalu banyak aplikasi dan startup item

Uninstall aplikasi yang tidak diperlukan,karena aplikasi ayng terinstal akan mengkonsumsi resource komputer yang kita miliki. akan lebih bijak jika kita hanya menginstall aplikasi yang diperlukan saja.

Terkadang aplikasi yang kita install akan menambahkan dirinya ke startup item,tujuan nya jelas agar ketika komputer hidup,aplikasi berjalan secara otomatis. namun jika tidak kita manage dengan baik,aplikasi yang berjalan distartup akan memakan habis RAM yang kita miliki dan menyebabkan laptop/komputer kita menjadi lemot.

Berikut cara mengatasi laptop/komputer lemot yang disebabkan oleh startup item dan aplikasi yang tidak perlu

Menyeleksi aplikasi dan membuang yang tidak diperlukan

  1. Start run (Atau kombinasi   winkey + tombol-r pada keyboard) lalu ketik appwiz.cpl lalu tekan enter untuk membuka application manager
  2. Pilih aplikasi yang tidak diperlukan dan klik uninstall/change (tergantung dari versi windows,tinggal dibaca aja menu yg ada,intinya sama kok)
  3. nanti akan muncul jendela penghapusan aplikasi (uninstall wizard) kamu tinggal baca kalo ada pilihan pilih yang remove/uninstall ,tinggal pencet next aja. tapi ingat ya. dibaca jangan asal next.

cara mengatasi komputer dan laptop lemot dengan cara membuang aplikasi yang tidak diperlukan

Hapus hanya aplikasi yang jelas kamu ingat pernah install ,dan jangan uninstall aplikasi dengan nama netframework ,c++library ,intel R,realtech ,dan sejenisnya. karena ada aplikasi pendukung agar game kamu jalan /windows kamu bekerja maksimal. jadi tidak boleh menghapus aplikasi sembarangan.

Jika kamu ragu mana yang harus dihapus,bisa upload screen shot kamu ke komen.nanti akan saya bantu kalau kamu bingung.

Mengatur startup item

Aplikasi yang berjalan di startup baiknya kita atur,jika tidak penting-penting amat dan jarang digunakan,baiknya dinonaktifkan dari startup,agar hemat RAM

  1. Buka startup manager dengan cara start run (Atau kombinasi   winkey + tombol-r pada keyboard) lalu ketik msconfig dan tekan enter/klik OK
  2. pada sistem configuration klik pada tab startup. ingat tiap versi windows mungkin tampilan akan beda,tapi intinya sama,tinggal dibaca
  3. pilih mana aplikasi yang ingin di matikan dari startup,lalu klik tombol konfirmasi untuk menyimpan.
  4. jika ada peringatan apakah ingin restartbisa pilih yes  agar penerapan segera dilakukan.

cara mengatasi laptop dan komputer lemot dengan mengatur startup item

mendisable semua startup tidak menjadikan komputermu rusak,tapi alangkah baiknya kamu tau mana saja aplikasi tidak perlu dan mana yang perlu.

startup item hanya disable dan tidak dihapus jadi kamu bisa kembali lagi kesini suatu saat jika ingin menghidupkan kembali dengan alasan tertentu.

3.Satu antivirus saja sudah lebih dari cukup

antivirus-gratisKadang orang berfikir dengan menginstall sedozen antivirus akan membuat komputer sangat aman, padahal yang terjadi adalah komputer menjadi sangat lemot,karena sebagian resource digunakan oleh antivirus untuk melakukan scanning dan monitoring. gunakanlah satu antivirus  saja yang sudah punya nama dan berkelas (bukan antivirus bajakan/crack) bisa antivirus gratis atau berbayar.tidak boleh crack karena kemungkinan antivirus nya uda dimodifikasi hacker agar tidak bisa mengenali virus yang dibuatnya.

Keamanan komputer bergantung pada pengguna komputer itu sendiri, dengan sering melakukan update antivirus dan update system dan aplikasi yang terinstal akan memper kuat pertahanan komputer akan serangan malware /virus. jangan pernah mematikan antivirus dengan alasan apapun dan kenali bagaimana hacker menyebarkan virusnya dan membodohi korban nya,akan sangat membantu kamu mengamankan komputer/laptop dari virus/malware

Jika tidak mau mengeluarkan uang untuk antivirus bisa pakai antivirus gratis yang sudah ternama seperi : avira,avg,avast,panda,bitdefender dll .ingat selalu untuk mendownload antivirus langsung dari sumbernya,bukan hasil reupload ,untuk menghindari antivirus yang telah dimodifikasi oleh hacker.

4.Mengurangi efek visual

Dengan theme atau efek aero membuat tampilan kmputer/laptop kita menjadi wow,amajing kaka. tetapi jika resource komputer kita paspasan malah menjadikan kompute rkita lemot bin lambat.efek visual atau theme memerlukan lumayan resource untuk bekerja,baiknya kit amatikan saja jika ram kita cuman 4GB atau kurang.

  1. tekan kombinasi tombol windows winkey-1pada keyboar dan pause-breaktombol-pause-break (ada di kanan atas deket tombol prinscreen biasnaya)
  2. pada system properties pilih tab advanced dan pada performance klik setting
  3. pada bagian tab visual effects kamu klik pada “adjust for best performance” lalu gulung ke bawah dan centang “use drop shadow for icon …..” biar icon di desktop kamu tetep cantik.
  4. klik ok untuk penerapan,mungkin proses akan sedikit lama untuk penerapan nya jika komputermu da terlanjur lemot.

mengatasi komputer/laptop lemot dengan mengurangi efek visual

Tampilan mungkin keliatan sedikit kaku dan mirim windows XP ,tapi akan sedikit kenceng juga kan? kalo pengin komputer/laptop dengan tampilan keren tapi tetep kenceng,kamu perlu upgrade RAM , minimal ram kamu 6GB ,kalau 4GB masih pas pasan apa lagi jik akamu tipe orang yang suka buka banyak program atau tab ketika browsing.

5.Cek system requirement sebelum install aplikasi

Kebanyakan orang gak pada mau ngeliat system requirement dari aplikasi yang mau diinstall,mereka pikir gak penting. tapi kalo spesifikasi laptop/komputer kamu cuman memenuhi sistem minimal yang diperlukan atau bahakan kurang. maka aplikasi itu bakalan jalan lemot banget di koputer kamu. mending cari aplikasi yang sejenis yang fungsinya sama atau kamu bisa  upgrade komputer/laptop kamu yang sudah tidak bersahabat di jaman ini.

6.Bebaskan Komputer mu dari malware/virus

pencegahanmalware sekarang banyak jenisnya ,untuk menghindari terjangkitnya malware kita bisa melakukan tindakan pencegahan diantaranya

  • install antivirus,update secara berkala dan jangan pernah mematikan nya dengan alasan apapun
  • unpdate windows dan aplikasi agar terhindar dari vulnerability (celah keamanan yang dipakai worm untuk masuk ke sistem kita)
  • Jangan menggunakan aplikasi crack /bajakan ,mending cari yang freeware /opensource
  • Selalu download aplikasi langsung dari sumbernya,karena plikasi yang diupload ulang berpotensi terinfeksi malware.(sengaja dimodifikasi hacker dan  disisipi malware)
  • Jika menemukan file yang gak biasa /aneh janga asal dibuka,mending kamu scan dulu pakai virustotal.com
  • ketika abis install ulang OS, usahakan install antivirus terlebih dahulu,dan jangan membuka partisi selain system(mengantisipasi virus yang jalan dengan autoplay). download antivirus langsung dari sumbernya jangan instal dari kopi/file lama biar lebih aman.

7.Memilih system operasi yang tepat

prosesorMemilih sistem operasi hendaknya disesuaikan dengan spek komputer yang ada,jangan menginstal system operasi sembarangan karena kebutuhan hardware setiap versi sistem operasi akan berbeda,sistem operasi terbaru memerlukan sedikit banyak resource, jadi baca dulu system requirement dari OS yang ingin diinstall.

jika ram yang kamu miliki lebih dari 4GB atau ada rencana ingin menambah ram lebih dari 4GB baiknya kamu memilih sistem operasi dengan arsitektur 64bit dibanding 64bit. kenapa kamu harus memilih 64bit dibanding 32bit?

8.Drive baiknya dipartisi dan jangan biarkan sampai penuh

Tujuan nya jelas, partisi yang penuh akan menyebabkan kinerja komputer menjadi lemot,minimal sisakan 15% disetiap partisi drive kamu. jika aplikasi yang kamu instal segede gajah,misalnya game online,baiknya kamu instal terpisah dengan system operasi (misal jika sistem operasi ada di C:\ ,kamu install game di drive lain,misal D:\ atau E:\)

Jika kamu cuma punya satu partisi yaitu system operasi(biasnaya C:\),baiknya kamu memecah drive kamu menjadi partisi yang lebih kecil, agar mempermudah dalam mengelola file dan mengantisipasi gagal system yang menyebabkan file kamu ikut terhapus jika diletakan dipartisi system operasi.

Baiknya kamu tidak menyimpan file penting di pastisi system operasi (biasanya C:\) , folder my Music,Documents,Pictures,Videos,Downloads secara default berada di Drive C:\ atau drive dimana sistem operasi windows diinstall,jadi jangan menyimpan file terlalu banyak dilokasi tersebut!!!

Untuk melakukan pengecekan kamu bisa menggunakan windows explorer (Atau kombinasi   winkey + E  pada keyboard) klik pada this PC atau MyComputer lalu lihat keterangan statistik untuk tiap partisi

mengecek pemakaian partisi pada windows

Mintalah tolong ke yang  sudah pernah melaukan repartisi,agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. misalnya file terhapus atau hilang.

9.Menambah kapasitas RAM sesuai kebutuhan

emnambah kapasitas RAM agar komputer gak lemotRam tidak akan mempercepat komputer/laptop kamu,karena pada dasarnya kecepatan perhitungan /kerja komputer ditentukan oleh kecepatan processor.tetapi jika RAM pas-pasan akan menghambat kinerja processor , minimal kamu punya ram yang cukup agar komputer tidak melambat karena RAM mu kurang gede.

pada dasarnya ram hanyalah tempat berjalan nya aplikasi,dengan ram yang gede kita bisa membuka banyak aplikasi tanpa perlu kuatir ram nya habis. jika ram paspasaan kamu  harus bersabar dengan cara membuka aplikasi scara bergantian dan menutup aplikasi yang lain(biar hemat ram). tiap aplikasi mengonsumsi RAM dengan ukuran yang berbeda. disini akan saya beri gambaran berapa ram yang tersedia,berapa yang terpakai dan berapa ukuran program dalam menggunakan RAM untuk bekerja.

  1. buka task manager dengan cara start run atau tekan kombinasi tombol  windows   winkey + tombol-r pada keyboard, laku ketik taskmgr dan tekan enter
  2. pada task manager klik tab performance. ingat tiap versi sistem operasi mempunyai tampilan yang berbeda tapi punya kesamaan yaitu tulisan dan grafik untuk dibaca.
  3. disitu ada tulisan berapa ram yang telah dipakai dan berapa ram yang tesedia , dan juga ada grafik penggunaan RAM CPU Network dll.
    Jika kamu belumbisa mbaca grafik atau masih duduk bangku sekolah,kamu bisa bertanya cara membaca grafik ke guru kelas.
cara menganalisa penggunaan ram
kamu bisa klik gambar untuk memperbesar

Untuk menganalisa penggunan ram untuk masing-masing aplikasi pilih tab “processes” lalu perhatikan:

  • Kolom name adalah nama dari aplikasi yang berjalan, kolom CPU adalah jumlah  penggunaan kecepatan CPU dalam persen, Kolom memory adalah jumlah penggunaan RAM dalam MB
  • kamu bisa menyortir tampilan berdasarkan yang kamu minta dengan cara klik pada header kolom misal klik pada memory untuk menyortir bedasarkan penggunaan RAM
  • pada contoh diatas penggunaan RAM saat ini adalah baru 54% ,bisa dilihat game mengkonsumsi banyak sekali resource (CPU 48% dan memory hampir satu giga)
  • dengan sedikit perhitungan kamu bisa menghitung kebutuhan RAM berdasar aplikasi yang akan kamu pakai. kalau ram nya paspasan. tutup alikasi yang tidak perlu untuk mengurangi penggunaan RAM.

10.Membersihkan Heatsink dan Fan

membersihkan heatsink fan yang berdebu agar komputer tidak overheatPanas menjadi musuh utama komputer/laptop,jika komputer/lapotp terlalu panas (suhu diatas 70`C) performa komputer akan melambat, apalagi kalau sering dipake buat ngegame.memang laptop/komputer sudah dilengkapi dengan kiapas dan heatsink pendigin,namun seringkali kipas dan heatsink akan tersumbat berdebu sehingga pelapasan panas dan aliran udara akan terhambat yang menyebabkan overheat

Untuk mengatasi hal tersebut baiknya laptop/komputer dibersihkan secara berkala minimal 3 bulan sekali dengan cara membongkar casing komputer  dam mambersihkan nya dengan kuas. untuk laptop tidak perlu dibongkar juga tidak apa2. tetapi harap hati hati jika menggunakan vacum cleaner/blower untuk menyedot /meniup lubang kipas, karena kipas akan berputar dan menghasilkan listrik yang mengaliri mainboard kamu dan bisa rusak. untuk menghindari hal ini. terlebih dahulu kamu ganjel dengan kawat/paku kecil lubang kipas nya biar kipas gak berputar sewaktu di vacum/tiup.

kipas pendingin laptop tambahan Jika laptop kamu digunakan untuk main games,baiknya dibelikan pendingin tambahan agar laptop kamu tidak terlalu panas,karena laptop biasa (bukan gaming laptop) tidak akan mampu mendingin kan dendan optimal,karena memang tidak dirancang untuk bermain game berat . jadi kamu memerlukan pendingin tambahan biar komputer kamu gak lemot karena kepanasan dan komputer kamu tetep awet.

 

11.Ganti HDD dengan SSD

Perlu dipertimbangkan untuk meng upgrade HDD ke SSD,karena akses baca dan tulis SSD luar biasa cepatnya, pada umumnya kecepatan baca tulis HDD adalah 85MBps sedangkan SSD bisa mencapai 300MBps, kecepatan baca dan tulisa ini sangat berimbas pada performa komputer.Komputer akan sangat cepat ketika booting (kurang dari 30detik) dan membuka aplikasi .

SSD mahal? memang SSD relatif mahal dibanding HDD,tetapi dijamin gak rugi dengan penigkatan performa yang didapat, utnuk menghemat biaya,beli SSD sesuai kebutuhan saja,SSD hanya untuk menaruh sistem operasi ,file aplikasi dan games agar saat loading super cepat,sedangkan file dokumen (video,music,gambar dll) ditaro di HDD.

Kenapa bisa sangat cepat? Secara fisik SSD dan HDD berbeda, HDD berbentuk piringan seperti CD.Untuk mengakses data di HDD,head perlu mencari posisi dimana file disimpan,ketika file ter defrag maka akan semakin lama dalam memposisikan head ke tempat file disimpan,sedangkan SSD tidak mempunyai piringan dan head. SSD seperti flashdisk ,file disimpan di dalam chip NAND, sehingga akses baca tulis file luar biasa cepat.

SSD juga lebih irit listrik,jadi ketika digunakan di laptop akan menghemat penggunaan bateray.

test kecepatan baca SSD

Kode program yang disimpan di SSD/HDD, akan diload ke RAM dan dijalankan.sampai akhirnya kita diberi tampilan GUI sebagai apllikasi yang bisa kita klik .

12.Memilih Power Supply yang berkualitas (untuk pengguna PC)

memilih powersupply yang berkualitasPower supply (PSU) adalah jantung dari komputer,dimana nutrisi yang diperlukan oleh komponen –komponen komputer dibutuhkan untuk bekerja. Power  supplay yang bagus akan menjaga performa komponen komputer dalam bekerja agar tetap optimal. Jika PSU jelek komputer tidak akan berjalan secara ooptimal dan dapat merusak komponen komputer seperti HDD , dan kinerja komputer akan terasa lambat. Jadi pilihlah PSU yang berkualitas bagus atau bermerek.

Demikian upaya yang bisa dilakukan agar laptop/komputer yang lemot bisa kembali prima,cara diatas hanya garis besarnya saja.jika kamu pengin share pengalaman kamu,kamu bisa tulis di komen dan nanti direview untuk bisa ditambahkan disini di artikel cara mengatasi laptop dan kompputer lemot

ARTIKEL LANJUTAN
Mengatasi Windows XP Tidak Bisa Remote Desktop ke Server 2008

Windows Server 2008 Tidak Bisa Diremote Dari Windows XP Setelah Update Jika kamu seorang administrator komputer dan masih bergelut dengan Read more

Memahami DEP dan cara disable DEP windows XP 7 8 10

Memahami penggunaan memory oleh aplikasi Pada saat aplikasi dijalankan maka perintah dan data akan diload ke memory (RAM) , jadi Read more

Memperbaiki kipas Dell vostro 5480 mati

Karena kipas processor gak mau nyala maka kasus yang ditimbulkan adalah overheat, kita bisa tau overheat atau tidak ketika processor Read more

cara mengaktifkan .net framework 3.5 windows 8.1 dan windows 10

Problem pas install Memang kita bisa menginstall/mengaktifkan .net framework 3.5 windows 8.1 dengan memilih opsi penginstallan online ketika kita menggunakan Read more

CARA MASUK & SETTING UEFI/BIOS |Mudah Lengkap Jelas

Gaktau Cara Masuk dan Setting BIOS atau UEFI? Kamu perlu mensetting BIOS atau UEFI saat ingin install ulang windows untuk Read more

Mengengal jenis lisensi windows dan cara download windows

A. Pengertian lisensi software sebelum membahas jenis lisensi windows baiknya kita tau dulu apa itu lisensi software.Lisensi software adalah peraturan Read more

Halloo, Saya Arie

Saya orang biasa seperti mu, Saya suka sekali membantu orang-orang untuk belajar. Itulah sebabnya saya membuat website ini untuk membantu orang lain sepertimu agar lebih cepat dan mudah ketika belajar di internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas