DRIVER KOMPUTER: Pengertian,Fungsi,Contoh dan Cara install

Diperbaharui Pada Tanggal

Apa itu Driver komputer

Driver komputer adalah sebuah perangkat lunak yang bertugas mengontrol setiap perangkat keras yang terpasang di komputer, agar setiap perangkat keras yang terpasang bisa berinteraksi dengan Sistem Operasi ,aplikasi dan berinteraksi dengan perangkat yang lain.

pengertian dan penjelasan tentang driver komputer
Pengertian driver komputer

Karena setiap alat digunakan dengan cara yang berbeda,driver di dunia nyata  seperti buku manual yang berisi panduan bagaimana suatu alat digunakan dan harus dipelajari oleh otak manusia agar bisa menggunakan alat tersebut.

Manusia bisa belajar sendiri,sedangkan komputer tidak jadi agar sistem operasi bisa mengontrol alat yang baru dipasang ke komputer(seperti printer,scanner,VGA,mouse,keyboard) harus diinstall driver driver terlebih dahulu.

Untuk perangkat umum seperti mouse dan keyboard telah disertakan driver di dalam sistem operasi sehingga kita tidak perlu menginstall secara manual sedangkan untuk perangkat khusus seperti VGA printer dll, biasanya kita harus menginstal manual driver tersebut yang bisa kita download di website resmi vendor.

Apa itu Hardware komputer

Hardware komputer adalah perangkat keras dari komputer itu sendiri yang bisa kita sentuh seperti monitor,RAM,MainBoard,Keyboard,Mouse,Printer,Camera,Speaker,microphone,Kipas pendingin dll.

Pada dasarnya komputer dibuat meniru menusia, dan dibuat memang untuk memudahkan perkerjaan manusia.

Perangkat keras manusia adalah bagian tubuh itu sendiri seperti otak,kaki ,tangan, mulut dll. sedangkan bagian perangkat keras dari komputer adalah bagian dari komputer itu sendiri seperti dijelaskan diatas.

Manusia mempunyai bagian input (Penerima informasi seperti panca indra kita) dan bagian output (berupa suara sebagai media komunikasi dan tangan bisa dipakai untuk menulis dll ).

Begitu juga komputer , komputer mempunyai perangkat input untuk menerima informasi (mouse,keyboard,sensor,camera,microphone,fingerprint scanner dll) dan perangkat output untuk mencetak informasi seperti: speaker ,printer,layar monitor dll.

Apa itu Software komputer (Perangkat lunak)

Software komputer adalah data atau program(serangkaian instruksi komputer) yang berada di perangkat keras komputer seperti firmware,photo,video,aplikasi office,browser internet dll.

pengertian dan penjelasan software komputer
Software

Pada manusia software disetarakan dengan ingatan dan kemampuan atau keterampilan,ingatan manusia bisa berupa gambaran,suara dan rasa atau lebih komplek dari itu sedangkan keterampilan atau skill bisa diperoleh dari belajar sendiri atau belejar dengan orang lain.

Sofware pada komputer bisa berupa data (text,video,audio) data ini biasanya diperoleh dari perangkat input, karena komputer tidak bisa belajar sendiri maka untuk  memberikan skill/keterampilan pada komputer, seorang programmer komputer harus membuat serangkaian instruksi yang harus dijalanakan oleh komputer agar dapat bekerja seperti yang diharapkan.

Misalnya  agar komputer bisa membaca file office dan membuat dokumen maka komputer perlu diinstall program aplikasi microsoft office atau sejenisnya. jadi untuk memberikan kemampuan ke komuter kita tidak mengajarinya tetapi kita menginstall aplikasi yang kita perlukan utuk melakukan tugas tertentu.

Apa itu Sistem Operasi Komputer
pengertian-sistem-operasi-komputer

Sistem operasi komputer adalah software paling penting yang harus berjalan di sebuah komputer sebagai dasar /pondasi agar komptuer dapat digunakan atau berfungsi.

Sistem operasi yang terkenal diantaranya Microsoft Windows, Linux,Android,MacOS,IOS

Penjelasan mudah nya: Pada manusia sistem operasi seperti kesadaran atau nyawa, walau tubuh hidup (bernafas,jantung berdetak) tapi tanpa kesadaran manusia tidak akan bisa melakukan apa-apa.

Begitu juga komputer tanpa sistem operasi komputer tidak bisa melakukan pekerjaan apa-apa, sistem operasi menjadi bagian paling dasar agar sebuah komputer bisa diinstall program /aplikasi  .

Fungsi dan Peran Driver komputer

Dalam dunia komputer driver bertugas sebagai penerjemah komunikasi antara perangkat keras itu sendiri dengan sistem operasi, perlu diketahui setiap perangkat keras di komputer berbicara /bekerja dengan cara dan bahasanya sendiri (tindak menggunakan command yang distandarkan).

Sedangkan semua perangkat yang terpasang ke komputer harus bisa berkomunikasi dengan sistem operasi agar perangkat bisa digunakan,untuk itulah driver diperlukan sebagai media penerjemah antara perangkat yang satu dengan perangkat yang lain.

Fungsi utama driver komputer adalah:

  • menyediakan transparansi dan bertindak sebagai penerjemah perintah antara hardware  dengan sistem operasi atau aplikasi.
  • Pembuat aplikasi dapat mengontrol hardware dengan mudah  cukup dengan mengimplementasikan API(Application programming interface) yang disediakan driver dengan  bahasa program yang lebih tinggi .
fungsi driver komputer
fungsi driver komputer

Driver Sebagai Penerjemah

Saat kamu mengetik menggunakan keyboard sebagai input dan ms.word  sebagai aplikasi mesin ketik, agar ketukan keyboard muncul di aplikasi ms.word sebuah driver keyboard harus diinstall agar ms.word bisa mengerti apa yang diketikan keyboard.

Untuk mencetak tulisan yang ada di ms.word kamu bisa menggunakan printer,sebuah driver printer diperlukan agar printer mengerti apa yang diperintahkan oleh ms.word agar printer mencetak data sesuai tampilan di layar ms.word.

Driver Menyediakan API


Ketika program komputer dengan bahasa tinggi (High Level Language proggramming) untuk mengontrol sebuah serial port maka cukup dengan menggunakan fungsi “Send data” untuk mengirim informasi dan “Receive Data” untuk menerima informasi.

Dengan menggunakan API(Application programming interface) yang disediakan oleh driver,seorang programmer akan lebih mudah dalam mendevelope suatu aplikasi,kode API sangat berbeda dengan bahasa/command yang sesungguhnya digunakan oleh serial port tersebut.

Contoh Driver Komputer

contoh dari komputer driver

Ketika kamu memasang  webcam,printer ,VGA ,mouse,keyboard,flashdisk ,soudhcard dll komputer memerlukan driver agar perangkat keras tersebut dapat digunakan.

Khusus untuk perangkat general seperti mouse,keyboard dan flashdisk sistem operasi sidah menyediakan drivernya secara default jadi kita tidak perlu install secara manual.

Untuk perangkat khusus seperti fingerprint scanner,webcam,printer kamu harus menginstall driver secara manual.

Driver biasanya disertakan dalam paket pembelian perangkat keras tersebut. biasanya berupa kepingan CD/DVD jika tidak ada bisa didownload di website resmi pembuat perangkat keras tersebut.

Cara Menginstall Driver Komputer

cara menginstall driver

Untuk menginstall driver caranya sama dengan menginstall aplikasi lain, jika driver ada dalam kepingan CD/DVD caranya cukup mudah tinggal ikuti saja petunjuk yang ada ketika aplikasi berjalan otomatis ketika CD/DVD dimasukan ke komputer.

  1. Masukan CD/DVD Driver kedalam CD/DVD ROM Drive
  2. Tunggu hingga auto start berjalan dan menampilkan jendela installasi
  3. Kamu baca setiap menu yang ada dan pahami maksudnya (karena tiap driver berbeda tampilan)
  4. Klik pada menu yang menyatakan untuk menginstall driver
  5. Ikuti prosedur yang ada untuk menginstall driver
  6. Jika minta restart maka restart komputermu agar driver mu berjalan

Setiap tampilan untuk menu install driver berbeda-beda karena disesuaikan dengan fungsi dari perangkat tersebut, jadi ketika nginstall driver wajib hukum nya mmbaca panduan sebelum ngeklik next /install.

KESIMPULAN

Driver komputer diperlukan oleh sistem operasi sebagai jembatan/penerjemah komunikasi antara hardware dan sistem operasi agar hardware yang terpasang di komputer dapat dikelola dan digunakan resource nya oleh aplikasi yang berjalan di komputer tesebut.

Tanpa driver komputer suatu hardware tidak akan bisa dikontrol apalagi dimanfaatkan oleh sistem operasi.

Leave a Comment