Photo of author

ditulis oleh: Arianto

Cara Jualan Online Laris Di Tahun 2024 Untuk Pemula

diperbaharui pada:

kategori : Bisnis Online

Apakah anda mengalami hal ini saat mencoba jualan online di socmed dan marketplace?

  • Sepi pembeli karena gak bisa jual dengan harga lebih murah
  • Sepi pembeli walau harga uda paling murah
  • Keuntungan yang didapat sedikit karena saling banting harga
  • Banyak yang DM/japri tapi gak pada jadi beli
  • Banyak saingan akibatnya sepi

Inilah resiko yang harus ditanggung penjual yang menggunakan platform socmed (facebook, instagram) dan marketplace (tokopedia, bukalapak, shopee, lazada) untuk berjualan online.

Menggunakan socmed dan marketplace sebagai tempat utama berjualan tidak lah ideal, karena banyak pesaing yang “gak mau belajar” dan hanya menggunakan strategi banting harga.

Bagaimana kalau ada strategi memanfaatkan socmed dan marketplace untuk melancarkan jualan anda agar tetap laris tanpa harus banting harga.

Saya akan rangkum dan bagikan cara jualan ala Mas Jaya Setiabudi, Dewa Eka Prayoga & Christina Lie.

BAB 1
Fondasi Jualan Online

Ini adala bagian terpenting saat anda memulai jualan online, banyak yang gagal karena tidak tau fondasi penting ini .

Kebanyakan orang menjual produk yang ingin dijual, bukan membantu mereka dengan menawarkan produk yang akan menyelesaikan masalah nya.

Menjual dengan pendekatan yang kurang tepat atau bahkan menjual ke orang yang salah sehingga produk yang anda jual tidak laku.

Tidak melakukan apa-apa, menunggu dan berharap pembeli datang dan membeli produk anda.

Jaman sudah berubah anda perlu meluruskan polapokir yang salah supaya toko anda banyak pengunjung dan produk anda laku keras.

Siapin Mental Anda

Jika anda masih pemula dan baru kali ini ingin belajar jualan maka saya perlu tegaskan bahwa ini tidak mudah karena “tidak ada yang instan di dunia ini”.

Perlu waktu, niat, dedikasi dan usaha keras untuk mewujudkan impian anda hingga berhasil.

Jika anda melihat orang sukses sekarang, itu adalah buah dari usaha kerasnya selama ini, apakah anda tau perjalanan hidup dan kegagalan yang pernah dia alami dulu?

Mantapkan hatimu dan bulatkan tekadmu untuk belajar hal baru ini, dan selalu ingat

Tidak ada orang yang gagal, Hanya caranya saja yang belum tepat

Kamu hanya perlu mencoba cara lain sekali lagi

Gagal hanya milik orang yang berhenti mencoba

Teruslah belajar dan mencoba untuk mencapai kesuksesan.

Jadi sekali lagi mulailah dengan niat mencari ilmu terlebih dahulu.

Jangan fikirkan hasil/keuntunga nya dulu (lah ada kemampuan aja belum kok uda mikir untung, kan aneh).

Sekarang mending fokus belajar jualan dulu, kalau sudah jago pasti bakal mudah mendapatkan uang nya.

Niche Market

Niche atau ceruk adalah segment/bagian kecil dari keseluruhan market/industri yang ingin disasar oleh suatu produk dengan lingkup konsumen yang lebih kecil dan spesifik.

Mudah nya begini,

Didalam industri perangkat keras komputer yang begitu luas ada niche/segmen pasar corporate, pelajar & mahasiswa, gaming yang kesemuanya punya kebutuhan spek dan hardware komputer yang berbeda.

Niche market tidak harus ditentukan dengan cara seperti itu saja,

ada beberapa elemen yang bisa memudahkan anda menentukan niche market misalnya mengelompokan market bersadar :

  • demografis : umur,jenis kelamin,penghasilan,status social,dll)
  • geografis : lokasi tinggal, kerja, perjalanan
  • psikografis : kelas sosial, gaya hidup, personalitas, interest,hobi
  • behavior : kebiasaan perilaku market dalam mencari, memilih, menentukan, membeli produk

Memahami apa itu niche market akan membantu anda menentukan target market dan produk yang cocok untuk calon customer anda.

Tentukan Target Market Dulu, Produk Kemudian

Pada umumnya orang akan menenentukan dulu barang yang akan mereka jual,

akibatnya mereka hanya bisa menjual satu jenis produk itu saja karena suatu produk dibuat khusus untuk orang tertentu.

Seharusnya anda menentukan kepada siapa anda akan menjual, bukan menentukan barang apa yang akan anda jual agar anda bisa lebih banyak memasarkan produk.

Contoh:

Jika anda menentukan ingin jualan panci maka anda akan menawarkan panci tersebut ke ibu-ibu, karena target market panci adalah ibu-ibu rumah tangga.

Beda cerita jika anda menentukan target market ibu muda beranak satu,

anda bisa menawarkan lebih banyak banyak yang memang dibutuhkan oleh ibu muda beranak satu seperti panci, kosmetik, baju-baju, handphone, pelangsing, dan masih banyak lagi.

Makin spesifik target market mu makin bagus, misal ibu beranak satu yang masih kerja kantoran. Karena akan makin mudah anda mencari produk yang relevan sehingga kemungkinan lakunya besar.

Agar tau profile target market anda sedetail detailnya maka perlu dibuatkan buyer persona.

Apa itu BUYER PERSONA?

Buyer persona adalah profile detail calon customer ideal yang akan menggunakan produk dan jasa anda, dalam pembuatan buyer persona minamal anda menentukan 5 hal ini

  • Demografis : umur, jenis kelamin, penghasilan, pekerjaan, status social, status temapt tinggal, pendidikan, dll
  • Geografis : letak/lokasi target market anda.
  • Psikografis : interest, hobi, tokoh idola, sukanya apa. dll
  • Behavior : kebiasaan-kebiasaan seperti beli berdasar apa, beli pas kapan, seberapa sering, pakai hp apa, pakai socmed apa
  • Goal : keinginan dan impian yang ingin dicapai, masalah apa yang ingin dipecahkan

Setelah anda membuat buyer persona sekarang anda lebih paham tentang targetmarket anda sehingga lebih mudah untuk menentukan produk atau jasa yang cocok ditawarkan untuk mereka.

Jangan kuatir untuk menawarkan lebih dari satu produk, selama produknya relevan dengan kebutuhan dan keinginan target market.

Memahami Produk

Bukan hanya sekedar tau merek, ukuran, jenis dan varian produk saja tapi anda perlu tau posisi dan fungsi bagaimana suatu produk bisa membantu masalah yang dihadapi customer.

Dengan begitu anda bisa melakukan selling dengan lebih mudah,

ingat selling bukan sekedar cara menjual barang tapi lebih ke menyampaikan informasi produk & jasa sejelas-jelasnya hingga dimengerti oleh customer.

Dengan begitu tidak ada keraguan dan pertanyaan atas produk yang menjadi penghalang untuk membeli.

Menentukan Model Bisnis

Setelah anda menentukan produk apa yang akan dijual selanjutnya pikirkan bagaimana cara mendapatkan produk tersebut.

Anda bisa memilih bisnis model dibawah ini yang cocok dengan kondisi anda sekarang

  • Membuat produk sendiri : Membuat produk sendiri sesuai dengan spesifikasi anda (perlu modal).
  • Dropshipping : Menjual produk milik orang lain tanpa harus menstock sendiri (tanpa modal).
  • Reseller : Membeli dan menjual kembali produk orang lain (perlu modal)

BAB2
Memilih Platform Jualan Online

Platform adalah tempat atau sarana anda berjualan online di internet biasanya berupa website yang didesain khusus untuk berjualan.

Secara garis besar platform berjualan online bisa anda pakai secara gratis dengan cara “numpang” di website yang menyediakan fitur ini misal media social dan marketplace.

Atau anda bisa membangun platform anda sendiri dengan membuat website toko online agar independen, ini seperti anda membangun toko sendiri daripada numpang jualan di pasar.

Jualan Online di Media Social

Media social seperti facebook dan instagram bisa anda manfaaatkan untuk berjualan online secara langsung ,

atau digunakan untuk mengumpulkan orang-orang yang relevan dengan produk anda dengan cara membuat content yang disukai oleh mereka.

Setelah banyak follower anda lebih mudah untuk menjual produk yang relevan dengan mereka,

atau anda bisa menggunakan fitur ads seperti fbads (iklan berbayar) untuk mendapatkan perhatian pengguna facebook yang relevan dengan produk anda.

Jualan Online Di Market Place

Marketplace seperti lazada, bukalapak, tokopedia, shopee, blibli punya pengguna yang sangat banyak.

Anda hanya perlu mendaftar secara gratis dan memajang katalog produk disana dan tunggu hingga barang anda laku.

Tidak perlu melakukan apa-apa (karena pihak marketplace uda promosi) maka pembeli akan datang dengan sendirinya asal harga yang anda tawarkan paling murah tentunya.

Karena bukan anda saja yang jualan disitu, tapi ada ribuan pedagang lain yang mungkin menjual barang yang sama dengan anda.

inilah kelemahan berjualan di marketplace, dimana persaingan harganya sangat ketat sehingga perlu banting harga agar laku.

Jualan Online Di Website Sendiri

Jika anda serius untuk membangun bisnis jangka panjang (bukan sekedar jualan) membuat website toko online sendiri adalah pilihan terbaik.

Anda masih tetap menggunakan marketplace dan social media tapi bukan untuk platform jualan utama,

tapi untuk mengumpulkan target market untuk diarahkan ke toko online anda.

Saat anda jualan di marketplace coba fikirkan “apakah pembeli tadi mengingat nama toko online anda?” tentunya tidak, yang dia tau dan ingat adalah nama marketplace nya.

Atau anda jualan di socmed seperti facebook dan instagram, akan sangat sulit untuk menemukan toko online anda jika belum berteman.

Beda jika anda punya website toko online sendiri, saat orang browsing tentang produk anda yang muncul website toko online anda.

Selain itu orang lebih mudah untuk menemukan toko online anda hanya dengan mengetikan nya di google.

Buat Website Anda Sendiri

Ini syarat wajib untuk menjalankan strategi menghindari perang harga antar penjual online, jangan hanya mengandalkan marketplace dan social media untuk jualan.

Melalui website sendiri, anda bisa membangun brand untuk strategi bisnis jangka panjang sehingga tidak hanya mengandalakan marketplace saja.

Identitas Brand Anda

Semua orang pakai google untuk mencari informasi, dengan punya website bisnis akan lebih mudah ditemukan oleh customer.

Landing Page

Anda bisa menerangkan dan mempresentasikan produkmu semenarik dan selengkap mungkin dengan membuat halaman landing page di website anda.

Landing page ini bisa anda cantumkan di content marketing ataupun iklan.

Content Marketing

Promosi tidak harus dilakukan dengan iklan berbayar.

Anda bisa menyediakan content yang relevan dengan market untuk menarik calon pelanggan datang ke toko online anda secara gratis.

Kepercayaan Pelanggan

Calon customer lebih percaya jika membaca informasi dari domain “brand”(misal tembolok.id), bukan dari website numpang seperti wordpress.com atau blogspot.com

Belum ada gambaran cara membuat toko online sendiri? ijinkan saya membantu secara sukarela untuk membuatkan website toko online anda GRATISS tanpa syarat.

Hubungi Saya Sekarang

Atau anda bisa klik tombol biru dibawah ini untuk melihat betapa mudahnya membuat website sendiri, tinggal klik klik website anda langsung online kurang dari 30 menit.

anda juga dapet diskon special sampai 75% + 5% + DOMAIN GRATISS!!!

BAB 3
Mendatangkan Traffic

Untuk bisa jualan anda memerlukan traffic atau pengunjung yang nantinya akan membeli produk anda.

Pengunjung bisa didatangkan dengan berbagai macam cara mulai dari yang gratis(website, socmed, marketplace) hingga berbayar (iklan).

Pada tahap ini anda hanya menarik pengunjung sebanyak mungkin untuk diedukasi, dibantu problem nya tapi bukan untuk ditawari produk apapun secara langsung.

Perlu diingat orang tidak akan membeli produk mu jika tidak butuh dan sadar, maka dalam tahap ini content marketing dan landing page peranannya sangat penting untuk mengedukasi pasar.

Traffic Dari Mesin Pencari

Anda bisa mendapat traffic organik gratis dari mesin pencari seperti google untuk target market yang anda bidik hanya dengan membuat content marketing.

Apa itu Content Marketing?

Content disini bisa berupa artikel tulisan, video, gambar atau gabungan dari kesemuanya yang isinya relevan dengan kebutuhan informasi calon pembeli sehingga bisa mengkonversi mereka menjadi pembeli/ konsumen.

Misalnya jika anda menjual obat diet maka anda harus membuat content yang berisi informasi yang sering dicari oleh orang yang mau diet,

misalnya “tips diet, cara diet alami, obat diet, cara diet cepat” atau informasi lain yang relevan.

Tujuan nya agar mereka membaca content anda sehingga anda bisa sambil membangun kesadaran, kepercayaan dan merekomendasikan produk anda sebagai solusi.

Idealnya content marketing dibuat di website dan blog agar mudah ditemukan saat seseorang mencari informasi melalui mesin pencari seperti google.

Social media fungsinya hanya untuk sharing ke orang yang sudah menjadi follower, content yang dishare di socmed biasanya tidak terindex oleh google.

Database Pelanggan Dari Marketplace

Anda tetap jualan di marketplace, tapi bukan sebagai tempat jualan online utama melainkan untuk mendapatkan database customer dari marketplace tersebut.

Orang yang telah berbelanja di toko (marketplace) anda baiknya dibuatkan database (dicatet kontaknya) yang nantinya bisa diubah menjadi customer loyal anda dengan cara mengirimkan content yang berguna secara teratur.

Sesekali boleh saja menawarkan produk, tapi jangan sering sering karena akan membuat orang BETE!!

Traffic Dari Social Media

Sudah banyak cerita sukses orang jualan dengan omset besar hanya dengan menggunakan social media,

untuk itulah anda wajib belajar menggunakan social media untuk jualan.

Social media memudahkan untuk berbagi content ke tribe /follower anda.

Tapi perlu diingat juga untuk tidak hanya menggunakan socmed untuk jualan, gunakan socmed ini untuk mendapatkan traffic dan membangun tribe.

Traffic Dari Iklan

Content marketing memang biayanya murah bahkan gratis,

tapi kalau mengandalkan traffic organic (traffic dari mesin pencari) butuh waktu yang lama agar artikel anda masuk halaman satu google.

Untuk mengimbanginya anda bisa memasang iklan di berbagai ad network misal google ataupun social media .

Yang perlu diingat adalah iklan tujuan nya bukan untuk menjual, tapi untuk menarik calon customer agar klik dan membaca copy yang telah anda buat di landing page website yang telah anda siapkan.

Jadi anda perlu website mandiri untuk membuat landingpage yang meyakinkan,

bukan landing page di website gratisan dengan domain numpang (seperti wordpress.com dan blogspot.com) yang justru membuat orang curiga website anda abal-abal.

Kemana Baiknya Traffic Ini Diarahkan?

Anda sudah mendatangkan traffic dari berbagai macam sumber, yang jadi pertanyaan adalah “platform mana yang akan menjadi induk nya?”

Untuk bisnis jangka panjang anda perlu website sendiri/independen/mandiri/tidak numpang sebagai markas pusat bisnis dan toko online anda.

Kenapa harus punya website?

  • Untuk membangun brand dan membesarkan brand anda.
  • Platform membuat landing page
  • Platform membuat content marketing
  • Platform toko online
  • Orang akan lebih percaya saat anda punya domain sendiri

Anda perlu mencantumkan alamat website anda di setiap platform yang anda gunakan (socmed, marketplace, iklan),

bahkan untuk order baiknya lewat website supaya pelanggan anda hafal dengan brand anda.

BAB 4
Formula Jualan Online Laris

sales formula
formula jualan online | credit to yukbisnis- Jaya Setiabudi

Ilustrasi diatas menggambarkan bagaimana seharusnya cara anda menjual produk,

produk tidak dibuat untuk semua orang jadi anda perlu tau kriteria orang yang benar-benar membutuhkan produk anda.

Jualan anda tidak laku bisa jadi karena ditawarkan ke orang yang tidak membuatuhkan,

sebenarnya butuh tapi belum sadar (kurang edukasi) atau produk tersebut memang sudah tidak dibutuhkan lagi.

Agar laris saat berjualan maka anda perlu membidik sasaran se efektif dan seakurat mungkin dengan mengetahui siapa, dimana danumpan apa yang cocok.

Ini bertujuan untuk menarik perhatian mereka agar anda bisa mengedukasi & membangun kesadaran penting nya produk anda untuk menyelesaikan problem mereka.

Tujuan akhirnya sudah jelas, agar market yang teredukasi membeli produk anda.

market disini diartikan orang-orang,badan,organisasi yang berpotensi membeli produk anda

Formula A.I.D.A

Formula AIDA (Attention , Interest, Desire, Action ) akan menjadi dasar untuk melakukan semua kegiatan yang berhubungan dengan selling/penjualan mulai dari membuat landing page, iklan, content marketing, promosi dan lain sebagainya.

sales funnel
corong saringan jualan online (sale funnel) | credit to yukbisnis- Jaya Setiabudi

Dari informasi yang telah anda kumpulkan mulai dari ideal customer produk anda, benefit produk, tempat calon sustomer berkumpul dan menentukan umpan yang cocok maka sekarang anda bisa melakukan funneling.

Apa itu Funneling?

Funneling adalah tahapan kegiatan yang harus dilakukan untuk menggiring, mengedukasi market anda agar sadar penting nya produk anda untuk mereka sehingga mau mebelinya.

Jadi saat seseorang membeli produk ada alur dan sebab nya,

anda hanya perlu mengemas informasi produk sesuai alur funnel seperti gambar dibawah ini.

Tujuan nya agar calon pembeli tertarik, sadar akan problem yang dihadapinya dan tau kalau produk anda bisa menyelesaikan masalah yang sedang dihadapinya sehingga akhirnya mau membeli.

Memahami Customer Journey

customer journey
memahami customer journey | credit to yukbisnis- Jaya Setiabudi

Customer tidak semerta-merta langsung membeli produk anda,

ada tahapan yang dialami customer dari mulai mereka melihat umpan (brosur, iklan, slebaran, dll) , memilih, membeli hingga barang diterima lalu memakainya.

Anda perlu tau customer journey agar bisa memposisikan diri guna membantu semua kesulitan yang dihadapi customer saat memilih,

menentukan hingga membayar produk yang dibelinya sehingga tercipta kesan yang baik dan memuaskan customer supaya balik lagi beli ke anda.

Pertama anda harus tau behavior/perilaku dan kebiasaan calon customer/target pasar anda secara spesifik mulai dari demografis,geografis,psikografis dan kebiasaan nya.

Setetah itu anda tentukan kira-kira dimana mereka suka berkumpul, bisa berkumpul secara fisik atau lewat media social, forum, channel youtube dan lain sebagainya.

Data-data tersebut bisa anda gunakan saat menentukan dan menempatan umpan (iklan, content marketing) agar calon customer tertarik dan membaca copy dari produk anda.

Pastikan juga anda menghilangkan “penghalang” yang menyulitkan customer untuk melangkah ke tahap selanjutnya,

mungkin cara pemesanan, pembayaran, jaminan dan lain sebagainya hingga produk anda diterima dan customer puas.

Menjalin Hubungan Baik Dengan Pelanggan

“Pembeli adalah raja” dan masih berlaku untuk pembeli online.

Anda masih bisa memperlakukan pembeli layaknya seorang raja dengan memberikan pelayanan terbaik melalui telfon ataupun chat tanpa bertatap muka secara langsung.

Walau terkadang pertanyaan pembeli tidak berbobot tapi jangan pernah menunjukan kekesalan anda saat membalas chat, jawab dengan ramah dan tunjukan empatimu.

  • Jangan gunakan huruf kapital, karena huruf kapital artinya NGEGAS atau MARAH
  • Gunakan sapaan seperti kaka (disingkat kk), untuk pembeli baru
  • Gunakan kaidah penulisan yang benar,jangan disingkat-singkat, karena anda hanya bisa mengexpresikan kepedulian anda lewat text
  • Jawab semua pertanyaan dengan menunjukkan kepedulian, coba tanya ke dirimu sendiri saat belanja online anda pengin dibalas seperti apa chat anda?

Saat berinteraksi inilah kesempatan untuk menunjukan empatimu guna membangun rasa aman, nyaman, asik, percaya agar pembeli anda “jatuh cinta” dan membeli produk anda.

Kamu bisa belajar bagaimana menjawab customer dari cici Christina Lie yang uda berpengalaman belasan tahun berbisnis lewat video dibawah ini

Cara Menjawab CUstomer Agar Jadi Beli – Credit to Christina Lie – 101red.com

Jadi stop untuk berfikir “harga murah” adalah faktor utama larisnya toko online.

Justru kalau anda membidik orang kaya anda harus memberi pelayanan prima, karena orang kaya tidak memikirkan harga,

mereka mencari kemudahan, kenyamanan, kepercayaan dan semua itu bisa anda tunjukan saat menjalin komunikasi baik lewat text atau suara.

Informasi Produk Lengkap

Setelah target market anda klik iklan atau content marketing dan membaca habis artikel yang anda buat seharusnya sudah terbangun kesadaran akan penting nya untuk segera membeli produk anda guna membantu mengatasi problem nya.

Dibagian inilah anda perlu menerangkan informasi produk sejelas-jelasnya hingga calon customer tidak lagi ada pertanyaan dan yakin untuk membeli produk anda.

INGAT!! Saat berjualan online pembeli tidak bisa memegang dan mencoba barang, jadi penting sekali untuk memberikan penjelasan barang yang detail.

Mulai dari foto, ukuran, spesifikasi hingga manfaat yang akan didapat nantinya.

Pembeli mendapat expektasi barang dari informasi produk yang anda sajikan, jadi penting sekali untuk memberi informasi yang relevan dan tidak berlebihan agar pelanggan tidak kecewa nantinya (expektasi=realita).

Dengan memberi informasi benefit rasional (fungsi, bahan, content) yang lengkap pembeli sudah bisa tau bentuk, ukuran, bahan, warna, cara pakai, fungsi walaupun hanya membaca deskripsi dan belum memegang roduk anda.

Penting juga untuk mendeskripsikan produk anda dengan pendekatan emosial (gengsi, kemasan, kontext) dengan menceritakan perasaan apa yang akan dirasakan setelah memakai produk anda. Misal jadi lebih PD, cantik, glowing, keren (karena produk itu j uga dipakai sama artis A) dan seterusnya.

Ceritakan benefit produk anda dengan bahasa yang sederhana dan menarik untuk pembeli, bukan hanya menyedikan informasi spec/teknis dari barang tersebut, tapi lebih ke informasi bagaimana produk anda bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi pembeli.

Dengan memberi informasi produk yang se jelas-jelasnya baik secara visual dan deskripsi, pembeli akan lebih mengenal barang yang akan dibeli sehingga terbentuk rasa percaya dan akhirnya yakin untuk membelinya.

Tunjukan Benefitnya

Mahal atau murah sifatnya relatif, pada awalnya mungkin berfikir mahal karena belum tau benefit nya.

Tugas anda adalah memberikan edukasi selengkap-lengkapnya tentang benefit/kegunaan produk anda untuk customer.

Terangkan juga kalau benefit (fungsional & emosional) yang didapatkan jauh lebih besar dari harga yang dibayarkan, caranya dengan memberikan perbandingan.

Misal produk anda bisa tahan 10 tahun, kuat, nyaman dipakai atau dengan pakai produk tersebut pembeli bisa menjadi pusat perhatian atau lebih mudah dikenal orang.

Disini sangat penting untuk mengenali dan menggali produk yang anda jual agar lebih mudah mendeskripsikan secara fungsional dan emosional sehingga produk anda lebih menarik dan meyakinkan konsumen.

Anda bisa membuat harga produk anda terkesan murah dan masuk akal ketika anda menyediakan informasi (emosional & fungsional) benefit secara lengkap , selengkap lengkap nya sehingga tidak ada lagi pertanyaan dibenak pembeli anda.

Jujur itu penting!!, hendaknya produk anda memang persis seperti yang anda deskripsikan sehingga ekspekstasi pembeli (minimal) sama dengan realita produk yang didapat sehingga pelanggan puas dan mau beli lagi ke anda.

Kasi Diskon, Asal…..

Penting untuk tidak menjadikan diskon sebagai senjata utama agar jualan anda laris manis, karena secara tidak langsung anda sedang mengumpulkan pelanggan yang gila diskon, bukan pelanggan setia.

Boleh membuat diskon jika tujuan nya untuk research misal mengetahui seberapa besar efek diskon ke merk anda atau sarana untuk mempromosikan brand anda.

Keterbatasan

Masih dalam kontext “jujur”, terkadang anda perlu mencantumkan informasi stok barang agar pembeli tau kalau barang tersebut terbatas sehingga berfikir lebih cepat untuk memutuskan membeli.

Keterbatasan ini bisa berupa diskon terbatas, stok terbatas, penawaran terbatas, atau keterbatasan lain yang sesuai dengan produk yang anda jual.

Tapi lakukan ini dengan jujur dan benar, jangan manipulatif karena akan menghancurkan kepercayaan pelanggan anda.

Kemudahan Bertransaksi

Kendala utama toko online atau jualan online di website sendiri adalah kepercayaan pelanggan, terutama jika merk/brand anda belum besar dan terkenal.

Untuk mengakali anda bisa listing barang di marketplace agar pembeli lebih percaya untuk bertransaksi dengan anda lewat marketplace.

Jangan kuatir jika harga anda lebih mahal dari yang lain, karena pembeli tidak mau repot dan uda terlanjur jatuh hati ke anda dengan pelayanan prima harusnya gak pindah kelain hati.

Beberapa jasa pengiriman menyediakan fitur COD, anda bisa menggunakan fitur ini agar pembeli anda lebih mudah dan percaya dengan toko online anda.

Kolom Review & Komen

Terlihat sepele tapi faktanya orang belum mau beli kalau belum yakin dan percaya dengan brand anda, menyedikan kolom review dan komentar adalah cara ampuh untuk meyakinkan calon pembeli anda.

Orang akan lebih percaya pertakaan orang lain dibanding perkataan anda sendiri, itu jelas kan!!

Terlihat simple tapi ini sangat ampuh, jadi jangan lupa untuk meminta review dengan sopan dan baik-baik ke pelanggan anda yang uda beli ya ^_^.

Membuat Orang Membeli Dengan Tehnik Copywriting

Satu produk anda bisa ditawarkan ke pembeli dengan berbagai macam cara, dengan begitu anda bisa membidik lebih dari satu jenis tipe konsumen.

Cara ini bisa anda terapkan saat membuat copy (bahasa promosi) baik secara visual atau audio.

multi angle sale
Menawarkan dari berbagai sisi | credit to yukbisnis- Jaya Setiabudi

Angle Target Market

Produk anda bisa ditawarkan ke orang yang lebih spesifik misalnya cewek, cowok, ibu-ibu, bapak-bapak, traveler dan sebagainya menggunakan bahasa pendekatan yang relevan.

Angle Pain

Adalah membuat copy (bahasa promosi) dengan menonjolkan penderitaan/problem yang sedang dialami saat ini sehingga calon pembeli potensial anda lebih sadar dengan kondisi yang dialaminya sekarang .

Misal : taukah anda. 60% orang gemuk beresiko diabetes?, awas!! usia diatas 50 tahun rawan tulang keropos, gula lebih jahat dari kolesterol dan seterusnya.

Angle Gain

Adalah membuat copy dengan menonjolkan keunggulan, kemudahan, solusi, promo dan sejenisnya yang membuat orang cenderung jadi senang.

Pelajari secara lengkap tehnik membuat copywriting dari kang Dewa Eka Prayoga divideo ini

Easy Copywriting – Credit to Dewa Eka Prayoga

Ikuti Format Ini Saat Membuat Copywriting

Ini adalah format sale script mas J (Jaya Setiabudi) yang dishare secara gratis dan bisa anda praktekan saat membuat landing page, brosur, flyer, banner, instastory atau materi lain yang tujuan nya untuk promosi.

sale script
COpy Formula jualan online | credit to yukbisnis- Jaya Setiabudi

Kata kunci adalah kalimat/kata yang sering dipakai konsumen saat mencari produk tersebut.

Misalnya orang yang cari madu akan menggunakan kata-kata yang umum seperti madu asli, madu hutan, madu harian, madu segar atau yang lain nya pasti anda lebih tau kata-kata yang sering dipakai oleh pemcari produk anda.

Kata kunci sangat penting saat jualan online agar artikel dan produk anda bisa direkomendasikan oleh mesin pencari seperti google.

Belajar Simply Selling dari Mas J (Jaya Setiabudi)

Jika anda pemula atau masih merasa kesulitan saat berjualan, anda wajib nonton video simply selling ini.

Selain diajarkan tehnik secara jelas dengan bahasa yang mudah dipahami, Mas J juga menjunjung tinggi nili-nilai kebaikan dan kejujuran saat membangun bisnis.

Saya juga masih belajar, mari kita belajar sama-sama dengan menyimak video mas J ini

Video seminar online simply selling | credit to yukbisnis- Jaya Setiabudi

Optimasi Toko Online

Setelah tau teknik jualan yang berkah, anda juga perlu belajar mengoptimasi toko online anda agar pendapatan nya optimal.

Reza Galih adalah founder Sheika Hijab sekaligus murid Mas J yang akan membawakan materi optimasi toko online.

Seminar online optimasi toko online | credit to yukbisnis- Jaya Setiabudi

Ada banyak video berharga di channel Mas J yang jika dibikin seminar entah abis berapa puluh juta, tapi Mas J disini berbagi ilmu secara gratis demi membantu calon pengusaha yang sedang belajar.

Jangan lupa untuk di subcribe agar dapet notofikasi saat Mas Jaya Setiabudi mengupload video baru ^_^

BAB 5
Strategi Menghindari Perang harga

Jika anda jualan hanya modal ikut-ikutan atau “latah” anda akan terjerumus dalam persaingan harga (perang harga).

Itulah penting nya menentukan target market terlebih dahulu sebelum menentukan produk yang akan dijual, dengan begitu anda bisa lebih leluasa menentukan produk yang cocok untuk target market mereka.

Bukan masalah apa yang dijual, tapi kepada siapa anda akan menjual.

Inilah kunci untuk keluar dari perang harga.

Bidik Pelanggan Yang Tidak Sensitif Harga

Jika anda masuk ke bisnis yang marketnya besar tapi pemain nya juga banyak sehingga persaingan ketat maka anda bisa menggunakan strategi lain agar dagangan anda tetap laku tanpa banting harga.

Mungkin anda hanya bisa menjual lebih sedikit, tapi anda bisa mengambil keuntungan lebih besar dibanding harus obral harga.

Caranya adalah dengan mencari segmen pasar yang lebih spesifik yang tidak sensitif harga, carilah segmen pasar yang orang-orang nya mencari kemudahan, kenyamanan, keamanan dalam bertransaksi tentu anda harus berfikir lebih keras untuk menaikan value produk anda.

Orang-orang seperti ini biasanya kelas menengah keatas, komunitas dan organisasi.

Buat Tribe atau Kolam Ikan Mu Sendiri

membuat kolam ikan sendiri atau tribe
membuat tribe- credit to Dewa Eka Prayoga

Jualan bisa diibaratkan seperti memancing ikan,anda perlu tau jenis ikan untuk menentukan umpan yang cocok untuk mengumpulkan mereka.

Dalam prakteknya anda perlu benar-benar tau kebutuhan informasi calon pembeli potensial agar bisa membuat content yang menarik (umpan) agar mereka mau masuk ke kolam anda (Follow medsos, website, group, memberi email, nomer HP).

Setelah anda punya database calon customer baiknya anda tidak langsung jualan, share lah informasi yang relevan dan berguna bagi tribe (isi kolam) anda agar mereka suka dan percaya dengan anda.

Barulah setelah tribe anda ketergantungan dengan anda kini saat nya untuk memancing dengan membuat tulisan yang menjual (copywriting)

Saat anda jualan di kolam/tribe sendiri maka tidak ada saingan lain, jadi anda tidak perlu banting-banting harga. Tapi ingat jangan keterlaluan juga baiknya harga produk yang anda jual sesuai dengan benefit yang mereka dapat.

Coba tanyakan kediri anda sendiri, Kenapa jualan di marketplace harganya hancur?

JIka diibaratkan marketplace adalah kolam, penjual adalah pemancing dan orang-orang yang mencari barang di marketplace adalah ikan maka sudah jelas sekali bahwa satu kolam dipancing ribuan orang (penjual seperti anda).

Enaknya pakai marketplace anda tinggal mancing ikan, karena pihak marketplace lah yang bekerja mengumpulkan ikan-ikan untuk anda.

Gak enaknya adalah ada banyak pemancing sehingga terjadi persaingan ketat yang mau tidak mau harus banting harga.

Buat .com Mu Sendiri

Anda wajib punya website sendiri saat anda berbisnis online, kenapa?

Karena dengan punya website sendiri anda punya platform sendiri untuk membuat content marketing guna menarik target market anda sehingga tercipta kesadaran akan produk dan brand anda.

Selain itu anda bisa memanfatkan website anda untuk hal lain seperti membuat landing page, company profile, catalog produk, blog yang semuanya untuk mendukung menjalankan bisnis anda.

Jadi jangan mengandalkan platform orang lain untuk membangun bisnis, lebih baik memanfaatkan platform tersebut (marketplace & socmed) untuk mendapatkan traffic dan mengarahkan nya ke .com anda sendiri.

Membuat Database Pelanggan

Kesalahan paling umum para pedagang adalah berfikir “yang penting laku & untung”, mereka lupa untuk mengumpulkan data pelanggan.

Ingat orang yang telah beli ke anda berarti telah menaruh kepercayaan yang besar ke brand/merk anda, jangan sia-siakan mereka.

Kenapa?

Karena anda bisa lebih mudah menjual barang lain ke mereka dengan lebih mudah (kan uda percaya) dibanding harus mencari pelanggan baru dan meyakinkan nya.

Kumpulkan email, WA, atau medsosnya dengan alasan untuk anda follow atau alasan lain, mintalah dengan ramah dan baik-baik.

Database pelanggan juga bisa untuk bahan obrolan saat pelanggan melakukan repeat order (beli lagi), anda bisa tau nama, lokasi, histori pembelian sehingga anda bisa melakukan obrolan hangat berdasar informasi customer database yang anda kumpulin.

Buat & Besarkan Brand Mu

Jangan pernah berfikir “jualan yang penting dapet untung”, tapi fikirkan juga untuk membangun brand anda sendiri agar bisnis anda dikenal dan punya tempat dihati masyarakat.

Selling/jualan dan Promosi adalah strategi bisnis jangka pendek, tapi positioning dan branding diperlukan untuk membangun strategi bisnis jangka panjang.

Hendak nya anda melakukan keduanya agar dikemudian hari anda punya produk sendiri dengan merek yang kuat dan dikenal banyak orang.

Brand atau merk tidak harus keren tapi minimal :

  • Belum dipakai orang
  • Mudah diucapkan dan diingat
  • Hindari menggunakan angka

Saat anda jualan di marketplace orang tidak akan mengingat anda, yang mereka ingat adalah merk merketplace nya.

Itulah penting nya anda punya website sendiri untuk membangun nama brand anda sendiri, anda tetap jualan di marketplace tapi tujuan nya untuk mempermudah transaksi dan mengumpulkan database pelanggan dan dapet traffic.

Cara termudah dan termurah untuk membangun kesadaran akan brand anda adalah dengan membuat content marketing.

Content marketing adalah content yang berisi informasi yang biasa dicari oleh target market di internet, content ini sengaja dibuat untuk menarik mereka agar mengunjungi website brand anda.

Dengan begitu setiap saat mereka mencari informasi maka yang nongol adalah website brand anda, lama-lama brand anda bakal nempel dibenak mereka karena saking sering nya membaca content yang anda buat.

KESIMPULAN

Agar jualan online laris tidak harus dengan memasang harga barang serendah-rendahnya (murah), tapi ada strategi lain agar dagangan anda laris walau memasang harga normal (bahkan lebih mahal).

Anda perlu membuat brand sendiri dan mengembangkan nya agar tidak tergantung traffic marketplace, karena persaingan marketplace sudah tidak sehat (banting-banting harga) dan parahnya pembeli tidak akan mengingat brand anda.

Itulah sebabnya anda perlu membuat website sendiri sebagai toko induk atau pusat untuk membangun brand bisnismu.

Dengan memakai website sendiri anda lebih leluasa untuk membidik dan mengumpulkan calon pembeli dengan membuat content marketing yang nantinya bisa dikonversi menjadi pelanggan setia brand anda.

Pelayanan prima dan kejujuran adalah modal penting dalam berbisnis offline ataupun online, walau tidak bertatap muka anda tetap bisa berexpresi dan menunjukan empati anda lewat text atau suara.

Sukses Selalu dan Jangan Pantang Menyerah.

Tidak ada orang gagal, yang ada hanya cara yang gagal dan anda hanya perlu mencari cara lain agar sukses lalu mencobanya sekali lagi.

GAGAL hanya milik orang yang Berhenti Berusaha

Referensi :
Jaya Setiabudi – YukBisnis

Pembahasan Terkait
tutorial cara membuat website perusahaan dan bisnis
Cara Membuat Website Perusahaan dan Bisnis 2024

Ditahun 2020 ini perusahaan, binsis dan toko harus bisa ditemukan pelanggan dan client lewat internet, cara paling efektif adalah dengan Read more

jasa pembuatan website gratis kebumen
Jasa Pembuatan Website Custom Gratis Rp 0,00

Bagi anda yang ingin punya website sendiri baik untuk personal ataupun bisnis saya menyedikan jasa pembuatan website gratis tanpa syarat. Read more

cara memilih nama domain saat membuat blog/website sendiri
Cara Memilih Nama Domain saat Membuat blog/website Sendiri 

Ketika memilih dan menentukan sebuah nama domain saat kamu membuat blog/website hendaknya dipikirkan dulu dengan matang, beberapa hal berikut ini Read more

cara membuat blog ramai dan menghasilkan uang
Cara Membuat Blog Yang Menarik & Menghasilkan Uang

Sudah punya website tapi sepi pengunjung? Atau anda ingin membuat website pribadi untuk menulis blog, portofolio guna mendukung personal branding Read more

Tinggalkan komentar