Bahaya menggunakan aplikasi bajakan /crack

bahaya menggunakan software bajakan

Kenapa software/aplikasi ada yang gratis dan ada yang berbayar?

Di dunia ini hanya ada 2 jenis aplikasi yaitu berbayar dan gratis,sebagai strategi pemasaran biasanya akan diberi kesempatan beberapa hari untuk mencoba aplikasi berbayar (lisensi trial).Lalu kenapa software atau aplikasi ada yang gratis dan ada yang berbayar?

  • Menutup biaya produksi pembuatan aplikasi

    Tidak semua aplikasi dibuat oleh perseorangan,aplikasi yang besar membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk membuatnya, karena dalam prosesnya memnutuhkan banyak tenaga dan biaya maka salah satu cara untuk menutup biaya operasional nya adalah dengan cara menjual software tersebut.

  • Menjual aplikasi untuk profit /bisnis

    menjual aplikasi untuk bisnisSemua orang di dunia ini perlu makan demi bisa hidup,dan tiap orang atau kelompok memiliki pemikiran dan cara masing untuk bisa hidup (menghasilkan uang) . salah satunya adalah dengan membuat aplikasi yang dibutuhkan banyak orang dan menjual nya, disini akan tercipta hubungan timbal balik antara pembuat aplikasi (software developer) dan user ,karena user akan merasa dipermudah dalam bekerja setelah menggunakan aplikasi tersebut,dan si pembuat software mendapatkan bayaran yang setimpal dengan kerja kerasnya.

  • Membuat Aplikasi untuk Komunitas dan Membantu sesama

    membantu komunitasTidak semua orang /kelompok melakukan sesuatu hanya untuk provit, adapula orang /kelompok yang hidupnya didedikasikan untuk hidup orang banyak,untuk membantu mereka.diantaranya dengan membuat aplikasi gratis.
    Software yang gratis biasanya didedikasikan untuk komunitas,seperti seseorang akan membuat aplikasi dan diberikan secara gratis utnuk komunitas gamer (seperti aplikasi streaming,voice chat dll) . developer hanya akan mencantumkan tombol donasi jika ada orang yang ingin mendonasikan sebagian uang nya utnuk aplikasi yang sedang ia kembangkan.

  • Aplikasi Open Source

    opensourceOpensource adalah aplikasi gratis  yang kode program nya dibagikan secara bebas ,jadi setiap orang bisa berkontribusi unguk mengembangkan aplikasinya, tapi jangan salah tidak semua aplikasi gratis adalah opensource, opensource jika apikasi tersebut disertakan source code programnya.

Perbedaan mencolok aplikasi freeware dan premium

Memang banyak sekali aplikasi gratis (freeware /bukan bajakan) yang fungsinya hampir sama dengan aplikasi berbayar, tetapi tentusaja ada perbedaan diantara 2 versi aplikasi ini diantaranya:

  • Fitur Aplikasi
    Aplikasi berbayar biasanya akan memiliki lebih banyak fitur dan dukungan dibannding dengan aplikasi gratis,karena aplikasi premium dikembangkan oleh ahlinya dan grup.
    (Tidak semua aplikasi gratis itu jelek ada pula aplikasi gratis yang tidak kalah dengan aplikasi premium)
  • Support
    supportAplikasi premium akan cepat menanggapi keluhan pelanggannya,karena sudah ada orang yang dibayar khusus untuk mengembangkan aplikasi tersebut, dam mereka juga tidak mau kehilangan pelanggannya. sedangkan aplikasi gratis biasnaya tidak ada support,yang ada hanya forum kecil untuk menerima laporan bug. karena aplikasi gratis dikembangkan oleh individu atau sedikit orang (Tidak semua aplikasi gratis itu jelek ada pula aplikasi gratis yang tidak kalah dengan aplikasi premium)
  • Update dan masa hidup
    software-updateAplikasi premium biasnaya cepat melakukan update jika terjadi bug ,perkembangan nya pun cukup cepat serta memiliki umur yang panjang. berbeda dengan apliakasi gratis yang hanya dikembangkan oleh individu atau kelompok kecil ,jika tidak mendapat respon yang baik dari penggunanya biasanya akan menutup layanan mereka .(Tidak semua aplikasi gratis itu jelek ada pula aplikasi gratis yang tidak kalah dengan aplikasi premium)

 

Kenapa ada software bajakan?  apa bahaya / dampak  menggunakan aplikasi bajakan?

Untuk orang awam atau pemula dalam dunia komputer dan internet, akan menganggap tidak ada bedanya antara aplikasi bajakandan aplikasi original.mereka hanya akan berpikir “kalo ada yang bajakan dan gratis ngapain harus beli,toh fungsinya sama saja” tapi anggapan itu salah,akan sangat berbeda efeknya jika komputer yang digunakan telah terhubung ke jaringan global.aplikasi bajakan yang tidak jelas mempunyai dampak dan kerugian buruk bagi penggunanya diantaranya:
  • Ancaman Malwareancaman malware
    Tujuan utama dari hacker membajak aplikasi dan mendistribusikan nya ke internet adalah si hacker ingin menyisipkan aplikasi jahatnya (malware) kedalam software bajakan. ketika aplikasi bajakan diinstall di komputer korban,maka secara otomatis malware yang tersisip pun ikut terinstall,dan komputer korban sekarang sudah dalam kendali hacker pembuat malware, Komputer yang sudah diambil alih bisa digunakan oleh hacker untuk apa saja,misal menyebar spam,membuat bot net network ,membuat proxy untuk menghilangkan jejak dalam melakukan kejahatan,menyebarkan worm ke jaringan local dll.
  • Pelanggaran Hukum
    jangan gunakan aplikasi bajakan untuk menjalankan bisnis kamu,karena bisa bisa kamu dituntut secara hukum dan harus membayar denda yang besar gara-gara menggunakan aplikasi bajakan.
  • Tidak ada Garansi
    Tidak adanya jaminan garansi jika terjadi sesuatu eror/kesalahan program terjadi,eror bisa semakin buruk jika terjadi pada dokumen penting milik kamu. dan kamu tidak bisa meminta tolong kepada pengembang dari aplikasi bajakan yang kamu pakai.
  • Unjuk Kebolehan
    Tidak semua hacker meyisipi aplikasi yang telah di crack nya dengan malware, ada pula yang hanya ingin unjuk kebolehan dalam bidang reverse engineering dan mendapat nama di internet. jika kalian menduga hanya website yang hacker incar,salah besar karena hacker juga bisa membobol aplikasi premium supaya jadi gratis. tapi kita tidak bisa membedakan antara mana yang disisipi dan mana yang  tidak.

 

Unduh Aplikasi Langsung Dari Sumber Resminya (Official Site)

Cara aman agar kita terhindar dari aplikasi yang sudah dimodifikasi dan beresiko disisipi malware adalah dengan mengunduh aplikasi langsung dari official site. hindari mengunduh aplikasi dari sumber yang gak jelas. Official site bisa dicari dengan mesin pencari. biasnaya akan muncul di top list dari hasil pencarian.

Kurang jelas? Silakan Bertanya