Mengatur Tema,Plugins,Backup dan Update WordPress

cara setting Tema,Plugins,Backup dan Update Wordpress

Cara Mengakses admin CMS

Untuk bisa merubah tampilan website,menulis artikel dan menampilkannya harus login kedalam CMSdengan mengakses URL website kamu dan menambahkan /wp-admin misalnya https://tembolok.id/wp-admin. Di dalam CMS admin panel terdapat banyk sekali fasilitas untuk membangun website sesuai dengan yang kita inginkan (Cuztomisasi)

tampilan login menu CMS admin panel WordPress

Mengatur Tampilan,Fungsi dan Fitur Blog/Website(Customize CMS WordPress)

Untuk bisa melakukan customisasi CMS agar tampilan dan isi website sesuai dengan apa yang kita inginkan maka kamu harus login sebagai administrator ke CMS admin panel (caranya tertera diatas)

TIPS:Selalu download dan install Theme /Plugin dari official site wordpress melalui CMS Admin Panel agar terhindar dari backdoor yang bisa menyebabkan website kamu diHACK

THEME atau TEMA

Theme atau tema merupakan module yang secara khusus dibuat untuk mengatur tampilan sebuah website , dari theme inilah kita bisa mengatur dan membuat tampilan website sesuai dengan yang kita inginkan.Jika kamu tidak bisa membuat theme sendiri kamu bisa mendownload theme gratis dari official site wordpress (disana juga menyediakan theme premium)

1. Install Theme
Caranya : Masuk ke CMS adim panel (WordPress Admin) >Theme >add new pilih pada theme yang diinginkan lalu klik install
Kamu juga bisa melakukan preview sebelum menginstall theme.

cara menginstall dan mengelola theme pada wordpress

2. Mengaktifkan Theme
Caranya : Appearance > Themes >klik activate pada theme yang telah diinstall dan yang ingin kamu gunakan

cara mengaktifkan theme yang telah diinstall pada wordpress

3. Customize Theme
Caranya : klik pada menu customize pada sub menu Theme/Appearance
Akan ditampilkan preview(di sebelah kanan) dan menu yang tersedia untuk mengatur tampilian theme (di sebelah kiri) Klik pada tombol save untuk menyimpan perubahan
Melalui menu inilah kamu bisa mengatur semua yang berkaitan dengan tampilan dan navigasi ,mulai dari Widget,Menus,Background,Footer,Logo ,dan masih banyak lagi tergantung menu yang disediakan oleh masing-masing theme yang aktif.

cara menata layout theme wordpress

PLUGINS

Plugin merupakan modul tambahan yang dibuat khusus untuk tujuan yang spesifik misalnya untuk optimasi SEO, meningkatkan performa website,mengintegrasikan website dengan CDN /SSL,memblock spamm,antivirus,optimasi image ,mengintegrasikan social network dan lain sebagainya.Plugin bisa kamu cari dan install melalui wordpress admin panel

1. Install Plugins
Caranya :Masuk ke CMS adim panel (WordPress Admin) >Plugins >Add New
Kamu bisa mencari plugin yang kamu butuhkan dengan mengetikan kata kunci pencarian di kolom search
cara menginstall wordpress plugin

2.Mengaktifkan Plugin
Caranya: klik pada plugins atau installed plugins > klik tombol activate , kamu juga bisa menghapus plugin yang tidak terpakai dengan mengklik tobol Delete (deactive plugin sebelum mendelet)
cara mengaktifkan wordpress plugins

3.Menggunakan Plugin
Setelah plugin diaktifkan biasanya pada sebelah kiri admin panel akan muncul menu baru, jika tidak akan muncul di sub menu settings , klik pada menu plugin yang tersedia untuk mukai menggunakan pengaturan yang disediakan oleh plugin yang kamu install

cara mengakses menu plugin yang telah diinstall

Membuat dan Mengelola Content Artikel

Untuk membuat dan mengelola artikel kamu bisa menggunakan menu post dan submenunya , media digunakan untuk mengelola gambar yang diupload dan digunakan oleh website mu.

Membackup Website

Backup dimaksudkan untukk mengantisipasi kerusakan website yang disebabkan oleh hosting error / ternkena malware (misal ransomware) /hacker yang menyebabkan website kita tidak bisa diakses sama sekali. Frekuensi backup hendaknya disesuaikan dengan seberapa sering kita melakukan update terhadap website ,semakin sering kita melakukan update terhadap website maka harusnya makin sering pula kita melakukan backup.

File Backup inilah yang menjadi solusi kita jika terjadi hal buruk yang telah disebutkan sebelumnya, kita tinggal klik restore untuk mengembalikan website kita kesediakala. ada beberapa cara backup yang bisa kita lakukan diantaranya :

Cara backup Website Menggunakan CPANEL

Kita bisa menggunakan cpanel untuk melakukan backup Total (diperlukan jika kita ingin pindah hosting) , atau backup sebagian (misal files home directory /database)

1. Login ke CPANEL Pilih menu Backup pada kategori FILES

cara backup website menggunakan CPANEL

2. Tentukan backup seperti apa yang akan kamu lakukan, jika ingin ful backup maka klik pada section Full Backup (Download a Full Website backup) tapi jika ingin backup sebagian klik pada menu di section Aprtial backup .

Saya sarankan untuk menggunakan full backup agar lebih aman ,tapi kalau kamu cuman ingin membackup artikel bisa kamu backup database saja.

pilihan backup menggunakan cpanel

Cara Restore 

Untuk melakukan restore kamu tinggal klik pada choose File > klik pada file hasil backup sesuai kategori /section yang telah dipilih dan klik upload.

Backup Website Menggunakan Sotfaculous apps installer

Selain untuk menginstall Aplikasi berbasis web di hosting server yang kita sewa,softaculous jug amenyediakan fitur untuk mengelola aplikasi yang telah diinstall salah satunya adalah fungsi Backup.

1. Login ke CPANEL Pilih menu Softaculous Apps Installer pada kategori Software

cara backup wordpress menggunakan softaculous apps installer

2. pilih pada menu Installation atau All Installations 

menu backup softaculoud app installer

3. Pilih menu Backup pada list CMS yang ingin kamu backup

list CMS yang bisa di backup menggunakan softaculous apps installer

4. Pilih Opsi backup yang diinginkan (hanya database,Files atau bisa keduanya)
opsi pilihan backup menggunakan softaculous apps installer

5. Tunggu hingga proses backup selesai

proses backup menggunakan softaculous apps install berjalan

Cara Restore Menggunakan Sotfaculous apps installer

1. Pada tampilan utama Softaculous pilih backup atau “backups and restore di menu atas”

cara restore CMS menggunakan softaculous apps installer

2. Pada menu Backup and Restore klik pada list hasil backup dan klik restore untuk mulai proses restore dan tunggu hingga proses selesai. Kamu jug abisa mendowsnload atau menghapus hasil backup menggunakan menu yang tersedia disini.

pilih hasil backup yang ingin direstore menggunakan softaculous apps installer

Backup Website Menggunakan Plugin WordPress

Ada banyak plugin yang disediakan untuk mengelola proses backup dan resotore, cara menginstall nya sama dengan cara menginstall plugin seperti biasa yang telah disediakan di bab sebelum nya.jangan lupa mengaktifkan plugin setelah proses penginstallan dan cari menu dengan nama yang sesuai dengan nama plugin backup yang telah kamu install dibagian menu kiri wordpress.

Update

Update merupakan versi perbaikan dari versi aplikasi sebelum nya (CMS,Theme,Plugins), biasanya dalam versi update telah ditambahkan penyempurnaan,tambahan fitur dan perbaikan bug. Bug /Vulnerability adalah momok terbesar dalam sebuah aplikasi tidak memandang platform apa yang digunakan, karena bug merupakan pintu masuk yang digunakan hacker untuk membobol suatu sistem. Jadi jika kamu tidak mau kena hack rajin-rajinlah mengupdate CMS,Theme dan Plugins .

WordPress akan memberitahukan melalui admin panel jika ada update melalui notifikasi dibagian menu atas dengan logo anak panah melingkar

notifikasi update tersedia pada wordpress

Klik pada anak panah melingkar tersebut dan centang smua yang ingin diupdate

daftar plugin yang tersedia untuk diupdate