Kelemahan aplikasi DOS (16bit) dan database mdb dbf

Memahami aplikasi Console(32/64bit app) dan aplikasi DOS (16bit app)

Dilihat dari tampilan memang sama, karena keduanya identik dengan tampilan console hitam dan putih mononton,tapi secara teknis beda jauh.Dijaman DOS dulu, semua program berbasis console semua aplikasi dikontrol menggunakan keyboard (bukan mouse) , lalu teknologi berkembang dan tapilan aplikasi semakin kaya (berbasis grafik) dan mouse pun digunakan untuk mempermudah interaksi user degan tampilan applikasi GUI (Graphical User Interface) , hingga saat ini semua aplikasi dibuat dengan tampilan GUI yang user friendly (Mudah digunakan).

Semua bahasa pemrograman saat ini  menyediakan antarmuka Console dan GUI ,Antarmuka Console biasanya digunakan oleh orang yang sudah terbiasa dengan komputer dan program yang digunakan nya juga bersifat teknis,sedangkan aplikasi untuk user biasa dibagun dengan tampilan GUI yang cantik, agar lebih mudah digunakan oleh orang awam sekalipun.

Membedakan aplikasi DOS dan aplikasi Console (Bukan DOS)

Kalau diliat dari tampilah tidak bisa dibedakan gan,tapi secara teknis beda jauh .secara singkat , aplikasi berbasis DOS masih menggunakan basis 16bit untuk kode nya dan memerlukan emulator DOS untuk menjalankannya, Sedangkan  aplikasi yang menggunakan antarmuka console bisa 32bit atau 64bit dan langsung bisa dijalankan di komputer 32bit atau 64bit,pada dasarnya aplikasi console sama seperti aplikasi biasa hanya saja antarmukanya /tampilan nya seperti DOS (berbasis console)
berikut cara membedakan aplikasi berbasis DOS dan Console Bukan DOS

  • Aplikasi DOS hanya bisa bejalan di sistem operasi 32bit secara Default, sedangkan aplikasi Console (32bit/64bit) bisa berjalan di system operasi 32bit dan 64bit
    Tetapi aplikasi DOS juga bisa berjalan di system operasi 64bit jika kamu install custom emulator untuk DOS seperti DOSBOX
  • Aplikasi DOS memerlukan emulator untuk berjalan (NTVDM.exe default dari windows) sedangkan aplikasi console berjalan seperti aplikasi biasa tanpa emulator.
    Caranya cek pada taskmanager ketika kamu menjalankan aplikasi dengan antarmuka console untuk mengecek itu aplikasi DOS apa bukan.
  • Ketika dibuatkan shortcut untuk aplikasi DOS, maka shortcut icon  nya akan berubah menjadi icon aplikasi DOS.
  • Ketika klik kanan properties pada shortcut aplikasi DOS akan muncul Opsi yang berbau DOS 😀
  • Sebenarnya aplikasi console sama seperti aplikasi pada umum nya,cuman interface yang dipakai bukan GUI melainkan console berbasis text.

Kelemahan aplikasi berbasis  DOS 16bit

  • Memakan Resource CPU yang besar
    Permasalahan pemakaian CPU bisa mencapai 50% bahakan 90% untuk 1 aplikasi, yang menyebabkan komputer akan sangat lemot, entah kenapa emulator NTVDM.exe memakan resource CPU begitu besar ketika program sedang bekerja. silakan cek task manager untuk mengeceknyaketika program DOS sedang digunakan.
    Sebenarnya masalah ini dapat diatasi dengan mengganti emulator bawaan dengan custom emulator yang dijual di internet.
  • Haya support windows 32bit secara default
    Aplikasi berbasis DOS 16bit hanya bisa berjalan di sistem operasi berbasis 32bit, dimana apliaksi berbasis 32bit ini masih menyediakan emulator 16bit app. Sedangkan di windows 64bit aplikasi basis 16bit sudah tidak disupport lagi.mungkin microsoft berfikir “hari gini … mana ada orang yang masih pake aplikasi 16bit ,mending ku bang aj suport 16bit nya buat space yang lain yaitu 32bit “, setiap pergeseran tehnoloogi baru biasanya tehnologi yang ditinggalkan 1 generasi sebelumnya akan dissupport, karena gakmungkin 100% orang akan upgrade ke tehnologi baru semua.Misalanya ketika microsoft upgrade dari 16bit ke 32bit Operating system maka aplikasi basis 16bit akan disupport di versi OS terbarunya 32bit dengan disertakan nya emulator 16bit ntvdm.exe. dan sekarang microsoft upgrade ke sistem opoerasi basis 64bit maka aplikasi 32bit masih bisa disupport dengan bantuan emulator32bit yang disertakan dalam paket sistem operasi 64bit.
  • Masalah kompatibilitas
    Aplikasi berbasis DOS sudah dihentikan supportnya sejak lama,ketika microosoft membangun sistem operasi berbasis 32bit dan sekarang 64bit , sudah banyak perubahan interface perangkat dan tehnologi sejak DOS ditinggalkan, memang aplikasi DOS masih bisa berjalan dengan bantun emulator di komputer saat ini,namun aplikasi DOS tidak bisa menghandle perangkat dengan antarmuka/interface yang baru seperti USB , Diajaman dulu komputer dan perangkat output berkomunikasi dengan port LPT,COM,PS2 dan belum ada USB , tapi di jaman ini hampir semua komputer menggunakan interface USB ,bahkan mulai menggunakan interface ethernet.Jika kamu menggunakan aplikasi DOS untuk kebutuhan bisnnis mu,dijamin kamu bakal mencari tehnologi lama agar aplikasimu bisa berjalan. Misalnya kamu akan mencari maiboard yang ada port COM atau LPT ,membeli printer dengan port LPT atau COM . padahal dijaman ini interface sudah digantikan dengan USB. hasil cetakan nya juga susah untuk diatur karena biasanya untuk mencetak ke printer dengan interface USB akan menggunakan aplikasi tambahan yang harus diinstall. Pokoknya Repot broo….
  • Kemampuan Terbatas
    Aplikasi DOS mempunyai kemampuan yang terbatas,sudah jelas untuk fitur pasti tidak sekaya dan semudah aplikasi yang dibagun dengan bahasa program dijaman ini.Walaupun bisa berjalan aplikasi berbasis DOS ini hanya bisa menangani komputasi pada saat aplikasi ini berjaya,sedangkan untuk saat ini diperlukan komputasi yang cepat,walau komputermu secepat kilat namun aplikasi yang digunakan masih menggunakan tehnologi lama dengan performa yang rendah dijamin hasilnya tidak akan maximal.Karena kemampuan yang terbatas ini dan hanya support di perangkat tertentu, sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan aplikasi berbasis DOS 16bit pada jaringan komputer besar seperti perusahaan,Toko dengan antar cabang. karena nantinya akan ada masalah kompatibilitas dengan perangkat baru saat ini.
  • Usang
    Jangan Tersinggung Dulu,Bagi yang masih menggunakan aplikasi DOS gak usa tersinggung dengan tulisan  ini, tapi bukalah mata,tehnologi berkembang begitu cepat,semua orang memerlukan komputasi yang cepat pula,karena harddware sekarang sudah berkembang dan bisa menagani komputasi yang besar. Bukan tanpa alasan setiap bahasa pemrograman mengikuti arus ini untuk bisa memenuhi kebutuhan komputasi yang cepat, kenapa DOS sudah tidak dikemabangkan dan dihentikan supportnya oleh microsoft tentu alasan nya karena mereka telah menemukan solusi yang lebih baik dari aplikasi berbasis DOS 16bit. aplikasi berbasis 32bit dan 64bit lah jawaban nya, sistem operasi di jaman sekarang juga sudah mulai bergeser ke 64bit (sistem operasi 32bit mulai ditinggalkan) karena apliaksi 64bit menjanjikan masadepan komputasi yang cepat dengan kapasitas memory yang besar pula. (sistem operasi 32bit yanya mampu menghandle 4GB ram)Ayo MOVE ON!!

Kelemahan dan kekurangan database menggunakan DBF

memang database dbf tidak memerlukan server dengan kekuatan besar dan server mahal, memang di zaman nya tidak ada server secepat sekarang dan database engine msh berbentuk file database, berbeda dengan sekarang semua database besar menggunakan server based database engine  seperti SQL dan Oracle, database engine lama seperti DBF memiliki banyak kekurangan dibanding dengan database engine baru seperti SQL .
Perbedaan yang mencolok antara database engina lama dan baru adalah database engine lama tidak menyediakan service untuk menghandle penggunaan database nya (aplikasi langsung mengakses file database dan memodifikasinya) sedangkan database engine baru seperti SQL dan Oracle menggunakan service untuk menghandle penggunaan database (aplikasi hanya perlu konek ke service dan mengirim query dan aplikasi menerima hasilnya) sehingga akses ke database engine baru jauh lebih cepat.

Database file DBF biasa digunakan untuk database aplikasi yang ditulis menggunakan  Clipper,FoxPro, Arago, Wordtech, xBase atau yang sejenis di zaman nya.file database ini dapat digunakan secara bersama-sama dalam satu jaringan  dengan cara yang simple .yaitu dengan file sharing. tetapi dibalik kesimple an nya ,keunyu an dan ke cute an nya  database jenis DBF memiliki kelemahan jika digunakan dijaman ini untuk menagani data yang relatif besar.  berikut beberapa kekurangan menggunakan database file tipe DBF

  • Rawan Korup
    File akan dibuka oleh aplikasi yang menggunakan database ini, jika terjadi kesalahan teknis ketika file sedang dibuka atau gangguan jaringan maka bisa dipasitkan file akan korup, data yang tersimpan akan berbeda dengan data yang diinput lebih buruknya file benar-benar tidak bisa dibuka
  • Lamban berjalan di jaringan WAN dan Wireless Network
    penggunaan jenis file database ini tidak dirancang untuk jalan di jaringan WAN dan Wireless(ingat padasaat tehnologi ini dibuat jaringan komputer masih sederhana dan file database digunakan secara local), pada jaringan kabel mungkin akan berjalan baik-baik saja,namun jika perusahaan mu terdiri dari cabang dan menggunakan jaringan WAN dan Wireless maka aplikasi mu akan berjalan lambat.
    Mengingat Jaringan WAN dan Wireless melewati beberapa router dan perangkat lain maka kestabilan jaringan juga perlu diperhatikan, jika ketika mengakses file mdb lalu jaringan tidak stabil dan terputus beberapa detik saja maka bisa menyebabkan file database korup. karena komputer yang menggunakan database akan menulis langsung ke file mdb yang digunakan dan jika terjadi putus disaat menulis akibatnya korup lagi korup lagi. data menjadi tidak relevan.
  • Hanya cocok digunakan pada jaringan LAN dan Komputer Local
    Karena rawan korup ketika menggunakan jaringan WAN atau Wireless maka penggunaan database ini hanya cocok untuk pengguna jaringan LAN atau digunakan secara Local (Digunakan di komputer itu sendiri)
  • Tidak cocok untuk penggunaan masive/jumlah besar
    Semakin banyak komputer yang mengakses database maka akses ke database akan lambat dan mudah korup,ini dikarenakan file database diakses secara langsung oleh komputer yang menggunakan nya.
    Jadi untuk penggunaan dengan jumlah puluhan komputer tidak disarankan menggunakan database berbasis file dbf.
  • Tidak bisa menyimpan data dalam jumlah besar
    File database  DBF mempunyai batasan ukuran data yang ditampung,seperti batas kolom dalam ms.excel ,jika data yang disimpan tiap hari besar maka sebagai jalan keluar biasanya si programmer akan membuat database yang dipecah-pecah perhari , akibatnya jika ingin melihat data-data dimasa lalu memerlukan extra tenaga untuk melihatnya, karena file database nya terpisah-pisah.
  • Untuk mengakses data besar,diperlukan komputer spek lumayan
    Jika ingin membuka data dengan jumlah besar, komputer yang dipakai untuk menjalankan aplikasi juga harus mempunyai spek yang lumayan besar,ini dikarenakan aplikasi akan mengakses file database secara langsung dan melakukan query,semua perhitungan akan dilakukan oleh komputer yang sedang menjalankan aplikasi ini.
    Berbeda dengan database engine versi baru seperti SQL,client hanya mengirim query untuk dikirim ke service server dan serverlah yang akan memproses semuanya dan mengembalikan hasil sesuai query yang diminta client,sehingga client tidak melakukan kerja apa2 😀

 

Pembahasan Terkait
Perbedaan GPT dan MBR |Harus Pilih yang Mana?

Bingung Pilih MBR atau GPT ? Saat kamu membeli dan memasang media storage baru baik hdd,ssd,flashdisk,microsd,dll kamu akan dimint a Read more

Pengertian Sistem Operasi Komputer|Fungsi dan Contoh

Pengertian Sistem Operasi Komputer Sistem Operasi komputer adalah aplikasi/software khusus yang berjalan saat komputer pertama kali dinyalakan yang menyediakan antarmuka/interface Read more

Perbedaan UEFI dan BIOS Legacy|Harus Pilih yang Mana?

Bingung Pilih BIOS atau UEFI saat install Sistem Operasi? Jika kamu bingung karena gak tau perbedaan antara BIOS dan UEFI Read more

Mengenal Teknologi Virtualisasi Pada Modern Komputer

Apa itu Server Virtualisation / Virtualisasi Server? virtualisasi merupakan pembagian server fisik menjadi beberapa virtual server yang lebih kecil dengan Read more

Halloo, Saya Arie

Saya orang biasa seperti mu, Saya suka sekali membantu orang-orang untuk belajar. Itulah sebabnya saya membuat website ini untuk membantu orang lain sepertimu agar lebih cepat dan mudah ketika belajar di internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas