Cara Install WordPress di Webhosting dengan Fitur SSL dan WWW

panduan cara install wordpress di hosting mu saat membuat blog/website sendiri

Setelah berhasil membeli domain dan hosting serta layanan telah aktif yang ditandai dengan domain yang kamu beli sudah bisa diakses,maka kamu sekarang sudah bisa memulai proses membuat blog/website sendiri dengan menginstall wordpress pada webhosting yang kamu miliki.

Beda Hosting Panel dan Member Area –Untuk orang awam yang baru mengenal dunia hosting mungkin agak sedikit bingung antara Hosting panel dengan Member area, kamu tidak usa bingung karena 2 fitur ini dibuat untuk tujuan yang spesifik.

Member area berguna untuk mengelola paket hosting/domain yang kita ambil,informasi taginan,ticket bantuan,menu order untuk produk lain,panduan dll. Disini juga disertakan informasi tentang mesin server hosting yang kita sewa dan URL untuk mengakses Hosting /domain panel /Cpanel. cukup klik pada tombol kelola untuk paket yang aktif.
member area wordpress

Hosting/domain panel /CPANEL  berguna untuk mengelola mesin(Host/server) yang telah kita sewa,mulai dari pemilihan versi php,website builder,pengelolaan file,database,backup,email,domain dll.Memang rada sedikit aneh namun beginilah cara megelola web Hosting,semua dilakukan dai web dan tidak melalui remote desktop.
Adapun cara untuk mengakses Hosting/Domain Panel diberitahukan melalui Email setelah kita melakukan pembayaran dan konfirmasi paket hosting yang kita ambil atauu bisa dilihat pada member area dan lihat informasi detail paket yang aktif.
web Hosting CPANEL

Cara Menginstall WordPress pada Webhosting yang kamu miliki

Layanan hosting Niaga Hoster telah meneyertakan SSL gratis,jadi kamu bisa membuat website dengan fitur https tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun hanya untuk membeli sertifikat SSL.Menggunakan SSL dan WWW memberi nilai tambah untuk website kamu bagi mesin pencari,jadi saran saya gunakan itu “toh gak bayar ^_^”

Menginstall SSL pada Domain

Agar kamu bisa menggunakan https pada website mu maka kamu harus menginstall SSL terlebih dahulu di domain mu sebelum kamu melakukan setup wordpress.Mengaktifkan https /SSL saat pertama installasi akan lebih simpel dibanding mengaktifkan/merubah website non https/ssl menjadi https/ssl.Jadi lakukan sekarang daripada ribet dikekemudian hari.

  1. Login ke CPanel dengan mengetikan namawebsitemu/cpanel misal tembolok.id/cpanel
  2. Cari menu Free SSL atau Lets Encrypt SSL pada sub Security
    free ssl dari let's encrypt yang merupakan SSL Gratis versi Komunitas
  3. Klik Issue pada domain yang ingin diinstall Free SSL
    memilih domain yang ingin diinstall Certificate SSL Let's encrypt Gratis
  4. Pilih pada Alias Domain yang ingin dipasang SSL,jika muncul banyak pilihan maka pilih saja yang www.namawebsitemu.domain misalnya www.tembolok.id
    memilih alias domain yang ingin dipasang SSL gratis wordpress
  5. Jika Berhasil maka akan tertera tanggal expired dar certificate yang telah diinstall,  Pembaruan certificate akan dilakukan secara otimatis jika expired. Jadi kamu tidak perlu SSL mu macet karena lupa diperpanjang
    SSL gratis wordpress berhasil diinstall
  6. Jika status sudah aktif maka kita bisa lanjut ke langkah berikutnya.

Install WordPress di Webhosting dengan Softaculous

Ada dua cara menginstall wordpress saat kamu membuat blog/website yaitu:
Pertama : dengan meletakan file CMS lewat file manager CPANEL /Remote SSH /Remote FTP .
Kedua : dengan  menggunakan tool softaculous yang terintegrasi dengan CPANEL  (sekali klik BERES!!) , saya akan mengajarkan cara “kedua“yang paling gampang dan tidak perlu setting secara manual dibanding dengan metode yang pertama

1. Login ke CPANEL caranya buka namadomain websitemu diikuti dengan /cpanel misalnya www.tembolok.id/cpanel >masukan username dan password yang dikirim ke email mu.
cari menu “Softaculous Apps Installer” pada bagian Software
cara menginstall CMS WordPress dengan softaculous appsinstaller

2.Pada Softaculous interface disediakan berbagai macam aplikasi web yang telah disusun rapi dalam kategori, yang bisa diinstall di Web Hosting mu.
Pilih wordpress dan klik Install,Jika tidak pada halaman depan bisa melalui menu di kiri Blogs > WordPress lalu klik install Now
memulai proses install CMS WordPress

3.Software Setup dan Site Setting
mengeset parameter Software Setup dan Site Setting saat proses installasi CMS wordpress

Choose Protocol : Berguna untuk memilih jenis protocol yang disediakan oleh webserver, jika ingin menggunakan https /SSL pastikan kamu telah menginstall SSL pada domain yang ingin kamu gunakan.

Choose Domain : Pilih domain yang ingin kamu gunakan untuk mengakses web yang akan kamu install skarang.Pilih yang menggunakan www misalnya www.tembolok.id

In Directory : [baiknya dikosongkan] , agar ketika ingin mengakses website langsung bisa hanya dengan mengetikan domain nya saja tanpa perlu menambahkan nama folder di belakang domain. Misal: jika kita mengetikan wp maka kita harus mengetikan https://tembolok.id/wp utnuk bisa membuka website dan jika dikosongin kita bisa mengaksesnya dengan hanya mengetikan https://tembolok.id 

4.Admin Account dan Language Plugins
mengeset parameter admin account and language saat proses installasi CMS wordpress

Admin Username dan Admin Password : isi dengan username dan password yang kamu inginkan, akun ini yang akan digunakan untuk login ke CMS admin panel WordPress melui link http://namawebsitemu.domain/wp-config

Admin Email :isi dengan alamat email yang valid,karena ini berguna untuk mengirimkan email reset ketika kamu lupa account dan ingin mereset password lama yang lupa.

Limit Login Attemts : baiknya dicentang, karena opsi ini untuk membatasi maximal kesalahan login dan mengunci nya beberapa saat. fitur ini digunakan untuk menanggulangi brute force account .

5.Advanced option dan Select theme
mengeset parameter theme saat proses installasi CMS wordpress

Database Name – Nama database yang akan dibuat, bebas bisa kamu tentukan tetapi disarankan agar namanya sulit ditebak orang lain untuk menambah keamanan database dari hacker.

Table Prefik – Ini adalah awalan yang akan digunakan pada setiap table di database,bisa kamu tentukan bebas dan disarankan agar prefik yang digunakan sulit ditebak untuk menambah keamanan database dari hacker.

Disable Update Notification –  Saran jangan dicentang, karena notifikasi update sangat diperlukan agar kita tau secepatnya begitu ada pembaruan.

Auto Upgrade – Sangat disarankan agar dicentang, agar CMS otomatis diupgrade begitu ada versi baru . Otomatis Upgrade dienable dengan tujuan jika ada celah keamanan /zero day vulnerability website kita bisa menambal nya begitu ada update.

Auto Upgrade WordPress Plugin – centang jika ingin proses pembaruan plugin dilakukan secara otomatis

Auto Upgrade WordPress Themes – centang jika ingin proses pembaruan tema secara otomatis

Backup Location – digunakan untuk mengeset lokasi file backup diletakan saat menggunakan fasilitas backup pada CPANEL atau lewat aplikasi Softacoulus Apps Installer.Secara default akan diletakan di root directory dimana CMS diinstall,jika kamu ingin menggunakan folder khusus bisa dibuat dahulu lewat CPANEL.

Select Theme : Silakan pilih Theme standar yang tersedia ,jika kamu ingin merubahnya bisa dilakukan melalui CMS admin panel setelah proses installasi selesai

6. Tunggu hingga proses installase selesai

proses installasi CMS WordPress sedang berjalan

Setelah proses selesai maka akan ditampilkan informasi penginstallan dan URL untuk mengakses CMS Admin Panel ,klik pada return to Overview untuk kembali ke halaman utama softaculous apps installer.

Cara Mengakses admin CMS

Setelah semua proses penginstallan saat membuat website sendiri selesai maka kamu bisa login ke CMS admin panel dengan mengakses URL website kamu diinstall dan menambahkan /wp-admin misalnya https://tembolok.id/wp-admin. Di dalam CMS admin panel terdapat banyk sekali fasilitas untuk membangun website sesuai dengan yang kita inginkan (Cuztomisasi)

tampilan login menu CMS admin panel WordPress
Login menggunakan username dan password yang telah kamu tentukan sebelumnya saat menginstall wordpress.