Cara Membuat Website Sekolah Resmi | Domain sch.id

tutorial cara membuat website sekolah resmi

Sekolah anda belum punya website resmi?

Anda bisa membuat website sekolah resmi dengan domain sch.id sendiri dijamin langsung jadi dalam hitungan menit tanpa harus belajar coding, programming ataupun desain.

Bukan sekedar website sekolah pada umumnya, tapi anda akan membuat website sekolah yang mampu mendatangkan banyak pengunjung agar bisa mendongkrak popularitas sekolah.

#1
Perencanaan

Yang perlu anda pahami sebelum membuat website adalah posisi dan peran website sekolah di dunia maya atau internet.

Banyak sekolah yang membuat website ala kadarnya dengan pedoman “yang penting uda punya website”, padahal website bisa difungsikan lebih dari sekedar “pajangan”.

Website adalah media informasi layaknya tv, koran, majalah, radio yang bisa digunakan untuk mengontrol informasi ke masyarakat dan bisa dijadikan sebagai sarana promosi.

Itulah perlunya tujuan dan konsep yang jelas untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Untuk Siapa Website Dibuat?

Hal ter penting yang tidak pernah terfikir saat membuat website adalah “Untuk Siapa Website Sekolah Dibuat”

Jangan pernah berfikir dan menjawab “untuk semua orang”, karena faktanya anda tidak mungkin membuat content untuk menyenangkan semua orang.

Disini harus ditentukan dengan sangat jelas, detail dan spesifik.

Apakah untuk sekolahan, guru, murid, wali murid, atau untuk pengunjung dengan kriteria tertentu.

Kenapa harus sedemikain detail?

Tentu ini sebagai dasar pembuatan konsep website sekolah yang akan anda buat.

Makin jelas tujuan nya maka makin mudah mengumpulkan bahan/materi untuk membuat content website .

Membuat Konsep Website

Jangan cuma bilang “saya buat website untuk A, B, C” tapi tidak melakukan apapun untuk mencapainya.

Anda harus mengimbangi dengan merencanakan content apa yang akan dibuat, bagaimana susunan menunya, eleman apa yang akan dipasang dan hal lain untuk mewujudkan tujuan yang telah ditentukan.

Content website harus direncanakan, disusun dan dibuat dengan matang agar pesan yang akan anda sampaikan dimengerti oleh pengunjung website.

Yang paling penting dari website sekolah adalah bisa memenuhi kebutuhan informasi yang dicari oleh tipe pengunjung yang telah anda tentukan sebelum nya.

Misalnya :

Biasanya pengunjung website sekolah bermacam-macam mulai dari orang tua murid, siswa sekolah, calon siswa, guru yang kesemuanya punya tujuan dan mencari informasi yang berbeda.

Untuk itulah anda perlu membuat konsep saat membuat content agar pengunjung tadi bisa mendapat informasi yang mereka cari.

#2
Memulai Membuat Website Sekolah

Untuk membuat website sekolah anda hanya perlu 4 hal, yaitu:

  • Domain
  • Hosting
  • CMS
  • Content

Kabar baiknya anda bisa mendapatkan CMS secara gratis, sedangkan content nya bisa anda buat sendiri dengan gratis juga.

Kabar buruknya anda harus rela mengeluarkan uang untuk membeli domain sch.id dan hosting.

Tapi tenang saja karena harganya sangat murah sekali.

Domain sch.id hanya Rp 50.000,-/tahun sedangkan hosting hanya Rp 60an ribu/bulan.

Jadi kalau dihitung total biaya untuk punya website kurang dari sejuta per tahun.

Jelas lebih murah dibanding dengan uang yang harus anda keluarkan setahun untuk membeli kuota internet bukan!!

Domain sch.id

Domain adalah alamat dari website sekolah anda, misalnya smkn1tembolok.sch.id, nama domain ini bersifat uniq itu artinya hanya ada satu di dunia ini.

Website resmi sekolahan biasanya menggunakan domain sch.id , selain biayanya murah juga menjadi standar domain untuk website pendidikan resmi atau sekolah.

Saat menentukan nama domain baiknya menggunakan singkatan resmi dari nama sekolah dan tidak menggunakan akronim agar mudah diingat.

Misalnya:

Jika nama sekolah anda adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Satu Tembolok maka gunakan singkatannya saja menjadi smkn1tembolok.sch.id dan hindari menggunakan akronim seperti smeknegsate.sch.id.

Walau menggunakan akronim terdengar keren tapi itu akan sangat susah diingat oleh orang yang belum pernah mendengarnya, karena memang tidak ada aturan baku dalam menentukan akronim.

Jadi saran saya gunakanlah singkatan resmi sekolah anda untu menentukan nama domain agar lebih mudah diingat.

Anda bisa membeli domain di perusahaan penyedia layanan hosting dan domain seperti NIAGA HOSTER

cara cek ketersediaan domain sekolah
cek domain sekolah

Hosting

Hosting adalah komputer yang online 24/7 untuk menjalankan sistem website (CMS) dan menyimpan data content anda mulai dari text, gambar dan video.

Anda tidak perlu membeli komputer sendiri untuk membuat server karena biayanya bisa puluhan hingga ratusan juta, sangat mahal bukan?

Solusinya adalah dengan menyewa atau membeli layanan hosting dari perusahaan seperti NIAGA HOSTER yang menyewakan server nya dengan banyak pilihan spesifikasi sesuai kebutuhan.

memilih paket webhosting untuk sekolah
Paket Hosting Website Sekolah

Anda bisa mengupgrade paket hosting ini sewaktu-waktu jika dirasa kurang.

Content Management System (CMS)

Contet management system atau CMS adalah aplikasi yang menjadi platform website anda.

CMS inilah yang memungkinkan anda bisa membuat, mengelola, membuat content dan mengatur website tanpa harus mengerti pemrogramman komputer sama sekali.

CMS seperti wordpress menyediakan kontrol untuk admin agar bisa mengelola websitenya dengan sangat mudah.

tampilan dashboard CMS wordpress untuk membuat website sekolah
Tampilan Dashboard CMS Website

CMS wordpress bersifat opensource dan gratis, jadi anda tidak perlu membayar untuk hal ini.

Buat Website Sekolah Anda Sekarang

Klik link dibawah ini untuk mengikuti panduan cara membeli domain, hosting dan setup website sekolah

Proses ini hanya memakan waktu kurang dari 10 menit

Jika ada kesulitan jangan sungkan untuk menghubungi saya ^_^

#3
Menata Menu dan Beranda

Kebanyakan website sekolah terlihat amatiran, khas sekali website tersebut dibuat oleh orang yang baru pertama kenal website, terlalu dipaksakan.

Semuanya diletakan di beranda, menunya ramai sekali, banyak warna dan gambar bertebaran tidak jelas yang membuat orang bingung dan akhirnya nutup website sebelum dibaca.

Orang akan lari begitu membuka website sekolah karena apa yang disajikan menjadi tidak relevan dengan kinginan, harapan dan kebutuhan pengunjung dan terkesan malah membingungkan.

Bagaimana membuat website sekolah yang isinya langsung dimengerti oleh pengunjung hanya dalam hitungan detik?

Sederhana, simpel, relevan adalah kunci nya

Tampilan yang bersih rapi akan membuat orang lebih fokus ke content, beda cerita jika tampilan nya ramai dengan banyak elemen dekorasi seperti gambar animasi, background dan warna-warna kontras yang gak nyambung.

Mata pengunjung akan disibukan dengan elemen2 yang bertebaran gak beraturan di layar yang akan membebani kerja otak untuk mencerna semua informasi , akibatnya pusing dan menututp website.

Makin sederhana tampilan nya makin bagus, tambahkan elemen seperti gambar, warna, animasi atau video jika memang sangat diperlukan untuk menjelaskan isi content, atau menjadi bagian dari content tersebut, bukan semata hanya untuk dekorasi.

Mendekor website dengan elemen yang tidak relevan (tidak dibutuhkan pembaca) malah hanya akan membuat pengunjung BETE!! dan akhirnya kabur sebelum membaca content anda.

Tujuan dibuatnya website adalah untuk mengedukasi pembaca melalui content, jadi hilangkan unsur lain yang bisa mengalihkan fokus pembaca ke selain content.

Buat menu sesuai kebutuhan pengunjung

Coba tengok website sekolah kebanyakan,

Semua menu diletakan di paling atas, yang paling mengejutkan adalah menu yang dipasang tidak diperlukan oleh pengunjung sama sekali.

Sekarang coba fikirkan,

Saat orang membuka website sekolahan anda, kira-kira apa tujuan dan informasi apa yang mereka cari?

Pasti anda lebih tau hal yang sering ditanyakan atau dicari oleh orang tua murid ataupun calon siswa saat memilih sekolah bukan?

Maka idealnya menu yang ditaruh diatas bisa mewakili dan menjawab apa yang mereka cari supaya yakin dan akhirnya masuk disekolah anda.

Bukan malah diisi dengan menu bukutamu, struktur organisasi, galeri, alumni dan link yang tidak relevan lain nya.

Alangkah baiknya halaman yang berjenis company profile diletakan dibagian halaman paling bawah saja, didekat peta lokasi sekolah.

Beranda harus mewakili isi sekolah

Beranda terbaik berisi halaman yang bisa membuat orang tau akan value yang dimiliki sekolah anda hanya dalam hitungan detik.

Bagaimana caranya?

Untuk hal ini anda perlu tau perilaku, psikologi, dan kebutuhan informasi pengunjung sehingga anda bisa membuat halaman yang menarik untuk dibaca oleh mereka.

Menarik disini bukan dengan memberi dekorasi keren, tapi menyediakan informasi yang relevan dengan kebutuhan pengunjung jadi mereka kamu membaca dan explore content sekolah anda.

Perlu juga mengetahui sebenarnya kriteria tau jenis sekolah apa yang dicari oleh mereka, saya yakin sekolahan anda punya target market sendiri kan? itu artinya sekolahan anda tidak dibuat untuk semua orang.

Walaupun anda buat untuk semua orang, tapi belum tentu semua orang mau kesekolah anda.

Jadi anda harus benar-benar tau kriteria orang seperti apa yang datang agar bisa membuat halaman yang menonjolkan value sekolah dalam bungkusan informasi yang diinginkan oleh mereka.

Hindari 6 Kesalahan Umum Saat Membuat Website Sekolah

Anda baiknya menghindari kesalahan umum yang dilakukan oleh sekolahan lain saat membuat menu dan beranda agar tidak membuat pengunjung bingung.

#1 Terlalu banyak menu , semua menu ditaruh diatas

Solusi :

Membuat menu induk yang bisa menjadi induk menu-menu lain, misalnya menu “Tour sekolah” bisa menjadi induk untuk menu galey, struktur organisasi, guru, peta, denah dan lain sebagainya.

Dengan begitu di paling atas akan menampilkan sedikit menu tapi lebih radi dan mudah dimengerti oleh pengunjung.

#2 Terlalu banyak gambar dekorasi, ini yang menyebabkan orang pusing!!

Solusi:

Buat dan sajikan hal yang diinginkan pengunjung saja, cobalah stop memikirkan diri sendiri dan lebih berusaha untuk memahami keinginan orang lain dan berusaha menyediakan nya dalam bentuk content website.

Karena belum tentu yang anda anggap perlu dan keren diperlukan oleh orang lain.

#3 Beranda isinya list postingan random dengan tujuan hanya untuk mengisi halaman yang kosong.

ini yang menyebabkan website sekolah anda langsung diclose karena bikin pusing.

Solusi:

Manfaatkan halaman depan untuk menunjukan value sekolah supaya orang yakin, percaya dan akhirnya memilih ke sekolah anda.

Boleh saja menampilkan artikel terbaru kalu memang itu mendukung konsep beranda yang sedang anda buat untuk mempresentasikan sekolah.

#4 Membuat menu yang tidak perlu,

ini hanya membuag waktu, tenaga dan bikin website berantakan.

Solusi:

Sebelum membuat content atau menu coba fikirkan sekali lagi, apakah content dan menu ini diperlukan? apa manfaatnya untuk sekolah anda? pencapaian apa yang ingin didapat dengan contet ini?

Selalu biasakan dan tanyakan hal dasar tersebut kediri anda sebelum membuat content apapun itu.

Jangan sampai anda sudah capek tapi ternyata tidak berguna sama sekali, ini namanya mubazir.

#5 Tanpa content edukasi dan hanya company profile

Website sekolah isinya hanya galeri, sturktur organisasi, daftar guru, jadwal kegiatan & jurusan

Solusi:

Buat content dengan target pembaca yang spesifik!!

Saya tidak melarang halaman itu dibuat, malah saya katakan itu wajib.

Masalahnya pernahkan anda berfikir sebenanrnya untuk siapa website sekolah ini dibuat?

Untuk anda sendiri, para guru, siswa, orang tua siswa atau untuk meyakinkan orang tua yang sedang cari sekolah untuk anaknya? atau bahkan untuk calon siswa yang sedang mencari sekolah favoritnya?

Tidak pernah terfikir? maka mulai fikirkan dari sekarang.

Anda harus tau untuk siapa saja website sekolah dibuat agar bisa membuat content yang sesuai dan dibutuhkan oleh orang-orang tadi.

#6 Kudet alias kurang update

Website sekolah tidak pernah diupdate dan dirawat, ini penyeban banyak website sekolah dihack dan sepi pengunjung.

Solusi:

Website biasanya menggunakan CMS baik wordpress atau yang lainnya, anda perlu melakukan update secara berkala untuk menambal bug.

Jika hal ini tidak dilakukan yang terjadi adalah hacker bisa membobol masuk ke website sekolahan anda.

Tidak membuat content secara teratur juga akan membuat website anda sepi pengunjung.

Ingat orang datang karena content yang yang anda buat dan publish, bukan karena nama sekolah anda yang terkenal.

#4
Promosi Sekolah Lewat Website

Semenjak wabah covid-19 dunia maya (internet) menjadi bagian dari dunia nyata untuk mendukung banyak aktifitas mulai belajar, belanja, bisnis dan mencari informasi.

Inilah kesempatan anda untuk hadir sebagai solusi untuk orang tua yang sedang mencari informasi sekolah untuk putra-putrinya atau siswa yang mencari sekolah baru lewat internet.

Caranya dengan menyediakan content dengan topik yang mereka cari dan mempromosikan sekolahan anda secara halus (content marketing).

Website sekolah yang telah dibuat bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan sekolah anda dengan gratis!! lewat internet.

Pengunjung Datang Karena Content

Ini adalah hal terpenting yang tidak diketahui banyak orang saat selesai membuat website.

Kebanyakan orang awam berfikir website hanya sekedar domain atau alamat website seperti www.tembolok.id , yang penting sudah bisa diakses pakai internet dan ada halaman identitas instansi nya.

Kalau anda masih berfikir demikian anda dalam kerugian yang sangat besar.

Website adalah media, sama seperti TV, radio, koran, majalah, billboard dan lain sebagainya, bedanya website harus dibagun dari bawah untuk bisa sukses dengan menarik pengunjung sebanyak mungkin.

Tapi pengunjung terbaik adalah mereka yang bisa menjadi daya ungkit untuk kepopuleran sekolah anda.

Sudah sadar kan setelah wabah covid-19, betapa dahsyatnya internet yang bisa digunakan untuk melakukan kegiatan apapun hanya dari HP?

Semua orang yang pegang HP mencari content, baik content hiburan ataupun edukasi.

Kesimpulan nya orang mau datang ke website anda karena content yang berguna, bukan desain yang anda anggap keren(gemerlap, banyak animasi, banyak warna) yang malah membuat orang kabur.

JADI MULAI BUATLAH CONTENT UNTUK MENARIK PENGUNJUNG WEBSITE!!

Ketahui Siapa dan Apa kebutuhan Pengunjung

Untuk bisa menarik orang tua murid atau calon siswa baru anda perlu tau informasi apa yang sering dicari oleh mereka.

Kenapa perlu KEPO?

Kamu perlu kepo siapa, tujuan, harapan, solusi yang mereka cari ketika mencari informasi di internet untuk dijadikan bahan membuat content yang bisa menarik mereka berkunjung ke website sekolah.

Bukan hanya menarik tapi bisa menjelaskan dan mengabulkan harapan dan keinginan mereka, biasanya ada 2 tipe orang yang datang ke website sekolah

  • Orang tua atau siswa yang mencari sekolah dengan kriteria tertentu
  • Orang tua atau siswa yang memang sudah tertarik dengan sekolah dan ingin tau lebih lanjut.

Untuk memnuhi kebutuhan kedua tipe pengunjung ini memerlukan jenis content yang berbeda pula.

Ini adalah permainan jangka panjang, dengan mereka sering membaca content yang anda buat akan terbagun keakraban dengan nama sekolah anda (baca: brand awareness).

Secara alam bawah sadar orang akan lebih memilih sesuatu yang lebih akrab, familer, sering dilihat dan didengar.

Membuat Content Marketing

Coba fikirkan saat orangtua atau siswa ingin mencari sekolah terbaik dikotanya kira-kira apa yang diketikan di mesin pencari seperti google?

mungkin mereka akan mengetikan “sekolah smk terbaik di xxxxxx” atau “sekolah smk di xxxxxxx”.

Nah yang jadi pertanyaan bagaimana agar website sekolah anda muncul di halaman satu google ketika mereka mengetikan “kata kunci ” tersebut?

Jawaban nya adalah dengan membuat content marketing.

Apa itu content marketing?

Content marketing adalah content yang dibuat khusus untuk menarik dan menyakinkan target pengunjung agar memilih sekolah anda.

Yap, anda harus membuat artikel yang membahas hal yang dicari oleh orang tua siswa ataupun siswa yang sedang mencari sekolahan baru.

Bukan hanya membahas tapi juga harus bisa meyakinkan mereka agar memilih sekolahan anda.

Mengexpose Kegiatan Sekolah

Terbaik atau tidak adalah persepsi orang lain, anda tidak bisa mengatur apa yag difikirkan orang tapi anda bisa mempengaruhi penilaian orang dengan memberikan bukti sebagai pertimbangan.

Buat orangtua ataupun calon siswa ber persepsi baik akan sekolah anda dengan cara memberikan data-data yang akan membentuk persepsi di kepala mereka.

Inilah penting nya untuk mengexpose (mendokumentasikan dan mempublikasi) kegiatan sekolah apapun yang bisa meningkatkan value anda di mata orang tua ataupun calon siswa.

Virtual Tour

Daripada sekedar memajang foto di galeri tanpa struktur yang kesan nya gak ada cerita sama sekali (random), mending membuat virtual tour dengan galeri.

Bedanya apa dengan galeri biasa?

Virtual tour dibuat khusus dengan tujuan yang spesifik yaitu agar orangtua atau siswa bisa melihat kondisi sekolah dari rumah tanpa harus datang secara langsung.

Jadi disini ada konsep yang jelas bukan hanya memasukan foto-foto dengan urutan gak jelas.

Sebisa mungkin virtual tour dipecah lagi kedalam sub kategori yagn lebih spesifik agar anda bisa mengexpose sekolahan sedetail mungkin.

Misalnya :

Didalam virtual tour ada pilihan atau sub tour seperti : Tour Lab, tour rung guru, tour uks, tour kantin, tour drone aerial, tour rung kelas dan seterusnya.

Denga begitu anda akan lebih meyakinkan pengunjung karena data yang diberikan sangat lengkap dan detail.

Perlu Bantun?

Saya siap membantu membuatkan website sekolah anda dari nol sampai jadi

GRATISS TANPA SYARAT, DEMI MEMAJUKAN PENDIDIKAN!!

Pembahasan Terkait
jasa pembuatan website gratis kebumen
Jasa Pembuatan Website Custom Gratis Tanpa Syarat

Bagi anda yang ingin punya website sendiri baik untuk personal ataupun bisnis saya menyedikan jasa pembuatan website gratis tanpa syarat. Read more

cara membuat website sendiri tanpa coding
Cara Membuat Website Sendiri Dari Nol Untuk Pemula

Di tahun 2020 semua orang bisa membuat website sendiri tanpa perlu belajar coding, programming, desain bahkan semua bisa dilakukan dari Read more

cara membuat website dan blog gratis di blogspot dan wordpress
Cara Membuat Website Gratis dan Mudah Untuk Pemula

Pengin punya website sendiri tapi gak mau keluar uang? Kabar baiknya kamu bisa membuat website gratis dengan cara yang sangat Read more

tutorial cara membuat website perusahaan dan bisnis
Cara Membuat Website Perusahaan dan Bisnis 2020

Ditahun 2020 ini perusahaan, binsis dan toko harus bisa ditemukan pelanggan dan client lewat internet, cara paling efektif adalah dengan Read more

Halloo, Saya Arie

Saya orang biasa seperti mu, Saya suka sekali membantu orang-orang untuk belajar. Itulah sebabnya saya membuat website ini untuk membantu orang lain sepertimu agar lebih cepat dan mudah ketika belajar di internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas