Panduan memilih distro Linux Sesuai kebutuhan

memilih linux distro yang tepat sesuai kebutuhan

Ketika mendengar “LINUX” gak usa takut karena harus menguasai dan hafal semua command yang harus diketikan di terminal ketika ingin memakainya. Zaman sudah berkembang, memang linux lahir dari console dan sampai sekarang console nya tetap dipertahankan karena ini bagian dari diri linux yang tidak bisa dibuang dimana jika kamu bisa menggunakan console linux kamu bisa memegang kendali penuh atas linux.

Agar semua user bisa menggunakan linux maka linux membuat Graphical user environment/interface sehingga tanpa menggunakan terminal/console user awam bisa menggunakan linux layaknya windows (klik sana sini :D) . Berbeda dengan zaman dulu dimana linux hanya digunakan oleh orang IT ,sekarang linux sudah mempunyai tampilan desktop yang cantik layaknya windows. ada banyak distro linux yang mengembangkan linux dengan berbagai macam tujuan dan goal nya masing-masing. berikut beberapa distro linux yang sudah terkenal dan mempunyai komunitas yang solid.

Linux Mint (Disto ubuntu Terbaik untuk Desktop)

Linux Mint Cinnamon menjadi pilihan terbaik untuk desktop komputer dan laptop saat ini, selain tampilan yang cantik linux mint juga sudah mendukung multimedia dan office. linux mint cinnamon bisa disebut juga Mac OS X nya Linux :D.
Linux mint untuk saat artikel ini dibuat menyediakan pilihan Desktop interface diantaranya : Cinnamon ,MATE,Xfce dan KDE

Linux mint merupakan distro dari ubuntu debian sangat cocok untuk sistem operasi desktop/PC , tetapi tidak cocok untuk sistem oprasi laptop karena linux mint power management nya buruk sehingga boros baterai.
desktop linux mint cinnamon

UBUNTU (Pilihan tepat untuk Desktop dan memulai belajar linux serta IoT)

Kebanyakan distro linux seperti linuxmint,elementary OS ,zorinOS  adalah pengembangan dari Ubuntu debian, itulah alasan nya mengapa ubuntu menjadi linuX OS untuk memulai belajar Linux. Ubuntu juga menyediakan aplikasi yang lengkap dan apps manager sehingga untuk menginstall aplikasi tinggal klik dan cari seperti menggunakan google playstore pada android tanpa harus menggunakan command line /terminal .

Di website Ubuntu juga tersedia lengkap OS ubuntu untuk berbagai macam kebutuhan seperti desktop,server,phone,table dan IoT. khusus untuk embeded device disediakan RTOS Snappy Ubuntu Core sebagai otak nya IoT.
ubuntu-varian

-“Dulu  saya menggunakan ubuntu untuk memulai belajar linux”-

Ubuntu linux desktop dan IoT

 

Steam OS (Distro terbaik game console)

Steam OS tidak bisa dikatakan sebagai pengganti windows untuk gaming. tetapi lebih tepatnya pengganti OS Game console , dengan Steam OS kamu bisa menjadikan komputer biasa menjadi game console. game console yang spesifik untuk memainkan game milik steam tentunya.
Steam OS merupakan  Sistem Operasi Berbasis linux Debian 8 jessie yang didesain khusus untuk gaming console . Steam OS juga mendukung fitur streaming games jadi kamu bisa main game dimanapun d rumah mu tanpa harus mindah-mindah Game BoX yang terinstall Steam OS.
steam OS dari valve untuk membuat game console steam

Kali Linux (Sistem operasi dengan penetration test tool)

Dahulu bernama backtrack dan sekarang menjadi Kali Linux ,sistem operasi ini menjadi favorit para hacker white hat atau black hat untuk melakukan penetration test terhadap sistem, biasanya pengguna kali linux tidak perlu menginstall di komputer mereka karena semua linux sudah bisa dijalankan secara live  tanpa install (Live CD). tanpa harus menginstall aplikasi tambahan ,kali linux sudah dibekali dengan berbagai macam tool untuk kebutuhan pentesting (Penetration testing) seperti metasploit frameword ,beef,armitage,nmap dan masih banyak lagi.  Ada juga versi untuk mobile smartphone yang diberi nama kali linux net hunter.
kali linux sistem operasi untuk hacker

Arch Linux (customizable distro)

Arch linux menjadi pilihan distro terbaik jika kamu ingin belajar linux secara mendalam, karena archlinux mendukung imaginasi user untuk membangun linux sesuai kebutuhan nya (fully customizable), arsh linux juga mempunyai dokumentasi dan komunitas yang besar sehingga aplikasi yang disediakan selalu update.

Arch linux mempunyai dokumentasi yang sangat banyak dan komunitas yang solid, AUR (Arch User Repository) menjadi tempat komunitas /personal untuk menaruh aplikasi yang dikembangkan /dimodifikasi agar berjalan optimal di arch inux . AUR seperti PPA pada  distro ubuntu debian.
arch linux fully customizable Linux

Manjaro /Antergos (Pilihan terbaik untuk Laptop/notebook)

Manjaro dan antergos adalah distro dari arch linux , manjaro merupakan distro arch linux resmi dari arch , sedang kan manjaro adalah distro arch linux yang dibuat oleh komunitas diluar arch linux official team.
Manjaro dan arch linux mempunyai power management yang sangat baik sehingga sangat cocok untuk diinstall di laptop yang akan memperpanjang pemakaian menggunakan baterai.

Ada beberapa pilihan desktop environment (DE)  yang disediakan oleh manjaro dan antergos diantaranya : XFCE,MATE,KDE,Cinnamon ,GNOME dll, tetapi khusus untuk desktop kamu wajib memilih XFCE desktop environment karena XFCE sangat ringan dan hemat resource yang nantiknya akan mempengaruhi waktu hidup ketika menggunakan baterai.

semua proses penginstallan dan setting bisa dilakukan dengan GUI jadi walau kamu pemula tetap bisa menginstall distro arch linux ini dengan mudah.

manjaro-1610-slide-kde-octopi

 SLE/RHEL (Enterprise distro)

Red Hat Enterprise Linux (RHEL)or SUSE Linux Enterprise(SLE) menjadi pilihan distro linux premium terbaik untuk digunakan di server perusahaan besar untuk membangun server sekala besar.
Redhat Enterprise Linux RHEL

Debian /CentOS  (Server OS terbaik)

jika tidak mau membayar /tidak ada anggaran untuk membayar langganan SLE//RHEL sebagai OS server yang akan dibangun makan Debian dan CentOS menjadi pilihan terbaik. Debian dan CentOS memberikan standar tinggi OS untuk kebutuhan Server yang akan kamu bangun.
Untuk distro khusus server biasanya tidak mempunyai GUI yang cantik.karena server akan dimanage menggunakan remote console terminal melalui SSH,dan biasanya yang diinstall hanya core componant sedangkan Xwindows nya tidak ikut diinstall

Lubuntu (Cepat dan ringan)

inti sistem Lubuntu adalah linux ubuntu,lubuntu menggunakan minimalis desktop environment LXDE ,karena lubuntu mengutamakan kecepatan dan efisiensi energi maka lubuntu tidak memerlukan banyak resource sehingga dasant cocok jika dipasang pada komputer dengan spek minimal/komputer lama (komputer lama aja kenceng ap lagi komputer baru 😀 ).

lubuntu linux cocok untuk komputer jadul tua

Kesimpulan

Jika kamu ingin menggunakan linux untuk memulai belajar linux, sebagai saran dari saya gunakan linux dengan basis ubuntu.Linux mint bisa menjadi pilihan tepat untuk memulai belajar linux,karena linux mint berbasis ubuntu.

Apapun distro yang kamu gunakan,hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan, misal untuk Server gunakan RHEL seperti CenOS dan untuk desktop pilih desktop edition ,tetapi semua distro juga mengeluarkan edisi desktop dan server jadi pilihlah sesuai dengan kebutuhan mu.

Kurang jelas? Silakan Bertanya