Setelah wabah #covid19 banyak perusahaan yang gulung tikar, akibatnya banyak orang kehilangan pekerjaan nya, mungkin termasuk anda disini.
Percayalah wabah ini sebenarnya melahirkan banyak peluang bisnis baru, salah satunya model bisnis online yang cakupan nya global dan bisa dilakukan oleh siapun.
Mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan, ibu rumahtangga, siapapun anda bisa membuat bisnis online tanpa modal dari rumah dengan potensi penghasilan tak terbatas jika dilakukan dengan benar.
5 Alasan kenapa bisnis online sangat cocok untuk anda:
- Modal kecil, bahkan bisa tanpa modal serupiah pun
- Bisa dilakukan dari mananapun termasuk dari rumah aja
- Jangkauan luas
- Bisa membidik pasar/konsumen dengan sangat akurat
- Potensi penghasilan tidak terbatas
Artikel ini dibuat khusus untuk pemula agar mudah belajar bisnis online dari nol dan bisa membuka bisnis tanpa modal.
Pahami Dulu Apa itu Bisnis
Secara umum bisnis bisa diartikan sebagai kegiatan menjual barang dan jasa kepada konsumen dengan tujuan untuk mendapat keuntungan.
Tapi itu pengertian yang sangat umum dan semua orang tau, pebisnis sejati tidak hanya berfikir cara menjual dan mendapat keuntungan saja.
Ada banyak nilai-nilai penting yang harus ada dalam suatu bisnis agar sukses dan terus berkembang.
Bisnis Bukan Sekedar Jualan
Jualan berbeda jauh dengan bisnis,
Seorang pedangang hanya berfikir cara menjual barang untuk mendapatkan profit besar secepatnya dan semuanya dilakukan sendiri.
Berbeda dengan pebisnis yang harus memikirkan dan merencanakan strategi jangka panjang agar bisnisnya terus menguntungkan,maju dan berkembang.
Seorang pebisnis tidak bisa melakukan semuanya sendiri, diperlukan team yang akan mengeksekusi strateginya.
Dengan adanya team seorang pengusaha lebih punya waktu untuk memikirkan strategi guna mengembangkan bisnisnya.
Team punya tugas yang spesifik sehingga akan diperoleh hasil yang lebih maximal dibanding dikerjakan sendiri.
Anda sebagai enterpreneur/pebisnis bertugas mengembangkan unit bisnis dengan terus belajar, membangun ekosistem dan berinovasi di industri yang anda geluti.
Menjangkau Customer
Kalau anda perhatikan, bisnis besar yang sukses selalu punya database customer nya.
Tujuan nya agar bisnis anda bisa menjangkau customer dengan mengirimkan content yang relevan dengan kebutuhan market (content marketing) untuk mengedukasi dan membangun kesadaran atas brand dan produk anda.
Untuk mendapatkan database customer bisa dilakukan dengan berbagaimacam cara seperti menggunakan aplikasi, lead magnet ataupun follower socmed.
Coba perhatikan perusahaan besar seperti tokopedia,bukalapak,gojek,shopee semua menggunakan aplikasi unguk menjangkau customernya.
Selalu mengingatkan keberadaan mereka dengan cara mengirim push notifikasi di handphone anda yang membuat anda tetap ingat akan brand tersebut walau tidak melakukan pembelian sekarang.
Membari Solusi
Kalau anda perhatikan, semua bisnis sukses membuat produk solusi untuk membantu mengatasi problem customernya.
Itu artinya anda harus membuat produk yang diinginkan konsumen bukan membuat produk yang anda inginkan.
Cnntoh yang sangat sederhana,
Produk sikat gigi dan pasta gigi dibuat untuk membersihkan mulut dengan cara mudah dan cepat guna mengatasi bau mulut dan masalah gigi lain nya.
Apakah membersihkan mulut harus dengan sikat dan pasta gigi? jawabnya tidak harus, pakai sabut kelapa,siwak atau kain juga bisa, tapi kenapa anda memilih pasta+sikat gigi?
Pasti karena itu lebih mudah kan?
Yap, bisnis itu menawarkan solusi dan kemudahan dalam setiap produk ataupun jasanya.
Saling Menguntungkan
Bisnis itu bukan semata mendapat keuntungan, tapi lebih ke bagiamana produk /jasa anda menguntungkan konsumen juga.
Minimal nilai yang dibayar konsumen setara dengan yang nilai produk/jas ayang anda berikan, lebih tinggi lebih baik (konsumen puas).
Dari contoh pasta gigi diatas,
Saat anda membeli sikat dan pasta gigi minimal produk tersebut berfungsi sebagaimana yang dijanjikan yaitu bisa untuk membersihkan gigi.
Soal fitur lain seperti awet, lembut, ergonomis, rasa mint segar itu adalah fitur tambahan (optional) untuk memberi nilai tambah ke produknya sebagai pembeda dengan produk lain.
Kejujuran
Kepercayaan pelanggan sangat penting, bisnis anda akan gulung tikar jika tidak ada pelanggan.
Pelanggan akan pergi jika merasa kecewa karena dibohongi, baik lewat penawaran atau produk yang tidak sesuai harapan.
Bangunlah hubungan bisnis dengan kejujuran, bukan manipulatif yang akan menghancurkan dan menyulitkanmu dimasa depan.
Pelanggan dan rekan bisnis akan meninggalkan anda, kecuali bisnis anda emang bisnis “NIPU” itu beda lagi urusan nya.
Jangka Panjang
Bisnis bukan hanya soal jualan dan untung saja, anda tidak boleh berhenti dan fokus di jualan saja.
Jualan adalah ilmu garda terdepan dalam suatu bisnis, anda harus belajar ilmu diatasnya bertahap agar anda bisa menjadi pengusaha.
Berbisnis terus berjuang membesarkan brand melalui produk nya agar dikenal banyak orang.
Dengan begitu bisnismu bisa menang bersaing karena brand anda punya posisi yang kuat dibenak konsumen.
Perlu Proses,Belajar dan Kerja Keras
Bisnis untuk sampai sukses butuh proses yang panjang, jangan pernah memikirkan keuntungan dulu jika anda masih baru dan belum punya ilmunya, fokuslah untuk mendapatkan ilmunya dulu.
Jika anda melihat teman atau orang lain sukses itu adalah buah manis dari hasil usaha kerasnya selama ini, apakah anda pernah tau cerita perjuangan dibalik kesuksesan nya sekarang?
Baiknya ada mendengar cerita orang-orang sukses bagaimana mereka berjuang hingga bisa se sukses sekarang.
anda bisa menyimak cerita inspiratif pengusaha sukses melalui channel youtube cici Christina Lie
Video-video tersebut baik sekali untuk memahami, menginspirasi, menguatkan mental anda sebelum memulai suatu bisnis, ini sangat penting agar anda tidak mudah menyerah saat anda mengalami kegagalan.
Bisnis Tidak Perlu Modal Uang
Semua orang di dunia diberi modal yang sama oleh tuhan yaitu waktu 24sehari dan kesehatan.
Tapi kenapa ada orang miskin, kaya, sukses,gagal?
Jawaban nya adalah tergantung bagaimana orang MAU merubah nasibnya sendiri dengan memanfaatkan waktu dan kesehatan yang telah diberikan tuhan.
Jadi untuk memulai bisnis anda hanya perlu modal keMAUan bukan uang, karena tanpa uang anda masih bisa berbisnis.
Bisnis Online Pelangkap Offline
Jangan pernah memisahkan dan membandingkan atara bisnis online dan offile karena sejatinya itu hanyalah metode pemasaran yang tujuan akhirnya sama yaitu untuk memasarkan produk /jasa ke konsumen.
Jika produk/jasa anda bisa ditawarkan secara offile maka lakukan lah, online digunakan untuk menjangkau konsumen yang cenderung waktunya dihabiskan di internet.
Keuntungan Bisnis Online
Ukuran strategis sekarang bukan lagi berada di pinggir jalan atau dekat pusat keramaian, ini dikarenakan tempat dan cara berkumpul orang jaman sekarang berbeda.
Iampir semua orang sudah punya HP dengan koneksi internet, orang-prang ini lebih suka nongkrong di social media seperti facebok, twitter, instagram, youtube dan mencari informasi lewat google.
Ini adalah peluang besar bagi anda untuk membuat bisnis yang target marketnya adalah para pengguna internet, cukup modal HP dan internet anda sudah bisa memulai bisnis online dari rumah tanpa modal serupiahpun.
Tanpa Modal
Untuk model bisnis tertentu seperti jasa atau menjual keahlian via online maka anda tidak memerlukan modal samasekali.
Cukup tawarkan jasa anda di platform yang telah disediakan atau blog anda sendiri agar customer tau dan memakai jasa anda.
Jika anda tidak mau resiko rugi karena menstok/membeli barang untuk dijual kembali maka anda bisa menjadi reseller ataupun dropshipper.
anda hanya perlu menjual produk tersebut tanpa perlu memikirkan pengiriman, pengemasan, pembayaran.
Bahkan dengan hanya menulis blog dan merekomendasikan produk tertentu ke pembaca, anda bisa mendapat komisi jika bergabung di program afiliasi.
Bisa Darimanapun & Kapanpun
Siapapun anda ( karyawan, ibu rumah tangga, pelajar, mahasiswa, PNS, pegawai, Kuli, dll) tidak menjadi penghalang untuk membuka bisnis online.
Ini dikarenakan bisnis online bisa dilakukan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun hanya bermodal HP dan koneksi internet.
Jadi tidak ada alasan untuk tidak memulai bisnis online.
Jangkauan Luas
Saat membuka toko fisik offline di pinggir jalan, customer yang datang pasti berasal dari sekitar kotamu saja.
Padahal bisa saja ada calon customer dikota lain yang juga membutuhkan produk anda.
Dengan melakukan pemasaran secara online, calon customer diluar kota bahkan diluar negeri bisa membeli produk anda.
Dan yang paling penting anda tidak perlu mengeluarkan biaya extra untuk memperluas jangkauan bisnis karena semua bisa dilakukan secara gratis via online.
Potensi Penghasilan Tidak Terbatas
Bila dulunya bisnis offline hanya beroperasi di lingkup kota, dengan menggunakan internet/online bisnis anda bisa menjangkau semua orang di dunia ini secara global.
Itu berarti potensi penghasilan anda tidak terbatas, asal dilakukan dengan cara yang benar.
Contoh Peluang Bisnis Online Tanpa Modal
Saat anda memulai suatu bisnis dan belum tau ilmunya saya menyarankan untuk belajar “jualan” dulu dan menghindari sektor produksi.
Nanti gampang kalau sudah jago jualan anda bisa membuat produk sendiri yang banyak diminati pasar.
Berikut beberapa jenis dan contoh bisnis online yang tidak memerlukan modal samasekali, jadi sangat cocok untuk anda yang mencari bisnis tanpa modal.
Bermodal kemauan dan 10 jari (untuk ngetik) anda bisa memulai bisnis online dari rumah dengan potensi penghasilan yang tidak terbatas jika dipelajari dan ditekuni dengan serius.
Pililah salah satu bisnis model dibawah ini yang cocok dengan kondisi anda sekarang.
Influencer
Pekerjaan utama para influencer adalah membuat content, bukan sembarang content tapi content yang bisa mendatangkan banyak traffic sehingga dia punya banyak masa/follower.
Follower adalah orang yang percaya dan loyal kepada influencer, itu artinya apa yang disampaikan nya akan dilakukan oleh followernya, inilah arti sebenarnya dari influencer.
Influencer mampu merubah perilaku seseorang dengan mempengaruhi pemikiran dalam mengambil keputusan melalui content yang disajikan nya.
Misalnya,
Influencer membuat suatu review perbandingan produk dan merekomendasikan salah satunya maka audience nya pasti akan mengikuti saran dari si influencer saat ingin membeli produk tersebut.
Inilah kemampuan yang dicari para mengiklan untuk membuat produk nya laku, makanya seorang influencer bisa mendapatkan penghasilan dengan banyak cara mulai iklan, afiliasi, endors atau produk sendiri.
Anda bisa menjadi seorang influencer dengan berbagai cara seperti menjadi blogger, youtuber dan selebgram.
Jumlah masa, follower, traffic user menjadi penentu bisnis ini, makin banyak volume nya maka makin besar peluang mendapatkan penghasilan rupiahnya.
Platform: blog/website, social media, youtube
Cara Monetize: iklan, produk sendiri, afiliasi, endorsment
Affiliasi
Idealnya agar bisa menjalankan bisnis afiliasi anda harus menjadi influencer, baik dengan menjadi blogger, youtuber ataupun selebgram.
anda bisa membuat content yang sifatnya membantu problem dan dicari banyak orang, lalu merekomendasikan produk afiliasi yang relevan dengan topik artikel/content tersebut.
Setiap terjadi pembelian dari link afiliasimu/ penggunaan voucher, anda akan mendapat komisi.
Terlihat mudah sekali bukan?
Platform: blog/website, social media, video share platform
Cara Monetize: iklan, produk sendiri, afiliasi, endorsment
Copywriter
Copy (bukan salin) tapi copy disini yang dimaksud adalah text atau tulisan tapi bukan sembarang tulisan, melainkan tulisan yang bisa mempengaruhi orang untuk membeli produk.
Copy writer adalah orang yang melakukan copywriting atau membuat copy untuk melakukan penjualan lewat media baik tulisan, gambar ataupun video.
Yap naskah copywriting sekarang bukan hanya berupa text tapi sudah bisa berupa paduan antara text, video ataupun gambar.
Alih alih menjual barang dengan ditawarkan secara paksa ke pembeli, tehnik copywriting lebih menggunakan cara halus untuk membujuk calon pembeli untuk membeli produk.
anda bisa menjadi copywriter profesional yang kerjanya cuma membuat copy sesuai pesanan yang diinginkan client anda.
anda bisa menggunakan platform freelancer untuk menawarkan jasamu atau diwebsite anda sendiri.
Platform: blog/website, social media, video share platform
Cara Monetize: Afiliasi, Jasa nulis copywriting
Freelancer
Jika anda punya keahlian apapun, anda bisa menjual jasa ke orang yang membuatuhkan keahlian anda tanpa ikatan kerja (menjadi freelancer).
Berbagai macam keahlian bisa anda tawarkan melalui website freelancer seperti fiver.com, sribulancer.com, fastwork.id atau website lain yang menyediakan platform untuk menjajakan jasa frelancer.
Jika anda hanya mengandalkan platform tersebut biasanya akan saling banting harga.
Untuk menghindari situasi ini baiknya anda membuat website sendiri dan membangun tribe/kolam/audience dengan cara menulis content marketing agar bisa leluasa mematok harga tanpa saingan.
Platform: blog/website, social media, video share platform, platform freelance
Cara Monetize: Produk sendiri (jasa)
Jasa konsultasi online
Anda seorang dokter, bisnis couch, atau punya skill/keahlian luarbiasa di industri yang sudah lama anda tekuni maka anda bisa menjadi konsultan.
Pada awalnya mungkin anda bisa meberikan jasa konsultasi gratis untuk memahami keinginan pasar sebelum benar-benar membuat jasa berbayar guna membangun kredibilitas.
Se ahli/pintar apapun anda jika tidak ada orang yang tau maka tidak akan ada orang yang memakai jasa anda.
Agar keberadaan anda diketahui oleh semua orang didunia terutama orang yang butuh jasa anda maka bisa menggunakan platform freelancer ataupun membuat socmed dan website sendiri.
Platform: blog/website, social media, video share platform, platform freelance
Cara Monetize: Produk sendiri (jasa), e-book
Jasa Tulis Artikel SEO
Banya perusahaan mulai dari skala UKM hingga perusahaan besar sudah mulai “melek” penting nya melakukan “pendekatan” ke target marketnya melalui media online terutama blog.
Kalau kamu sudah berpengalaman membuat artikel SEO friendly, kmau bisa membuka jasa penulisan artikel yang nantinya akan dipakai oleh para pemilik blog yang sibuk/ tidak bisa menulis content sendiri.
Platform: blog/website, social media, video share platform, platform freelance
Cara Monetize: Produk sendiri (jasa), e-book
Membuat kursus online/produk digital
Kursus tidak harus punya tempat atau gedung semua bisa dilakukan secara virtual baik live atau menggunakan platform/tool kursus online.
Kamu bisa membuat materi kursus dan menaruhnya di platform kursus seperti udemy.com atau membuat kursus mandiri lewat website pribadi dan mengkapanyekan lewat iklan, content marketing ataupun social media.
Platform: blog/website, social media, video share platform, platform kursus online
Cara Monetize: Produk sendiri (jasa), e-book
Dropshipping
Ini adalah solusi jualan produk tanpa modal , tanpa nyetok barang dan tanpa resiko rugi karena barang akan dikirim oleh supplyer dropship mu ke customet atas namamu.
Walau agak mirip tapi dropshipping beda dengan reseller.
Reseller mirip dengan pedagang yang harus membeli barang dulu sebelum dijual kembali ke customer, sedangkan dropshipper hanya mencari pelanggan dan meneruskan order ke supplyer agar dikirim atasnama mu.
Platform: blog/website, social media, video share platform, marketplace
Cara Monetize: menjualkan produk orang lain
Menjual informasi
Ini sebenarnya mirip dengan influencer, bedanya adalah cara menghasilkan duitnya dengan cara menyediakan content premium dalam bentuk premium membership ataupun membuat e-book.
Misalnya,
Anda sedang membaca artikel belajar bisnis online, bisa saja informasi di artikel ini saya buat premium (tidak gratis) dan hanya orang yang menjadi member saya yang bisa membaca tulisan ini.
Atau saya jadikan materi ini sebuah ebook dan menjualnya.
Begitulah sebuah informasi berharga bisa kamu jual ke orang yang membutuhkan, walau terlihat sepele dan dibandrol dengan harga murah tapi informasi ini diperlukan banyak orang sampai hari kiamat.
Platform: blog/website, social media, video share platform, email
Cara Monetize: ebook, premium membership, iklan, afiliasi
Cara Memulai Bisnis Online Pertama Anda
Ada dua hal yang menjadi penghalang kesuksesan anda, yaitu alasan dan penundaan.
Langkah pertama menjadi hal terberat untuk melakukan hal baru karena otak punya “mekanisme bertahan hidup” dimana dia lebih memilih berada di zona nayaman/aman daripada mencoba hal baru yang punya resiko gagal.
Tapi disinilah anda perlu melawan “defense mechanism” yang ada di dalam dirimu sendiri untuk belajar memulai bisnis yang punya resiko gagal, inilah yang menjadi pembeda orang berduit banyak dan orang tak berduit.
Keberanian,KeMAUan & Pantang Menyerah
anda tidak perlu uang serupiahpun untuk memulai sebuah bisnis, apa lagi ini sudah jaman nya serba online dimana bisnis bisa dilakukan dari rumah aja.
Yang anda perlukan hanyalah keberanian/nyali untuk mencoba hal baru (belajar bisnis) yang resikonya adalah gagal.
Walau gagal anda tidak akan rugi serupiah pun (kan gak pake modal bisnisnya) dan tidak akan membuat anda miskin .
Katakanlah anda rugi secara materi/uang tapi anda masih untung secara keilmuan, anda sudah tau kenapa gagal dan harus bagaimana selanjutnya.
anda hanya perlu mencoba, mencoba dan terus mencoba hingga anda berhasil, tentu mencoba dengan cara dan tehnik yang telah ditingkatkan berdasar kegagalan sebelum nya.
Cari Ilmu Dulu, Profit Belakangan
Saat anda baru belajar memulai bisnis jangan pernah berfikir untuk mencari profit/keuntungan.
anda perlu tau diri akan keilmuan dan kemampuan anda sekarang yang tidak tau apa-apa tentang dunia bisnis yang sedang anda selami, ada banyak pesaing anda diluar sana yang mungkin lebih berpengalaman dari anda.
Jadi sekarang anda fokus dulu untuk menimba ilmu bisnis, mencari formula kesuksesan dengan mempraktekan ilmu yang diberikan mentor/guru anda.
Saya merekomendasikan Jaya Setiabudi untuk menjadi guru pertama anda yang akan memberi pemahaman dan polapikir yang benar bagaimana seorang pebisnis memulai bisnis.
anda bisa belajar bisnis dari Mas J dengan beberapa cara, antaralain:
- Belajar Gratis Online : Cukup dengan subcribe channel official Jaya Setiabudi dan menonton semua videonya gratis untuk dapet ilmu bisnis.
- Gabung Komunitas : Jaya Setiabudi punya brand Yukbisnis dengan komunitas bernama yubi yang ada dimana-mana cek: komunitas yubi
- Masuk Akademi : Anda juga bisa kulian di Young Entrepreneur Academy untuk menjadi pebisnis muda
- Ikut Mentoring : Program ini dikhususnya bagi UKM yang sudah punya bisnis tapi ingin meningkatkan penjualan dan mensistemasi bisnisnya agar bisa dikembangkan, anda bisa melaakukan mentoring melalui portal website formulabisnisID
Jika anda belum memulai bisnis maka saran saya adalah tonton semua video Mas J agar anda punya mindset/polapikir seorang pebisnis.
anda bisa melihat video “cerita dibalik kesuksesan pengusaha”di channel cici Christina Lie untuk menginspirasi anda biar gak mudah nyerah saat gagal.
Jadi tidak ada alasan lagi untuk segera memulai bisnis online anda mulai dari sekarang!!
Mulai Dengan Jualan, Hindari Produksi
Yang membuat banyak orang bangkrut saat mencoba bisnis pertama karena mereka terlalu silau dengan rumput tetangga dan mencoba spekulasi/gambling dengan membuka bisnis yang sama padahal belum punya ilmu di industri tersebut.
Jangan pernah berfikir ingin menjual apa yang ingin anda jual, tapi cobalah untuk menentukan orang-orang seperti apa yang ingin anda tawarkan produk, baru anda menentukan produk-produk apa yang cocok ditawarkan untuk mereka.
Agar anda gak rugi materi maka gunakan modal anda untuk “menimba ilmu” dengan ikut mentoring, ikut seminar, membeli buku , memasang iklan (promosi) dan hindari memproduksi barang sendiri.
Hal terpenting dalam bisnis adalah customer, jadi anda perlu belajar mendapatkan customer telebih dahulu sebelum anda membuka bisnis.
Caranya dengan belajar jualan, jualan tidak harus punya produk nya(stok sendiri) anda bisa menjualkan barang/produk orang lain sehingga anda tidak ada resiko rugi dan yang terpenting anda bisa berlatih mencari customer.
Yang Penting Mulai Dulu, Belajar Sambil Jalan
Bagi anda yang baru ingin belajar memulai bisnis maka perhatikan quote Mas J ini
2 Musuh terbesar kesuksesan ialah PENUNDAAN dan ALASAN ”
–Jaya Setiabudi–
Saya paham,memulai hal baru tidaklah mudah.
Perlu dorongan yang kuat agar anda bergerak, apalagi yang akan anda lakukan beresiko gagal .
Inilah alasan klasik yang membuat orang menyerah sebelum berusaha, ALASAN!!
Agar anda mampu melawan “self defence mechanism” di dalam dirimu yang selalu mencegah anda untuk mencoba hal baru adalah dengan memahami cara kerjanya .
Tonton video Webinar “THE POWER OF KEPEPET” agar polapikirmu berubah, dari yang tadinya banyak alasan menjadi berani mencoba belajar hal baru (bisnis) tanpa harus menanggung resiko kehilangan uang (rugi ).
#1 Langkah Pertama :
Mulai Dengan Belajar Jualan
Saya anggap anda belum tau samasekali cara memulai berbisnis, maka hal pertama yang anda pelajari adalah keahlian menjual atau mencari pelanggan/customer.
Coba fikirkan jika anda langsung membuat produk atau membuka kios berdasar ikut-ikutan dan tidak tau kriteria customer seperti apa yang membutuhkan produk anda apa yang akan terjadi? Gak ada yang beli!!
Jelas ini resiko besar, belum tau ilmu dan dunianya tapi sudah berspekulasi langsung membuat produk sendiri.
Mulailah dengan belajar menjual produk orang lain agar anda tau cara mencari customer, mengasah skill, mendapat reputasi, dapet jaringan tanpa perlu menanggung kerugian jika produk tidak laku.
Berjualan juga perlu ilmu agar anda bisa bersaing dengan penjual lain tanpa banting harga tapi disukai, dipercaya, dicari oleh customer anda.
Baca: Cara Jualan Online Laris Tanpa Banting Harga
Tentukan Target Market Dulu, Produk Kemudian
Kesalahan umum yang dilakukan oleh penjual pemula adalah berjualan produk yang ingin mereka jual, itu artinya anda hanya bisa menjual satu produk ke orang yang membutuhkan nya.
Bagaimana kalau ada cara menjual banyak produk ke satu orang/ target market.
Alih alih menentukan produk yang ingin dijual, anda harus menentukan kriteria target market yang spesifik dan menentukan produk apa saja yang bisa ditawarkan ke mereka.
Untuk itu anda perlu membuat Buyer Persona target market mu
Apa itu BUYER PERSONA?
Buyer persona adalah profile detail calon customer ideal yang akan menggunakan produk dan jasa anda, dalam pembuatan buyer persona minamal anda menentukan 5 hal ini
- Demografis : umur, jenis kelamin, penghasilan, pekerjaan, status social, status temapt tinggal, pendidikan, dll
- Geografis : letak/lokasi target market anda.
- Psikografis : interest, hobi, tokoh idola, sukanya apa. dll
- Behavior : kebiasaan-kebiasaan seperti beli berdasar apa, beli pas kapan, seberapa sering, pakai hp apa, pakai socmed apa
- Goal : keinginan dan impian yang ingin dicapai, masalah apa yang ingin dipecahkan
Dengan tau informasi yang mendetail tentang targetmarketmu maka anda bisa lebih mudah mencarikan produk yang relevan dan pasti diperlukan oleh mereka.
anda juga sekarang lebih mudah untuk membuat komunitas/tribe/”kolam” dengan membuat content-content yang relevan dengan targetmarket anda agar mereka follow socmed dan subcribe mailing list blog/website bisnis anda.
Dengan begitu anda lebih mudah untuk melakukan prospekting ke mereka-mereka ini yang sudah jelas percaya dan suka dengan anda.
Pelajari Produk
Kata Mas J (Jaya Setiabudi) selling bukanlah menawarkan barang agar dibeli (closing) tapi lebih ke menyampaikan informasi produk & jasa sejelas-jelasnya hingga dimengerti oleh customer.
Mahal atau murah suatu barang menjadi relatif ketika anda memberikan informasi produk selengkap-lengkap nya hingga tidak ada lagi pertanyaan di benak customermu.
Untuk bisa sampai ke tahap ini berarti anda perlu mempelajari seluk beluk, manfaat, cerita dibalik pembuatan produk , pokoknya semua informasi tentang produk itu anda harus tau.
Baik manfaat secara fungsi (fungsional benefit) ataupun gengsi (emosional benefit) hingga anda bisa menyampaikan informasi yang menjadi harapan dan solusi untuk problem customer anda.
Buat Tribe/ Kolam Sendiri/Mengunpulkan Database Customer
Ada perjalanan panjang yang harus dilalui seorang pembeli/customer hingga dia membeli suatu produk, perjalanan atau urutan ini disebut dengan customer journey.
Mulai dari mencari nama produk, mencari penjual, mencari penjual yang terpercaya, cari pembayaran yang mudah, cari yang tanpa resiko, pokoknya banyak informasi yang mereka cari hingga akhirnya beli.
Jadi customer beli produk ke penjual atas dasar percaya, itulah sebabnya kepercayaan menjadi sangat penting dalam bisnis.
Itu artinya untuk mendapatkan kepercayaan calon customer anda harus mau membantu kesulitan-kesulitan yang saya ceritakan tadi (customer journey).
Alih alih anda cuma posting jual jual dan jual bagaimana kalau mulai sekarang anda membuat content yang bisa membantu mereka saat menjalani customer journey.
Caranya adalah dengan membuat wadah/kolam/tribe yang berisi content-content relevan dan sifatnya membantu dengan menyediakan informasi secara gratis .
Anda bisa menggunakan platform socmed, dan mailing list untuk mengumpulkan target market anda, sedangkan content bisa anda buat melalui website/blog .
Setelah anda punya banyak masa, mau jualan apapun pasti laku karena orang-orang yang ada dikolam/tribe anda sudah percaya dan menjadi fans anda.
Jadi mulailah share ilmu yang bermanfaat untuk target marketmu mulai dari sekarang, yang kemarin posting nya cuma jualan coba posting hal kecil yang sifatnya bisa membantu mereka.
Apa yang anda perlukan untuk membuat tribe?
- Blog/website : Membuat content agar ditemukan target market ketika searching di mesin penacari seperti google
- Socmed & Mailing list : Mengumpulkan target market agar mereka lebih mudah mengikuti content yang anda buat.
Apa yang harus anda lakukan agar orang pada mau join ke tribe anda?
Membantu mereka dengan cara menyediakan informasi yang relevan dengan mereka, tidak harus seputar produk tapi disesuaikan dengan buyer persona yang telah anda buat sebelum nya.
Belum punya website & Ingin punya website?
Saya siap membantu membuatkan website anda secara gratis
Gunakan Jasa Pembuatan Website Gratis Saya
Tentukan Model Bisnis nya
Saya anggap anda baru pertama mau belajar jualan tanpa modal dan gak mau rugi uang, maka model bisnis yang bisa anda ambil adalah dropshipper dan afiliasi.
Dengan model drop shipper anda tidak perlu menstok barang ,cukup membantu menjualankan saja, produk dikirim langsung dari supplier ke konsumen.
Begitu juga dengan afiliasi dimana anda hanya perlu merekomendasikan produk ke customer agar membeli produk.
anda akan mendapat komisi dari setiap produk yang berhasil terjual melalui link referal/afiliasi anda.
Gimana? tanpa modal dan tanpa resiko rugi kan? sehingga anda lebih fokus untuk terus belajar.
Tentukan Platform Untuk Jualan
Yang jadi pertanyaan anda pasti “terus saya mau jualan dimana?” anda tenang dulu.
anda bisa membuat toko online anda sendiri menggunakan platform yang sudah ada misal marketplace (tokopedia, lazada, shopee, bukalapak, blibli) dan social media seperti facebook atau instagram, bahkan lewat WA pun bisa.
Tapi jangan terlena menggunakan platform tersebut , karena pembeli disana tidak loyal ke brand anda.
Itu artinya nama tokomu tidak akan diingat oleh mereka, yang mereka ingat adalah nama marketplace nya.
Kemudahan yang disediakan oleh marketplace inilah yang membius banyak pedagang didalam nya untuk terjerumus ke persaingan yang tidak sehat dengan cara banting harga.
Untuk mengatasi masalah ini maka anda perlu platform yang mandiri berupa toko online/website independen dengan domain sendiri yang menjadi pusat brand toko online anda.
Tempat anda membuat content marketing (content yang dibuat khusus untuk menarik target market dan mengkonversinya menjadi customer), marketplace dan social media sifatnya hanya untuk mencari trafik guna diarahkan ke toko induk anda.
Website juga menjadi modal anda untuk membuat tribe brand anda, kalau anda serius ingin jadi pebisnis online maka punya website sendiri menjadi wajib agar bisnis anda mudah ditemukan di interent.
Gini deh, misal temen anda punya toko online di instagram atau facebook, maka untuk mencarinya perlu usaha yang lumayan ribet jika belum berteman/follow.
Beda kalau anda punya website sendiri, tinggal ketik di google nama toko online nya maka website anda akan muncul di paling atas hasil pencarian.
Mendatangkan Traffic
Mengumpulkan target market untuk masuk ke tribe/kolam anda tidaklah mudah, tapi tidak sulit juga jika anda tau caranya.
Anda bisa melakukan nya dengan cara gratis dan berbayar.
Cara gratis untuk menarik perhatian target market adalah dengan membuat content marketing, apa itu content marketing?
Content marketing adalah content yang berisi informasi yang biasa dicari oleh target market di internet .
Content ini sengaja dibuat untuk menarik mereka agar mengunjungi website brand anda dan mengkonversinya menjadi customer.
Misal jika anda jualan obat diet maka anda bisa membuat contet-content yang relevan dengan orang yang ingin diet misalnya : tips diet, makanan aman untuk diet, diet tanpa kelaparan, cara diet tanpa olahraga dan lain sebagainya.
Content marketing adalah investasi jangka panjang, itu artinya perlu waktu hingga artikelmu menempati halaman satu google dan dibaca banyak orang.
Untuk mengimbangi hal ini maka anda perlu memasang iklan berbayar jika produkmu ingin cepat laku.
anda bisa menggunakan iklan facebook, google, atau iklan internal marketplace asal anda bener-bener tau diplatform apa target marketmu berkumpul.
Siapkan Landing Page/Catalog Produk
Saya anggap sudah banyak orang yang tertarik dengan content marketing dan iklan yang anda buat, selanjutnya orang akan mencari tau informasi produk yang anda jual.
Sekarang anda perlu membuat tulisan yang menyediakan informasi produk selengkap-lengkap nya hingga calon customer paham, percaya dan yakin untuk membeli.
Tulisan seperti ini sering disebut dengan istilah “copy” atau “copywriting”
anda bisa menulisnya di kolom deskripsi produk yang disediakan di website marketplace tapi ada batasan karakter, jadi anda tidak leluasa.
Atau anda bisa menggunakan website anda untuk membuat halaman khusus (landing page) yang berisi “copy” dari produk yang anda jual.
Cara ini jauh lebih efektif dari cara yang pertama karena tidak ada batasan apapun saat anda membuat copy.
Landing page adalah cara terbaik untuk mengarahkan pengunjung yang telah klik iklan atau membaca rekomendasi produk dari content marketing yang telah anda buat.
Siapkan Pelayanan Yang Bagus
Tidak semua calon pembeli akan membeli setelah membaca informasi detail produkmu, sebagian orang akan menanyakan stok atau informasi lain terlebih dahulu.
Interaksi inilah yang menentukan keputusan akhir calon pembelimu mau membeli ke anda atau tidak.
Jadi pastikan anda fast respond dan menunjukan empati walau anda hanya berinteraksi melalui text.
Jawab semua pertanyaan dengan elegan, sopan, dan diakhiri dengan menawarkan bantuan lain/ bertanya apakah ada hal lain yang ingin dibantu.
Karena banyak sekali penjual sekarang yang “njawab” nya dingin banget, saya merasakan sendiri saat belanja di marketplace, sebisa mungkin hindari sikap yang seperti ini.
Bangun Customer Database
Orang yang telah membeli ke anda/ menjadi customer adalah mereka yang telah menaruh kepercayaan , jangan sia-siakan mereka begitu saja karena anda bisa mengubahnya menjadi customer yang loyal.
Kumpulkan database mereka baik email, WA, Socmed atau yang lain agar anda bisa membagikan content marketing yang tentunya akan berguna bagi mereka dan menjaga hubungan kalian tetap baik.
Jadi selain jualan anda sambil membangun kolam/tribe anda sendiri yang nantinya bisa dijadikan modal untuk membuka bisnis sendiri.
Menjual Tanpa Membual ala Jaya Setiabudi
Untuk membuka bisnis anda perlu membangun relasi/hubungan baik dengan customer dan tribe anda, itulah sebabnya kejujuran menjadi mutlak saat anda jualan produk apapun.
Lalu bagaimana anda bisa jualan tanpa membual tapi tetap laku bahkan dirindukan dan dicari banyak customer?
Simak video webinar yukbisnis dari Jaya Setiabudi ini agar anda tau cara yang benar dalam memahami ilmu selling yang bukan hanya sekedar menjual produk.
#2 Langkah Kedua:
Membuat Bisnis Sendiri
Setelah anda jago jualan, punya banyak database custumer, tau seluk beluk industri anda, seharusnya anda tau juga spek produk yang diperlukan oleh target marketmu.
Pada posisi ini seharusnya anda sudah punya modal, sekarang saatnya anda bisa memulai membuka bisnis sendiri dengan membuat dan memasarkan prosuk sendiri.
Tapi…………tidak semudah itu,
Bisnis beda banget dengan jualan, jualan hanya memikirkan bagaimana agar barang laku, kalau gak laku ya ganti barang/produk aja.
Tapi tidak dengan bisnis, bisnis perlu banyak perencanaan agar bisa hidup, bersaing dan berkembang untuk waktu yang sangat panjang (tidak bangkrut).
Suatu bisnis diwakili dengan nama/brand sebagai bendera/pengenal yang akan terus anda bawa saat berbisnis, masa iya kalau bisnis anda gagal terus ganti brand?
Memang tidak ada yang salah dengan hal itu karena banyak pebisnis melakukan nya, tapi sebisamungkin hindari hal seperti itu, masa anda mau buka bisnis untuk gagal?
Lakukan ini saat anda ingin membuat bisnis sendiri untuk memperkecil resiko kegagalan
Bisnis Sesuai Passion
Saat baru belajar bisnis anda akan susah sekali melihat peluang bisnis, ini disebabkan anda belum faham apa itu bisnis.
Walau peluang ada didepan mata, anda tetap tidak bisa melihatnya.
Saran saya adalah,
Jangan pernah membuka bisnis hanya karena tergiur “keuntungan besar” tapi buatlah bisnis yang benar-benar anda sukai atau sesuai dengan passion anda.
Hal ini akan mempercepat prosesnya karena anda tidak perlu belajar dari nol dan cukup fokus mencari cara menghasilkan duit dari passion anda .
Bisnis sama seperti karya seni, perlu passion, waktu, kerjakeras untuk membangun nya hingga menjadi bisnis yang besar dan sukses.
Tanpa passion juga bisa menghasilkan uang, tapi bagaimana jika anda membuat bisnis berdasar passion anda? akan lebih menyenangkan bukan!!
Apa itu passion?
Passion adalah kegiatan/aktifitas/hal dimana saat anda melakukan nya membuatmu senang dan lupa waktu, sebenarnya ini mirip dengan hobi tapi sifatnya tidak terikat.
Misal orang yang suka belajar akan cenderung suka mengajar/membagikan ilmunya ke orang, inilah yang disebut passion (belajar dan mengajar).
Merasa tidak punya passion? maka cari dan temukan passion anda dengan cara mencoba semuanya hingga menemukan hal yang membuatmu nyaman dan suka tapi juga bisa dibuat bisnis.
Bisnis Berdasar Peluang
Saat anda sudah belajar ilmu selling & bisnis biasanya akan lebih mampu melihat peluang-peluang yang bertebaran didepan mata, yang sebelum nya tidak bisa anda lihat.
Walau belum ada ilmu dan skill di dunia industri tersebut anda bisa mempelajarinya dulu dengan mengumpulkan informasi dan data sebanyak mungkin untuk dianalisa.
Anda memang perlu usaha lebih keras karena harus memulai mempelajari dunia industri baru dari nol, tapi ini bukanlah hal mustahil jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.
Bisnis Dari Hal Yang Sedang Dipelari
Industri apapun yang sedang anda pelajari saat ini, yang mungkin akan menjadi passion anda bisa dijadikan bisnis yang menghasilkan uang.
Kalau anda sudah belajar ilmu jualan, apapun bisa anda jadi in duit termasuk hal yang sedang anda pelajari saat ini.
Saat anda belajar di dunia industri tertentu seharusnya sudah tau celah mana saja yang bisa dijadikan positioning untuk mendirikan bisnis.
Ini bukanlah hal sulit buat anda kalau sudah punya ilmu “jualan” atau selling.
Pelajari Industri anda Secara Mendalam
Penting untuk terus mempelajari dunia industri yang menjadi passion anda agar anda tau seluk beluk industri tersbut dari hulu hingga hilir .
Misal anda suka mancing, jangan hanya berfikir untuk membuka bisnis alat-alat pancing saja.
Jika anda paham betul dunia mancing anda bisa membuaka banyak jenis bisnis di industri tersebut, karena kategori mancing masih sangat luas.
Bisa saja anda buka bisnis wisata mancing, sewa kapal buat mancing, kolam pemancingan, umpan mancing, jasa trainer mancing, membuat bungkus/kardus untuk industri pembuat alat-alat pancing dan masih banyak lagi.
Tentukan Segmentasi dan Target Pasar
Ini sama kaya anda pas lagi jualan,
anda perlu tau dan menentukan target marketmu agar bisa dibuatkan produk yang benar-benar dibutuhkan ,relevan, diinginkan dan memuaskan harapan mereka.
Produk yang dibuat khusus untuk orang dengan kriteria tertentu akan lebih mudah untuk dipasarkan daripada produk yang dibuat untuk semua orang.
Banyak pebisnis gagal karena berusaha membuat produk yang bisa dipakai oleh semua orang .
Setiap orang punya kebutuhan yang berbeda,mustahil untuk bisa memuaskan semua orang hanya dengan satu produk saja.
Itulah sebabnya, anda harus memilih kriteria orang/target market yang spesifik agar bisa membuat produk yang pas dan bisa memuaskan target market anda.
Melakukan Positioning
Banyak pebisnis pemula yang hanya fokus pada produk nya, tapi lupa untuk membuat brand nya nyangkut dibenak konsumen begitu menyebutkan kategori produk nya.
anda bisa melukiskan brand anda di benak konsumen dengan melakukan positioning produk dan brand anda.
Apa itu positioning?
Positioning adalah tindakan pebisnis/perusahaan untuk merancang dan melakukan strategi pemasaran sehingga tercipta produk nya dibenak konsumen.
Jadi,walau sudah ada bisnis sejenis dengan yang akan anda buat, anda bisa menang dalam persaingan jika melakukan positioning secara benar.
Contoh paling sederhana,
AQUA adalah brand air minum dalam kemasan yang melakukan segmentasi pasar dengan sangat baik.
Saat anda beli air minum kemasan pasti akan ditawari AQUA bahkan yang bukan merek AQUA pun disebut AQUA.
Inilah yang disebut postitioning, bagaimana citra produk anda muncul di benak konsumen saat anda menyebutkan kategori produk tersebut.
Membuat Diferensiasi
Saat membuat perencanaan bisnis, anda juga harus memikirkan calon pesaing yang akan muncul dikemudian hari.
Untuk itu anda perlu membuat diferensisi produk yang bisa menjadi pembeda sekaligus keunggulan produk bisnismu sebagai penghalang bagi pesaing anda untuk masuk ke industrimu (barier to entry).
Apa itu Diferensiasi?
Diferensiasi (pembeda) adalah proses pembedaan produk & jasa agar membuatnya lebih menarik dengan mengintegrasikan content, konteks dan infrastruktur dari apa yang ditawarkan ke customer.
Diferensisi menjadi unsur penting selain positioning dan branding agar produk anda menang dalam persaingan bisnis.
Diferensiasi content(apa yang ditawarkan)
Content/isi/value merupakan inti dari produk yang berisi solusi untuk problem target market anda.
anda bisa menawarkan solusi yang lebih WOW dari oesaing anda, misalnya jika produk anda pemberish maka buatlah pembersih yang membersihkan 3x lebih cepat.
Jika produkmu makanan maka buatlah rasa yang uni,menarik,tapi juga enak dan disukai banyak orang.
Diferensiasi konteks (cara menawarkan)
Konteks adalah bagaimana cara kita untuk mengemas, menyajikan dan menawarkan value (nilai content) ke customer agar menarik minat konsumen.
Misal membuat suasana outlet dengan konsep tertentu dan memberi pelayanan terbaik agar memberi rasa nyaman dan betah kepada customer.
Membuat kemasan produk yang berbeda dengan pesaing, jika mayoritas menggunakan desain full color maka anda bisa mendesainnya dengan single color.
Menyediakan aplikasi mobile untuk memudahkan customer dalam menggunakan dan transaksi produk/jasa seperti yang dilakukan GO-jek, bukalapak, tokopedia, shopee, dll.
Diferensiasi Infrastruktur
Infrastruktur memegang peranan penting tersampaikannya content atau konteks produk anda ke customer.
Infrastruktur disini bisa berupa semua sumberdaya yang mendukung kegiatan bisnis mulai dari SDM, teknologi, Peralatan, kemampuan dan lain sebagainya untuk menjaga konsistensi bisnis.
Content, konteks dan Infrastruktur saling menopang untuk terjadinya diferensiasi.
anda tidak bisa membuat diferensiasi hanya menggunakan satu atau dua aspek saja, tiga unsur ini saling menndukung, menguatkan dan melengkapi terjadinya diferensiasi.
Membuat Brand
Bisnis identik dengan brand atau merk, karena konsumen lebih mudah mengenali dan menghafalkan produk anda melalui merek dan slogan.
Brand tidak bisa dibuat sembarang, perlu dikonsep yang benar agar mewakili value dari produk atau bisnis anda.
Brand yang baik hendaknya unik, mudah diingat, sesuai target pasar, terasosiasi oleh diferensiasi, mengandung kata kunci produk unggulan, hindari menggunakan angka dan singkatan konsonan.
Dan yang paling penting adalah merek/brand belum dipakai dan didaftarkan oleh orang lain.
Simak webinar dari Jaya Setiabudi agar anda tau bagaimana membuat brand yang baik dan benar untuk bisnis anda.
Hindari Jebakan Hukum Pengusaha, Dengan Paham Hukum
Bagi orang awam yang baru memulai bisnis masih menganggap sepele masalah pengurusan brand dan perijinan usaha.
Padahal ketika bisnismu mulai meroket dan dilirik pesaing bisa saja mereka bisa mencari kesalahan anda dari segi hukum dan perijinan.
Yang terjadi malah jadi lebih ribet dan membuat banyak tenaga dan biaya untuk membereskan nya.
Oleh karena itu anda perlu paham penting nya berbisnis sesuai jalur hukum yang berlaku agar anda aman, selagi masih kecil uruslah perijinan nya jangan nunggu besar dulu malah nanti jadi ribet.
Minimal claim merek dagang anda dulu secara hukum agar tidak diclaim oleh “mafia brand” saat bisnis anda naik dan meroket.
#3 Langkah Ketiga:
Membuat Team
Pada awalnya memang anda bisa melakukan semuanya sendiri, dari merencanakan, mencari pelanggan, promosi hingga melayani customer.
Tapi semakin bisnismu berkembang anda tidak akan mampu melakukan semua sendiri, anda perlu sebuah team yang bisa mewakilkan pekerjaan anda.
Mulai rekrut satu demi satu orang untuk dijadikan team guna menggantikan pekerjaan anda agar anda punya banyak waktu untuk memikirkan dan mengembangkan bisnis.
Buat team pemasaran dulu
Jika danamu masih terbatas,anda tidak bisa asal membuat team. Bukanya untung yang ada malah buntung alis rugi untuk bayar karyawan.
Buatlah team pemasaran/marketing/selling pokoknya team yang tugasnya untuk jualan, anda didik dan ajari agar teammu lebih jadi dari anda.
Ketika anda mengalami kendala saat bisnis anda berkemabng pesat maka buatlah team lagi yang memang sekiranya perlu.
Teknisi, Manager , Pengusaha
Jadi anda sekarang sudah tau kalau menjadi pengusaha tidak bisa langsung “jreng” atau instan, ada tahapan yang harus dilalui.
Dimulai anda menjadi seorang teknisi (orang yang berhadapan langsung dengan konsumen), merekrut team untuk menggantikan posisimu sebagai teknisi dan sekarang anda menjadi manager.
Saat menjadi manager anda sudah tidak mengurus hal teknis, anda lebih sering melihat data-data dan menganalisa untuk menentukan langkah apa kedepan nya.
Menaikan jabatan teknisi yang valunya sama dengan anda untuk dijadikan manager adalah tugasmu agar anda bisa naik posisi menjadi seorang pengusaha.
Seorang pengusaha sudah tidak lagi mengurusi masalah teknis dan data-data, anda hanya fokus melihat trend dunia industrimu, networking, training dan memikirkan inovasi untuk masa depan bisnis anda.
Pahami konsep TME (technician Manager Enterpreneur) yang akan disampaikan oleh Mas J
Team Membantu Tranformasi Dari Pedagang Ke Pengusaha
Menjadi pebisnis atau pengusaha perlu proses, mulai dari membuka sendiri dan melakukan semua pekerjaan sendiri hingga anda rekrut anggota team untuk menggantikan pekerjaan anda.
Semua tidak instan dan perlu proses, ada tahapan demi tahapan bagaimana transformasi yang benar.
Ikuti materi HIJRAH dari PEDAGANG ke PEBISNIS dari Mas J
Strategi Pemasaran Bisnis Online
anda sudah tau kan kalau bisnis itu lebih dari sekedar “jualan”, membangun hubungan baik dengan customer jauh lebih baik untuk masadepan bisnis anda.
Sangat penting agar bisnis dan produk anda bisa dikenal oleh calon customer lewat media online/interent.
Strategi yang bisa digunakan adalah dengan content marketing yang dibuat bukan untuk menjual produk secara langsung tapi lebih untuk membangun “citra brand anda” dimata customer.
Agar content anda ditemukan dan sampai ke calon customer maka anda perlu platform untuk mempublish, anda bisa gunakan socmed, website ataupun platform video seperti youtube.
Socmed fungsinya lebih untuk mencari traffic yang akan diarahkan ke website bisnis anda untuk membangun brand awareness ke konsumen/ tribe anda.
Wajib Punya Website
Website tidak bisa diagantikan posisinya oleh socmed apapun, karena pada dasarnya socmed dan website dibuat dengan tujuan yang berbeda dan keduanya saling melengkapi.
Website anda adalah markas bisnis online anda yang menjadi sumber informasi terpercaya bagi tribe di industrimu.
Socmed dirancang untuk memudahkan bersosialisasi secara virtual, bukan untuk meng-archive content agar ditemukan dan direkomendasikan oleh mesin pencari ke pembaca aktif.
Socmed digunakan untuk nge-feed /memberi/menyuapi (anda yang aktif memberi) content ke tribe , sedangkan website dibuat untuk para pencari informasi yang aktif mencari informasi lewat google.
Coba bayangkan kalau brand anda tidak punya website,
Saat orang mengetikan brand anda di google orang tidak akan menemukan nya, yang ada malah social media, atau muncul website lain yang membahas brand anda.
Apa yang terfikir oleh calon client anda ketika menemukan website yang menjelekan brand anda, atau kesulitan menemukan informasi tentang brand anda secara online, tentu ini menjadi penghalang.
Beda urusan jika anda sudah punya website official,
website yang muncul dihalaman pertama adalah website resmi anda, orang akan lebih mudah mempelajari bisnis anda dan percaya setelah membaca website anda.
Semua strategi bisnis yang akan dibahas disini semua nya memerlukan website untuk membuat landing page yang berisi copywriting dari produk yang anda jual.
Panduan lengkap cara order domain dan setup website ada di artikel panduan cara membuat website bisnis tanpa coding
SEO marketing
Syaratnya anda harus punya website,
Apakah anda sering mencari informasi di google ketika mengalami kesulitan atau belum yakin produk apa yang harus dibeli?
Jika tidak maka anda harus mencobanya,
Coba fikirkan baik baik, anda mau membuat content tapi tidak pernah merasakan pengalaman saat mencari informasi/content.
Terus gimana anda bisa membuat contet kalau anda aja gak pernah tau informasi apa yang dicari market anda.
Search engine optimization (SEO) adalah usaha dan strategi yang dilakukan untuk mendapatkan traffic organik dari mesin pencari seperti google dengan cara membuat content terbaik agar menempati halaman satu google.
Content tersebut tentu dioptimasi untuk kata kunci tertentu, misal saat anda mencari informasi “cara bisnis online” anda menemukan artikel ini.
Beginilah salahsatu cara untuk mendapatkan traffic yang akan menuju website bisnismu secara gratis untuk jangka panjang.
Apakah content harus ditulis dengan website? jawab nya iya.
Karena kalau content nya ditulis di socmed akan sulit ditemukan google, google lebih suka merekomendasikan content di website daripada content di socmed.
Search Engine Marketing
SEO marketing perlu proses yang agak lama hingga artikel/content anda diranking mesin pencari, untuk mendapatkan traffic yang lebih cepat bisa menggunakan iklan di serach engine misal adword.
Mirip seperti SEO marketing, iklan anda akan muncul sesuai kata kunci yang telah ditentukan.
Begitu user mengetikan kata kunci tersebut di mesin pencari maka iklan anda akan muncul di halaman pencarian google (urutan pertama dihalaman satu).
Tentu strategi ini tidak gratis dan memerlukan budget , tapi sangat efektif untuk mendapatkan traffic secara cepat.
Baiknya iklan anda diarahkan ke landing page yang telah anda buat diwebsite.
Socmed Marketing
Socmed adalah tempat orang berkumpul, jika anda membuat content marketing yang tepat maka potensi untuk mendapat customer sangat menjanjikan.
anda bisa menggunakan layanan iklan berbayar atau hanya dengan mengandalkan content untuk menarik dan membuat tribe anda.
Socmed hanyalah tempat untuk mencari traffic, oleh karenanya anda harus punya website untuk membuat artikel/content dan landing page.
Affiliate Marketing
Untuk menghemat biaya pemasaran, anda bisa membuka fitur afiliasi untuk produkmu.
Dimana semua orang bisa mendapatkan komisi/penghasilan hanya dengan merekomendasikan untuk membeli produk anda, tentu komisi akan diberikan hanya untuk produk yang terjual.
Selain lebih hemat biaya promosi cara ini sangat efektif karena akan melibatkan para blogger yang tugasnya mempengaruhi (influence) pembacanya untuk membeli produk anda.
Sudah jelas sekali anda perlu website dan socmed untuk melakukan strategi ini agar dipercaya oleh blogger atau affiliate marketer.
Buat Tribe/Kolam Ikan
Seperti yang telah saya jelaskan sebelum nya, bisnis bukan hanya sekedar menjual produk.
Bisnis lebih mementingkan untuk membangun ekosistem dan menjalin hubungan yang baik dengan customer guna kelangsungan hidup bisnis untuk jangka panjang.
Itulah penting tribe, salah satu cara membangun tribe secara online adalah dengan membuat content marketing yang menyajikan solusi untuk mebantu menyelesaikan masalah target market anda.
Untuk melakukan strategi ini anda wajib punya website dan socmed.
Pasang Iklan Berbayar
Untuk produk tertentu yang memang bukan kebutuhan dan lebih ke keinginan (emosional benefit/gengsi) seperti kosmetik ,anda tidak bisa mengandalkan strategi SEO.
anda perlu aktif menawarkan produk tersebut ke target market anda agar mereka tau dan “ngiler” pengin beli.
Cara termudah adalah dengan menggunakan iklan berbayar baik di mesin pencari (iklan akan nongol di artikel blog orang lain) atau iklan di socmed.
Tentu anda harus mentarget audience yang sesuai dengan buyer persona produk anda agar konversinya besar dan menghemat biaya iklan tentunya.
Dari iklan tersebut hendaknya diarahkan ke landing page yang telah anda siapkan di website anda agar calon customer bisa membaca copywriting produk tersebut.
Referensi Artikel:
CelotehBisnis.com
Yukbisnis.com
Formulabisnis.id
Jaya Setiabudi
Smartlegal.id