Cara Install Driver Windows 7,8.1,10 Lengkap Untuk Pemula

Cara Install Driver Windows 7,8.1,10 Lengkap Untuk Pemula

Apa itu Driver dan kenapa Perlu install Driver?

Setelah kamu selesai menginstall windows,kamu belum bisa menggunakan komputermu karena belum berfungsi normal100% dengan ditandai dimana tampilan layar masih pecah-pecah,speaker belum bunyi,printer,webcam,touchpad tidak ferfungsi.

Hal ini disebabkan karena kamu belum menginstall driver windows,driver diperlukan oleh windows untuk bisa berkomunikasi dengan hardware (chipset,vga,printer,USB,processor,mouse,keyboard,dll) agar windows bisa menggunakan hardware yang terpasang dengan optimal,memang secara default windows menyediakan driver standar saat install windows sebagai modal agar windows bisa berjalan,namun driver ini tidak maksimal.

Cara Install Driver Windows Otomatis Tanpa CD/Download Manual

Cara menginstall driver windows sekarang sangat mudah,asal laptop atau komputermu punya sambungan internet semua bisa dikerjalan secara cepat dan otomatis.

Menggunakan Windows Update
Untuk Menginstall Driver Windows 10

Jika kamu menggunakan windows 10 kamu bisa menggunakan fitur windows update untuk menginstall driver windows 10 dengan cepat mudah dan praktis.

Versi driver windows yang disediakan oleh windows melalui fitur auto update bukanlah versi terbaru,tetapi versi stable dimana windows telah menguji dan menandatangani driver tersebut dan menjamin 100% akan kompatible dengan windows.

Menggunakan driver versi stabel adalah pilihan terbaik jika ingin komputermu berjalan stabil dan jauh dari trouble /bluescreen yang disebabkan karena driver tidak kompatible

Untuk Menginstall driver menggunakan fitur auto update pada windows 10,cukup ikuti langkah mudah dibawah ini

cara install driver windows 10 menggunakan auto update
  1. Start > ketikan update langsung menggunakan keyboard
  2. Klik check for update
  3. Klik lagi pada check for update
  4. Driver windows dan update windows akan otomatis didownload dan terinstall,restart jika meminta restart kamudian lakukan lagi hingga driver dan windows mu up to date.

Menggunakan Driver Utility
Untuk menginstall Driver Windows 7,8.1 & 10

Untuk windows 7 dan windows 8.1 menginstall driver windows tidak bisa dilakukan secara otomatis menggunakan fitur auto update,Jika kamu ingin menginstall driver dengan versi ter update kamu bisa menggunakan aplikasi driver utility untuk memudahkan saat menginstall driver.

Driver windows yang akan kamu install menggunakan driver ulitity adalah driver versi terbaru,driver ini memang menyediakan fitur baru namun belum tentu kopatible dengan windows mu,jadi resiko ditangan mu jika terjadi blue screen karena driver tidak kompatible.

Jika terjadi bluescreen karena driver tidak kompatible kamu bisa menggunakan fitur system restore yang bisa kamu akses melalui menu WIndows recovery environment(WinRE) saat booting.

Kamu akan menggunakan iobit driver booster untuk memudahkan mu mengelola, mengupdate dan menginstall driver secara otomatis dengan versi terbaru dalam sekali klik.

Baca Juga  Mengengal jenis lisensi windows dan cara download windows
cara install driver windows dengan iobit
  1. Download dan install iobit driver booster disini
  2. klik scan > setelah proses selesai klik Update now
  3. iobit driver booster akan secara otomatis mendownload dan menginstall driver windowsmu.
  4. jika minta restart klik saja restart.

Selain driver booster,iobit juga menyediakan tools lain untuk menjaga performa komputermu tetap ringan selamanya seperti setelah install ulang.Kamu bisa mencoba versi premium jika ingin komputermu dimaintenance oleh iobit secara otomatis tanpa kamu repot.

Cara Install Driver Windows Secara Manual

Cara install driver memang bisa dilakukan secara otomatis jika komputermu ada sambungan internet,jika komputermu belum ada sambungan internet,seprti driver lan atau wifi belum terinstall saat kamu menginstall windows,maka kamu harus menginstall nya secara manual.

Menggunakan CD Driver bawaan Laptop atau Mainboard

Jika saat pembelian laptop ataupun mainboard disertakan CD driver kamu bisa menggunakan CD driver tersebut untuk menginstall driver di windows mu. caranya cukup mudah

install driver windows menggunakan CD
  1. Masukan kepingan CD driver ke CD/DVD drive
  2. Biasanya windows akan meng autoplay dan mengeksekusi aplikasi driver installer secara otomatis
  3. cukup kamu baca dan pahami kemudian cari menu yang menyatakan untuk menginstall LAN driver.
  4. Setelah LAN driver terinstall dan kamu bisa terkoneksi ke internet,kamu bisa install driver windows menggunakan auto update (win 10) ataupun menggunakan ioBit driver booster.

Download driver di Web Resmi Laptop atau Mainboard

Jika saat membeli laptop atau mainboard kamu tidak disertakan CD driver maka kamu bisa mendownload driver LAN di website resminya,namun pertama kamu harus tau merk tipe dan model dari laptop ataupun maibord yang kamu miliki,agar kamu mudah dalam mencari driver LAN

cara mencari type model laptop dan mainboard pc

Misal untuk merek laptop “DELL VOSTRO 3400”,biasanya tertera di box atau belakang laptop mu dan untuk mainboard biasanya tertera di mainboard tersebut (deket processor)

  1. Buka google dan masukan kata kunci “type laptop/mainboard + driver” contoh “dell vostro 3400 driver” atau “asus b85 pro gamer driver” tanpa tanda kutip,maka kamu akan menemukan website official dari laptop atau vendor mainboard tersebut.
  2. Cari download dan install driver LAN saja.
  3. Setelah LAN driver terinstall dan kamu bisa terkoneksi ke internet,kamu bisa install driver windows menggunakan auto update (win 10) ataupun menggunakan ioBit driver booster.
cara mencari driver lapto dan mainboard windows dengan google

KESIMPULAN

Sekarang kamu sudah bisa menginstall driver windows sendiri secara mudah dengan memanfaatkan fitur auto update pada windows 10 ataupun menggunakan aplikasi driver utility versi gratis.

Baca Juga  Cara Install MySQL MariaDB di Windows dan Linux