Cara Bertahan dan Menyerang Mobile Legends – Arena of Valor(AoV)

Cara Mempertahankan Tower(Deff) Mobile Legend dan Arena of Valor(AoV)

Menghancurkan tower induk lawan agar bisa menang memang tujuan utama dari game MOBA Mobile Legend atau Arena of Valor(AoV),namun kamu juga harus tau cara mempertahankan towermu dari serangan musuh,berikut tips yang bisa kamu gunakan untuk menjaga towermu agar tidak sampai tersentuh musuh.

  1. Atur Komposisi dan Jangan sampai Mati
    Saat pick heroes/pemilihan hero baiknya kamu tidak egois,minimal kamu mempunyai mage(untuk nyicil dan  CC) dan fighter (menghabisi lawan yang darah nya dikit/finisher),healer dan tank tidak wajib saat masih rank rendah,tapi kalau rank sudah tinggi tank sangat diperlukan.
    Jangan pernah napsu untuk kill(ingat napsu itu membunuhmu),fokuslah pada tower musuh bukan playernya (minimal buat dia pergi dari tower sudah cukup),dengan kamu tidak mati itu sudah cukup untuk mempertahankan tower.
    Janis hero yang paling cocok untuk menjaga tower adalah hero range,sehingga bisa membunuh minion dari jarak yang aman.
  2. Bunuh minion dulu,bukan player
    Saat kamu mengambil role Marksman(MM) atau mage tugas utama mu adalah melindungi tower,jika ada minion dan player maka yang jadi prioritas utama dikill dulu adalah minion nya,bukan playernya(tapi boleh sambil toel musuh/cicil kurangin darah musuh).Ingat membunuh minion akan memberimu EXP,jadi selain jaga tower kamu secara tidak langsung sambil leveling.
    bunuh minion musuh terlebih dahulu untuk mempertahankan tower di game mobile legend dan arena of valor AoV
    Kenapa demikian?– ingat tanpa minion hero tidak akan bisa ngepush tower,selain damage yang masuk kecil,resikonya juga besar kalau sampai kena hit tower.
    Untuk bisa memilih target secara manual (player,tower,minion) kamu harus mengaktifkan nya di menu setting dan pilih manual target bukan auto.
  3. Saling melindungi antar anggota team
    Saat bermain hendaknya kamu sambil melihat mini map,jika ada lane yang lagi dipush dan di towermu gak ada yang ngepush,baiknya kamu pergi membatu ke lane yang lagi kena push agar lawan gagal ngepush tower mu.Jika peperangan  usai kamu bisa kembali ke post atau ikut nge gank push tower (sambil lihat kondisi map)

ISTILAH UMUM:
Push: Berusaha menghancurkan tower musuh,biasnaya dengan warr
Gank: Bertarung secara team (keroyokan)
Nyicil: mengurangi darah musuh sedikit demi sedikit baik menggunakan skill ataupun basic attack,yang ahli nyicil biasanya hero range (MM dan mage)

Cara Menyerang dan Menghancurkan Tower Musuh Mobile Legend dan Arena of Valor(AoV)

Agar kamu bisa memenangkan game Mobile Legend atau Arena of Valor(AoV) kamu harus bisa menghancurkan tower kecil yang ada di sepanjang jalur/lane yang menuju tower induk,Setelah tower kecil yang melindungi tower utama hancur,maka minion bisa menjangkau tower utama musuh dan menghancurkan nya.

  1. Bunuh minion musuh secepatnya
    Agar minion kamu bisa maju mencapai tower musuh dengan cepat,maka kamu harus membantu membersihkan jalan untuk minion dengan membunuh minion musuh dan hero  musuh  penghalang jalan jika perlu.
    bunuh minion musuh secepatnya agar minion kamu bisa push tower pada game mobile legend dan Arena of Valor AoV
  2. Cicil darah penjaga tower /Ganking Bila Perlu
    Penjaga tower musuh pasti akan berusaha ngekill minion mu sebelum mencapai tower, dengan mempelajari skill musuh dan kesabaran kamu bisa nyicil darah penjaga tower agar dia pergi dan kamu bisa menghancurkan tower musuh.Ingat walau darah tinggal dikit gak usa nafsu mengejar,cukup buat dia pergi dan kamu bisa mengambil tower musuh dengan aman.
    Jika team mu kompak maka ikutlah nge gank,agar proses menghancurkan tower musuh lebih mudah dan cepat.
    Gank penjaga tower agar kamu bisa menghancurkan tower musuh tanpa halangan
  3. Selalu ambil Buff
    untuk role assasin dan fighter,mengambil buff menjadi wajib agar damage mu lebih terasa sakit saat ngegebuk musuh.jika kamu tidak tau monster mana saja yang memberikan buff saat dibunuh,kamu bisa melihat pengenalan map dan jungle pada game mobile legend -Arena of Valor (AoV)
    usahakan ambil buff saat farming untuk memperkuat hero mu
  4. Assasin/Fighter dan MM Fokus farming
    JIka kamu mengambil role assasin/fighter atau MM maka kamu harus aktif farming(kill jungle monster),walau sambil jaga tower (MM),tapi ingat saat farming kamu harus lihat map juga dan segera datang ke lane yang sedang dipush untuk membantu(jangan autis farming) .
    Fighter dan MM diwajibkan aktif leveling dengan membunuh monster jungle,bila perlu boss map agar semua anggota tim mendapatkan bonus gold dan exp,ini merupakan tugas Fighter dan asssasin,MM boleh sedikit membantu tapi sambil lihat tower tengah yang dijaganya.
    sambil jaga tower dan sambil farming agar level mu cepat naik serta gold banyak untuk membeli gear
    ** MM(Marksman) biasnaya menjaga tower mid agar mudah farming (dekat dengan hutan)

KESIMPULAN

Game dengan tipe MOBA membutuhkan kesabaran,kekompakan antar anggota tim,karena kamu tidak bisa maju sendiri menjadi jagoan,jika ingim maju ya harus bareng(kecuali level musuh ketinggal jauh dibandung levelmu),membunuh player bukanlah tuuan utama untuk mencapai kemenangan pada game bertipe MOBA jadi selalu utamakan tower bukan ngekill player (kill player jika diperlukan saja)

Credit: Gambar diambil dari video youtube michael souw (https://www.youtube.com/channel/UCkyxK9cXm50iG26CP-rW1NA)