Cara Install MySQL MariaDB di Windows dan Linux

memahami data database dbms dan tutorial cara install mariaDB MySQL di Windows dan Linux

Apa itu Data?

Data adalah serpihan informasi yang berdiri sendiri seperti nama,alamat,tanggal lahir dan lain sebagainya sedangkan gabungan dari data-data tersebut yang mempunyai hubungan/relasi dan membentuk data yang terstruktur disebut dengan Database.

Apa itu DBMS?

DBMS (Database Management System) adalah software /aplikasi yang digunakan untuk menyimpan dan memanipulasi database itu sendiri tetapi aplikasi tersebut tidak bisa melakukan nya sendiri sehingga SQL digunakan untuk melakukan hal tersebut.

Contoh DBMS yang populer diantaranya adalah MS.Access,MySQL/MariaDB,Oracle,MongoDB,PostgreSQL,Microsoft SQL Server dan lain lain .

Apa itu SQL?

SQL (Structured Query Language ) adalah bahasa (language) yang digunakan untuk menambahkan,mengakses dan memanipulasi data di dalam sebuah database relasional,SQL sering juga disebut dengan Query. Hampir semua database engine /DBMS mengenali perintah SQL.

Apa itu Application Database?

Application Database adalah aplikasi yang menggunakan database sebagaimedia untuk menyimpan data yang akan diolah nya dan ditampilkan ke user dalam bentuk yang lebih terstruktur sesuai dengan kebutuhan user.

Applikasi ini tidak bisa langsung mengakses database melainkan harus melalui DBMS terlebih dahulu melalui perintah SQL untuk membuat atau memanipulasi data yang ada dalam database.

Contoh application databse adalah blog ini sendiri,dimana saya menggunakan wordpress yang merupakan aplikasi berbasis web dan artikel ini disimpan di dalam database dan ditampilkan ke kamu karena kamu memintanya(masih ada banyak artikel di dalam database tetapi tidak ditampilkan karena kamu tidak memintanya).

skematik penggunaan database pada aplikasi database

Apa Perbedaan MySQL dan MariaDB?

MariaDB merupakan pembaruan dari MySQL dan merupakan pengganti versi lama dari MySQL dengan kata lain MariaDB adalah versi baru untuk MySQL,jika kamu dahulu menggunakan MySQL dan sekarang upgrade ke MariaDB maka database lama akan berjalan sebagaimana mestinya (ingat MariaDB merupakan versi baru dari MySQL).

sejarah singkat mySQL dan mariaDB

Sejarah singkat MariaDB

MySQL pertama  ditemukan oleh Monty Widenius pada tahun 1983,My merupakan nama salah saty putri Monty yang dijadikan nama untuk DBMS dan perusahaan nya. kemudian ditahun 1995 dibuatlah perusahaan dengan nama MySQL AB.

Pada tahun 2008 MySQL AB dibeli oleh Sun Microsystem dan kemudian pada tahun 2009 ,Sun Microsystem dibeli oleh Oracle .

MariaDB merupakan hasil pengambilan nama anak perempuan  termuda mounty yaitu Maria .Menurut wikipedia versi MariaDB pertama diluncurkan pada 29 oktober 2009 dengan versi 5.1

Cara Install MySQL(MariaDB) di Windows

1.Download mariaDB di website official mariaDB , dan lakukan penginstalan dengan mengeksekusi file yang telah kamu download,ikuti prosedur setup seperti menginstall aplikasi pada umumnya

cara install mysql mariadb di windows

2.Jika sampai pada user setting maka tentukan password untuk root mariadb,password inilah yang digunakan untuk login mariadb.

mengatur service mysql mariadb pada windows

3.Untuk mengontrol service gunakan service manager dengan mengetikan services.msc pada kotak pencarian windows atau di kotak run,mariaDB service terdaftar dengan nama MySQL pada service manager windows.

menggunakan database manager untuk mengelola mysql mariadb database

4.Untuk mengelola database gunakan aplikasi HeidiSQL yang terinstall bersama dengan proses install mariaDB.

tampilan heidi sql gui manager

masukan hostname atau IP ,user,password dan port untuk login kedalam MariaDB. 127.0.0.1 atau localhost merupakan alamat untuk mengakses diri sendiri/komputer itu sendiri.

Cara Install MySQL(MariaDB) di Linux

Cara paling mudah menginstall MariaDB di linux adalah dengan menggunakan Package manager (jangan install manual dari paket *.tar atau *.tar.gz)

1.Install MariaDB dengan menjalankan perintah sesuai dengan distro linux yang kamu gunakan seperti dibawah ini :

Debian family :  sudo apt-get install mariadb

RHEL              :  sudo yum install mariadb

Arch                :  sudo pacman -S mariadb

2. Install database dengan menjalankan perintah mysql_install_db --user=mysql --basedir=/usr --datadir=/var/lib/mysql sebelum menjalankan service MariaDB,atau jika kamu
mengalami error ketika ingin menjalankan service MariaDB

3. Jalankan MariaDB service dengan perintah sudo systemctl start mariadb.service (jika gagal /error silakan jalankan dulu langkan nomer 2)

4. Mengamankan MariaDB dengan mengganti default password (tanpa password /kosong) dengan menjalankan perintah sudo mysql_secure_installation

NOTE: RUNNING ALL PARTS OF THIS SCRIPT IS RECOMMENDED FOR ALL MariaDB SERVERS IN PRODUCTION USE! PLEASE READ EACH STEP CAREFULLY!In order to log into MariaDB to secure it, we'll need the currentpassword for the root user. If you've just installed MariaDB, andyou haven't set the root password yet, the password will be blank,so you should just press enter here.Enter current password for root (enter for none):OK, successfully used password, moving on...Setting the root password ensures that nobody can log into the MariaDBroot user without the proper authorisation.Set root password? [Y/n] YNew password:Re-enter new password:Password updated successfully!Reloading privilege tables.. ... Success!By default, a MariaDB installation has an anonymous user, allowing anyoneto log into MariaDB without having to have a user account created forthem. This is intended only for testing, and to make the installationgo a bit smoother. You should remove them before moving into aproduction environment.Remove anonymous users? [Y/n] Y ... Success!Normally, root should only be allowed to connect from 'localhost'. Thisensures that someone cannot guess at the root password from the network.Disallow root login remotely? [Y/n] Y ... Success!By default, MariaDB comes with a database named 'test' that anyone canaccess. This is also intended only for testing, and should be removedbefore moving into a production environment.Remove test database and access to it? [Y/n] Y - Dropping test database... ... Success! - Removing privileges on test database... ... Success!Reloading the privilege tables will ensure that all changes made so farwill take effect immediately.Reload privilege tables now? [Y/n] Y ... Success!Cleaning up...All done! If you've completed all of the above steps, your MariaDBinstallation should now be secure.Thanks for using MariaDB!

5.Mencoba login dengan credential yang barusan disetting dengan mengetikan perintah mysql -u root -p lalu masukan password yang barusan kamu set.

[[email protected] ~]$ mysql -u root  -pEnter password: Welcome to the MariaDB monitor.  Commands end with ; or \g.Your MariaDB connection id is 3Server version: 10.1.24-MariaDB MariaDB ServerCopyright (c) 2000, 2017, Oracle, MariaDB Corporation Ab and others.Type 'help;' or '\h' for help. Type '\c' to clear the current input statement.MariaDB [(none)]> SHOW DATABASES;+--------------------+| Database           |+--------------------+| information_schema || mysql              || performance_schema |+--------------------+3 rows in set (0.00 sec)MariaDB [(none)]> 

6.Untuk GUI Database manager kamu bisa menggunakan HeidiSQL (install wine terlebih dahulu)

SQL GUI manager linux HeidiSQL

Contoh Perintah SQL

SQL(Structured Query Language) merupakan Bahasa yang digunakan untuk menambah dan memanipulasi data di dalam database rasional.

Hampir semua DBMS mengenali perintah SQL untuk megelola database sehingga kamu yang ingin belajar database wajib hukum nya hafal akan perintah- perintah SQL. perlu diingat ,setiap perintah diakhiri dengan tanda titik koma ;

DDL (Data Definition Language)

Perintah ini digunakan untuk mengatur struktur database mulai dari membuat,merubah dan menghapus database itu sendiri. Perintah DDL yang populer dan sangat sering digunakan antaralain :

CREATE TABLE
ALTER TABLE
DROP TABLE
CREATE INDEX
ALTER INDEX
DROP INDEX
CREATE VIEW
DROP VIEW

DML (Data Manipulation Language)

Merupakan perintah SQL yang digunakan untuk memanipulasi isi/data dari database itu sendiri (Objek dari relational database/table).DML Command dasar atara lain :

INSERT
UPDATE
DELETE

DQL (Data Query Language)

meskipun hanya terdiri dari satu perintah saja,namun perintah ini sangat penting dan paling sering digunakan untuk melakukan query terhadap database relasional,perintah dasar DQL sebagai berikut :

SELECT
Perintah ini,disertai banyak pilihan dan clausa dan bisa digabung/dikombinasikan dengan perintah lain untuk menyusun query terhadap database relasional untuk mendapatkan output data yang diinginkan.

DCL (Data Control Language)

Perintah DCL memungkinkan kita untuk mengontrol akses user ke dalam database.Perintah DCL ini biasanya digunakan untuk membuat objek yang berhubungan dengan akses pengguna dan juga mengatur distribusi hak istimewa/privilages di antara pengguna.

ALTER PASSWORD
GRANT
REVOKE
CREATE SYNONYM

Data administration commands

Perintah dalam kategori ini memungkinkan seorang administrator database untuk melakukan audit dan analisis database  bahkan bisa melakukan analisis performa sistem database yang ada.

START AUDIT
STOP AUDIT

Transactional control commands

Pada relasional DBMS modern,memungkinkan sebuah perubahan database dibuat secara temporary/sementara dengan tujuan agar bisa di rollback (dikebalikan ke point sebelumnya) jika terjadi hal buruk yang mengancam integritas dari database itu sendiri,seperti listrik mati saat proses transaksi belum selesai.

COMMIT Untuk menyimpan database transactions

ROLLBACK Untuk membatalkan database transactions

SAVEPOINT Membuat tanda (restore point)sebagai tempat kembalinya saat proses ROLLBACK

SET TRANSACTION Mengeset mode transaction sebelum proses transaction dilakukan

Kesimpulan :

Database digunakan oleh program/aplikasi dengan dynamic content,database berfungsi sebagai media penyimpan data yang terorganisir,mudah diakses,diatur dan mudah diupdate.

MariDB merupakan versi pembaruan dari versi terdahulunya yaitu MySQL,jadi pada dasarnya MySQL itu sama dengan MariaDB dan untuk saat ini nama MySQL sudah tidak dipakai lagi dan diganti dengan nama yang baru yaitu MariaDB.

ARTIKEL LANJUTAN
Cara Setting WiFi Lan di Arch Linux Menggunakan Command Line

Walau linux telah dilengkapi dengan GUI berupa Desktop Environment(DE) yang super cantik,namun saat terjadi trouble mau tidak mau kamu harus Read more

Cara Install Driver dan Aplikasi di Linux

Mengenal Seluk Beluk Driver Pada Linux Driver linux sangat berbeda dengan driver windows yang telah kamu kenal selama ini, mulai Read more

Memahami Hak Akses File pada Linux dan Cara Merubah Nya

Linux dikenal sebagai sistem operasi dengan sistem keamanan paling tinggi, salah satu implementasi nya adalah dengan menerapkan atribut hak akses Read more

Cara Membuat Radio Streaming Server Sendiri di Linux dan Windows

Apa Itu Streaming Server Kamu akan membuat radio streaming server dimana server mu akan  didedikasikan khusus untuk menyediakan konten multimedia Read more

Perintah Dasar Linux Lengkap Dengan Fungsi Dan Contohnya

Saat kamu untuk memutuskan untuk memperdalam linux atau menggunakan linux untuk kebutuhan sehari-hari, mau tidak kamu kamu harus belajar perintah Read more

Cara Membuat Server Chatting Kantor Sendiri

Jika kamu bekerja di sebuah kantor yang karyawan nya begitu banyak, biasanya kantor atau perusahaan tersebut punya aplikasi chatting sendiri. Read more

Halloo, Saya Arie

Saya orang biasa seperti mu, Saya suka sekali membantu orang-orang untuk belajar. Itulah sebabnya saya membuat website ini untuk membantu orang lain sepertimu agar lebih cepat dan mudah ketika belajar di internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas