Cara menggunakan google agar hasil pencarian akurat

trik menggunakan google

Salah kaprah tentang google

orang bilang kalo kita butuh informasi “cari aja di google”, nah kalo kita da dapet informasi kita dikataian “paling itu ngambil dari google yah?”. Jadi disini seolah-olah google adalah gudang informasi ,google menyediakan semua content yang kita butuhkan ketika kita mencari nya menggunakan google. Padahal tidak demikian pada kenyataa nya.

Google adalah mesin pencari,bukan penyedia content.

Google hanyalah mesin pencari, yang setiap harinya dia menscann halaman website yang ada di jaringan internet,lalu google mesin pencari informasi di internetmengindex nya. setelah semua website di index keajaiban pun terjadi,cukup dengan mengetikan kata kunci di kotak pencarian google dan pencet enter nanti akan ditampilkan halaman website yang isinya relevan /mengandung kata yang kita masukan sebagai kata kunci. coba bayangkan kalau tidak ada mesin pencari seperti
yahoo,bing,google,msn,yandex dll. ada berapa juta website di jaringan internet yang menyediakan berbagaimacam content,tidak mungkin kita untuk mencatatnya atau menghafalnya dan ketika kita mau informasi tertentu kita harus membuka catatan kita dan membuka website yang menyediakan informasi yang kita butuhan, atau bahkan kita harus tanya ke teman alamat website yang menyediakan content tertentu.

Dengan adanya mesin pencari seperti msn,yahoo,bing,(google yang populer) kita tidak perlu untuk menghafal atau mencatat semua website yang kita perlukan untuk mendapatkan informasi, karena hal ini sudah dilakukan oleh mesin pencari seperti google. jadi sekali lagi google bukan penyedia content/informasi melainkan sebagai mesin pencari yang memudahkan kita ketika kita mencari infomasi di internet.

Contet /informasi ditulis oleh orang yang memiliki blog /webste

content-artikel-ditulis-oleh-bloggerJika kamu menemukan halaman ini lewat google,berarti kamu telah dirujuk oleh google ke halaman ini dan perlu  kamu ketahui  yang menulis content ini adalah “Arie Ordinary” bukan google, google hanya sebagai mesin pencari /perujuk ke halaman ini karena hamalan ini mengandung informasi yang kamu butuhkan.

content /informasi ditaruh di hosting (komputer yang hidup 24jam dan menyediakan service agar bisa diakses dari jaringan internet)dan untuk mempermudah mengaksesnya bisanya diberikan domain name (seperti www.tembolok.id) hosting dan domain ada yang gratis dan berbayar.

www.google.com adalah sebuah website juga seperti www.tembolok.id hanya saya fungsi dari website nya yang berbeda, dimana google.com bertindak sebagai mesin pencari dan tembolok.id bertindak sebagai penyedia content.

Agar hasil pencarian mu akurat menggunakan google search engine

Google mempunyai algoritma sendiri untuk mengindex halaman berdasar kata kunci di dalam content website, dan google juga mempunyai algoritma sendiri untuk menampilkan hasil pencarian berdasar kata kunci yang kamu ketik di kolom pencarian google, nah karena alasan inilah sebaiknya kamu menyesuaikan kata kunci yang kamu masukan ke kolom pencarian agar hasilnya sesuai yang kamu inginkan. berikut beberapa hal yang bisa membantu hasil pencarian kamu akurat menggunakan google:

Kata kunci (Keyword) adalah kata yang kita tuliskan di kotak pencarian google yang nantinya akan diproses oleh google sebagai dasar atas website rujukan yang akan diberikan kepada kita”

Gunakan kata umum /khusus pendek dengan tepat

menggunakan kata kunci yang pendek untuk memperluas hasil pencarianGuankan kata umum dan kata khusus sebagaimana mestinya, dan jangan mengetikan kata kunci yang panjang kaya kereta. karena belum tentu yang nulis kontent memasukan kata-kata seperti yang kita pikirkan, jadi kamu harus mencari kata yang pendek dan mewakili semuanya.

Contoh : kamu ingin mencari informasi  tentang ibu hamil boleh atau tidak mengkonsumsi buah nanas
kata2 penting disini adalah “buah  nanas” dan  “ibu hamil ” jadi di mesin pencari kamu cukup ketikan “buah nanas ibu hamil” dan jika hasilnya masih kurang pas boleh kamu tambahkan kata bahaya atau manfaat di depan nya contoh “bahaya buah nanas ibu hamil” ,ingat jangan masukan kata-kata yang spesifik karena hasil pencarian akan melebar.

Cara ini akan sagat terasa  efeknya jika yang kamu cari adalah informasi dengan sumber yang terbatas,misalnya kamu mencari driver untuk mainboard jadul,mencari penyelesaian masalah error ketika kamu lagi coding,cara memperbaiki alat tertentu yang hanya dimiliki sebagian kecil orang.

Menafsir sumber informasi dan menyesuaikan bahasa dari kata kunci

menyesuaikan bahasa kata kunci sesuai sumber informasiUntuk informasi yang bersifat teknis,tidak banyak orang yang tau, baiknya kamu menafsir sumber dari informasi tersebut,jika  menggunakan bahas a Indonesia hasilnya sedikit/malah kacau kemungkinan besar memang orang indonesia tidak ada yang menulis content tersebut, cobalah untuk mencari content dari luar negri dengan menggunakan kata kunci bahasa inggris.

mengubah kata kunci untuk hasil pencarian sesuai yang kita inginkanContoh : kita akan mencari tau bagaimana caranya agar exploit dengan tehnik buffer overflow bisa jalan di komputer dengan DEP yang ter enable.
Bisa dipastikan sumber dari informasi ini berasal dari para bule dengan bahasa inggris, tapi bolah kita coba dengan bahas aindonesia dulu dengan kata kunci “cara bypass DEP windows” dan seperti gambar di samping hasilnya tidak ada, oke kita coba dengan kata kunci dalam bahas ainggris “buffer overflow bypass dep” , kata kunci ini tidak semerta-merta ada di banak saya, saya sudah mengutak atik hingga hasilnya sesnai yang saya inginkan. terlihat hasil berada di halaman 1-2 , ada pula hasil video youtube nya.

ilmu kira-kira dan tebak sangat membantu untuk menentukan kata kunci dengan content yang terbatas sumbernya, kita harus melakukan pendekatan kira-kira kata-kata apa yang akan ditulis di artikelnya,sehingga google menampilkan hasil sesuai yang kita inginkan.

Membaca deskripsi meta pada hasil pencarianmembaca-deskripsi-hasil-pencarian-google

Walau kita sudah berpikir keras untuk mencari kata kuci yang tepat, tapi terkadang hasil tidak sesuai yang  kita inginkan,baiknya sebelum membuka website yang dirujuk google baiknya kamu membaca deskripsi singkat dari halaman yang akan kamu kunjungi. bukalah di tab baru (klik kanan open in new tab) untuk melihat isi website dan tidak menutup hasil pencarian.

Menggunakan fasilitas sortir hasil pencarian

menggunakan opsi pencarian untuk menentukan hasil yang spesifik menggunakan google searchBanyak orang yang gak sadar kalau diatas hasil pencarian ada menu untuk mensortir jenis dari hasil pencarian, seperti menentukan hasil pencarian berdasar waktu, menampilkan hasil gambar, menentukan negara asal content .

Perhatikan juga di sebelah kiri deskripsi selalu ada tanggal kapan artikel itu ditulis, jadi jangan sampai kamu mendapat informasi yang basi,terutama informasi yang bersifat up to date seperti informasi teknis dunia IT(Tutorial,update aplikasi,patch,dll).

Contoh: ketika artikel ini ditulis, saya mendengan sekilas soal kebakaran kereta, kejadian nya katanya beberapa hari  lalu maka saya menggunakan kata kunci “kebakaran kereta ” dan dengan sortir hasil pencarian artikel dengna umur kurang dari seminggu. 

Berlatih dan terus berlatih agar mahir

belajar terus hingga mahir dengan mesin pencari googleJika kamu barusaja mengenal internet/ sudah memakai internet lama tapi cuman buat ngegame,mbokep,cari film bajakan,cari software bajakan. dan ketika kamu disuruh bos /dosen untuk mencari informasi yang spesifik merasa kesulitan itu wajar. karena iformasi yang terbatas akan sangat sulit dicari di internet dan memerlukan keahlian dalam menggunakan mesin pencari, pemilihan kata kunci yang tepat bisa menentukan hasil yang akurat.

Berlatih dan terus menggunakan nya akan membentuk alam bawah sadar seolah kita tau bagaimana mesin pencari menyajikan informasi kepada kita sehingga kita bisa menentukan kata kunci yang tepat.

 

Cari,Rangkai,dan saringlah informasi dengan sabar dan bijak

merangkai-informasi-di-internetketika kamu mencari informasi di internet,kita dituntut untuk bijak dalam mencernanya. Carilah informasi lain yang mendukung dan menentang sehingga kita bisa menilai apakah informasi itu benar adanya atau hanya dibuat-buat.

adakalanya kita mencari informasi tidak langsung mendapat sesuai ang kita inginkan, mendapat hanya sebagian dan kurang jelas, jadi kamu harus mencari dan membaca dari artikel lain di internet agar apa yang kamu inginkan dan butuhkan benar-benar tercapai. Bersabarlah memang informasi di internet ditulis oleh banyak individu yang kemampuan menullis nya berbeda,sehingga informasi yang ada di internet biasanya terpecah-pecah sehingga kita dituntut untuk bisa mengumpulkan dan  merangkai menjadi informasi yang utuh yang kita butuhkan.

 

Kurang jelas? Silakan Bertanya