Photo of author

ditulis oleh: Arianto

Tips Memilih Cloud Hosting Yang Tepat

diperbaharui pada:

Tips Memilih Cloud Hosting yang Tepat – Memilih layanan cloud hosting dapat menjadi solusi untuk mendukung operasional web dan sistem teknologi informasi (TI) di perusahaan, organisasi atau institusi, agar tetap dapat berjalan dengan optimal.

Hampir semua perusahaan, organisasi dan institusi kini menggunakan website, internet, untuk menunjang aktivitas dan operasionalnya, termasuk untuk menunjang bisnis, pemasaran dan keperluan lainnya. Seiring bertambahnya akses web, beban hosting yang awalnya bisa menggunakan shared hosting biasanya juga lebih berat yang membutuhkan kapasitas lebih besar.

Teknologi cloud hosting ini memungkinkan pengguna untuk memiliki resource yang tidak terbatas alias unlimited bandwidth, sehingga website juga memiliki trafik yang tinggi dan tetap stabil, bahkan sampai menggunakan resource yang tidak terbatas. Jadi cloud hosting bisa menjadi solusi terbaik bagi mereka yang menginginkan kenyamanan shared hosting dengan resource khusus, seperti VPS.

Tidak hanya membantu mengurangi biaya perangkat keras, tetapi juga memberikan kecepatan pemrosesan yang lebih baik dan waktu henti yang minimal. Ketika salah satu server mengalami masalah, server lain akan melakukan backup, menjaga agar website tetap berjalan optimal. Hal ini membuat uptime cenderung tinggi karena server saling membackup.

Maka sistem kerja cloud hosting ini menerapkan prinsip gotong royong antar server. Tujuannya adalah untuk meningkatkan waktu aktif dan melayani permintaan situs web lebih cepat. Jenis hosting ini sangat cocok untuk situs web yang membutuhkan keamanan tinggi, seperti toko online, situs web institusional, dan perusahaan.

Agar tidak salah beli, jangan tergiur dengan penawaran harga murah, cek dulu spesifikasi yang akan Anda dapatkan. Jangan sampai salah memilih sehingga menyebabkan website tidak berjalan maksimal seperti yang diharapkan.

Oleh karena itu, ketika memilih cloud hosting, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Karena belakangan ini juga banyak layanan yang menjanjikan keunggulan dan keunggulan masing-masing. Tersuk dari penyedia layanan cloud hosting Indonesia.

Perhatikan Reputasi Dan Layanan Yang Ditawarkan

Tentu tidak ada orang yang ingin mendapatkan pelayanan yang minim, namun harus mengeluarkan biaya yang banyak. Oleh karena itu, carilah penyedia jasa yang terpercaya, memiliki reputasi yang benar-benar tepat dan mampu memberikan pelayanan yang maksimal. Penyedia layanan cloud hosting profesional, biasanya dapat mengakomodir semua kebutuhan pelanggan, baik kebutuhan teknis maupun non teknis untuk mendukung layanan.

Teknologi Yang Digunakan

Jangan tergiur dengan harga murah, Anda perlu mengecek teknologi apa yang digunakan. Mulai dari software dan hardware yang digunakan.

Perhatikan Keseimbangan Beban

Layanan cloud hosting memiliki aspek yang paling penting, terutama jika tidak memuat keseimbangan. Penyedia layanan cloud hosting profesional biasanya dapat menyediakan cadangan server jika server utama mengalami masalah. Penyeimbang beban yang digunakan di sini membantu mengarahkan pengguna ke server aktif.

Fasilitas Pusat Data

Bagi Anda yang berencana menyimpan data di data center cloud, aspek penyimpanan dan lokasi penyimpanan (data center) dari provider ini sangatlah penting. Baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Pemilihan data center ini juga bisa di sesuaikan dari mana pengunjung website tersebut berasal, jika pengunjung dari Indonesia lebih baik mengambil server yang memiliki data center di Indonesia. Keuntungan dari datacenter yang dekat dengan pengunjung website adalah akses website yang lebih cepat.

Apa Keuntungan Cloud Web Hosting?

Sama halnya dengan hosting biasa, hosting yang menggunakan teknologi cloud juga bisa digunakan untuk berbagai jenis website. Nah, agar lebih jelas, simak keuntungannya berikut ini:

Stabilitas Tinggi

Layanan hosting berbasis teknologi cloud memiliki stabilitas yang sangat tinggi. Padahal, uptime cloud hosting hampir sempurna, yakni bisa mencapai 99,99%. Dengan uptime yang baik, server tidak akan mengalami downtime saat terjadi lonjakan trafik.

Keamanan Tinggi

Keunggulan selanjutnya dari jenis hosting ini adalah keamanannya yang tinggi. HostingCeria juga telah melengkapi berbagai teknologi pendukung seperti LiteSpeed ​​Web Server, CloudFlare, Railgun, dan Imunify360 untuk performa dan perlindungan terbaik.

Efisien dan efektif

Menggunakan cloud web hosting jauh lebih efektif dan efisien. Dengan teknologi yang lebih baik, bisnis pembuatan website menjadi lebih mudah. Anda juga tidak perlu lagi menggunakan dedicated server yang seringkali terkendala oleh hardware fisik yang sulit dirawat.

Adanya cloud web hosting memudahkan segala hal yang berkaitan dengan kecepatan akses dan hal lainnya. Tentunya hal ini sangat berguna untuk website yang Anda kelola. Terutama website yang memiliki jumlah pengunjung yang tinggi.

Baca juga : cara menghasilkan uang dari internet

Biaya Lebih Murah

Meski menawarkan berbagai keunggulan yang menggiurkan, biaya untuk menikmati layanan cloud web hosting juga sangat terjangkau. Apalagi jika Anda memesan layanan ini di HostingCeria, penyedia layanan hosting dan domain murah di Indonesia dengan biaya terjangkau namun performa maksimal berkat berbagai teknologi pendukung yang kami terapkan seperti LiteSpeed ​​Web Server, Cloudflare, Railgun, dan Imunify360.

Demikian pembahasan mengenai tips memilih Cloud Hosting yang tepat, semoga artikel ini bermanfaat.

Pembahasan Terkait
tutorial cara membuat website sekolah resmi
Cara Membuat Website Sekolah Resmi sch.id

Sekolah anda belum punya website resmi? Anda bisa membuat website sekolah resmi dengan domain sch.id sendiri dijamin langsung jadi dalam Read more

cara membuat website jualan atau toko online sendiri
Cara Mudah Membuat Toko Online Sendiri

Sudah bosan jualan di marketplace yang hanya adu banting harga gila-gila an? Begitulah effek jualan di pasar (traffic orang lain). Read more

cara membuat website dan blog gratis di blogspot dan wordpress
Cara Membuat Website Gratis Ditahun 2021

Pengin punya website sendiri tapi gak mau keluar uang? Kabar baiknya kamu bisa membuat website gratis dengan cara yang sangat Read more

cara membuat blog ramai dan menghasilkan uang
Cara Membuat Blog Yang Menarik & Menghasilkan Uang

Sudah punya website tapi sepi pengunjung? Atau anda ingin membuat website pribadi untuk menulis blog, portofolio guna mendukung personal branding Read more