cara memperbaiki kipas dell vostro 5480 yang mati

Memperbaiki kipas Dell vostro 5480 mati

Diperbaharui Pada Tanggal

Karena kipas processor gak mau nyala maka kasus yang ditimbulkan adalah overheat, kita bisa tau overheat atau tidak ketika processor (GPU /CPU) melakukan kerja yang lumayan keras,misalnya render,play video,main game atau sengaja di benchmark.

Dell vostro 5480 kipas nya sangat senyap,bahkan ketika nyala nyaris tak berbunyi,¬†jadi untuk mengetahui kipas nyala atau tidak biasanya ku pakai tangan untuk merasakan hembusan hawa panas dari laptop ūüėÄ
Kipass dell vostro 5480 juga didesain hanya akan menyala jika suhu melebihi 60’C . untuk pemakaian normal (Browsing internet,ms.office,koding) suhu rata-rata dibawah suhu 55’C jika dipakai di ruang ber AC .

Saya baru tau kalau kipas gak berfungsi ketika ku iseng buka game di laptop dell vostro 5480 saya dan tiba-tiba laptop mati mendadak, ketika ku sentuh bagian atas keyboard (tepat dimana posisi processor berada) dan panas nya luar biasa, secara default komputer akan mati sendiri jika suhu processor mencapai suhu kritis,biasanya 100’C sebenarnya processor bisa tahan diatas suhu 100’C karena setelah ku cek di suhu 105’C saja processor masih nyala,tapi unntuk melindungi komponen yang lain makanya dia otomatis mati (pasti solderan di sekeliling processor bisa lepas kalau dibiarkan lama disuhu 100’C)

“Kipas processor ¬†dell vostro 5480 tidak bisa dikendalikan dari OS ,memang sengaja dikunci sama DELL biar tidak diatur lewat OS, jadi tidak ada interferensi driver dari OS jika kipas sampai tidak menyala. karena putaran kipas diatur langsung oleh firmware BIOS. Jika Kipas samapi gak muter yang perlu disalahkan adalah kipas itu sendiri / firmwarenya yang error”

Pengecekan Sistem dan diagnosa

Logikanya kalau sampai laptop overheat berarti kipasnya tidak menyala (logika simple kan :D),jadi kita akan cek kondisi kipas baik secara hardware/software karena bisa saja kipas nyala tetapi  lobang nya uda penuh dengan debu.
Baiknya lakukan cek secara software/sistem dulu sebelum bongkar2 laptop.
ketika kamu tau kalau laptop overheat,jangan langsung menyalakan laptop, tapi tunggu hingga suhu laptop dingin atau bisa dibantu dengan diblower/kipas angin baru dinyalakan kembali untuk mengecek.

Menggunakan tool diagnostik di boot menu  bawaan Dell Vostro 5480

nyalakan laptop dan spam tombol f12 (Boot menu)  > lalu pilih menu diagnostik
masuk menu diagnnostic dell vostro 5480
biarkan sistem melakukan cek dan perhatikan ketika test sampai ke bagian kipas,jika semua kipas error dengan keterangan kipas tidak merespon maka bisa dipastikan kipas tidak berputar ketika diberi perintah dari firmware BIOS(logikanya gak mungkin banget 2 kipas rusak disaat yang sama)
kipas dell vostro 5480 mati

Upgrade /Reflash BIOS

Karena kita da cek semua alangkah baiknya kita take action sendiri sebelum laptop kita dikirim ke dell center untuk diservice.
Reflash /upgrade firmware gak bakal menggugurkan garansimu,karena software diunduh langsung dari website DELL.

“Harap diperhatikan!!! jangan matikan laptop ketika sedang proses flash BIOS berlangsung
dan wajib colokin adaptor nya biar tidak terjadi hal-hal yang buruk karena gagal FLASH”

  1. Download BIOS update dari website Dell
    pergi ke link ini http://www.dell.com/support/home/us/en/04/Drivers/DriversDetails?driverId=YWK74
    lalu klik bagian download
    download BIOS update dell vostro 5480
  2. Jalankan aplikasi yang kita download tadi ,muncul peringatan bahawa “baiknya kamu menutup semua aplikasi sebelum melakukan BIOS update” lalu pilih OK
    cara menjalankan dell bios update untuk memperbaiki kipas processor yang mati
  3. Klik OK untuk memulai proses Flashing BIOS
    Kamu bakal disuruh untuk masang adaptor ketika akan flash bios,tanpa colokin adaptor flash gak bakal berjalan
    dell_vostro_5480_Bios_Flash3 dell_vostro_5480_Bios_Flash2
  4. ketika flashing bios,mouse keyboard bakal kedisable jadi gak usa panik dan komputer akan restart otomatis.
    proses flasing bios dell vostro 5480
  5. Setelah restart dan komputer masuk boot spam lagi tombol f12 untuk masuk ke menu diagnostik
    Harusnya kipas kamu nyala kembali jika hanya terjadi error di firmware bios nya.
    cara memperbaiki kipas dell vostro 5480 kipas mati

Penanganan tingkat lanjut

Jika kita sudah melakukan flash BIOS tapi tetep aja kipas gak mau nyala, maka kita perlu cek secara fisik dengan membongkar nya , cukup buka tutup bawah dan lihat sapa tau kabel nya kendor, tapi jika kabel smua terlihat normal dan kipas tetep aja gak nyala maka lebih baik dibawa saja ke service center DELL. saya tidak merekomendasikan service laptop sekelas dell vostro 5480 di bengkel biasa,kecuali memang kemampuan bengkel nya sudah terbukti.

Leave a Comment