Cara Install Aplikasi dan Main Game Android di Komputer atau Laptop

tutorial cara install aplikasi dan main game android di komputer atau laptop

Jika kamu ingin menginstall dan menjalankan aplikasi android atau bermain game android di komputer /laptop  maka kamu harus menginstall andoid emulator terlebih dahulu agar aplikasi dan game android yang ingin kamu mainkan bisa diinstall di komputer pc atau laptop

Android Emulator

Andorid environment– Pada dasarnya aplikasi dan game android hanya dibuat untuk berjalan di sistem operasi android. Jika kamu ingin menginstall dan  menjalankan aplikasi ataupun game android di komputer/laptop maka kamu memerlukan aplikasi android emulator.Android emulator ini digunakan untuk membuat environment android di dalam pc/laptop dalam bentuk virtual machine ,virtual machine inilah yang nantinya akan ditempati oleh sistem operasi android .

Aplikasi Android Emulator –Ada banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi dan game android di windows,linux dan macOS .Aplikasi pada windows, macOS atau linux yang digunakan untuk menginstall aplikasi dan game android disebut dengan android emulator.Pada dasarnya android emulator adalah sebuah virtual machine seperti vmware atau virtualbox,hanya saja OS yang diinstall pada virtual machine ini adalah Android OS sehingga kita sebagai user windows /linux /macOS bisa menginstall dan menjalankan aplikasi serta game di komputer dengan sistem operasi windows,linux dan macOS.

Saat ini telah tersedia banyak versi dan jenis Android emulator di internet yang bisa diunduh secara gratis, beberapa android emulator yang populer saat artikel ini ditulis antara lain :

1. Android Studio’s Emulator [free] https://developer.android.com   {Tersedia untuk Windows dan Linux OS}
Merupakan tool yang digunakan oleh pembuat aplikasi (developer) dalam proses pembuatan aplikasi dan game android,disebut juga dengan Integrated Development Environment (IDE) yang disediakan oleh google.Emulator ini tidak cocok digunakan oleh orang awam,karena konfigurasinya agak sedikit ribet dan memang emulator ini hanya dikhususkan untuk developer untuk mengetest aplikasi android yang dibuatnya sebelum direlease ke public.

2. Bluestack [free] http://www.bluestacks.com – NOX App player [free] https://www.bignox.com/ – KOplayer [free] http://www.koplayer.com     {Support Windows dan MacOS} ,– MEmu [free] http://www.memuplay.com/ {WindowsOS Only}
android emulator untuk windows

Semua androoid emulator diatas dibuat dan dioptimasi untuk menjalankan game,hal ini dikarenakan kebanyakan pengguna android emulator di komputer hanya untuk memainkan game dengan performa yang tinggi.Semua emulator diatas juga telah dilengkapi dengan fitur Key maping agar saat main game bisa menentukan custom control skill dengan keyboard dan mouse.

Semua android emulator diatas tidak memerlukan settingan khusus,sehingga sangat cocok untuk pengguna awam,tinggal install dan go,siap digunakan.

3. anbox [free] https://anbox.io/  {Hanya tersedia untuk LinuxOS}

anbox android emulator untuk linuxAnbox dirancang khusus untuk berjalan di sistem operasi LinuX dan tidak tersedia untuk sistem operasi lain nya seperti windows dan macOS.

Tanpa Emulasi Hardware -Secara umum android emulator yang ada saat ini mengemulasi semua hardware dan system secara virtual,dengan kata lain android OS pada emulator biasa menggunakan kernel sendiri secara virtual,hardware (CPU,RAM,Graphic card) juga dibuat secara virtual.Berbeda dengan anbox yang mempunyai konsep mengintegrasikan androidOS kedalam Host OS itu sendiri,dimana antara android OS dan Host OS menggunakan kernel  dan hardware fisik yang sama tanpa emulasi.Dengan konsep baru ini diharapkan dapat menghasilkan android emulator yang performanya sama dengan performa Host OS.

Menggunakan Hardware Fisik– kalau android emulator pada umumnya menggunakan hardware yang diemulasi (dbuat secara virtual oleh Host OS dan tidak menggunakan resource hardware fisik),sedangkan anbox menggunakan resource hardware fisik yang ada tanpa emulasi(menggunakan real hardware).

Beta– saat artikel ini dibuat anbox masih dalam tahap beta sehingga masih banyak bug dan belum mensupport semua distro linux yang ada,kamu bisa menginstall dan melaporkan bug yang ada jika kamu ingin berpartisipasi dalam tahap beta ini.

4.Genymotion [free]  https://www.genymotion.com {Tersedia untuk Windows,Linux,MacOS,Cloud}

Genymotion sebenarnya membuat premium android emulator untuk kalangan developer bukan untuk memainkan game android seperti emulator pada umum nya, namun genymotion memberikan akses gratis khusus untuk penggunaan personal. Android emulator hanya bisa diinstall secara online dari cloud,untuk bisa mendownload nya kita harus membuat akun terlebih dahulu di website genymotion.
logo genymotion android emulator untuk linux windows macOS dan cloud

Genymotion menyediakan installer untuk sistem operasi selain windows,hal ini bisa menjadi pilihan untuk pengguna sistem opersai selain windows (Linux dan MacOS).Untuk alasan legalitas maka dalam paket android emulator tidak disertakan google play dan ARM translation tool,dan harus didownload dan diinstall sendiri jika kamu ingin tetap menggunakan nya.

ARM translation tool pada umumnya telah dipasang pada android emulator secara default (nox,bluestack,koplayer,MeMuplayer).ARM translation tool berguna untuk menerjemahkan bahasa processor ARM ke processor x86 atau dengan bahasa yang lebih mudah agar aplikasi android yang dibuat dan dicompile untuk arsitektur processor ARM bisa berjalan di arsitektur processor x86 maka diperlukan ARM translation tool.

Cara menginstall Android Emulator di Windows

Jika kebutuhan mu menginstall android emulator hanya untuk bermain game android di pc/laptop atau hanya untuk menjalankan aplikasi  biasa seperti facebook,tweeter,whatsapp dan sejenisnya maka saya sarankan jangan gunakan genymotion karena ribet. silakan pilih salah satu antara bluestack,nox,koplayer dan memuplayer.Saya lebih suka NoX karena ringan dan hemat space drive.

1.Kunjungi website masing-masing penyedia aplikasi android emulator dan pilih yang paling kamu sukai (saya pribadi lebih suka Nox) lalu download.
download nox app player

2.Install dengan mengeksekusi file hasil download tadi serta ikuti petunjuk penginstallan yang ada.
install nox app player di pc
3.Tunggu hingga proses installasi selesai
proses installasi nox app player
3.Buka aplikasi androoid emulator yang telah terinstall melalui shortcut pada desktop,startmenu atau pada installer tadi.
pproses installasi nox app player selesai
4.Masukan akun google mu,jika akun google mu menggunakan 2-step verification dan tidak munncul permintaan kode ,malah peringatan error yang muncul maka buat google app password untuk login
tampilan nox app player siap digunakan
5.Setelah berhasil login ke google play store silakan install aplikasi dan game yang kamu inginkan.
install dan bermain game android di pc komputer

PENTING!! : Perhatikan kebutuhan space drive komputer untuk masing-masing android emulator yang akan diinstall (baca system requirement sebelum menginstall).Lokasi penginstallan perlu diperhatikan karena aplikasi yang akan kamu install dari google play akan menempati drive yang sama dengan drive dimana android emulator diinstall,jadi jangan sampi kena kasus drive penuh gara-gara banyak download dan install aplikasi game dari google play store.

Google APP Password

Terkadang atau bahkan sebagian besar pengguna android emulator mengalami masalah ketika ingin menambahkan akun google kedalam android agar bisa menggunakan google play store.Masalah terjadi saat proses gign-in namun tidak bisa sign-in menggunakan google account padahal username dan password yang dimasukan sudah 100% benar,masalah ini muncul ketika akun google mu menggunakan 2-step verification seperti google authenticator dan ketika login menggunakan app android yang basic nya bukan browser tidak bisa memunculkan kotak dialog untuk memasukan kode verifikasi yang didapat dari authenticator.
error login akun google di android

Untuk mengatasi masalah ini kita cukup membuat google app password,agar aplikasi yang tidak support 2-step verification bisa login menggunakan account khusus yang kita buat melalui google account management caranya :

  1. Login menggunakan google account
    login ke google menggunakan google account
  2. Pilih akun saya /My Account setelah kamu login
    pilih akun saya my account untuk mengatur account google
  3. pilih sign-in & Security ,gulung kebawah dan klik App passwords
    pilih app password pada sign-in security group
  4. klik select app dan pilih custom lalu masukan nama terserah kamu saja dan klik generate
    membuat google app paswwrod
  5. Setelah menekan tombol generate makan app password akan dibuat.
    Gunakan password ini seperti password biasa,gunakan username sesuai alamat email mu ,yang istimewa ketika menggunakan password ini adalah walau akun google kita menggunakan 2-step verivication dia tidak akan memintanya. “password ini tidak bisa dilihat/diedit ketika kamu menutup kotak dialog nya,jadi catatlah jika perlu”
    google app password
  6. Untuk menghapusnya cukup dengan klik gambar tempat sampah pada app password yang ingin dihapus.
    cara menghapus google app password

Kesimpulan:

Pada awalnya android emulator hanya digunakan oleh para developer (pembuat aplikasi) yang telah dibundle menjadi satu paket dengan IDE(aplikasi untuk membuat aplikasi ), namun karena banyak nya user biasa yang ingin memainkan game android di komputer,maka dibuatlah android emulator yang telah dioptimasi khusus untuk menjalankan game dan aplikasi android lain di PC.

Jika kamu ingin memainkan game android di pc/laptop namun tidak mau ribet dalam proses penginstallan aplikasi android emulator maka Nox App player bisa menjadi pilihan.Nox hanya memerlukan 2x klik dalam proses penginstallan tanpa perlu setting apapun,sangat cocok untuk user awam sekalipun ^_^.