Memahami Game Mekanik dan Map Jungle Mobile Legends-Arena of Valor

Game Mekanik Dasar game MOBA Mobile Legend dan Arena of Valor(AOV)

Pada game bertipe MOBA,kemenagnan hanya dapat dicapai jika kamu bisa menghancurkan tower induk musuh yang berada di base (tempat biasa kamu respawn dan isi darah),tower induk ini dilindungi oleh tower tower kecil yang berada di sepanjang jalan yang dilalui minion/creep.Creep/minion akan muncul dalam jangka waktu tertentu dan berjalan di tiap lane/jalur (atas tengah bawah) dan akan menyerang musuh di depan nya (baik player,minion musuh dan tower musuh).

Untuk bisa menghancurkan tower musuh dengan aman kamu tidak bisa langsung menyerang tower dan kamu harus menunggu minion mu masuk ke tower terlebih dahulu (dijadikan tumbal).Minion yang ada di dekat tower musuh berfungsi sebagai tank dan buffer,dimana minion akan mengorbankan dirinya untuk di hit tower dan ketika kamu ngehit tower damage yang masuk ke tower juga akan lebih besar(jadi jangan sok ide ngetank/ngeTB in tower ).Ingat tower hanya bisa dihancurkan dengan basic atk,jadi jangan sok ide menggunakan skill untuk menghancurkan tower,karena tidak akan berhasil.

cara menghancurkan tower mobile legend dan arena of valor AoV

Game Mekanik Tower dan Minion yang perlu kamu ketahui

Menghancurkan tower pada game Mobile Legend dan Arena of Valor(AoV)ada tehnik nya,tower dan minion mempunyai game mekanik tersendiri yang perlu kamu ketahui diantaranya:
tower dan minion game mekanik mobile legend dan arena of valor AoV

1. Makin tinggi level mu,makin gede damage mu dan minion ke tower(kalau dibawah lvl 4 mending fokus farming dulu,jangan hit tower karena damage msh kecil)
2. Jika semua tower kecil musuh hancur,ukuran minion mu akan menjadi besar dan bertambah kuat dan berlaku sebalik nya.
3. Damage mu ke tower akan menjadi besar jika ada minion(minion mu) disekitar tower,jadi jangan sok ide ngeTB in tower sendiri
4. Damage tower ke player sangat sakit (gede),jadi biarkan minion masuk dulu ketower baru kamu ikut masuk(minion dijadikan tumbal).

 

Mengenal dan Memahami Map game Mobile Legend dan Arena of Valor (AoV)

Untuk bisa memenangkan game Mobile Legend dan Arena of Valor (AoV) kamu harus memahami map dengan segala isinya,sehingga kamu bisa dengan mudah melakukan multi tasking (leveling,laning,ganking,deff secara bersamaan)

Mengenal Lane/Jalur pada game MOBA Mobile Legend dan AOV

Untuk bisa menghancurkan tower induk musuh kamu harus menghancurkan tower kecil terlebih dahulu,tower kecil ini berfungsi sebagai pelindung/penghalang disepanjang jalan/lane menuju tower utama.Kamu ber 5 dituntut agar bisa  bekerja sama sebagai tim untuk menjaga tower  dan menghancurkan tower musuh secara bersamaan(jadi ingat ini game main tim bukan individu!!) agar bisa menang harus hancurin tower,bukan banyakin kill.
lane atau jalur paga game MOBA mobile legend dan Arena of Valor AoV

Mengenal Jungle/Hutan pada game MOBA Mobile Legend

Map dipisahkan oleh sebuah sungai,dan diantara lane/jalur terdapat hutan yang berisi berbagai jenis monster,monster monster ini akan membarikan EXP dan ada yang memberikan BUFF ketika dibunuh serta ditengah map (sungai) terdapat boss monster(turtle) yang jika dibunuh akan memberikan EXP+gold untuk semua team. Jika kamu membunuh Lord (boss monster) dia akan muncul dipihak mu dan membantu menghancurkan tower.
mengenal map jungle mobile legend

1. Turtle (Boss Monster)
Saat kamu membunuh turtle kamu dan semua tim akan mendapatkan bonus EXP dan Gold,minta bantuan teman untuk kill turtle agar lebih cepat dan jangan  coba kill sendiri.
2. Lord (Boss Monster)
Saat kamu berhasil membunuh lord maka lord akan berpihak kepadamu untuk ikut membantu menyerang dan kamu juga mendapat bala bantuan berupa super minion (minion yang ukuran nya lebih besar dan kuat)
3. Monster  Buff (icon berwarna Pink)
Monster jungle  yang berwarna pink pada minimap jika kamu membunuhnya maka kamu akan mendapatkan buff,buff ini disesuaikan dengan role charactermu secara otomatis,jadi kamu gak perlu berebut buff.

Tank Buff:
mengurangi mana cost untuk semua ability.
Meningkatkan Magic dan Physical defense sebanyak 15%.

Fighter Buff:
Mengurangi cooldown semua ability sebanyak 15%.
Ability kamu akan memberikan efek slow ke pergerakan lawan sebanyak 20% selama 1,5 detik.

Assassin Buff:
Mengurangi cooldown semua ability sebanyak 10%.
Mengurangi energy cost semua ability sebanyak 20%.
Meningkatkan magic dan Physical penetration sebanyak 15 poin.

Mage Buff:
Mengurangi cooldown semua ability sebanyak 20%.
Mengurangi energy cost semua ability sebanyak 50%.
meningkatkan magic power sebanyak 30 poin.

Marksman Buff:
Meningkatkan physical attack sebanyak 10%.
ability kamu akan membuat pergerakan kamu menjadi cepat sebesar 15% selama 2 detik ketika terkena lawan.

Support Buff:
mengurangi cooldown semua ability sebanyak 10%.
meningkatkan regenerasi mana per 5 detik sebanyak 50 poin.
meningkatkan efek pemulihan (healing) ability kamu sebanyak 15%.

4. Monster Healing Buff/normal (icon berwarna Hijau)
Saat kamu membunuh monster ini,kamu akan mendapatkan sedikit healing HP dan sedikit mana.
5. Monster Gold Buff (icon berwarna Kuning)
Saat kamu membunuh monster ini,kamu akan mendapatkan efek bonus gold selama buff masih ada yang dapat terlihat di atas hero (terdapat lambang gold).

Rerumputan(Bush) pada map bisa kamu gunakan untuk bersembunyi,musuh tidak akan bisa melihatmu jika kamu berada di semak-semak(bush) tapi kamu tetap bisa melihat musuh.diatas charactermu akan ada icon mata ,yang artinya kamu tidak kelihatan.
bush/semak pada game mobile legen yang bisa kamu gunakan untuk bersembunyi dari pandangan musuh

Mengenal Jungle/Hutan pada game MOBA Arena of Valor (AoV)

Sama seperti game mobile legend,pada game Arena of Valor diantara lane juga terdapat jungle/hutan yang berisi monster yang jika dibunuh akan memberikan buff dan exp bagi yang membunuhnya.Ditengah map(sungai) terdapat 2 boss monster yaitu Dark slayer (jika dibunuh akan memberikan buff damage kesemua anggota tim) dan Abyssal Dragon (jika dibunuh akan meberikan gold dan exp untuk semua anggota tim)
map jungle monster pada game Arena of Valor

1. Normal Monster (icon bulat)
Saat kamu membunuh normal monster,kamu akan mendapat exp gan gold.Normal monster biasanya diburu saat kamu masih level kecil(1-4).
2. Buff Monster (icon V)
Semua monster dengan icon V di minimap merupakan monster yang akan memberikan gold,exp dan buff ketika kamu berhasil membunuhnya.Monster buff  ini lebih kuat dari normal monste,jadi jangan coba kill monster ini sebelum damage mu cukup agar kamu tidak terbunuh.
3.Boss Monster (icon Shield)
Boss monster terletak di sepanjang sungai (ditengah map),pada Arena of Valor(AoV) terdapat 3 boss monster yaitu Dark slayer,Abysal dragon dan Spirit sentinel.Setiap boss monster memberikan buff yang berbeda ketika dibunuh.

Dark Slayer-Selain gold dan exp,saat kamu berhasil membunuh dark slayer semua anggota team mu akan mendapatkan buff damage tambahan sebesar 30% dan HP-MP regen 1% setiap detik selama satu menit.
Abysal Dragon-
Spirit Sentinel- Berada tepat di depan Dark Slayer. Bila kamu mengalahkan Spirit Sentinel, kamu akan mendapatkan buff regenerasi HP sebesar 2 persen tiap detiknya selama satu menit

Pada game MOBA Arena of Valor juga terdapat semak/bush yang bisa kamu gunakan untuk bersembunyi dari pandangan musuh.
bush/semak pada game Arena of Valor yang bisa kamu gunakan untuk bersembunyi dari pandangan musuh

KESIMPULAN

Goal dari game beraliran MOBA seperti Mobile Legend dan Arena of Valor adalah menghancurkan tower (bukan banyakin kill) untuk mencapai kemenangan.Kekompakan dan kesadaran atas tugas dan tanggung jawab setiap hero (ROLE) menjadi kunci kemenangan dalam memainkan game beraliran MOBA.